CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Jenius! Hanya Orang Indonesia Yang Bisa, 5 Bahan Beracun Menjadi Makanan Lezat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6160dac08b9d2224c43bcd7e/jenius-hanya-orang-indonesia-yang-bisa-5-bahan-beracun-menjadi-makanan-lezat

Jenius! Hanya Orang Indonesia Yang Bisa, 5 Bahan Beracun Menjadi Makanan Lezat

5 Jenis makanan beracun yang bisa diolah menjadi makanan. Siapa sih di dunia ini yang gak mau mengkonsumsi makanan sehat, semua pasti mau bukan. Makanan bukan hanya untuk bertahan hidup saja tetapi juga menjadi sumber tenaga agar kuat melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Namun gansis khusus di negara kita Indonesia ada beberapa bahan yang awalnya mengandung racun kemudian diolah menjadi santapan yang lezat, ya begitulah kreativitas orang Indonesia yang memang patut kita acungi jempol. Nah daripada lama-lama, inilah 5 jenis makanan yang mulanya berbahaya kemudian menjadi makanan enak yang..

1. Umbi Gadung
Quote:
sumber
Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi kalau umbi ini mengandung racun jenis sianida, nah walaupun mengandung racun sianida nyatanya gadung bisa dimakan Jika benar cara mengolahnya. Bahkan gadung ini sudah menjadi makanan sejak zaman susah, di mana ketika itu Indonesia masih dikuasai oleh Belanda. Gadung adalah alternatif jika tak ada beras yang bisa dimakan, umbi gadung ini bisa direbus bisa juga dijadikan keripik. Bagaimana cara agar racun yang ada di dalam gedung hilang? untuk membuat keripik bisa dilumuri dengan abu gosok, tenaang gadung tidak akan kotor karena nantinya akan dicuci bersih. Setelah dilumuri abu gosok rendam dengan air garam dan biarkan beberapa jam, setelah yakin racunnya hilang bilas sampai bersih hingga kering dan keripik Gadung bisa dinikmati setelah di goreng.

2. Kolang Kaling
Quote:
sumber
Kalian tentu sangat mengenal makanan satu ini bukan? yaa buah yang populer setiap bulan puasa ini menjadi yang sering diburu karena kenyal dan bisa memberi manfaat kesehatan buat kita. Namun apakah kamu tahu jika kolang kaling harus melewatkan beberapa proses untuk membuatnya aman dikonsumsi, getah kolang kaling mengandung racun yang bisa membahayakan jika salah dalam proses pengolahannya. Nah oleh karena itu, sebelum menjadi bukaan terlebih dahulu buah ini melalui proses pembakaran, perebusan, pengupasan kulit buah, perendaman hingga penyimpanan selama beberapa hari.

3. Rebung/Bambu muda
Quote:
sumber
Kita tentu sering menemukan olahan masakan berupa sayur rebung atau isian makanan seperti lumpia, namun taukah kamu bahwa rebung sama saja dengan 2 makanan sebelumnya. Bambu mud aini juga mengandung racun yang disebut Likosida sianogen atau kandungan yang persis seperti singkong, racun yang ada dalam rebung bisa bereaksi jika salah dalam proses mengolahnya. Adapun ciri rebu yang masih mengandung zat racun adalah rasanya yang pahit, tapi jangan khawatir ya gansis, ane punya tes tips untuk membuat rebung menjadi lezat dan enak, cukup dikukus atau direbus hingga matang sampai warnanya terlihat memudar saat dicuci dengan air, nah rebung seperti ini sudah bisa kamu olah menjadi berbagai masakan.

4. Kluwak
Quote:
sumber
Apakah kamu pernah mendengar nama kluwak? jika belum tahu, buah ini dikenal sebagai buah yang menyebabkan pusing atau mual terutama jika dimakan mentah tanpa direbus terlebih dahulu, buah ini mengandung racun hidrogen sianida, kluwak yang berwarna hitam biasanya digunakan sebagai bumbu dapur untuk campuran rawon di daerah jawa. Nah kandungan sianida yang tinggi harus dihilangkan dengan cara merebusnya dalam air mendidih, jika hal tersebut sudah dilakukan maka kluwak sudah boleh dikonsumsi, simpel bukan..

