CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Apa Kalian Pernah Mendengarnya, 5 Mitos Orang Dahulu ini..?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6152a22c73924f606a7920a4/apa-kalian-pernah-mendengarnya-5-mitos-orang-dahulu-ini

Apa Kalian Pernah Mendengarnya, 5 Mitos Orang Dahulu ini..?


5 Mitos Orang Dahulu. Apa Kalian Pernah Mendengarnya ?. pada dasarnya masyarakat Indonesia masih kental dengan Mitos - mitos yang beredar dari jaman nenek moyang kita, banyak mitas yang sering kita dengan sejak kita masih kecil, tujuan orang tua mengatakan mitos- mitos tersebut sebagai peringatan larangan untuk anaknya agar tidak nakal atau agar nurut kepada orang tua.

Apa Kalian Pernah Mendengarnya, 5 Mitos Orang Dahulu ini..?

Mitos itu sendiri biasanya di ucapkan dari mulai turun menurun di setiap keluarga, mitos berbeda dengan fakto karena mitos biasanya di pengaruhi oleh beberapa banyak fakto non-ilmiah, yang dimana mulai dari berkaitan dengan makluk gaib , tradisi masa dahulu dan  sampai dengan fenomena alam.

tapi tentunya kalian pernah donk mendengar beberapa mitos waktu kecil yang membuat anda takut melkakukannya, bahkan ada yang mengucapkannya pun tidak ingin, nah ini ada beberapa mitos ni yang waktu kecil pernah dengar dari kedua orang tua.

1. Dilarang Keluar Saat Magrib Nanti Ada Wewe Gombel

waktu kecil saya biasanya bermain dengan teman hanya sampai jam 5 sore karena waktu dulu jam 17:30 itu sudah mulai menujuh waktu magrib, nah biasanya orang tua saya suka memanggila dengan keras dan berkata " nak pulang udah mau magrib nanti ada wewe gombel atau gondoruo " nah yang belum mengetahui hantu ini, mereka adalah hantu yang suka menyulik anak - anak, sebenarnya saya antara percaya atau tidak apakah hal itu memang ada, tapi saya dengar - dengar ada yang memang mengalami hal seperti itu. nah untuk kalian jika memang pernah mengalaminya ceitakan di komen ya atau perna mendengar juga tulis aja di komen biar kita bagi pengalaman.

Apa Kalian Pernah Mendengarnya, 5 Mitos Orang Dahulu ini..?


2. Jangan Menyisakan Nasi Saat Makan Nanti Nasinya Nangis

mitos ini si sampai sekarang saya gunakan untuk becanda kepada teman - teman ketika sedang nongkrong, tetapi saya juga masih bingung apakah benar atau tidak, yang ada di fikiran saya mitos ini di ungkapkan orang tua biasanya agar anaknya bisa mengabiskan makanannya, logikanya si nggk masuk akal ya kalau nasi bisa nangis tetapi mana tau hal itu memang terjadi kalau kita jadi nasi wkwkwk. ayo siapa yang makan suka tidak mengabisi nasinya atau makannya nanti nangis loh makannya wkwkw

Apa Kalian Pernah Mendengarnya, 5 Mitos Orang Dahulu ini..?

3. Ibu Hamil Jika Gerhana Bulan Harus Sembunyi Di Bawah Keranjang

Mitos satu ini sering saya saksikan ketika ibu atau saudara saya sedang hamil, entah memang itu nyata atau tidak mayoritas orang jawa biasanya melakukan itu jika ada gerhana bulan, mungkin karena mitos seperti ini sangat kental kali ya di jawa itu jadi ya mau gimana lagi percaya nggk percaya ibu hamil harus mengikuti perintah orang tuanya. Apa kalian pernah mengalami ini di saat Gerhana Bulan atau Istri anda, Saudara anda atau tetanggal anda, coba ceritain di komen ya jika mengalami atau merasakannya.

Apa Kalian Pernah Mendengarnya, 5 Mitos Orang Dahulu ini..?

4. Mengantongi Batu Agar Rasa Mules Menghilang

ini si kayanya kalian juga pernah mengalaminya, nggk mungkin kalau nggk wkwkwk, biasanya anak sekolahan ni yang sering melakukannya, seperti saya waktu sekolah dulu, mitos ini saya juga tidak tau berasal dari mana tetapi dengan adanya mitos ini saya sering sekali terbantu jika saya sedang ada di perjalanan jauh dan tidak ada toilet saya selalu mengantungi batu untuk meredakannya, tetapi memang berpengaruh semuanya memang bisa meredakan, saya juga bingun tapi mungkin mitos ini memang di buat agar menset kita tidak terlalu fokus pada hal yang terjadi mangkannya kita percaya dengan melakukannya itu akan menjadi kenyataan, kalian pasti pernah kan merasakannya, ayoh jujur jangan bohong

Apa Kalian Pernah Mendengarnya, 5 Mitos Orang Dahulu ini..?

