CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Seragam Sekolah Mau Dibebasin, apakah ini solusi terbaik? Ayo diskusi gan !
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/615066c52b0c0a6d2b013194/seragam-sekolah-mau-dibebasin-apakah-ini-solusi-terbaik-ayo-diskusi-gan

Seragam Sekolah Mau Dibebasin, apakah ini solusi terbaik? Ayo diskusi gan !

Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 9
sebenernya mah pake seragam malah bikin kesenjangan sosial kg terlalu ketara. yg beda cuman merek sepatu, gesper, sama tas.

bayangkan dulu tas polo, sepatu bata, gesper lambang osis lawan tas superdry, sepatu asics, gesper distro. strata sosial aja dah ketara apalagi baju sama celana bebas wiih. ggwp
profile-picture
whyyoubannedme memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
ihhhhhhh aku gag maooo temenan ama diaaa iihhhh
profile-picture
whyyoubannedme memberi reputasi
Kalau menurut saya tetap pake baju seragam hanya saja gak setiap hari.....memakai seragam identitas nya sja. kalau SD yang Merah Putih, SMP Putih biru, SMA putih abu abu.
profile-picture
whyyoubannedme memberi reputasi
Sekolahan sma ane dari 2004 sudah bebas gans, tidak pakai abu putih tapi ala2 jepang. Sekarang sudah berapa tahun tuh dan baru diperdebatkan??
profile-picture
whyyoubannedme memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Seragam doang pak? Buku nya kapan?
2021 masih pake seragam dan buku fisik..???
Siapapun calon presiden yg berjanji menghapus seragam dan buku fisik,
Dapat 2 suara dr gw...
profile-picture
whyyoubannedme memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ya modalin aje sih seragam......... dibebasin malah ada kesan kesenjangan nanti..... makin terlihat "miskin" yg ada......


emoticon-Ngacir
profile-picture
whyyoubannedme memberi reputasi
Mungkin maksud Pak Ganjar baik tapi perlu dikaji, mendapatkan masukan lebih banyak.
Di Surabaya kemarin ada wacana seragam sekolah hendak di standard kan. Jadi tidak keliatan si kaya dan si miskin. Bahannya akan sama. Karena dulu saya sekolah saja ada, saya beli seragam dari sekolah dan ada murid jahitin seragam diluar. Bahannya wow beda kualitasnya
profile-picture
whyyoubannedme memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mending berseragam aja
profile-picture
whyyoubannedme memberi reputasi
Lebih baik/mending beraneka ragam

emoticon-Jempol
profile-picture
whyyoubannedme memberi reputasi
Pas SMA tahun 2002-2005 masuk sekolah katholik swasta,
Baju abu" putih nya di pake hari senin aja,
Selasa-kamis,
Baju kotak kotak warna biru,
Jum'at batik

emoticon-Hammer2
Baru sadar pas 2012 ternyata seragam sekolah ane
Seifuku akb48
emoticon-Betty

emoticon-Betty
profile-picture
whyyoubannedme memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Setuju aja sih, anaknya juga kayanya lebih nyaman pake baju bebas...Seragam juga sudah menjadi salah satu ladang bisnis sekolah. SD anak saya seragam 5 stel 1.250k...wew 1 stel 250k yg harusnya wah untuk seragam anak SD...ternyata realita jauh sama ekspektasi, yah gitu lah kualitasnya...paling seharga 75k.
profile-picture
whyyoubannedme memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Seragam adalah identitas pelajar menurut ane,niat ganjar memang baik membebaskan seragam bagi murid yg tidak mampu..tapi ada sisi yg perlu ditinjau ulang menurut ane..sebaiknya sisi kesenjangan sosial jangan diperlihatkan meskipun itu disekolah..kalau memang ingin meringankan beban siswa yg ga mampu beri subsidi/bantuan dalam bentuk seragam aja se kalau menurut aneemoticon-Toast
profile-picture
whyyoubannedme memberi reputasi
seragam tetap penting. sekarang gini, sekolah swasta di amrik/inggris aja pake seragam. jadi seragam itu ada nilai penting, salah satunya agar gak beda2in mana yg pake baju bagus mana nggak..akhirnya dibully.

anak sekolah umumnya adalah generasi pencari jati diri, mental pamer nya masih gede.mental pengen diliatnya paling gede. apalagi orang indonesia yang memuja "STATUS" alias pencitraan. ada sekolah negri yang melonggarkan aturan "sepatu bebas" misalnya pada hari tertentu.. udah deh..rebutan siswa2nya pamer barang ortu nya (kan yg beli ortunya).

mau belajar pake baju bebas? 2 pilihan
1. sekolah di rumah
2. kuliah


kalau mau meringankan keluarga tidak mampu, bukan membebaskan dari seragam. tapi pemerintah yang meringankan mereka. masak anggaran utk pejabat bisa milyar2an...utk sekolah anak2 SD-SMP-SMA gak bisa.
udah ada KIP (Kartu Indonesia Pintar) tapi pelaksanaannya di lapangan gimana? alih2 buat beli baju sekolah anaknya, malah dibuat beli voucher game sama anaknya (pake fasilitas gestun/oknum nakal) atau dipake buat belanja sayur sama emaknya.
hal2 di atas harus dirunut permasalahannya dan segera diberikan solusi, misalnya tindak tegas pelaku gestun (kalau udah urusan tegas2an,,pejabat alergi..cuma nambah2 kerjaan ye gak?)
dsb.

