CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Seragam Sekolah Mau Dibebasin, apakah ini solusi terbaik? Ayo diskusi gan !
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/615066c52b0c0a6d2b013194/seragam-sekolah-mau-dibebasin-apakah-ini-solusi-terbaik-ayo-diskusi-gan

Seragam Sekolah Mau Dibebasin, apakah ini solusi terbaik? Ayo diskusi gan !

Ane emang kurang update sama berita gan, cuma masalahnya kemarin malam bapak-bapak di pos ronda pada asik berbincang membicarakan mengenai siswa di Jateng yang ga diwajibkan lagi pakai seragam.

Seragam Sekolah Mau Dibebasin, apakah ini solusi terbaik? Ayo diskusi gan !

Ini berita emang udah lewat sebulan, tapi ane jadi kepikiran apakah ini memang solusi terbaik.

Niat pak Ganjar emang baik, yaitu mau membantu meringankan siswa yang orang tuanya kurang mampu sehingga seragam sekolah pun tidak perlu beli sebab sekolah dibebaskan dari penggunaan seragam.

Ini niatnya baik, tapi saya rasa ini juga bukan solusi yang baik. Kalau mau solusi dari saya ya gini solusi nya gan : Kasih subsidi ke sekolah, gratiskan saja seragam sekolah. Hehe, simple kan emoticon-Big Grin

Jangan sampai sekolah dibebaskan dari penggunaan seragam, karena mau tidak mau kita memakai seragam sekolah adalah bukti bahwa kita seorang pelajar dan penggunaan seragam sekolah yang rapih adalah cara sekolah untuk mengajarkan disiplin kepada pelajar.

Saya membayangkan nya seperti ini, Andai saja seragam sekolah sudah tidak ada lalu semua pelajar menggunakan pakaian bebas, maka yang akan terjadi adalah kompetisi diantara para pelajar.

Loh kok jadi kompetisi? Jadi gini gan, masyarakat di Indonesia ini, terutama para pelajar yang sedang asiknya bergaul dengan teman-teman sebayanya punya kebiasaan ingin terlihat mampu meski tidak mampu.

Status sosial di masyarakat Indonesia ini sangat tidak seimbang, ibaratnya ada 4 orang kaya lalu sisanya adalah 100 juta orang yang tidak mampu, ini kan sangat tidak merata, terutama Jawa tengah sendiri merupakan daerah yang memiliki populasi manusia yang banyak, maka sudah jelas akan terjadi ke tidak rataan kelas sosial di masyarakat, nah apalagi sekolah semisalnya negeri, maka yang bersekolah bukan hanya anak orang kaya saja, tapi beberapa anak yang orang tuanya kurang mampu juga akan ada berkumpul di satu sekolah. Jelas ini akan jadi kompetisi sehingga nanti anaknya akan meminta baju paling bagus kepada orang tuanya.

Jangankan waktu sekolah gan, waktu pandemi ketika sekolah daring saja banyak anak pelajar yang memakai jaket Erigo, kaos Deus, dan beberapa baju trendy lainnya. Banyak kan yang pakai, supaya apa coba? Mereka bukan mau pamer, tapi kalau samaan mampu beli maka pergaulan pun akan terjalin baik.

Nah kebayang kan kalau semisalnya si anak mendapat baju dari orang tua yang tidak sesuai dengan ekspektasi sosial, mungkin pembulian akan terjadi, kalau gak pembulian, mungkin si anak jadi merasa minder dan sulit untuk bersosialisasi dengan anak sebayanya.

Tapi kalau pelajar semuanya pakai seragam, nah status sosial tidak akan terlihat. Intinya, yang saya bayangkan jika pelajar tidak pakai lagi seragam maka akan ada pembeda status sosial di sekolah.

Ini hanya pendapat saya saja, jadi kalau ada yang tidak setuju dengan apa yang saya sampaikan, silahkan agan sista berikan pendapatnya di kolom komentar.

Indonesia ini negara demokrasi yang masyarakatnya dibebaskan untuk memberi saran dan kritik kepada pemerintah, apalagi ini Kaskus merupakan sebuah forum diskusi terbuka.

