CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Seragam Sekolah Mau Dibebasin, apakah ini solusi terbaik? Ayo diskusi gan !
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/615066c52b0c0a6d2b013194/seragam-sekolah-mau-dibebasin-apakah-ini-solusi-terbaik-ayo-diskusi-gan

Seragam Sekolah Mau Dibebasin, apakah ini solusi terbaik? Ayo diskusi gan !

Tampilkan isi Thread
Halaman 5 dari 9
Jangan gratis....
Mungkin di turunin dikit harganya..
Klo g mgknbisa dari pemilihan bahan dan banyak bahan yg di pake bisa dikurangi...

Mulustrasi nya:
Seragam Sekolah Mau Dibebasin, apakah ini solusi terbaik? Ayo diskusi gan !
profile-picture
jiresh memberi reputasi
gak setuju kalau bebas, pernah ngalamin dulu sekolah pakai baju bebas, baju branded aja bisa diledekin kalau gak sesuai style "mayoritas"

berdasarkan pengalaman ane justru yang utama bukan harga bajunya tapi stylenya harus ngikutin kaum "mayoritas"

modal celana jeans, kaos t shirt hitam/putih polos, sepatu converse diskon 80% auto dibilang gaul.

alhasil sekarang saya main aman aja, gak berani main aneh-aneh eksperiment lagi.
profile-picture
ronaldidin memberi reputasi
Diubah oleh mr.kevin95
Kebijakan goblok akh, ketimpangan sosial masih gede, seragam solusi paling mudah
kalo menurutku kurang setuju kalo dibebasin
tujuannya pake seragam biar setara antara yg kaya dan miskin

tapi disisi lain buat yang kurang mampu, beli baju seragam itu beban tersendiri emoticon-Nohope

drpd seragam dibebasin, mungkin lebih baik kalo buku digratisin
kasian anak2 cewek skr dipaksa sekolah jd kek ninja emoticon-Betty
Sebaiknya dibebasin aja. Harga seragam agak mahal juga buat orang2 tertentu.. kalo diizinkan bebas seragam ya minimal syarat ke sekolah cukup kemeja ama celana panjang dan sepatu aja.. yng penting sopan.. mungkin pas upacara cukup 1 seragam aja..
Dana pendidikan ke sekolah2 sbnrnya uda ada.. slh satu pos pengeluaran besar dr apbn ya buat pendidikan. Tapi? Kok msi ad yg g mampu bli ini itu? Ya krn skolah dan yayasan terkait jg bermain.
banyak juga loh
yg benar2 tidak mampu beli baju bagus
karena tidak mampu

akan beresiko kontra dengan data

solusi tengahnya, seragam wajib gratis dari pemerintah
menurut gw bagus juga seragam sekolah ditiadakan. karena harga seragam sekolah sekarang mahal.
2 stel seragam sekolah (1 stel seragam biasa dan 1 stel seragam pramuka) mencapai 500ribu rupiah.

mending ditiadakan. tapi kalaupun tetap harus pakai seragam tiap hari senin saja saat upacara bendera. selebihnya bebas.
Ini Indonesia, bukan Amerika

Seharusnya sekolah kasih seragam gratis
sebenarnya maksud awal dari penggunaan seragam adalah untuk menghilangkan kesenjangan sosial diantara para siswa-siswi di sekolah. sehingga tidak ada bedanya antara yang dari golongan ekonomi lemah, sedang dan kuat.

tapi seiring dengan berjalannya waktu penggunaan seragam itu dipolitisir oleh pihak sekolah dan pihak lainnya dalam mencari keuntungan secara ekonomi dari para siswa-siswi. Dimana ada kriteria khusus mengenai jenis bahan, model, warna, dan corak tertentu yang ditetapkan oleh pihak sekolah atau terkait lainnya yang punya kepentingan tanpa diskusi terlebih dahulu kepada para orang tua siswa-siswi. Mereka sangat terkesan dipaksa secara halus untuk memiliki seragam yang sudah ditentukan tersebut. Sementara masing-masing siswa-siswi itu berbeda kemampuan ekonominya.

Bagi yang golongan sedang dan kuat mungkin tidak masalah. Tapi bagi kalangan ekonomi lemah itu sangat memberatkan. Banyak yang terbebani dengan seragam yang telah ditetapkan tersebut. Sehingga banyak yang akhirnya tak mau ke sekolah khawatir dapat intimidasi dari pihak sekolah dan teman-temannya karena tidak mengikuti pemakaian seragam yang sudah ditetapkan tersebut.

padahal sejatinya kan dalam proses belajar dan mengajar itu tujuan utamanya adalah bagaimana semua siswa/siswi dapat menerima materi ajar dan memahaminya dengan maksimal. tak peduli model pakaiannya seragam khusus atau tidak. yang penting sopan, rapi, dan tidak menonjolkan kekayaan masing-masing.

emoticon-Toast emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
goal481 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
jelas dibebasin dong biar pas lulus ga dicoret", mending uangnya disimpen buat beli jaket hehe
setubuh sama ts emoticon-Big Grin
Hahaha yg bagi yg kontra, tren kompetisi outfit untuk seragam pun ada, pake jenis kain mengkilat lah, dll

Bagus itu di hapus aja, biar tidak menjadi ladang bisnis
Kayaknya belum perlu. Yang penting kualitas pendidikannya aja dulu yg dibenerin, terutama pendidikan akhlak.
Seragam adalah cara mendidik kedisiplinan anak paling sederhana & kesetaraan cara pandang anak tentang tidak ada diskriminatif antara si kaya & si tak punya
Jangan sampe dibebasin ntar malah jadi ajang pamer busana bukan fokus cari ilmunya
Sekolah bukan panggung ajang fashion show emoticon-Jempol
mau seragaman mau kagak kalo kagak bisa ngikutin gaya jajan si kaya ya susah buat si miskin masuk ke circlenya emoticon-Ngakak (S)
Knp ga digratisin aja?

Atau kl ga mau semua gratis, ya suruh ortu bikin pengajuan seragam gratis.
Sebenernya pakaian bebas atau seragam sama2 ada baik buruknya.
Seragam sih baiknya para siswa jadi sama rata penampilannya supaya gak ada perbedaan, buruknya di harga seragam itu sendiri yg bisa dibilang mahal.
Kalau bebas baiknya ya gak perlu beli seragam mahal lagi, tapi buruknya bisa jadi ajang pamer baju bermerek.
Ane sih termasuk setuju aja dengan pakaian bebas karena sering nonton film dari amrik sekolah mereka juga pakaian bebas semua kok. Hanya saja memang perlu ada aturan tambahan mengenai pakaian yg dipakai supaya gak jadi ajang pamer.
Sebenernya utk pamer, siswa pakai seragam pun masih bisa pamer dari sepatu dan bawaan mereka yg lain seperti jam, hp, dll.
Jadi ya semuanya balik ke siswanya sendiri sih, apakah mereka pada dasarnya suka pamer dan membeda2kan status sosial atau gak karena menurut ane status sosial itu gak bisa ditutupi dengan seragam.
Kurang setuju kalau bebas tanpa seragam, nanti jor-joran malah cenderung bullying si miskin dan kaya. Ane kok malah heran ya bbrp sekolah masih meributkan ini, di sekolah deket rmh yg ane tau diambilin dr dana bos untuk yang beneran gak mampu. Gurunya juga aktif nyumbang. Ini keknya tergantung kebijakan kepala sekolah.
Halaman 5 dari 9


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di