KOMUNITAS
Informasi! Kaskus Update Fitur Baru! Intip di Sini!
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
Cara Mudah Menjawab Pertanyaan Anak tentang Kondom, Beda Usia Beda Penjelasannya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/615a804a52e259685a1a61b9/cara-mudah-menjawab-pertanyaan-anak-tentang-kondom-beda-usia-beda-penjelasannya

Cara Mudah Menjawab Pertanyaan Anak tentang Kondom, Beda Usia Beda Penjelasannya

Cara Mudah Menjawab Pertanyaan Anak tentang Kondom, Beda Usia Beda Penjelasannya


Agan dan Sista mungkin pernah mempertanyakan peletakan kondom di dekat kasir. Memang letak kondom selalu menyulut perdebatan. Apalagi Agan dan Sista tahu sendiri, masalah seks masih tabu dalam masyarakat kita.
 
Pihak minimarket punya alasan kuat Gan Sis. Mereka beralasan peletakan itu agar pembelian kondom terkendali. Hanya pembeli yang cukup usia saja dapat membelinya. Rak kondom dekat kasir juga mencegah bocah-bocah mengutil kondom.
 
Namun Agan dan Sista yang sudah jadi orang tua pastilah sempat salah tingkah jika anak bertanya soal kondom. Apalagi kemasan kondom mencolok. Anak-anak tertarik, bahkan menyangka kondom sebagai permen karena ada gambar buah-buahan permen segala.
 
Berikut jawaban dari pertanyaan tentang kondom untuk anak-anak Gan Sis. Anak-anak punya rasa ingin tahu yang besar. Wajar saja mereka terstimulasi untuk bertanya karena melihat kondom di minimarket atau tidak sengaja menemukannya di rumah.
 
1. Untuk anak usia 10 tahun ke bawah
 
Agan dan Sista cukup jawab bahwa kondom adalah obat. Obat untuk ayah guna menunda kelahiran adik. Biasanya jawaban tersebut sudah cukup, Gan Sis. Jarang anak usia 10 tahun ke bawah yang sampai penasaran, bagaimana cara pakai dan cara kerja kondom.
 
Apabila anak terus bertanya, alihkan saja pada hal lain. Anak-anak di usia ini masih gampang teralihkan. Diskusi soal kondom cukup sampai anak tahu bahwa kondom adalah obat saja.
 
2. Untuk anak usia 10 tahun ke atas
 
Anak-anak di usia ini sudah lebih kritis serta bernalar. Sekadar jawaban obat saja mungkin tidak cukup. Agan dan Sista dapat menjelaskan lebih lanjut tentang alat kontrasepsi yang berfungsi untuk menjarangkan kelahiran. Ayah menggunakan kondom agar sel sperma tidak bertemu dengan sel ovum itu.
 
Apabila anak masih penasaran, Agan dan Sista mau tidak mau harus menjelaskan soal pertemuan sel sperma dan sel ovum yang dapat berkembang menjadi janin. Bagaimana pertemuannya silakan sesuaikan dengan pemahaman anak.

Cara Mudah Menjawab Pertanyaan Anak tentang Kondom, Beda Usia Beda Penjelasannya

 
Sebagian anak mungkin cukup dengan penjelasan sperma dan ovum akan bertemu ketika ayah dan ibu tidur bersama. Apabila anak belum puas juga dan bertanya, “kok bisa tidur bersama bisa bikin sperma dan ovum bertemu?” Agan dan Sista dapat mengatakan bahwa diskusi soal pertemuan sperma dan ovum ini akan berlanjut saat anak sudah pubertas.
 
3. Untuk remaja
 
Untuk anak usia SMP dan SMA yang sudah memasuki masa pubertas, penjelasan soal reproduksi manusia secara menyeluruh sudah dapat diberikan. Agan dan Sista dapat menyampaikan dengan serius seperti menyampaikan pelajaran sekolah.
 
Pastikan anak nyaman saat mendapat penjelasan. Agan dan Sista tidak perlu malu-malu apalagi sampai marah-marah. Diskusi yang membuat anak nyaman mendorongnya bertanya soal seks lebih lanjut di kemudian hari. Lebih aman daripada mereka bertanya kepada mesin pencari di internet, kan?

Cara Mudah Menjawab Pertanyaan Anak tentang Kondom, Beda Usia Beda Penjelasannya

 
Semoga informasi di atas bermanfaat. Apabila Agan dan Sista ada pengalaman terkait kondom dengan anak, boleh bagikan di kolom komentar.



Sumber 12, 3
Foto/gambar dari Freepik



profile-picture
profile-picture
profile-picture
cheria021 dan 20 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Ayo, siapa yang pernah salah tingkah bahkan marah-marah saat anak tanya-tanya soal kondom?
tinggal bilang aja condom itu balon emoticon-Kaskus Banget

Cara Mudah Menjawab Pertanyaan Anak tentang Kondom, Beda Usia Beda Penjelasannya
profile-picture
profile-picture
jiresh dan Veonicarin memberi reputasi
Gimana kalo bilang kondom itu adalah baju pelindung untuk si otong, keknya bakal penasaran anak2 ya gan emoticon-Big Grin
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
keknya obrolan tentang sex education masih tabu deh di kalangan orang indonesia emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
jiresh dan PACIFIC2012 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Cara Mudah Menjawab Pertanyaan Anak tentang Kondom, Beda Usia Beda Penjelasannya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Casing hp bahan silikon itu juga disebut kondom
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 2 lainnya memberi reputasi
Jarang banget dengar bocah nanya ginian, biasa mereka cari sendiri apalagi klo dah pegang gadget emoticon-Hammer (S) paling sering tanyain masalah bagian2 yg diblur yg ada ditv emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 69banditos memberi reputasi
Itu alat dipakai untuk mencegah keributan dalam rumah tangga

Mungkin dia bisa memberikan penjelasan [img]
profile-picture
69banditos memberi reputasi
Diubah oleh penthouse.3
family slut?
profile-picture
69banditos memberi reputasi
Sesuatu berbahan karet yang melindungi dan membungkus adalah kondom. Lampiran gambar sertakan juga gambar kondom aneka ragam.

😆😆
kalo jaman sekarang mah apa2 ga perlu nanya, udah ada google...
bahas kondom dan jual kondom tak payah sembunyi2 mah kini
Kondom ponsel
Kondom kabel

emoticon-Ngacir
Sangat bermanfaat gan
Post ini telah dihapus
Mereka lebih percaya mbah gugel daripada ane emoticon-Hammer (S)
Bicarakan dg jujur. Jangan ada dusta diantara kita.
Seenggaknya edukasi kan sesuai umurnya y wak.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Hahhaha kagak bisa sih kagak malu rasanya
Biasanya dah dpt duluan pengetahuannya dr pergaulan
profile-picture
nagakocak memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Tapi pa, penjelasannya kok beda ama yg di guggle?emoticon-Ngakak
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di