Mengenai ketimpangan sosial di Indonesia saya dapat referensi nya disini https://www.oxfam.org/en/inequality-...s-kept-poverty

Berita yang saya dapat dari situs ini : https://regional.kompas.com/read/202...-pakai-seragam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
goal481 dan 27 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 9
wah daging semua ni thread emoticon-Ultah
kapan bisa jadi dia weh emoticon-kucing
sambil nunggu pacar baca ini seru juga bre emoticon-Bukan IGO
sambil nunggu pacar baca ini seru juga bre emoticon-Ngacir
akhirnya ada thread yg model gini sesuai ma selere ane gan hehe emoticon-Om Telolet Om!
Setuju tdk seragam, sy ikut pendapat Ayah Edy ttg ini.
Sepertinya itu bukan ide yang baik, sebagai penguasa daerah harusnya ada bantuan dari pemerintah jika sampai ada anak yang kurang mampu, sehingga mereka bisa setara dan memiliki seragam yang sama ketika bersekolah, bukan malah membebaskan menggunakan pakaian se adanya. Justru dengan pakaian yang seadanya akan membuat mereka termarginalkan dan kelihatan strata sosialnya.
gini... kalo seragam dihapus, apa sekolah bisa ngejamin anak2 murid bakalan gak berpakaian seronok? gak berpakaian aneh2? seragam itu penting untuk:
1 idenditas almamater
2 demi kesetaraan
3 biar gak ada kasus karena masalah outfit..
nah anak kuliah gak adda seragam cuman pas lu di suruh bawa almamater ntah jaket ntah kemeja itu kan seragam juga... gw sampe disuruh beli lagi almamater kampus gara2 lupa pas seremoni ultah kampus emoticon-Hammer ya itu kan penting itu idenditas kampus tempat gw belajar dan itulah kebanggan gw emoticon-Cool
Sebenernya, tanpa seragam pun, tetap terjadi kompetisi. Gue inget dulu gue kagak ada mainan, teman2 sekelas SD pada bawa mainan ke sekolah. Belum lagi soal kotak pensil, tas, dsb.
Kalo baju tinggal diatur aja, contohnya: dilarang pakai jas pernikahan ke sekolah.
Iya pakai singlet dan takntop aje ga use ribet
Ingat, Seragam itu simbol ketertindasan emoticon-Ngakak
Apapun regulasi yang diterapkan, selama masih ada oknum hooman tamak dan rakus, disanalah permasalahan timbul

emoticon-Cool
setuju gan sama thread ente ... lBh Baik Biaya seragam yg di murahkan atau di gratis kan kalau Beli seragam ... kalau pakai pakaian BeBas anak akan cendrung cari Baju yg Bagus Bukan yg layak pakai ,. emoticon-2 Jempol
setuju, tapi bebas dengan batasan norma ya, kan lucu sekolah pake tang top buat cewek
setuju banget kalo seragam sekolah masih dipertahankan, cuman memang pengawasan nya lebih diperketat.jangan sampe malah jadi mempersulit keluarga yang tidak mampu. seragam sekolah juga sebagai bentuk pendidikan melatih disiplin ke siswa.

emang sih, dunia pendidikan di indonesia masih jauh dari kata sempurna, butuh waktu yang panjang bisa menyamai negara2 maju. tapi paling tidak dengan kita selalu berbenah pasti akan menyamai negara2 maju yang lain. emoticon-Shakehand2
bagus sih idenya, untuk idenya ane setuju, tapi nanti jadi lebih ketat peraturannya, seperti size baju dan celananya, lalu warna, atau mau sistem"bebas tapi sopan"? bebas tapi sopan itu juga kan masih abu2 batasnya, yg biasanya seragam celana pendek, apakah ketika dibebaskan jadi celana kolor? karena celana pendek seperti seragam sekolah akan lebih mahal harganya dibanding yg memang untuk seragam
Penggunaan seragam kan tujuannya selain identitas siswa, jg bisa menghilangkan kesenjangan antara siswa. Semua di dunia pendidikan sama rata. Mungkin kalo swasta bisa menerapkan utk bebas gak pake seragam.
ketika norma2 kesopanan udah luntur... bisa dibayangkan kan kalo bajunya di bebasin...wkkwkwkwkwkw
kenapa gk pemerintah aja beliin baju buat anak sekolah nanti klo yg gk pakai baju sekolah anak yg tidak mampu yg mampu juga ikut ikutan nanti ada perbedaan antar yg tidak mampu dan juga yg mampu

No koment lah

Mau kaya gimana pun bingung lah kalo kebijakan pemerintah mah
Halaman 1 dari 9


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di