5. Biji Jambu Mete
Quote:
sumber
Siapa sih yang tidak mengenal kenikmatan kacang mete yang biasanya ada dalam campuran coklat ini, kacang mete berasal dari biji Jambu yang harus diolah terlebih dahulu sebelum dikonsumsi, kacang mete dilindungi oleh cangkang dan cangkang ini mengeluarkan getah, getah inilah yang memiliki kandungan racun urushiol. Racun yang terdapat pada kacang mete dapat menyebabkan pembengkakan, peradangan dan iritasi pada kulit. Konsumsi dalam jumlah banyak malah bisa berakibat fatal bagi tubuh, makanya sebelum dijadikan makanan, kacang ini harus direbus dalam waktu lama, setelahnya dikeringkan lalu baru bisa dicampur dengan coklat atau bahan makanan lain.

Itulah makanan beracun yang bisa dimakan dan disulap jadi sesuatu yang enak sebenarnya kandungan bahaya dalam beberapa makanan di atas bisa hilang jika benar cara pengolahannya ya jika beda ya resikonya bisa ditanggung sendiri bahkan ada yang bisa membuat nyawa melayang loh. Semoga bermanfaat, sampai jumpaa..


profile-picture
profile-picture
profile-picture
cheria021 dan 44 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Si.jonii
Halaman 1 dari 6
baru tahu ane kalo kacang mete juga ada racunnya emoticon-Wow btw manusia juga suka makanin bambu, berarti manusia saudaraan sama panda dong emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gelep_007 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
emoticon-Ngakak
Mendhem gadung
emoticon-Ngakak

Singkong kan juga aslinya mengandung racun, makanya engga boleh dimakan mentah2 kaya kelapa.
profile-picture
profile-picture
Gailham dan bdgkotakembang memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Genius apanya ?

Kelaparan mah iya emoticon-Wakaka
profile-picture
kodokuper memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Rebung masih muda enak.kalau sudah tua lebih enak lagi
emoticon-Ultahemoticon-Ultahemoticon-Ultah
profile-picture
baster69 memberi reputasi
Diubah oleh meimeiput
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Makan jambu mete yang masih segar (buahnya lho, bukan bijinya) emang bikin bibir gatal gatal.

tapi biji jambu mete kalo sudah diolah mantap bener rasanya
profile-picture
profile-picture
Aramina dan bonita71 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
baru tau ane bambu muda tuh beracun, pernah dikasih ama tetangga langsung ane potong2 dan masak ARSIK. untung ga mokad ane
profile-picture
bdgkotakembang memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kluwak seumur" belum pernah lihat kaya apa boro" tak makan
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Judulnya ya ampun, mirip channel2 overpride di youtubeemoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
badbironk dan tottorotooot memberi reputasi
Pernah keracunan gadung, pusing mutah2 setelah di selidiki ternyata habis makan kripik gadung emoticon-Hammer2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
wahhh ane paling suka rebung dibuat isian lumpia
profile-picture
bonita71 memberi reputasi
dulu biji jambu mete sering dibakar, dan itu enak rasanya.
Rotan gk ada.. Enak tuh
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Jangan lupakan jengkol.

Itu kl kebanyakan makan & ngolahnya kagak bener, bisa "jengkolan" ente emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
Gailham dan rinandya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
owh baru tau klo kluwak beracun,
wenak tuh klo dibikin tambahan bumbu rawom warnanya hitam pekat emoticon-2 Jempol
Akibat perut lapar bre emoticon-Smilie
Indonesia hebatemoticon-Ultah
Kadar racunnya dikit banget. Kecuali ente makan sekwintal ga akan pengaruh. Kalo kulit mede ya memang harus dikupaslah. Kacang tanah kulitnya juga dibuang. Emang ente makan? 😂
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Baru tau kalau rebung sama kluwak beracun. emoticon-Belo
kluwak itu yang mana gan?
Tulisannya bagus, cuman judulnya itu, bikin miris. Coba bikin tulisan makanan2 beracun dari negara lain.
Halaman 1 dari 6


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di