CARI
KATEGORI
KATEGORI
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/614fb5e8de4d6c6d0677af40/pinjaman-online

Pinjaman Online

Pinjaman Online
Pixabay.com
Semua hal yang dapat menganggu kelangsungan hidup manusia berujung pada ketidaknyamanan. Hal itu membuat manusia berupaya untuk menyelesaikan masalah tersebut. Jika tidak mereka akan terus menjalani hidup yang tak mulus. Namun bagaimana jika usaha tersebut malah berujung permasalahan juga?

Banyak kegiatan yang dilakukan secara online semenjak internet jadi hal lumrah dalam kehidupan. Mau jualan, bisa bikin lapak di ecommerce, mau rapat, bisa pakai aplikasi online meeting, kalau belajar bisa di aplikasi belajar online, bahkan wisudapun bisa dilakukan secara online. Tak cuman itu, beberapa hal yang dulunya hanya dilakukan secara offline sekarang juga bisa via online, misalnya berhutang.

Beberapa tahun belakangan pinjaman online marak di masyarakat. Pada tahun 2020 jumlah platform pinjaman online meningkat 18 persen dan peminjam di aplikasi meningkat 134 persen. Karena uang yang mereka punya tidak bisa memenuhi kebutuhan atau keinginannya mereka terpaksa harus mencari jalan keluar. Pinjaman online yang dapat dicairkan dengan cepat menjadi pilihan sebagian besar masyarakat. Tak cuma pencairan dana yang relatif cepat, pinjaman online jadi primadona karena limit pinjaman yang tinggi. Cara melakukan peminjaman secara online juga lebih sederhana. Sang peminjam hanya butuh mendownload aplikasi pinjaman online, mengisi beberapa keterangan lalu mengajukan pinjaman dalam aplikasi tersebut.

Pelaku pinjaman online sering merasakan hal tak mengenakkan selama meminjam uang lewat aplikasi. Alih-alih mendapat solusi permasalahan hidupnya, mereka malah memperoleh masalah baru. Para peminjam tersebut harus membayar jauh lebih banyak daripada yang mereka pinjam. Peminjam yang tidak bisa membayar akan menerima cacian bahkan ancaman. Tak hanya itu para penyedia pinjaman online juga tidak segan membuat malu peminjam dengan cara menghubungi kontak di ponsel si peminjam. Penagih mengirim pesan kepada kontak yang tersimpan di data peminjam. Pesan yang dikirim tersebut dibubuhi permintaan untuk menyuruh peminjam membayar hutangnya. Dalam perusahaan pinjaman online penagihan dilakukan via telepon. Penagih tak jarang melontarkan cacian dan ungkapan tak pantas saat menagih hutang.

Pinjaman online membawa dampak buruk pada hidup. Beberapa waktu terakhir ada orang bunuh diri gara-gara tidak bisa bayar pinjaman online. Karena malu, akhirnya orang tersebut bunuh diri. Selain itu, ada seorang karyawan bank yang bunuh diri dan meninggalkan catatan daftar hutang yang dia miliki. Jika ujung-ujungnya melakukan bunuh diri, pinjaman online tak bisa dikatakan sebagai solusi permasalahan hidup.

Setiap pinjaman online berbeda dalam suku bunga, limit pinjaman, tenor, dan biaya. Suku bunga beberapa pinjaman online yang berizin OJK rata-rata 20 persen per tahun. Besaran suku bunga dapat jadi penarik bagi pinjaman online untuk mendapetkan peminjam. Semakin rendah penawaran suku bunga maka pinjaman online tersebut semakin disukai. Namun beberapa orang yang tak hati-hati kadang juga tetap tidak bisa membayar pinjamannya. Para penagih tetap meminta peminjam untuk membayar. Ketidaksanggupan si peminjam membuatnya menunda pembayaran. Hal tersebut mengakibatkan penumpukan bunga hingga denda. Si peminjam akhirnya stress dan melakukan tindakan nekat.

Limit pada pinjaman online beragam yaitu Rp 2 juta hingga Rp 2 miliar. Tenor yang diberlakukan juga berbeda-beda yakni dari 3 bulan sampe 12 bulan. Biaya administrasi yang biasanya dibayarkan saat awal pinjaman berkisar antara lima puluh ribu hingga lima ratus ribu rupiah.