pendidikan dan kesehatan di Indonesia itu masih jauh karena para pejabat2nya cuma bisa lip service. manis di depan, bodo amat di belakang.
profile-picture
profile-picture
goal481 dan whyyoubannedme memberi reputasi
Diubah oleh putra_parker
simple seharusnya, banyak banget caranya

1. Kebanyakan Pemkot/Pemkab/Pemprov memsubsidi biaya pendidikan siswa, buat saja regulasi supaya bisa diambilkan dari situ untuk siswa yang masuk melalui mitra warga/kurang mampu atau yang mengajukan keringanan (hak acc tetap dari sekolah)

2. Kalau memang kurang mampu biasanya ada cover dari PKH, KIP dll yang banyak banget, disini yang dituntut buat kedewasaan wali murid. Sering kali bantuan untuk "siswa kurang mampu untuk sekolah" yang diterima langsung ke rekening pribadi peruntukkannya bukan untuk biaya sekolah anak tsb. Di tempat ane sering kali miss dengan orang tua masalah begini, blm bayar a, b, c, d begitu ditagih ketika dananya turun orang tua tidak bisa membayar berdalih untuk cicilan motor, kulkas, arisan bahkan beli sepatu branded. endingnya ortu/wali murid koar2 sekolah pungli dsb.

3. Minta keringanan ke sekolah (komite sekolah/yayasan), kebanyakan sekolah punya program orang tua asuh, biasanya akan ada sumbangan/iuran baik dari guru/siswa yang nantinya dana tersebut akan digunakan untuk keperluan siswa yang kurang mampu


ini baru masalah seragam, kebutuhan sekolah itu masih banyak, buku, sepatu, buat tugas2 dsb. Harus diubah mindset kalau sekolah itu bisa gratis (kecuali dibiayain penuh), masih harus ada hal2 kecil atau biaya2 kecil lainnya.

dulu ditempat ane ada wacana akan dapat seragam gratis untuk yang kurang mampu, sekolah sudah seneng banget, tapi hingga siswanya lulus seragam itu masih blm jelas. Hal itu juga harusnya ortu / wali murid tau, karna sudah terlanjur dipublikasikan kalau akan sekolah gratis dan dapat seragam gratis
profile-picture
whyyoubannedme memberi reputasi
‏‏‎‏‏‎
profile-picture
profile-picture
whyyoubannedme dan nurade247 memberi reputasi
Diubah oleh kangpalak
Seragamnya jgn skolahan yg nguarin nnti hrga mahal ada yg ga sanggup beli, klo mo ya pemda mngkin yg nguarin alias bantuan or subsidi or apalah nmanya intinya ksih lngsng ke murid, sapapun yg skolah dpet seragam mo mampu or nggak mmpu, emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia..
profile-picture
whyyoubannedme memberi reputasi
gimana ya bukannya seragam itu biar berasa kesetaraan dan g ada kesenjangan?
klo g pake seragam malah jadi keliatan mana orang berada dan nggak emoticon-linux2
malah jadi kecemburuan sosial yg ada emoticon-linux2
harusnya seragam itu murah biar terjangkau semua kalangan emoticon-linux2
profile-picture
whyyoubannedme memberi reputasi
Dan bakal muncul video2 dgn judul: seberapa mahal outfit kesekolah mu hari ini,besok dan lusa?
profile-picture
whyyoubannedme memberi reputasi
Yang ada ntar si mampu style ke mall atau kondangan dan si kurang mampu style jamet atau urakan.

Yg sama rata aja masih colong"an kok, si laki ujung kaki celananya dipersempit dan si cewe roknya dipersempit dibagian paha dan betis biar kecetak tuh bokong.

Edit:

Kalau bicara fungsi, tuh seragam sekolah selain menyama ratakan siswa agar tidak terjadi kesenjangan, juga sebagai tanda pengenal siswa terhadap sekolahnya, seperti kalau cabut dan tawuran dapat gampang ketahuan dan tidak mudah nyaru dengan masyarakat.

Itu yang usul agak konslet pikirannya dan terlalu memuja budaya barat, lihat aja begitu ada insiden siswa yg melakukan penyerangan, susah membedakan pelaku dan siswa dengan masyarakat begitu keluar sekolah.

Bicara budaya negara maju di Asia, toh rata" siswanya tetap pakai seragam.
profile-picture
whyyoubannedme memberi reputasi
Diubah oleh muhmantri
Menurut ane siiih... balik lagi sama maksud awal pakai seragam. Supaya tidak ada kecemburuan sosial. Nah kalo memang tidak mampu, berarti jadi tanggungjawab pemerintah. Harusnya difasilitasi dengan disediakan seragamnya. Kalau dibebaskan, kasihan juga. Ketika ada minoritas yang tidak pakai seragam nantinya malah jadi bahan olok olok atau omongan orang lainnya. Kalau emang mau dibebaskan tidak pakai seragam, kayaknya itu mah cari jalan pintas supaya nggak kluar duit....
profile-picture
whyyoubannedme memberi reputasi
Halaman 2 dari 9


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di