CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Jangan Ngaku Pecinta MotoGP! Jika Belum Mengetahui 9 Fakta Menarik Ini
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6162e07526410415d37d0dbd/jangan-ngaku-pecinta-motogp-jika-belum-mengetahui-9-fakta-menarik-ini

Jangan Ngaku Pecinta MotoGP! Jika Belum Mengetahui 9 Fakta Menarik Ini

Tentu saja jika kita bicara soal MotoGP pasti tak hanya membicarakan soal pembalapnya saja, tetapi juga motor yang ditunggangi oleh mereka. Seperti yang kita tahu pembalap tidak akan berarti apa-apa tanpa motornya. Berikut inilah 10 fakta yang tidak banyak diketahui orang soal MotoGP, Nah gansis apa saja ya? Mari kita ulas satu persatu..

Quote:
sumber

1. Kecepatan yang hampir sama dengan mobil F1
Kecepatan MotoGP tidak jauh beda dengan mobil formula. Meskipun motoGP memiliki ukuran motor yang jauh lebih kecil dari mobil F1, namun siapa sangka bahwa mesin 4 tak yang berkapasitas 1000 cc ini bisa dipakai sampai dengan kecepatan 354 km per jam, kecepatan maksimum yang dimiliki oleh MotoGP tidak kalah jauh dari rekor tercepat  yang pernah dibuat oleh mobil F1 yaitu 371 km per jam. Sedangkan jika sedang berada dalam lintasan balap, mobil F1 memiliki kecepatan yang mencapai 190 km per jam, lebih cepat 16 km per jam dari MotoGP.

2. Berakselerasi dengan cepat
Meskipun motor di MotoGP memiliki rasio beban yang membutuhkan tenaga yang luar biasa, Namun bukan berarti kuda besi tersebut tidak bisa berakselerasi dengan cepat, setidaknya dalam waktu 2,5 detik motor tersebut bisa berakselerasi 0 sampai 100 KM per jam dan itu lebih cepat dari mobil F1. Tidak sampai disitu, motor tersebut juga masih bisa stabil pada kecepatan 160 km per jam saat tikungan.

3. Pembalap bisa mengeluarkan 2 liter keringat
Pembalap bisa mengeluarkan 2 liter keringat dan berat badan berkurang 4 kg Ketika mengendarai motor. Siapa bilang menjadi pembalap MotoGP itu gampang, setidaknya siapapun yang ingin menunggangi kuda besi yang memiliki berat 160 kg ini harus memiliki kondisi tubuh yang fit, apalagi pembalap tidak hanya dihadapkan pada bobot motornya saja tetapi juga berbagai kondisi cuaca, jika cuaca pada saat itu panas maka setidaknya ada banyak keringat yang akan dikeluarkan oleh pembalap yang megakibatkan pada menurunnya berat badan dari pembalap.

4. Setiap motor dirakit oleh tangan manusia
Hal menarik lainnya dari MotoGP adalah perakitannya dilakukan oleh tangan manusia tanpa bantuan mesin. Mengapa? Karena setiap pembalap memiliki spesifikasi kendaraan yang berbeda-beda dan harus disesuaikan dengan karakter pembalap masing-masing, itulah sebabnya motor harus dirakit sendiri tanpa bantuan mesin.

5. Harga motor yang mencapai 26 miliar rupiah
Alasan mengapa tidak banyak yang bisa membuat tiruan motorGP adalah karena setiap motor yang dibuat dirakit dengan spesifikasi yang berbeda-beda sesuai dengan keinginan pembalap yang menungganginya. Harganya pun tak tanggung tanggung setidaknya Untuk membuat satu motor saja dana yang dihabiskan mencapai 2 juta US dolar atau setara dengan 26,6 miliar.

6. Baju pembalap yang terbuat dari kulit kangguru
Fakta menarik lainnya dari MotoGP yaitu soal baju pembalap, kerennya desainer yang membuat baju pembalap lebih memilih menggunakan kulit dari hewan kangguru ketimbang kulit sapi, alasan dipilihnya kulit kanguru karena kulit hewan tersebut lebih kuat dan juga lebih fleksibel.

7. Pergantian gigi hanya membutuhkan waktu 0,0009 detik saja
Didalam MotoGP saat mengganti gigi atau melakukan transmisi pada motor merupakan salah satu yang penting, tetapi tidak mudah untuk dilakukan. Setidaknya dibutuhkan sebuah keahlian untuk bisa melakukannya, tetapi seiring dengan semakin berkembangnya teknologi maka kini pergantian gigi di MotoGP bisa dilakukan dalam waktu kurang dari 1 detik saja.

8. Pabrikan jepang mendominasi
Setidaknya pabrikan seperti Suzuki, Yamaha dan juga Honda sukses mendominasi ajang MotoGP sejak tahun 1974, tetapi pada tahun 2007 setidaknya Ducati sukses tampil mendominasi melalui aksi heroik Casey Stoner. Tetapi setelah itu dominasi pabrikan Jepang masih terlihat sampai sekarang ini. 

9. Pelindung lebih banyak dari batman
Fakta menarik lainnya yaitu pembalap MotoGP memiliki pelindung yang lebih canggih dan lebih kuat dari pelindung pakaian pahlawan superhero batman, setidaknya menurut Smith ada banyak perlindungan di area siku, pundak, telapak, punggung, lutut, tangan, pinggul, dada dan lain sebagainya. Smith menambahkan bahwa pakaian tersebut juga dilengkapi oleh airbag yaitu sistem yang berfungsi untuk melindungi pembalap dari benturan.

