CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Vape dan Klaim Rokok Sehat Dari Masa ke Masa
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6151e5c19c014b295479c670/vape-dan-klaim-rokok-sehat-dari-masa-ke-masa

Vape dan Klaim Rokok Sehat Dari Masa ke Masa

Vape dan Klaim Rokok Sehat Dari Masa ke Masa

Cangkeman.net - Sebagai seorang perokok, aku kerapkali ditawari untuk beralih ke rokok elektrik. Selain aroma dan asapnya tidak menganggu, rokok elektrik diklaim sebagai produk yang lebih sehat dari masa ke masa. Benarkah demikian?

Sebenarnya, klaim rokok sehat bukan terjadi di era rokok elektrik saja. Setiap ada produk baru olahan tembakau, pasti akan selalu diklaim sebagai produk yang lebih sehat dari produk yang sebelumnya. Padahal?

Awal kemunculan rokok putih dan rokok mild, mereka juga mengklaim bahwa rokok mereka lebih sehat daripada rokok kretek, baik kretek tangan maupun kretek mesin sebelum mereke. Rokok putih dan mild ini terus menerus mempromosikan dan mencitrakan bahwa produk mereka lebih sehat karena lebih rendah nikotin dan lebih rendah tar.

Rokok putih dan mild menyasar pasar perempuan sebagai targetnya. Oleh karena itu, mereka kerapkali hadir dengan gaya iklan yang lebih feminim dan halus.

Lalu bagaimana dengan rokok elektrik?

Produsen rokok elektrik macam ENDS (Electronic  Nicotine Delivery Sytem) dan HTP (Heated Tobacco Products) juga mengklaim bahwa rokok elektrik jauh lebih sehat dari rokook kretek, mild, dan rokok putih. Karena rokok elektrik tidak menghasilkan tar. Menurut mereka, nikotin itu aman untuk dikonsumsi, karena pada beberapa jenis sayuran juga mengandung nikotin. Yang berbahaya itu adalah tar. Nah tar ini ada karena hasil produk pembakaran, jadi selama pembakaran tidak ada, tidak ada tar. Dan tidak ada tar, produknya sehat. Begitu klaim mereka.

Yah benar, mereka para provape memang memiliki beberapa penelitian akan hal itu. Walaupun setelah dikulti satu persatu, penelitian tersebut ternyata memiliki banyak kelamahan di sana-sani. Bahkan salah satu peneliti ternyata punya afiliasi dengan perusahaan nikotin hehehe. Kalian bisa baca jurnalnya di Estimating the Harms of Nicotine-Containing Products Using the MCDA Approach

Oh iyah, kenal Michael Russel gak? Itu loh bapak tembakau itu loh. Dia ini yang sering jadi rujukan para provape untuk mengkampanyekan bahwa rokok elektrik itu lebih aman dari rokok konvensional. Tapi tau enggak sih kalau doi ini pernah didanai British American Tobacco untuk menguji nikotin pada rokok rendah tar? Nah masa iyah sih penelitian yang didanai oleh perusahaan nikotin terbasar bisa jadi landasar kemanaan nikotin?

Antitesis dari penelitian-penelitian yang jadi rujukan para provape udah banyak juga. Namun yah kan kita emang lebih suka ngeliat yang mau kita liat aja, mau mendengar yang kita mau dengar aja.

Kalau kita boleh jujur, sebenarnya segala jenis produk, apalagi produk nikotin itu pasti memiliki bahaya untuk kesehatan. Tapi mengklaim lebih sehat dari ini dan itu itu yang bikin rada nganu. Toh antara nasi, gandum, jagung, dan ubi saja misalnya pasti memiliki dampak baik dan buruknya bagi kesehatan. Tapi kita enggak bisa mengklaim kalau ganduk lebih baik daripada nasi. Bisalah kita klaim mungkin lebih baik karena gulanya lebih rendah. Tapi sisi lainnya mungkin nasi unggul kan?

Pada dasarnya, dalam menjual produk jualan memang buituh marketing yang baik. Dan salah satu marketing yang kerapkali digunakan dalam industri apapun adalah menggunakan agama atau kesehatan. Apalagi di musim pandemi ini kan?

Sebagai konsumen yah kita jangan mau dibutakan begitu saja dengan berbagai klaim sana-sini. Kita harus lebih jeli lagi dalam memilih produk. Dan yang penting kita tau kebutuhan diri kita. Diri kita butuh produk yang seperti apa, dan cocok dengan yang kaya gimana.

Tulisan ini pernah terbit di Cangkeman ( https://www.cangkeman.net/2021/09/va...i-masa-ke.html ) pada tanggal 5 September 2021 oleh Fatio Nurul Efendi


profile-picture
profile-picture
profile-picture
bigjerro dan 26 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
emmmm, PHE Public Health England alias pemerintah inggris blgnya 95% lebih aman dari rokok kretek, dan mendorong warganya untuk berhenti merokok beralih kevape dengan tujuan agar perokok dapat berhenti merokok.
apakah PHE ini marketing.?
yg ada itu perokok akut yg ngerasa rokok elektrik cuma mainan, orang tua yg tidak paham teknologi dan percaya mitos, serta produsen rokok terus2an nyerang rokok elektrik agar pengguna rokok kretek tidak pindah ke rokok elektrik.
sekarang coba compare aja kemungkinan antara bocah ngerokok kretek sama ngerokok eletrik. mana kemungkinan yg lebih besar, pasti bocah beli rokok kretek kewarung dengan alasan buat orang tua nya. modal rp 2000 dapat.
kadang ga bisa cuma bilang ya semuanya ga sehat, toh kalo begini sekalian aja kendaraan bermotor ga sehat baik mobil maupun motor, karena walau dengan teknologi apapun tetap memberikan polusi udara, jadi kita sebaiknya stop menggunakan mobil dan motor.
tapi kalau menggunakan motor dan mobil terbaru yg lulus emisi euro sekian kita membantu mengurangi tingkat polusi yg sangat berbahaya dibanding mobil dan motor produksi 20 tahun lalu. dan itu lebih baik. berarti sama kan kalau dibilang rokok elektrik 95% lebih tidak berbahaya dari rokok kretek.
tinggal bagaimana menyikapinya.
mau blg oh semua berbahaya lebih baik berhenti. ya susah. cuma kalau ada opsi yg lebih baik ketimbang yg lainnya ya kenapa ga didukung.? toh setidaknya perokok elektrik ga bikin perokok pasif..

