CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Jangan Sampai Jual Kolase Aurat Sendiri Demi Bayar Pinjol, Hemat dengan 3 Cara Ini
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61617dc235332447911da3d2/jangan-sampai-jual-kolase-aurat-sendiri-demi-bayar-pinjol-hemat-dengan-3-cara-ini

Jangan Sampai Jual Kolase Aurat Sendiri Demi Bayar Pinjol, Hemat dengan 3 Cara Ini

Jangan Sampai Jual Kolase Aurat Sendiri Demi Bayar Pinjol, Hemat dengan 3 Cara Ini

Zaman now mau belanja dan apa saja yang sifatnya konsumtif mudah banget ya Gan Sis. Melalui ponsel pintar kita bisa jalan-jalan ke mal virtual, bahkan ke pasar gelap. Masalahnya kalau nggak punya duit gimana? Sebagian orang pinjam uang ke penyedia jasa pinjaman online (pinjol)
 
Sampai Jual Gambar Porno Diri
 
Seorang Ibu Bernama Intan Kusuma Dewi membagikan pengalaman muridnya yang terjerat pinjaman online. Intan berbagi cerita di Facebook. Demi membayar utang sebesar Rp2,4 juta, sang murid membuat kolase gambar diri yang memperlihatkan auratnya. Gambar tersebut dijual dengan harga Rp100 ribu.
 Jangan Sampai Jual Kolase Aurat Sendiri Demi Bayar Pinjol, Hemat dengan 3 Cara Ini

Pinjaman si murid sebenarnya tidak besar. Namun karena telat bayar, pinjaman jadi berbunga. Inilah yang menimbulkan masalah karena si murid telat membayar sampai 2 bulan. Satu hal yang mengenaskan, si murid juga hampir bunuh diri gegara masalah utang pinjol itu.
 Jangan Sampai Jual Kolase Aurat Sendiri Demi Bayar Pinjol, Hemat dengan 3 Cara Ini

Ini hanyalah satu dari sekian kisah yang dapat kita temukan dari orang-orang yang terjerat bujuk rayu pinjol. Apalagi syarat untuk meminjam sangat mudah, asalkan bisa dihubungi via telepon dan punya telepon lain sebagai penjamin untuk dihubungi saja. Belum lagi iklan pinjol yang cukup ramai berseliweran di internet.
 
Tips Hemat Kala Tiada Pemasukan
 
Maimon Herawati, dosen ilmu komunikasi Universitas Padjajaran membagikan tips berhemat saat bermukim di Inggris. Maimon pernah mengalami kondisi nol pemasukan. Beasiswa sudah tidak dapat diharapkan lagi. Solusinya bukan pionjaman online atau berhutang dengan menggunakan kartu kredit. Berikut tindakan yang dilakukannya.
 
1. Menurunkan biaya hidup serendah mungkin

Kebutuhan pokok seperti listrik, gas, dan biaya sewa rumah harus tetap ada. Kebutuhan lainnya bisa diminimalkan. Makan sehari-hari misalnya. Ini apapun yang terjadi, harus disiapkan.
 
Makanan banting setir ke serba minimal. Saat berada di Inggris, dia hanya memasak sayap ayam gulai, keesokan harinya sayap ayam goreng, kemudian gulai kepala ikan, telur dan balik ke sayap lagi. Begitu seterusnya karena saat iru harga sayap ayam 32p/kg sedangjabn kepala ikan hanya 50p/kepala. Untuk kehidupan di Indonesia, bisa makan lauk tempe-tahu-telur dan sayuran saja.
 Jangan Sampai Jual Kolase Aurat Sendiri Demi Bayar Pinjol, Hemat dengan 3 Cara Ini

Upayakan juga jalan kaki ke mana saja selama jaraknya wajar untuk ditempuh. Tidak membeli tiket bus untuk menghemat. Pada kondisi zaman now, tidak perlu pakai ojol dan naik angkot pun pertimbangkan juga apabila masih bisa jalan kaki.
 

2. Mencari penghasilan tambahan.
 
Apapun lakukanlah guna menambah penghasilan asalkan halal. Maimon dan suami pernah menjadi loper koran. Pernah juga mengambil pekerjaan jasa memasukkan brosur ke koran dan mengantarkannya ke rumah-rumah.  
 
Maimon pernah juga mengambil lowongan membersihkan safety house perempuan korban KDRT, meskipun dia lulusan S2. Dia tidak peduli meski pernah dilecehkan, “ lulusan S2 kok gitu.” Maimon menganggap pekerjaan bagai pembantu itu sebagai cara Allah untuk menundukkan hati yang mudah sombong. Lagipula pekerjaannya hanya dua hari dalam seminggu.  
 
Untuk pekerjaan bersih-bersih, Maimon menolah kerja sambilan yang lokasinya ada alkohol dan babi. Kerja sambilan di bar dan kafe sangat mudah, namun loper koran dan petugas kebersihan di lokasi sekolah atau safety house lebih utama.
 Jangan Sampai Jual Kolase Aurat Sendiri Demi Bayar Pinjol, Hemat dengan 3 Cara Ini

3. Sering sedekah berupa uang, pikiran ataupun tenaga
 
Tips terakhir dari Maimon adalah sedekah. Allah Maha Tahu kebutuhan hambanya. Maka dari itu seringlah sedekah meskipun susah. Tidak harus selalu berupa uang, bisa pikiran atau tenaga yang kita sedekahkan untuk orang lain. Jangan menempuh cara riba yang malah menjauhkan keberkahan dari-Nya.
 
Saat perekonomian sudah membaik, maimon menyarankan untuk tidak mengubah gaya hidup. Tetap pertahankan gaya dan pola hidup sederhana. Rutinkan pula menabung untuk kebutuhan yang mendesak.
 Jangan Sampai Jual Kolase Aurat Sendiri Demi Bayar Pinjol, Hemat dengan 3 Cara Ini

Tipsnya mudah, kan Gan Sis? Semoga bisa kita terapkan. Semoga kita juga selalu terhindar dari godaan pinjol yang terkutuk.



Sumber 12
Foto dari Freepik.com (rawpixel.com, user21852064 , jcomp)

Agan dan Sista pernah masuk dalam jeratan pinjol yang terkutuk 😈 nggak?
agak sedih si kalo denger seseorang apalagi cewe gitu terjerat pinjol terus harus jualan foto "nakalnya' di sosmed gitu gitu.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ketika gengsi lebih tinggi dari hargadiri
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
2.4 mah bisa... Sini ikut ane.
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
ane bukan org missqueen yg pake2 pinjol
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
emoticon-Thinking
Dinamika jaman Now ...
Kalau jaman dulu mungkin kayak cerita si Siti Nurbaya ama Datuk Maringgih ..

Atau sekedar alternatif aja ? Karena yang jenis kasus kayak Siti Nurbaya itu mungkin masih ada.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
bersyukur hiduop di indonesia. tempe tahu masih murah. kalo ramadhan bisa sama sekali gak ngeluarin duit sebulan karena makan pagi dan malem ngikut di masjid.
kalo iseng minggu ke gereja kadang ada yg sediakan makan. di wihara atau kelenteng kalo tau jadwalnya juga suka sediakan makan gratis.

semangat semua!
nambah pengetauan ane banget ni emoticon-Shakehand2
bantu up gan sampe ht emoticon-Cool
mantap bener gan threadnya emoticon-Gila
pengen banget punya begitu gan emoticon-Malu
mantap bener gan threadnya emoticon-Hammer (S)


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di