Quote:
sumber

Nah, itulah beberapa fakta tentang MotoGP ya gansis. Semoga bermanfaat sampai jumpaa..


profile-picture
profile-picture
profile-picture
delfaag dan 34 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Si.jonii
Halaman 1 dari 4
Ganti gigi kurang dari 1 detik? Itu Quickshifter dipasang di Supra bapak ane bisa kagak yaa emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
rudisuriansyah dan Si.jonii memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Serius itu, oper giginya cuman 0.0009 detik ? Kayak terlalu berlebihan deh emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
fathur394 dan haekalxt memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
profile-picture
profile-picture
jenggalasunyi dan 69banditos memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ane naik motor yg 250cc aja ga kuat gan
Post ini telah dihapus
Zaman belum jadi emak2 demen banget MotoGP favorit ane jorge Lorenzo 😂😂
profile-picture
profile-picture
pulaukapok dan penjawab memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
Dai jiro katoh n Marco Simoncelli....
profile-picture
profile-picture
jenggalasunyi dan planarius87 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Jangan lupa efek G Force yg diterima sama pembalap & berat badan yg susut setelah selesai balapan emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Waduh ane nyimak aja dah bari minum kopi dan baca-baca MotoGP
profile-picture
profile-picture
jenggalasunyi dan yunda.me memberi reputasi
taruhannya nyawa. lebih berbahaya dari Formula 1. ingat tragedi Marco Simoncelli yang terlindas oleh Valentino Rossi?

kalaupun bukan nyawa, meskipun pakaian balapnya punya pelindung sedemikian banyak, tetap saja ada resiko cedera bahkan patah tulang kalo seseorang sampai celaka di balapan ini.

beda dengan F1 di mana kokpit dan helm melindungi kepala, jadi segila apapun kecelakaannya pembalap masih bisa selamat.

Jangan Ngaku Pecinta MotoGP! Jika Belum Mengetahui 9 Fakta Menarik Ini

salah satu foto paling mengerikan dalam F1 masa modern, lebih tepatnya baru terjadi di GP Monza tahun 2021 ini. mobil Red Bull milik Max Verstappen sempat berada tepat di kepala Lewis Hamilton (Mercedes), sebelum akhirnya nyangkut di bagian depan. Hamilton bilang teknologi HALO yang ada di sekitar kepalanya sungguh menghindarkannya dari kematian.

semisal hal seperti ini terjadi di MotoGP bisa jadi pembalapnya sudah patah leher. makanya ane bilang MotoGP lebih bahaya daripada F1.

mungkin akan ada pertanyaan: kok bisa rodanya sampe naik gitu?

jadi menurut yang ane tonton, di tikungan-tikungan awal sirkuit Monza, Hamilton yang berada di depan mau ngalangin Verstappen yang mau nyusul. ternyata roda mobil mereka senggolan, alhasil naiklah mobil Red Bull itu dan akhirnya nyangkut di bagian depan Mercedes. pendeknya begitu, dan alhasil baik Hamilton maupun Verstappen gagal finish di balapan itu.

boleh tonton di sini biar lebih jelas.

kalo udah gitu siapa yang salah? Lewis akan menuduh Max, dan sebaliknya. tim mereka masing-masing pun akan memihak pembalapnya. namun opini umum adalah KEDUANYA SALAH. Hamilton nutup jalur pas orang lain belok dan mau lewat, tanpa ada celah sama sekali. Verstappen juga terlalu agresif, sudah jelas gak ada celah dia malah ngotot maju.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Spawn19 dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh EnzoMan
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
dan motogp juga tehniknya bnyk gan, karena untuk mengendalikan motor menurut ane lebih susah dari pada mobil, saat cornering aja pembalap harus memperhatikan bukaan throttle, kelebihan sedikit aja bisa highside, terus dalam pengereman apalagi hardbraking timing nya hrus pas dalam shifting gear untuk ngejar engine brake dikombinasikan dengan timing penekanan brakepump yang pas, salah dikit bisa melebar atau paling parah crash masuk gravel nabrak pembatas jalan emoticon-Takut (S)
profile-picture
profile-picture
andrenaline3 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Oper gigi segitu cepat di supra bisa lompat
profile-picture
prabas memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
motor seharga 26,6 milyar emoticon-Belo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bagregtralala dan 2 lainnya memberi reputasi
Pantesan Kawasaki mundur dari GP & belum balik lagi
Berat diongkos emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
kalo di F1 ada strategi pitstop yg cukup signifikan utk mencapai kemenangan..beda sama motoGP....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
apalah saya yg maen ps aja modelnya NYASAK SUKET
emoticon-Cape d... emoticon-Cape d... emoticon-Cape d... emoticon-Cape d... emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan BukanFPI memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Kecepatan emang mirip dengan F1 tapi di trek yg sama lap time motogp bs tertinggal 10-15 detik. Gak ada kendaraan darat yg bs ngalahin down force nya F1. Motogp bs 100an kmh di tikungan? Siap2 dilibas sama F1 yg bs 200 dengan stabil dan in out yg super cepat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
n.y.a dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
1 lg fakta motogp lbh dr 10th yg blm terpecahkan yaitu ducati desmo raja topspeed di track lurus & 10th lbh gk prnh jurdun.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Pas rider jatuh aja tuh motor bisa imbang jalan sendiri
emoticon-Matabelo


Kalo pas**
emoticon-Ngakak



Edit

Pejwan ternyata
emoticon-Hammer (S)
Diubah oleh yunda.me
Wow...
Gilak bener...
Halaman 1 dari 4


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di