Pinjaman online tak cuma mengerikan karena suku bunganya yang tinggi. Pihak pinjaman online bisa mengakses data peminjamnya secara detil. Mereka bisa melihat semua yang ada pada ponsel peminjam. Selain itu, pinjaman online juga bisa menggunakan mikrofon, kamera, dan lain-lain. Lebih parahnya lagi, mereka bisa mengakses data percakapan di aplikasi chatting si peminjam. Pinjaman online dapat melakukan semua itu karena aplikasi pinjaman online ilegal selalu minta akses data pengguna. Si peminjam diminta untuk menyetujui beberapa hal sebelum menggunakan aplikasi, termasuk akses penuh terhadap datanya. Hak akses data tersebut dimanfaatkan oleh pihak aplikasi saat peminjam tak bayar utangnya. Mereka melakukan beberapa hal yang membuat malu peminjam seperti menelepon kontak peminjam dan lain-lain.

Peminjam tidak bisa melaporkan pinjaman online ke polisi atas tindakan pengambilan data. Pembuatan laporan ke polisi tidak bisa dilakukan kecuali adanya tindakan kriminal. Pihak aplikasi pinjaman online beberapa tahun belakangan sering diberitakan menyebar data peminjam. Hal tersebut mereka lakukan lantaran peminjam tidak bisa ngebayar hutangnya sesuai kesepakatan awal. Tak sedikit kejadian penagih mengirim pesan kepada orang sekitar peminjam untuk menyuruhnya membayar hutang. Walaupun pelanggaran berupa akses data pribadi seseorang tak dapat ditolerir, seseorang tidak bisa membawa tindakan pengambilan data tersebut ke meja hijau. Hal tersebut dikarenakan belum adanya UU perlindungan data pribadi.

Pengiriman pesan ke kontak peminjam bukan satu-satunya akibat saat peminjam gagal memenuhi kesepakatan awal dengan pinjol ilegal. Sebagian besar pinjol memiliki basis di luar negeri. Akses data penuh pada peminjam dapat jadi bencana yang lebih mengerikan. Mereka bisa menjual data peminjam kepada pihak yang membutuhkan. Selain itu, kalo basisnya di luar negeri, polisi kesulitan dalam melakukan penyelidikan. Untuk bisa ikut mengadakan penyelidikan, polisi harus dapat akses dari server negara yang jadi basis aplikasi pinjol ilegal. Hal ini bakal sangat sulit karena interpol memprioritaskan penanganan korupsi dan kriminal internasional.

Maraknya pinjaman online tidak hanya disebabkan kesulitan akses polisi dalam penyelidikan. Pinjol ilegal juga disebabin oleh kurangnya literasi keuangan masyarakat. Tingkat literasi keuangan masyarakat ada 4 yaitu Well literate, sufficient literate, less literate dan not literate. Keempat tingkatan tersebut dibedain berdasarkan seberapa jauh pemahaman individu tentang jasa keuangan. Seseorang masuk kategori well literate kalo dia bisa memahami segala sesuatu tentang jasa keuangan. Dia paham lembaga jasa keuangan serta fitur, resiko, hak dan kewajiban jasa keuangan. Gak cuma itu orang pada tingkatan well literate juga bisa menggunakan produk jasa keuangan. Jadi orang yang well literate bisa menghindari resiko dan menggunakan fitur pinjaman secara maksimal saat melakukan pinjaman. Untuk kategori sufficient literate, seseorang cuma paham lembaga jasa keuangan, resiko, hak dan kewajiban jasa keuangan namun tak tahu bagaimana cara menggunakan produk jasa keuangan. Tingkatan di bawah sufficient literate adalah less literate. Mereka hanya tahu hak dan kewajiban jasa keuangan namun mereka tidak mengetahui resiko, fitur dan penggunaan porduknya. Less literate berada satu tingkatan lebih tinggi daripada not literate. Not literate merupakan kategori untuk orang-orang yang tak tahu apa-apa tentang jasa keuangan.

