CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sosok Kades Nyentrik Ubah Desa Miskin Jadi Desa Miliarder di Gresik Berkat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/615055a08def23700244ce32/sosok-kades-nyentrik-ubah-desa-miskin-jadi-desa-miliarder-di-gresik-berkat

Sosok Kades Nyentrik Ubah Desa Miskin Jadi Desa Miliarder di Gresik Berkat

Sosok Kades Nyentrik Ubah Desa Miskin Jadi Desa Miliarder di Gresik Berkat

Inilah sosok kepala desa (kades) nyentrik, Abdul Halim berhasil mengubah desa miskin di Sekapuk menjadi desa miliarder di Kecamatan Ujung Pangkah, Gresik, Jawa Timur.

Ya, mantan nakhoda kapal itu berhasil mengubah wajah Desa Sekampuk menjadi destinasi Wisata Setigi ( Selo Tirto Giri. Destinasi wisata itu berlokasi di sekitar jalan Deandles pantai utara Jawa Timur.

Kini, Wisata Setigi menjadi primadona wisatawan lokal dari warga Gresik dan sekitarnya, di antaranya, warga Surabaya, Sidoarjo, Lamongan hingga Tuban.

Wisata Setigi menyuguhkan latar belakang pemandangan bukit batu kapur yang instagramable. Ke depan, Abdul Halim akan merealisasikan rencana pengembangan obyek wisata lain.

Antara lain, pembangunan hotel apung berbentuk kapal cargo di pesisir pantai Desa Sekapuk, pembangunan komplek wisata agropolitan hingga pembangunan gedung serbaguna memanfaatkan aset tanah bengkok seluas 3 hektare.

Saat ini, terdapat lima unit usaha yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sekapuk. Yakni, Wisata Setigi, Perusahaan Air Masyarakat (PAM), usaha multi jasa yang melayani simpan pinjam masyarakat, pengolahan sampah masyarakat, serta pengolahan tambang.

Sosok Kades Nyentrik Ubah Desa Miskin Jadi Desa Miliarder di Gresik Berkat

Dari usaha-usaha tersebut, tahun lalu Bumdes berhasil meraup laba bersih sebesar Rp 7 miliar, sehingga mampu menyumbang Pendapatan Asli Desa (PAD) sebanyak Rp 2,047 miliar.

Tahun ini, Abdul Halim mentarget pendapatan Bumdes menjadi Rp 9,9 miliar. Dari hasil itu, pemerintah desa bisa memberikan beasiswa kepada pelajar asal Desa Sekapuk mulai SD, SMP, SMA hingga beasiswa untuk S1 (Sarjana) bagi anak-anak yang berprestasi dan dari keluarga kurang mampu.


Wisata Setigi berada di lahan seluas 6 hektare. Kini tak nampak lagi seperti bekas galian tambang batu kapur. Orang awam menilai, lahan tersebut didesain khusus sebagai destinasi wisata yang menonjolkan eksotisme lahan batu kapur.

Wisata Setigi adalah salah satu unit usaha pendongkrak pendapatan Desa Sekapuk yang dulu masuk kategori desa miskin dan tertinggal, kini menjadi desa milliarder.

Tahun lalu, penghasilan beberapa unit usahanya menyentuh angka miliaran rupiah. Selain kekompakan warganya, ada sosok pemuda yang menahkodai bangkitnya Desa Sekapuk dari keterpurukan.

Sosok Kades Nyentrik Ubah Desa Miskin Jadi Desa Miliarder di Gresik Berkat

Dia adalah Abdul Halim, tokoh pemuda Desa Sekapuk yang dipercaya warga sebagai kepala desa sejak akhir 2017 lalu. Kades nyentrik berambut gondrong dan berjanggut panjang itu menceritakan, tidak mudah mengubah wajah desa tempat kelahirannya hingga menjadi seperti sekarang.

Sosok Kades Nyentrik Ubah Desa Miskin Jadi Desa Miliarder di Gresik Berkat

Sebelumnya, Desa Sekapuk masuk kategori desa tertinggal, kesenjangan sosialnya tinggi, desa kumuh dan desa rawan konflik sosial. "Yang paling penting dan pertama saya lakukan adalah merubah mindset warga agar lebih peduli dan melihat potensi-potensi di Desa Sekapuk," kata Abdul Halim, kepada Kompas.com belum lama ini.

Pertentangan, gunjingan, hingga perlawanan nyata juga pernah dilaluinya, namun dia tetap bersabar dan meyakini apa yang dia lakukan suatu saat akan berharga bagi warga Desa. "Dulu lahan wisata Setigi hanyalah tempat sampah. Saya coba bersihkan dan rapikan. Bahkan di awal pembangunan Setigi, ada fasilitas warga yang dibakar warga," ujar dia.

Di satu sisi dia sadar, kondisi psikologi warga saat itu ada yang belum menerima jika dirinya terpilih menjadi kepala desa dalam pemilihan langsung. "Masih ada sentimen itu wajar," ujar pria yang kini belum genap berusia 40 tahun itu.

Berjalan 2 tahun, warga mulai merasakan dampaknya. Perlahan, Desa Sekapuk yang sebelumnya termasuk dalam kategori desa miskin kini mulai bangkit.

Semakin populernya Wisata Setigi secara tidak langsung juga mengangkat perekonomian warga Desa Sekapuk. Warga mulai merasakan dampak ekonomi dengan menggerakkan sektor jasa dan UMKM produk makanan dan minuman seiring dengan semakin ramainya pengunjung Wisata Setigi.

Dia bersyukur, dalam kurun waktu 3 tahun bisa membuka lapangan kerja bagi 899 kepala keluarga. "Alhamdulillah dari masyarakat yang pendapatan awalnya Rp 400.000 sebulan bisa menjadi kisaran Rp 6-7 juta perbulan," ujar Abdul Halim.

Mantan nahkoda kapal ini lantas membuka resep bagaimana mengomandoi warga desanya untuk bangkit dari status miskin dan tertinggal. Resepnya, kata dia, harus 'gila', yang merupakan akronim dari gagasan, ide, langsung dan aksi.

"Resepnya tidak sulit semua kegiatan harus gila (gagasan, ide, langsung, aksi). Jangan terlalu lama dibahas," ucap dia.

Bumdes raup untung Rp 7 miliar

Desa berpenduduk lebih dari 6.000 warga itu belakangan populer dengan sebutan Desa miliarder, karena hasil unit usahanya menyentuh angka miliaran rupiah per tahun, begitu juga pendapatan yang masuk ke pemerintah desa.

Ketua Bumdes Sekapuk Asjudi menuturkan, pihaknya saat ini menggerakkan 5 unit usaha, selain Wisata Setigi, juga Perusahaan Air Masyarakat (PAM), usaha multi jasa yang melayani simpan pinjam masyarakat, pengolahan sampah masyarakat, serta pengolahan tambang.

"Dari usaha-usaha tersebut, tahun lalu Bumdes berhasil meraup laba bersih sebesar Rp 7 miliar, sehingga mampu menyumbang Pendapatan Asli Desa (PAD) sebanyak Rp 2,047 miliar," kata Asjudi.

Tahun ini pihaknya menarget laba Bumdes meningkat menjadi Rp 9,9 miliar dan menyumbang PAD desa sebesar Rp 3,412 miliar. Dari hasil tersebut, pemerintah desa bisa memberikan beasiswa kepada pelajar asal Desa Sekapuk mulai SD, SMP, SMA hingga beasiswa untuk S1 (Sarjana) bagi anak-anak yang berprestasi dan dari keluarga kurang mampu.

"Ke depan kami akan berusaha memberikan insentif bagi warga yang usianya tidak lagi produktif," imbuhnya. Sebagai desa miliarder, Desa Sekapuk memiliki lima kendaraan mewah untuk operasional yang dibeli secara tunai, yakni Alphard untuk Pemdes, Grand Livina untuk kelompok ibu-ibu PKK, Mazda Double Cabin untuk wisata, Expander untuk BUMDes, dan satu unit mobil ambulans standar Covid-19.

Menurut Abdul Halim, mobil mewah tersebut adalah bagian dari apresiasi pemerintah desa kepada warganya. "Ini sebagai bukti bahwa warga Desa Sekapuk mampu bangkit dan sukses seperti sekarang," kata Abdul Halim.

Pengembangan usaha di Desa Sekapuk, kata Abdul Halim, akan terus dilakukan karena dari blue print pembangunan yang sudah dijalankan masih 60 persen. Beberapa rencana pengembangan usaha yang belum terealisasi antara lain, pembangunan hotel apung berbentuk kapal cargo di pesisir pantai Desa Sekapuk, pembangunan komplek wisata agropolitan hingga pembangunan gedung serbaguna memanfaatkan yang memanfaatkan aset tanah bengkok desa seluas 3 hektare.

"Karena itu kami sedang mencari pinjaman Rp 100 milliar dari perbankan. Kami yakin pasti bisa bayar. Siteplannya sudah ada," terang dia.

Pada 2021, Desa Sekapuk tercatat sebagai 1 dari 697 desa di Jawa Timur yang masuk dalam kategori desa mandiri berdasarkan hasil survei Indeks Desa Membangun (IDM) 2021 yang digelar Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi.

697 desa mandiri tersebut tersebar di 29 kabupaten di Jawa Timur. 3 kabupaten dengan jumlah desa mandiri terbanyak adalah Bojonegoro (103 desa), Banyuwangi (89 desa) dan Gresik (86 desa). Dengan memiliki 697 desa mandiri, Jawa Timur dinobatkan sebagai provinsi yang memiliki desa berstatus mandiri terbanyak dibanding provinsi lain secara nasional.