5. Tangan Kanan Gatal Akan Mendapatkan Uang Banyak

Mitos Terakhir ini terkadang membuat tertawa, Logikanya mana ada si cuman gara - gara tangan gatal kita mendapatkan uang, kalau memang begitu mending kita minta tangan gatal aja tiap hari terus kita tidak kerja, kemudian uang datang sendiri wkwkkw. becanda ya gan/sis, tapi di pelosok daera biasanya memang mitos ini masih banyak yang percaya, mungkin memang turun temurun atau ada yang pernah kejadian, saya si tidak pernah mengalami jika memang benar saya si ingin coba biar dapat uang wkwkw. nah apakah kalian pernah merasakan atau mendapatkan uang gara - gara  tangan kanan gatal, yuk berbagi cerita di kolom komentar siapa tau dapat uang juga.


Apa Kalian Pernah Mendengarnya, 5 Mitos Orang Dahulu ini..?

sebagian orang tua dulu memang percaya dengan mitos mitos di atas bahkan sampai melakukannya, tetapi dengan berjalannya waktu Mitos itu sendiri semakin menghilang, mungkin karena era jaman kali ya, padahal dengan adanya mitos - mitos itu beredar kadang bisa mencegar anak kecil melakukan hal - hal yang tidak seharusnya di lakukan seperti main samapi malam, terus makan harus di habiskan dan sebagainya, itu semua sebenarnya mendidik diri  kita sejak dini.

nah untuk kalian yang pernah melakukan hal - hal mitos di atas ceritakan ya di komen siapa tau bisa menambah pengalaman, atau kalau pernah mendengan mitos - mitos lainnya yang membuat kita ketakutan atau tidak mau melakukannya komen ya.


Ok sampai disini ya kita membahas Mitos See you nxt Artikel.


Referansi : Klik


Gambar : Google


profile-picture
profile-picture
profile-picture
edv039 dan 19 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
mitos orang dulu mengatakan : orang yg suka ngonani telapak tangannya berbulu

Spoiler for wew:
profile-picture
profile-picture
.priority dan aripmaulana memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Jangan duduk dibantal nanti bisulan.

Ngga boleh minta makanan yg sdh dikasihkan, nanti matanya bintitan.

emoticon-Traveller
profile-picture
Aramina memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
yapps, pernah banget dengar mitos mitos ginian..
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Tidur berdiri dibelakang pintu bisa lihat makhluk halus emoticon-Ngakak
Di negri ini emang banyak mitosemoticon-Ngakak
cewe kumisan nafsunya gede

ehh mitos apa beneran ya? emoticon-Ngakak
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
Semua pernah ane alami
Mata kedutan mana Gan?
ane sering ditakut-takuti pake mitos gini pas masih tk dan sd.

paling gokil yg kantongi batu bree, pas lagi bolos sekolah (SMP) sama temen, eh perut mules berat dadakan lagi, kata temen harus kantongi batu biar mulesnya ilang, dan ane lakuin tapi gak ngefek anjrit...

ekspresi muka udah gk karuan pas nahan,, untung aja jalannya pas sepi.
Yang paling geblek no 3 emoticon-Leh Uga
Anak baru lahir jangan diliatin cermin, nanti masuk sumur. emoticon-Ngakak (S)
Ini ngakak sih pas ane denger
Waktu msh kecil, sering tuh aq di kasih tau nenek, tante yg nomer 2. Klo dah digituin, mau ga mau, nasi nya tak abisin smua. Klo makannya pake kecap, ampe aq jilat piringnya krn nasinya nempel gitu emoticon-Big Grin
Klo cewe nyapunya gbersih, ntar suaminya brewokan
Siang2 panas2 grimis ada wewe gombel lagi beranak
Abis nunjuk kuburan, telunjuknya diemut
Makan didepan pintu rumah katanya pamali, lupa alasannya
Klo di jawa, semakin byk anak punya unyeng2 semakin nakal
profile-picture
profile-picture
YudhaUmi dan aripmaulana memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Mitos no. 4 itu jg kdg ane praktekin dn berhasilemoticon-Leh Uga
Klo mitos no. 5 kdg kejadian, dpt keberuntungan yg kga disengajaemoticon-Cool

emoticon-Ngakak
Yang no.4 pernah ngalamin, dulu waktu kecil pas pulang kampung naek kereta perut ane mules, trus ibu ane nyuruh ngantongin batu, katanya biar rasa mules diperut ngilang, Hahaha nostalgia emoticon-Mewek
Gak berlaku di abad 21Apa Kalian Pernah Mendengarnya, 5 Mitos Orang Dahulu ini..?
profile-picture
black.robo memberi reputasi
emoticon-Leh Uga bego aja yg nurut suruh ngantongin batu buat ngilangin mules, kalau sinchan pasti jawab kenapa gak ngantongin duit aja, ma? Dijamin mules hilang malah hati lapang emoticon-Ngakakemoticon-Wakakaemoticon-Wkwkwk

Hidup seperti sinchan
Diubah oleh admaza
Duduk di depan pintu nanti rezekinya seret, sebenarnya emang nyusahin orang mau lewat sih kayak mertua gue, demen banget nongkrong di depan pintu, gue mau mondar mandir jadi susah...
Cuma tau mitos klo kuping merah berarti lg ada yg nyinyirin... 😄
tak boleh tunjuk bintang malem2 tar tangannya puntung 😂
Halaman 1 dari 3


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di