iskrimAvatar border
TS
iskrim
Kamu Bangga Beli Produk Copy Paste? Coba Renungi Ini Dulu


[ HT# 802 ]

Pernah lihat sebuah iklan di berbagai media dimana produsen mengeluarkan sebuah produk yang dibilang versi terbarunya jawaban kita pasti; banyak!

Dengan strategi marketing produsen sedemikian rupa hingga seolah-olah lebih unggul atau lebih mutakhir dari pesaingnya, mereka tampil sangat pede maju di depan. "Kami meluncurkan produk baru, harga lebih murah dan fitur lebih unggul, lengkap".

Apakah kamu bangga mendengar dan melihatnya, apakah kamu berminat meminangnya? Bagi kaum awam mungkin ini tawaran yang bagus, bagi konsumen lawas dari produk pesaing mungkin timbul sedikit penyesalan. "Kenapa baru keluar sekarang?".

Sadarkah kalian wahai pemirsa, kalau psikologi dan informasi yang diterima otak konsumen tengah dipermainkan oleh iklan produsen tukang copy paste ini?

Jadi maksud saya begini, misalnya ada sebuah produsen otomotif ternama dan terbesar mengeluarkan produk yang benar-benar baru tentu mereka melakukan riset dan pengujian yang mendalam dan biasanya dengan biaya yang tidak sedikit.



Akhirnya, lahirlah produk baru dikeluarkan dipasarkan. Produk baru atau generasi baru dari versi sebelumnya tentu banyak diminati apalagi diproduksi oleh produsen pemain lama yang dipercaya masyarakat tadi. Soal ada minim fitur karena mereka lebih tahu apa yang dibutuhkan konsumen, tapi bukan berarti mereka tutup telinga dan mata. Buat mereka adalah hal yang sepele, tinggal tunggu waktu saja.

Tapi dibalik semua itu ada produsen lain yang kerjaannya cuma mengamati, mengekor lalu meng-copy paste produk produsen awal (tidak cuma bidang Otomotif, ya). Dengan sedikit inovasi dan embel-embel aksesoris kelas murahan dengan bangga mereka katakan "Saya lah yang terbaik, saya yang paling murah, produk lain tidak ada apa-apanya karena fitur kami lebih lengkap".

Secara marketing sih wajar saja (tapi menyesatkan) karena memang tujuannya jelas; cara cepat untuk cari untung. Kenapa produsen copy paste berani jual lebih murah ya, karena lebih hemat dari proses riset, pengujian, build quality, sdm, dan waktu. Mereka kan tinggal meniru produk produsen pertama, meniru moulding yang sudah jadi. Sederhananya adalah melakukan aksi ATM (Amati Tiru dan sedikit Modifikasi) lalu mengaku jadi yang terbaik.

Kemudian mereka mengeluarkan produk yang 'seolah-olah' paling baru, lebih lengkap, dan lebih murah tapi diproduksi 'belakangan'. Pertanyaan terbesarnya adalah apakah produk mereka benar-benar teruji, durabilitasnya, bagaimana dengan kualitas kontrol, kualitas bahannya? Apakah kita benar-benar butuh kelebihan 'wah' ini, jangan-jangan cuma jadi pajangan dan bikin pendek umur aki aja, muehehe.

Ubahan dimensi 1mm pun akan berdampak pada manuver kendaraan. Inilah pentingnya hasil riset dan pengujian. Dikurangi bermasalah dilebihkan bermasalah juga. Produsen copy paste tidak peduli akan hal itu, yang penting mereka mengaku sudah mengeluarkan produk paling baru, sudah ada stempel safety, paling keren, paling lengkap, dan paling murah!

Cuan lah tujuannya! Tak peduli apakah produknya nanti akan digugat konsumen atau tidak. Kalau tidak ada gugatan maka akan dianggap sebuah keberuntungan, tapi mau sampai kapan?



Jadi sekarang adalah, apakah kamu benar-benar bangga memiliki produk hasil dari copy paste? Pastinya ada yang bangga karena apa yang dia beli terlihat lebih keren, lebih lengkap, dan terlihat senang karena harganya lebih murah. Bongah deh!

Tapi bagi konsumen yang kritis tidak akan silau melihat strategi marketing produsen copy paste ini. Kebanggaan memiliki suatu produk orisinil yang menjadi pionir itulah sebuah kebanggaan sejati. "Sebagus-bagus atau sehebat-hebatnya produk mutakhir tentu produk klasik tetap memiliki segmen dan pasar yang setia".

Ada sih mereka beralasan bersyukur sudah bisa beli, atau cuma untuk mobilitas tak perlu eksistensi. Ada benarnya, tapi secara lahiriah manusia jika memiliki kesempatan pastinya akan beli yang lebih baik. HARGA dan NAMA BESAR TIDAK PERNAH BOHONG.

Produk keluaran terbaru hasil dari copy paste memang melengkapi kekurangan yang ada, apalagi dikeluarkan oleh produsen besar pasti digemari tapi tak selalu mendominasi... itulah nasib produsen pengekor. Mau jadi besar? Jadilah orisinil. TAMAT.






Copyright © 2016 - 2021 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : sebuah opini | img : gugel 



Diubah oleh iskrim 01-10-2021 07:20
ferist123Avatar border
emineminnaAvatar border
AraminaAvatar border
Aramina dan 11 lainnya memberi reputasi
10
5K
70
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan