CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Jangan Tunggu Basi, Minyak Rem Wajib Diganti per 40.000 Km
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61514e436b64f1319d3906c5/jangan-tunggu-basi-minyak-rem-wajib-diganti-per-40000-km

Jangan Tunggu Basi, Minyak Rem Wajib Diganti per 40.000 Km

Sistem pengereman atau rem merupakan bagian yang vital pada setiap kendaraan. Mengingat rem sebagai salah satu komponen keselamatan utama.



Tentunya rem tidak selalu terus menerus bisa beroperasi dengan prima. Komponen tersebut harus diperiksa secara berkala agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Sayangnya, masih ada beberapa pengemudi yang abai akan hal ini.


Jika tidak diperhatikan, potensi-potensi yang menyebabkan kecelakaan seperti rem blong atau mengunci menjadi lebih besar. Selain memperhatikan kampas rem, komponen lainnya juga patut diperhatikan seperti cairan atau minyak rem.

Jangan Tunggu Basi, Minyak Rem Wajib Diganti per 40.000 KmJangan Tunggu Basi, Minyak Rem Wajib Diganti per 40.000 Km

Kepala Bengkel Toyota Auto2000 Cilandak, Suparna mengatakan, sama seperti cairan lainnya pada mobil, minyak rem wajib dilakukan pergantian atau dikuras.
Salah satu tanda yang harus diperhatikan jika minyak rem mulai basi, yakni lampu indikator rem pada panel instrumen mobil menyala. Bila sudah menyala disarankan untuk langsung membawa mobil ke bengkel. Ini juga menjadi alasan mengapa memperhatikan panel instrumen mobil sangatlah penting.
Jangan Tunggu Basi, Minyak Rem Wajib Diganti per 40.000 Km


"Minyak rem ini diganti sekitar 2 tahunan atau setara dengan perawatan 40 ribu kilometer atau kalau sekarang nyebutnya perawatan servis berkala kelima," ujar Suparna beberapa waktu lalu.
Jika tidak dilakukan pergantian secara berkala, akan berdampak pada performa pengereman mobil yang tidak maksimal sehingga menimbulkan potensi kecelakaan. Ini disebabkan turunnya kualitas minyak rem serta adanya kondensasi pada tabung reservoir minyak rem.



"Uap air yang ada di udara dan yang ada di tabung reservoir, itu dia akan turun bercampur dengan minyak rem dan diserap dengan minyak rem. Air yang lama-lama ada di sistem pengereman itu, akan semakin banyak dan saat jumlahnya sudah semakin banyak akan sangat bahaya sekali ketika dipakai saat pengereman ekstrem," jelas Suparna.


Suparna menyarankan untuk para pemilik mobil tidak abai akan hal ini dan biasakan melakukan penggantian minyak rem secara rutin. Sama halnya berlaku untuk mobil yang jarang dipakai.
Ketika melakukan penggantian minyak rem, Suparna menyarankan pemilik mobil untuk menggunakan minyak rem yang sesuai dengan spesifikasi yang dimiliki kendaraan.




Untuk mengetahuinya cukup mudah, pemilik mobil dapat melihatnya di buku panduan mobil atau jika ingin lebih mudah, lakukan penggantian minyak rem secara langsung di bengkel resmi.

Source :kumparan.com











profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 9 lainnya memberi reputasi
Idealnya begitu... Supaya pengereman selalu mantap
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 3 lainnya memberi reputasi
Baru tau bisa basiemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
emoticon-Ultah
wah mantabh nich biasanya orang malas memperhatikan yang penting masih berfungsi saja... hihihihi
profile-picture
profile-picture
makola dan jlamp memberi reputasi
Udah msk di servis berkala kan biasanya klo ganti minyak rem ini? Klo liat kmnya barengan sama oli gardan, perseneling atau oli matic kayanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
herri0406 dan 2 lainnya memberi reputasi
rutin ganti gaes, meskipun masih bisa

karena fatal akibatnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
herri0406 dan 2 lainnya memberi reputasi
Penggantian minyak rem mobil kudu 2 tahun sekaliemoticon-pencet
profile-picture
profile-picture
profile-picture
herri0406 dan 3 lainnya memberi reputasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
herri0406 dan 4 lainnya memberi reputasi
Untuk skrang cukup tahu aja dah, kalau sudah punya mobil, baru ane praktekinemoticon-Big Grinemoticon-Blue Guy Peace
profile-picture
profile-picture
profile-picture
herri0406 dan 3 lainnya memberi reputasi
Copas dari mana tuh thread???emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 3 lainnya memberi reputasi
Bentar, ane siapin dana dulu buat beli mobil. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 2 lainnya memberi reputasi
Gimana kalo cuma ditambahin aja itu oli..?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 2 lainnya memberi reputasi
Perawatan berkala di beres mayan mahal, gw rawat aj ke bengkelnya si mamet emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 2 lainnya memberi reputasi
berhubung ane masih ngangkot..
ane nitip cendol ama rate 5 star aja ya


GIF
profile-picture
profile-picture
herri0406 dan jlamp memberi reputasi
jadiin motivasi ane ni nih yang begini gan emoticon-sudahkuduga
ts penuh wawasan banget kayanya emoticon-Kagets


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di