CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
10 Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Dengan Aman
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61612615eba0df5f815853de/10-cara-mengeluarkan-dahak-pada-bayi-dengan-aman

10 Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Dengan Aman

Kondisi cuaca di Indonesia yang tak menentu membuat tubuh rawan terserang penyakit, terutama batuk dan pilek. Bahkan, bukan tidak mungkin loh kalau si kecil juga ikutan terserang penyakit. Saat mereka sedang flu, hal paling mengkhawatirkan pasti mengeluarkan dahak dari si kecil.
Karena, melihat mereka yang kesulitan mengeluarkan dahak daan batu atau pilek membuat kita ingin membantu mereka. Dahak merupakan lendir yang dikeluarkan tubuh manusia karena adanya reaksi gangguan di saluran pernapasan bagian atas.
Dahak pada bayi bisa saja mengganggu pernapasannya dan mengganggu proses menelan asi yang mereka lakukan. Bayi kialian bisa jadi rewel kalau sudah seperti ini. Karena itulah, kalian harus tahu bagaimana cara mengeluarkan dahak pada bayi.
1. Tidur Dengan Posisi Berbeda
10 Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Dengan Aman
Menidurkan bayi dengan posisi yang berbeda juga bisa membantu mereka. Kalai biasanya saat tidur posisi kepala anak kalian sejajar dengan badan, maka kalian bisa mengubahnya. Kalian bisa memberikan alas bantal pada kepala mereka agar posisi kepalanya lebih tinggi.
Posisi ini cukup membantu mereka dalam mengatasi hidung yang tersumbat serta mengeluarkan dahak di saluran pernapasan mereka. Selain itu, kalian juga bisa memposisikan mereka dengan posisi tengkurap saat tidur. Namun pastikan posisi tersebut tak menghalangi hidung dan saluran pernapasan mereka.
2. Nebulizer di Rumah Sakit
10 Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Dengan Aman
Salah satu cara untuk mengeluarkan dahak pada balita yang paling banyak dilakukan oleh orang tua adalah dengan menggunakan terapi uap atau yang biasa disebut juga dengan nebulisasi. Cara ini biasanya bisa berhasil dan sangat mudah dilakukan.
Cara mengeluarkan dahak pada balita menggunakan bantuan terapi obat berbentuk uap demi mengencerkan dahaknya. Termasuk dengan memberikan cairan garam fisiologis dengan tujuan mengatasi hidung tersumbat pada bayi.
3. Jemur di Bawah Sinar Matahari
10 Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Dengan Aman
Menjemur bayi memang seringkali dilakukan oleh para orang tua. Nah, ternyata cara ini juga bisa membantu mereka mengeluarkan dahak loh. Sinar matahari dari jam 08.00 – 09.00 sangat sehat untuk pernapasan serta tulang mereka.
Kehangatan matahari yang ada akan diserap oleh tubuh di kecil serta membantunya mengencerkan dahak jadi kalian lebih mudah mengeluarkannya. Cara menjemurnya adalah seperti ini:
Jemurlah bayi di bawah sinar matahari antara pukul 7-8 pagi selama 10 menit
Tepuk-tepuk punggung bayi dengan lembut. Dahak yang tidak keluar melalui tenggorokan, biasanya tertelan dan akan dikeluarkan bersama kotoran dan urin
Jangan lupa memakaikan mereka baju, topi, dan tabir surya selama menjemur dan minimalisir paparan cahaya matahari

4. Menepuk – Nepuk Punggung Bayi
10 Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Dengan Aman
Untuk melakukan hal ini, kalian harus menepuk punggung mereka dalam posisi tengkurap. Caranya adalah:
Posisikan bayi tengkurap
Tepuk punggung kanan dan kiri bayi secara perlahan
Letakkan bayi pada posisi miring kiri atau kanan
Tepuk bagian dada samping bayi dengan lembut