buat bahan pembelajaran:

profile-picture
profile-picture
profile-picture
fathur394 dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh windmilz
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 12 balasan
kalo rokok sehat kok dalam bungkus rokok ada tulisan peringatan dapat menyebabkan kanker dll?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
jangan lupa ada juga rokok herbal emoticon-Big Grin sebagai bukan perokok ane akui rokok herbal asapnya gak terlalu bikin sesak kayak rokok biasa, tapi mengenai rokok elektronik ini malah bikin bahaya, asapnya yang wangy malah bikin non-smokers kepengen menghirup asapnya walaupun itu mengandung nikotin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
ah namanya merokok tetep aja tidak sehat. mau merokok biasa atau pakai yang elektrik tetap aja merokok ga baik untuk kesehatan, baik kesehatan pemakai maupun orang sekitar. yang bisa dibilang lebih sehat ya stop merokok lah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
itkgid dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Ane bukan perokok, jadi cuman bisa mantau aja
profile-picture
profile-picture
ali babas dan wolfzmus memberi reputasi
Ngerokok mana ada yang sehat? Kecuali rokok2an yang isinya bubuk cokelat emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Vape cuman seneng ada banyak asep aja
Diubah oleh awixcool
Mending lu hidup sehat aja, gk usah make dua2nya, kasihan org sekitar lu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
Dulu gw ganti ke rokok elektrik pelan2, abis makan tetep rokok samsu..lama2 rokok jd berasa pahit, akhirnya 100% pindah rokok elektrik..

Setelah itu mulai ngurangin penggunaan rokok elektrik sedikit2..sampe gw cobain ninggalin rokok elektrik di rumah (gak dibawa ke kantor) eh bisa ketahan..mulai deh gw berhenti rokok & rokok elektrik..
Alhamdulilah udah hampir setahun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
thebalckhost dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Karena mod ane rusak, jadi berenti ngevape dah
profile-picture
darman69 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ane udah stop rokok dan start vaping hampir 1 thn ni, dampak jangka pendek yg ane rasain sih nafas lbh panjang sama bibir jg lbh cerah, ga hitam kyk ngerokok. Cuma vape ane anggap sbg jembatan aja sih sebelum berhenti total
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ane punya 2 korban gara Rokok tanpa vape dan pake Vape
1. Bokap ane : Dah 50 tahun ngerokok, pas 3 tahun sebelumnya bokap ane masuk rumah sakit panas dalam + batuk2, dianya gak bisa bangun ngerasa sesak napas ada kale ampe 2 minggi di rawat pas dicek bokap ane kena kronis paru2, dan pas liat rongtennya paru2nya da rusak parah. Jadi bokap ame berhenti ngerokok tp tetep aja tiap dia jalan dikit dah ngos2an, pokoknya dia dah mulai capek kalau jalan cuman sebentar, bediri aja dah ngos2an
Korban ke 2 merupakan kenalan orang kantor, yg ane tau dia ngevape dah lama, kalau ane itu pas ane baru masuk kantor dah 5 tahun ane taunya dia ngevape, nah setahun kemarin dia gak masuk ada kali ampe 2 bulan dia sering gak masuk soalnya dia dah sering batuk (kita ampe berpikir jangan2 bisa kena covid itu). Sekarang sich dia mulai membaik dan dah berhenti ngevape tp tetep aja dia sering batuk, suara pun dia juga kaya ngos2an gitu kalau ngomong kaya merasa capek gitu. Btw umurnya masih 40an lah.
Jadi siapa ngerokok sama ngevape sehat, kagak!!!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ushirota dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Vape sehat cairan pakai kecap atau antagin
emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
Diubah oleh meimeiput
Enak choki-choki laaaa
Rokok mah kencingin aje
Atau buat ganti tisu toilet
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Vape itu nggak sehat, bisa bikin orang mati. Coba liquidnya diganti sama vape anti nyamuk emoticon-Ngakak
Spoiler for :
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 6 lainnya memberi reputasi
bahan utama liquid vape juga digunakan di industri medis... stop smoking start vaping.. emoticon-Pasangan Smiley
profile-picture
profile-picture
fishnugget dan gomamon. memberi reputasi
Vape yg bagus cuma buatan fumakila gan
bikin nyaman
profile-picture
profile-picture
itkgid dan areszzjay memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Sehat apane emoticon-Hammer2
profile-picture
jamban.bocor memberi reputasi
Waktu awal mula rokok diperkenalkan jg dianggap sbg barang yg baik utk kesehatan.
Tp pengetahuan manusia berkembang.
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
hmmm
pada dasarnya vape itu cuma uap air. mirip uapair masak air, atau asap di sauna
kira2 menurut ente uapair dihirup ampe paru2, bisa bikin paru2 rusak gak?

dah gitu aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
duha14 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 20 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 20 balasan
Halaman 1 dari 4


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di