CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Tanaman /
Mengenal Som Jawa, Tanaman Yang Dikenal Sebagai Penambah Stamina
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/614fd36f4eb1337d824dda6e/mengenal-som-jawa-tanaman-yang-dikenal-sebagai-penambah-stamina

Mengenal Som Jawa, Tanaman Yang Dikenal Sebagai Penambah Stamina

Ginseng Jawa

Mengenal Som Jawa, Tanaman Yang Dikenal Sebagai Penambah Stamina

Assalamualaikum sahabat Kaskus ....

Selamat berakhir pekan. Semoga hari-hari kita selalu diberikan rezeki dan kesehatan. Karena berlimpah kekayaan pun jiga tubuh sakit, maka kekayaan itu tak ada artinya.

Menjaga kesehatan tubuh bisa dengan berbagai cara, dari mulai pola makan yang bergizi dan berimbang, olahraga dan menghindari stress.

Nah, salah satu asupan makanan yang baik adalah tentu yang memiliki gizi dan mempunyai khasiat untuk kesehatan. Sebelum kita mengonsumsi obat-obatan kimia alangkah baiknya memanfaatkan bahan alami yang memiliki khasiat untuk tubuh.

Quote:


Mengenal Som Jawa, Tanaman Yang Dikenal Sebagai Penambah Stamina
Tanaman ginseng korea

Mungkin di dunia medis yang terkenal adalah ginseng korea. Namun ternyata kita memiliki jenis ginseng yang juga memiliki fungsi untuk pengobatan herbal. Bedanya dengan ginseng korea adalah, Ginseng atau dalam bahasa latin Panax schinsen, adalah spesies terna berkhasiat obat yang termasuk dalam famili Araliaceae. Ginseng tumbuh di wilayah belahan bumi utara terutama di Siberia, Manchuria, Korea, dan Amerika Serikat. 

Daun ginseng jawa dikenal sebagai tanaman obat dengan kandungan antibakteri, antiinflamasi, dan memperlancar ASI.

Mengenal Som Jawa, Tanaman Yang Dikenal Sebagai Penambah Stamina
Daun ginseng jawa: dokpri

Tanaman ini juga mengandung etanol alami, akar dan daun mengandung saponin dan flavonoid, serta tanin

saponin, adalalah senyawa kimia dalam bentuk busa pada tumbuhan.
Manfaat dari saponin dalam aktivitas yang luas adalah: antibakteri, antijamur dapat menurunkan kolesterol dalam darah dan menghambat pertumbuhan sel kanker.


Khasiat ginseng jawa:

1. Sebagai tonik

Mengenal Som Jawa, Tanaman Yang Dikenal Sebagai Penambah Stamina
Akar ginseng jawa

Tanaman ini juga berfungsi sebagai tonik. Tonikum adalah obat berupa minuman yang dikonsumsi untuk memulihkan atau menambah stamina (kekuatan) bagi orang yang kondisinya masih lemah akibat sakit, atau kelelahan akibat kerja berat. Caranya adalah membuat teh dengan tambahan akar ginseng Jawa.


2. Obat batuk alami

Batuk adalah penyakit yang sering terjadi terutama di musim pancaroba. Batuk berdahak salah satunya bisa disembuhkan dengan rebusan akar som jawa.

3. Obat diare

Diare adalah gangguan penyakit yang menyerang sistem pencernaan, dan tak mengenal usia baik kepada bayi, anak-anak, remaja, hingga orang dewasa dan lansia. karena infeksi bakteri, virus, atau parasit.

Akar ginseng jawa bisa mengobati diare loh. Caranya akar ginseng dikukus dulu baru direbus setengah gelas air lalu diminum secara rutin.

4. Pelancar ASI

Mengenal Som Jawa, Tanaman Yang Dikenal Sebagai Penambah Stamina
Sayur bening ginseng jawa


Bagi ibu yang baru melahirkan, terkadang asi masih belum keluar. Dan itu membuat sebagian orang menjadi panik. Nah tanaman ginseng jawa bisa dikonsumsi dalam bentuk sayur bening. Atau tumis daun ginseng ditambah sayuran lain.

Mengenal Som Jawa, Tanaman Yang Dikenal Sebagai Penambah Stamina
Olahan mie dengan daun ginseng Jawa

Selain itu manfaat tanaman ginseng jawa masih banyak, seperti:
Menghambat penuaan dini, mengontrol gula bagi penderita diabetes, mengurangi tingkat stress, meningkatkan daya ingat, dan masalah stamina pria.

Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di thread yang lain.

Mengenal Som Jawa, Tanaman Yang Dikenal Sebagai Penambah Stamina


Opini pribadi
Gambar: grup Facebook obat herbal alami
Referensi: google.com
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Ikan.Seluang dan 18 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh zatilmutie
Halaman 1 dari 2
Ginseng jawa kaya manfaat
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Tanaman obat keluarga
profile-picture
profile-picture
iskrim dan trifatoyah memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Ibuk punya tanaman ginian, cuma kalau dimasak teksturnya kayak bubur
profile-picture
profile-picture
bonita71 dan zatilmutie memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Pernah liat tanaman ini
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
belum pernah nyoba
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
pelancar asi emoticon-Kaskus Banget
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
Nih buat stamina juga... Khusus pria dewasa yg mau bahagia in pasangannya...
Shopee.co.id/najihulstore
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Pernah tahu tanaman ini ...tapi gak tahu kalau manfaatnya juga banyak sekali. tahunya hanya sebahai tanaman hias saja.
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
Indonesia itu kaya akan tanaman dan obat, semoga semakin banyak yg melestarikan terutama minat generasi muda semakin banyak...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aramina dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh iskrim
Belum pernah ketemu bunga Rafflesia Arnoldi ya?

Penambah nafsu makan + stamina


emoticon-Leh Uga
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
saya juga nanam, dapet motek dari kos²an cewe 🤭 pas baru nanem penuh perjuangan,tiap malem polibag nya di pindahin ke dalem rumah biar ga kena serang tikus&bekicot.Alhamdulillah sekarang bisa di perbanyak ,suka² di panen setiap saat kalo lagi pengin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bonita71 dan 3 lainnya memberi reputasi
Mantab gan infonya
profile-picture
profile-picture
iskrim dan zatilmutie memberi reputasi
dulu gw dikasih tau bokap klo tanaman ini tuh gingseng, ya gw kga percaya dong emoticon-Ngakak (S)
ternyata masih 1 family toh emoticon-Hammer
profile-picture
profile-picture
iskrim dan zatilmutie memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
wah info yang bermanfaat, baru tau ini tanaman yg ada di rumah nenek, kalau pas kesana bisa dimanfaatin itu buat stamina.
profile-picture
profile-picture
iskrim dan zatilmutie memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
Daunnya suka saya makan bareng i*domie emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
iskrim dan zatilmutie memberi reputasi
Ga asing dengan kata kolesom,waktu kecil sering denger dan kolesom itu identik dg minuman beralkohol,skrg udh ga prnah denger,dan wujudnya pun blm pernah liatemoticon-Bingung
Mungkin kolesom itu minuman dr hasil rebusan tanaman ini ya
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
emoticon-Ultah
wah kerenn ternyata banyak manfaatnya padahal banyak tumbuh di halaman rumah nich hihihi
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
tridnya ts zatilmutie keren2 yak.
salam kenal sist.
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Etanol emang gak haram ya gan emoticon-Bingung
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di