Gubernur Jatim Khofifah

Dalam kunjungannya Juli 2020 lalu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa terlihat sangat mengagumi wisata alam Setigi. Bahkan, ia menyebut, konsep wisata Setigi itu out of the box alias tidak umum. Obyek wisata Setigi, yang terdiri atas Selo berarti batu, Tirto berarti air, dan Giri memiliki arti bukit.

"Konsep wisata Setigi ini out of the box. Di era sekarang, kita memang dituntut berpikir out of the box untuk percepatan pembangunan perekonomian desa, jangan berpikir linier," ujar Khofifah saat itu.

Khofifah berharap, apa yang telah dikembangkan oleh pemerintah Desa Sekapuk dapat menjadi inspirasi bagi desa-desa lain di Jawa Timur, dalam rangka pengembangan ekonomi pedesaan pasca Pandemi Covid-19.

"Wisata Setigi ini mulanya bekas tambang, daerah kumuh dan banyak sampah. Sekarang menjadi income bagi masyarakat desa," ucap dia.

Sosok Kades Nyentrik Ubah Desa Miskin Jadi Desa Miliarder di Gresik Berkat

Khofifah menginginkan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang mengelola unit usaha tersebut tidak segera puas dengan apa yang sudah dilakukan. "Mudah-mudahan bisa dikembangkan, areanya juga masih sangat luas. Lokasi wisata ini sangat instagramble, dan banyak angle tempat wisata, ada 24 titik spot," ujar dia. (Kompas.com)

https://surabaya.tribunnews.com/amp/...-wisata-setigi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SuperABLU dan 24 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh alioski
Halaman 1 dari 3
Kepala Desa mantap. emoticon-2 Jempol

Beda bener sama yang cuma bisa ngeresmiin tugu sepatu. emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
botaysan dan 25 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Masih kalah sama giring capres Kitak2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
westciss dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
males banget denger kata Instagrammable emoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
maroonia dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
the bridge on photo sekilas like salah one famous jembatan in Paris France, (cmiiw) Pont de Bir Hakeim
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 4 lainnya memberi reputasi
banyakin berita kaya gini...ane kaget juga bacanya, masih banyak yang mau berjuang majuin masyarakat, start dari kades,.moga moga jadi camat, terus naikkkk


orang unik, pinter itu buanyakkkk tapi yang bisa ngabdiin diri ke masyarakat itu gua salut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
light.sableng dan 16 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Calon bupati gersik.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh namdokmai
Keren nih, pemimpin dengan visi dan misi yg keren. Semoga aja beliau bisa menapaki jarir memimpin sampai ke tingkat paling tinggi, tapi dengan pembuktian di setiap jenjang lah. Bupati, gubernur, presiden.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 2 lainnya memberi reputasi
layak jadi kades seumur hidup
gw juga bersyukur kades nya gk ada pungli, beda sama camat nya wkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 3 lainnya memberi reputasi
Salute
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan nomorelies memberi reputasi
Lhaaaa keren bner ini kades..top!!
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan androidiot memberi reputasi
Kalau hasil bumdeanya 7 m setaun
Tarolah
30% buat oengurus (gaji dll)
Sisanya 70 % dibagi dua pemegang saham,satu desa melaui penyertaan modal desa dan satu lagi kades
Hasinya
35% buat desa (penyertaan modal desa)
35% buat kades

Wkwk
Lumayan kadesnya setaun 2.45 m cuma ongkang onngkang kaki

Kalo gini sih mending jdi kades, dari pada ditawarin jadi anggota dprd


Enaknya bumdes
Izinnya ga ribet
Badan hukum usahanya setara PT lagi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
botaysan dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh baujengki
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Pak abdul puan untuk ri 2024 nanti emoticon-Metal



















































emoticon-Ultah
Muantap pak emoticon-Belgia
jenggoten cingkrang?🤣
profile-picture
profile-picture
ARShecca dan botaysan memberi reputasi
Bolela ini kades hedon dr jasa memajukan pariwisata hasil krja kras, bukan dr korupsi duit dr pusat
profile-picture
profile-picture
botaysan dan kaiharis memberi reputasi
Wah keren ini, super kreatif jarang2 ada kades kaya gini, bisa ningkatin kesejahteraan rakyatnya... Amazing
profile-picture
profile-picture
botaysan dan kaiharis memberi reputasi
Yg pasti bukan surabaya.

Nanti dimarahi mbokde
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Cepat rusak desanya karena ramai wisatanya.
profile-picture
profile-picture
ARShecca dan botaysan memberi reputasi
Ini baru berita..
Dikit2 ebong, kadrun...
Capek...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ARShecca dan 4 lainnya memberi reputasi
Mantap emoticon-Matabelo emoticon-Recommended Seller emoticon-Selamat emoticon-Ultah
Halaman 1 dari 3


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di