Kalau dahaj atau lendir yang ada di tubuh bayi cukup banyak, biasanya setelah ditepuk – tepuk bagian punggung dan dada sampingnya si kecil akan memuntahkan dahak yang ada di dalam tubuh mereka.
Namun, bisa juga dahak itu sudah mengencer kemudian masuk ke dalam saluran pencernaan. Dengan begitu dahak bisa terbuang lewat kotoran mereka. Cara ini harus dilakukan sebelum mereka minum asi atau susu untuk menghindari mereka memuntahkan kembali susu yang telah diminum.
5. Minum Banyak Cairan
10 Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Dengan Aman
Dahak merupakan lendir yang terletak di dalam tenggorokan kita. Dahak ini bisa dikeluarkan dengan mengonsumsi banyak cairan juga dan dinilai cukup efektif. Kalau bisa, berikan banyak air susu ibu atau asi dan air putih hangat untuk mereka.
Cara mengeluarkan dahak ini bisa dibilang cukup ampuh. Untuk bayi yang usianya 6 bulan, berikan asi secara teratur agar tubuhnya tetap terhidrasi. Karena asi ini termasuk obat yang efektif untuk membantu sistem pertahanan tubuh bayi.
Sementara untuk bayi berusia di atas 6 bulan, berikan asu seperti biasa namun ditambah air putih hangat. Kalian juga bisa memberikan menu makanan yang berkuah atau hidangan cairan lainnya seperti jus buah.
6. Gunakan Daun Sirih Hangat
10 Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Dengan Aman
Cara mengeluarkan dahak pada bayi dengan daun sirih adalah dengan cara menempelkan daun sirih ke dada dan punggung si kecil. Biarkan hangat dari daun sirih tersebut membantu si kecil mengencerkan dahak serta membuangnya dari kotoran.
Namun sebelum itu, kalian harus menggunakan daun sirih yang sudah dipanaskan terlebih dulu agar daun sirih bisa digunakan dan membantu mereka.
7. Alat Pelembab Ruangan
10 Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Dengan Aman
Kalian pasti sudah tak asing lagi dengan yang namanya air humidifier atau pelembab ruangan. Laat ini bisa berfungsi untuk mempertahankan tingkat kelembapan udara yang ada di dalam ruangan. Karena itulah banyak yang menggunakannya untuk melegakan saluran pernapasan.
Pelembab udara ini juga bisa digunakan untuk membantu mengeluarkan dahak si bayi. Kalian bisa membelinya dengan mudah di toko online atau di mal. Setelah itu, kalian bisa meletakkannya di kamar tidur bayi. Pastikan kalian membersihkan serta mengganti airnya secara rutin agar debu tak menumpuk di sini.
8. Hangatkan Tubuh Bayi
10 Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Dengan Aman
Dahak yang mengental pada saluran pernapasan anak memang seringkali membuat mereka gelisah dan rewel apalagi saat inign tidur dan makan. Selain itu, penumpukkan dahak di tenggorokan bayi juga bisa membuat mereka merasa tidak enak saat makan.
Nah, hawa panas yang dihasilkan oleh tubuh bayi bisa membantu mereka mengencerkan dahak dan mengeluarkannya. Kalian bisa memakaikan mereka baju hangat, mengoleskan minyak telon, dan membuat ruangan tetap hangat dan bersih dari debu.
9. Gunakan Minyak Esensial
10 Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Dengan Aman
Ada berbagai minyak atsiri yang bisa digunakan untuk mengencerkan lendir dan membuat pernapasan lebih lega. Minyak esensial tak boleh dicerna oleh bayi kecuali ada instruksi khusus yang diberikan oleh ahli kesehatan atau ahli herbal.
Namun, mengaplikasikan balsem serta minyak esensial lainnya ke kulit anak sebenarnya hanya dilakukan sebagai pengobatan tradisional di berbagai bagian dunia, terutama negara Asia.
10. Gunakan Alat Khusus
10 Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Dengan Aman
Cara selanjutnya yang bisa kalian lakukan adalah dengan menggunakan alat penyedot khusus. Alat ini memang didesain khusus untuk anak – anak dan biasanhya dibuat dari bahan karet yang lentur serta ada dijual di apotek.
Selain itu, kalian juga bisa mendapatkan alat ini dengan berbagai ukuran serta fitur namun yang bentuknya standar pun sebenarnya sudah bisa digunakan.
Cara menggunakannya cukup mudah, kalian hanya perlu menempatkannya ke rongga mulut bayi, kalau dahaknya kental, teteskan 2 – 3 larutan air garam atau larutan salin ke dalam hidung bayi sebelum memasukkan ujung alat penyedot. Lalu kalian bisa memasukkan pelan – pelan dan mulai menyedot dahak dengan balon yang ada.
Jika kalian sudah melakukan cara – cara di atas dan belum berhasil, ada baiknya kalian coba berkonsultasi dan bertanya pada dokter untuk menyembuhkannya. Karena bisa jadi ini merupakan penyakit tertentu yang memang membutuhkan pertolongan medis. Semoga bermanfaat.


profile-picture
andika4682 memberi reputasi
Noted bun.
emoticon-Nyepi
Itu bukanya cara yang lebih efektif di sedot dahaknya dari hidung oleh bapaknya ya
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kalau msh bayi kcil kasian pake nebu
Minyak sagha biasa ane pakai bgs jg.
asi tetap yg terbaik bt daya tahan si bayi, sebisa mungkin diberi asi ekslusif, walaupun byk kejadian bayi masih kecil udah gak mau nyusu.


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di