CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Densus 88 Rancang Strategi Stockholm Syndrome untuk KKB Papua
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6151cc45a3b03a417a2b6304/densus-88-rancang-strategi-stockholm-syndrome-untuk-kkb-papua

Densus 88 Rancang Strategi Stockholm Syndrome untuk KKB Papua





Densus 88 Rancang Strategi Stockholm Syndrome untuk KKB Papua

Anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM) diperlihatkan ketika menyerahkan diri kepada Satgas Pamtas Yonif Para Raider 328/Dirgahayu di Skouw, Distrik Muara Tami, Jayapura, Papua, Sabtu (25/1/2019). (ANTARA FOTO/Gusti Tanati)

Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Densus 88 Antiteror Polri Irjen Martinus Hukom mengatakan pihaknya akan menerapkan pendekatan hukum berkelanjutan terhadap kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua. Martinus ingin merangkul para pemberontak sehingga mereka tak hanya berakhir di penjara.

"Selama ini kita melakukan penegakan hukum, penangkapan lalu mencari fakta-fakta hukum perbuatan-perbuatan pidananya. Lalu kita membawa mereka ke penjara. Apa yang terjadi, dendam, ketegangan antara yang ditangkap dan yang menangkap," kata Martinus dalam sebuah diskusi daring yang digelar Pusat Riset Ilmu Kepolisian Kajian Terorisme, Senin (27/9).

Martinus menyebut ketegangan antara aparat dengan KKB --sebutan aparat bagi kelompok separatis bersenjata di Papua-- tidak pernah mereda dan terus terpelihara.

Menurutnya, kondisi bisa berbeda apabila pemerintah mulai melakukan pendekatan anti-terorisme terhadap pelaku kekerasan di Bumi Cenderawasih tersebut. Nantinya, kata Martinus, ada proses deradikalisasi yang diharapkan dapat membuat para pelaku tersebut mulai melunak.

"Saya menginginkan orang-orang yang ditangkap ini kemudian kita dekati dengan segala pendekatan-pendekatan psikologi, pendekatan budaya, pendekatan sosial, pendekatan kesejahteraan," ujarnya.

Jenderal polisi bintang dua itu menyebut akan muncul Stockholm syndrome atau sindrom Stockholm, yakni gangguan psikologis yang memunculkan rasa kasih sayang terhadap orang yang menangkap, menyandera, ataupun mengamankan orang tersebut.

Martinus menerangkan gerakan separatis merupakan hal yang perlu dihormati. Namun, kata dia, kadang kala gerakan-gerakan tersebut berubah menjadi terorisme ketika sudah memunculkan aksi kekerasan terhadap masyarakat sipil.

"Karena separatisme juga bisa bersifat gagasan untuk memisahkan diri," ucap Martinus.

"Ketika dia melakukan kekerasan terhadap masyarakat sipil yang tidak bersalah lalu tujuannya melakukan spread of terror atau memperluas rasa ketakutan itu. Lalu memaksakan kehendak kepada pemerintah, itulah terorisme yang dilakukan oleh separatis," tambahnya.

KKB merupakan sebutan aparat bagi kelompok separatis pejuang kemerdekaan Papua yang bersenjata. Kelompok itu kini telah ditetapkan sebagai teroris oleh pemerintah.

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...tuk-kkb-papua.


Kali aja berhasil....
kalau cuma tembak, bawa masuk penjara terus tumbuh pengacau nyerang proyek infrastruktur masyarakat Papua
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jazzcoustic dan 6 lainnya memberi reputasi
SEGERA LAKUKAN OPERASI MILITER BESAR-BESARAN!!!

BASMI & BANTAI SELURUH ANGGOTA, SIMPATISAN BAHKAN SEMUA ANGGOTA KELUARGA TERORIS KKB OPM!!!

KERAHKAN TNI AD, TNI AU, TNI AL & POLRI, LAKUKAN SERANGAN DARI DARAT, UDARA & LAUT, LAKUKAN PENGEBOMAN DENGAN PESAWAT TEMPUR 24 JAM NON STOP

TUMPAS HABIS BANGSHAT-BANGSHAT TERORIS KKB OPM!!!

NKRI HARGA MATI
profile-picture
profile-picture
baikapuk dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Diubah oleh konglomelarat.
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Judul lagunya Muse emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
delapan3 dan Howitzer. memberi reputasi
Ya gk usah dikasih tau kali...

Kan mereka jadi tau strateginya apa...

Duh...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gagal.jadi.nabi dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
L E M A H

L E M B E K

Lo pikir mereka bakalan jadi respek sama lo???
profile-picture
profile-picture
profile-picture
baikapuk dan 3 lainnya memberi reputasi
Lamaemoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
baikapuk dan 2 lainnya memberi reputasi
Kok ane jadi sedih ya.

Ane sendiri tergolong manusia pacifist dan cinta damai.

tapi yg dilakukan KKB/OPM itu sudah sangat mengancam kedaulatan negara.

Ane rela duit pajak ane untuk Operasi Militer besar-besaran di Papua. Habisi KKB sampai akar-akarnya.

Dan coba saja adakan survey, pasti sebagian besar rakyat Indonesia mendukung.

Sudah bukan saatnya lagi pakai cara2 humanis.
profile-picture
baikapuk memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Basmi aja blom bisa udah ngemeng terapi pler lah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
baikapuk dan 2 lainnya memberi reputasi
Satukan saja anggota KKB OPM yang tertangkap di sel Habib Rizieq, Ba'asyir, Bahar Smith, dan gerombolannya. Nggak usah pakai acara deradikalisasi lah stockholm syndrome lah
ngemeng...
Bom Napalm
emoticon-Leh Uga
Muse....
Quote:


Oh disebit bukan teroris lagi nih??
Duh...malah skrg ngarah ke psikologi, ga bisa nangani atau gimana sih ini? Densus klo mau nyerah nyerah sekalian gak usah pakai cara gini. Tumpas habis tanpa politik2an bisa gak??
butuh berapa hari/bulan/tahun?
Konsultasi dulu gih sama negara lain yg berpengalaman dengan kasus seperti ini
Tailah dah brp yg mokad? bru skrng bkin rencana gerak
Kok gak waterboarding? Arti kata menumpas dulu dikemanakan?
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
boleh2 aja sih densus 88 urus teroris opm di papua daripada teroris kadrun radikal di jawa terus, tapi hati2 dengan australia nanti kejadian seperti 2012 lagi , mau beraksi tumpas teroris di papua kena protes aussie karena ternyata donatur kkb opm dan densus 88 sama-sama dari aussie :

https://m.republika.co.id/amp/134541

https://www.republika.co.id/berita/internasional/global/12/08/30/m9jgqw-australia-terlibat-aksi-densus-88-di-papua

kalau yang mau protes silahkan ciduk kepala redaktur republika sekalian karena sebaran berita hoax, CMIIW
Diubah oleh jerrystreamer1
emoticon-Ngakak

Triknya menanamkan gangguan mental ke orang. Boleh juga. Tapi jangan sampe dampak di kemudian hari malah berefek parah.
profile-picture
jazzcoustic memberi reputasi


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di