Sumber:
ojk
Kompas
Hukumonline
Liputan6
Antaranews
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jenggalasunyi dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh GutSchreiben
Halaman 1 dari 2
Sebaiknya memilih cara lain, jangan pinjaman online, berfikirlah yang jernih.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
99tata99 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Post ini telah dihapus
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 12 balasan
Peminjam tidak bsa melaporkan polisi atas tindakan penyebaran data pribadi. Tapi kalo peminjam tidak membayar cicilan atau melunasinya apakah Terpinjam bisa melaporkan polisi?
profile-picture
GutSchreiben memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus
Ada kasus pegawai bank nyuri duit nasabah gara2 dia main pinjol sampai 1 milyar, jadi ga usah heran emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
99tata99 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
di grup fb malah pada terang terangan seneng ngutang akhirnya gak mau bayar
ane tau karena iseng masuk grup nya dan setelah baca baca kesimpulan nya sama semua
perilaku ngutang nya sama pola nya,
emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
99tata99 dan 4 lainnya memberi reputasi
Kaga mungkin ada fintech tanpa ada market emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
99tata99 dan 4 lainnya memberi reputasi
Ada ga sih yg berpikir membeli HP khusus, kosong, lalu isi kontaknya dengan nomor dummy, instal aplikasi seolah2 HP normal, lalu edit dengan bagus KTP palsu, kemudian lakukan pinjol menggunakan data tersebut, untuk verifikasi nomor penjamin pake yg palsu juga, habis itu tinggalkan pinjolnya, HP diformat.
Apa sih yg ga bisa dilakukan pada zaman sekarang, setiap keamanan selalu ada celahnya, apalagi keamanan tidak resmi seperti pinjol.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
99tata99 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Serem jg skrg, gan..... Ada bnyk hantu2 pinjol yg kelayapan, gak siang hari, gak mlm hari tuk mncari mangsa di mana2...... Susah di basmi pula ama pasukan ghostbuster....... emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan GutSchreiben memberi reputasi
Diubah oleh yoseful
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Pinjol itu sebenernya berguna bgt gan di waktu yg sangat sulit ini. Kebetulan ane pengguna pinjol. Sempet di 3 aplikasi. Tapi skrg tinggal 2 aplikasi.
Saya tipe org yg ga mau ngandelin org lain. Bahkan untuk keuangan. Saya gamau hubungan rusak hanya karna duit. Jadi pinjol solusi nya.
Intinya kita melakukan pinjol di aplikasi yg LEGAL gan & sanggup membayar cicilan perbulan nya. 2 rules ini aja ikutin. Kalo ga bisa bayar cicilan nya,jgn coba2 ambil pinjol gan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoseful dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Jadi inget bos gw, ditelpon sama admin pinjol bahwa temen bos gw udah ngutang banyak. Mohon segera dibayar.
Padahal, bos gw sama tmnnya itu gak begitu kenal.
Tapi dapet aja kontak no hpnya bos gw ntah dari mana.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
99tata99 dan 3 lainnya memberi reputasi
Alhamdulillah gak tergiur. temen ane baik2 semua suka minjemin. tanpa bunga dan boleh nyicil
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan GutSchreiben memberi reputasi
yang miris itu ketika minjol bukan karna darurat tapi cuma buat foya2
emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
99tata99 dan 2 lainnya memberi reputasi
ane masih ingat tawaran pinjol dari salah satu perusahaan pembiayaan. karena ane kredit barang dengan catatan baik dan lancar di imingi sekian puluh juta. dugaan ane pasti ini bunga nya berlipat lipat. jadinya beruntung ane selalu tolak setiap ada sales tawari pinjaman tersebut.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
99tata99 dan 2 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
akibat pinjaman online, gue sering kena batunya ditagih. padahal yang pinjol temen ane 😅😅
profile-picture
GutSchreiben memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Rata2 yg terjerat pinjol kere semua suka gaya hidup.doyan ngutang nggak punya uang ngutang lagi.bisa numpuk banyak aplikasi.buat bayar hutang.
1 apk bunganya bisa 20%/bln kalau punya 10 apk bunganya bisa 200%\bln
profile-picture
profile-picture
profile-picture
99tata99 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Minjam 300rb, harus mulangin 400rb dalam tempo 22 hari .... Muke gile bray

Gajian aja dalam 25 hari kerja, yg begini bikin mencekek bunga

Ini jelas Rentenir mulai pakai jasa online
profile-picture
profile-picture
profile-picture
99tata99 dan 3 lainnya memberi reputasi
Penjol pesugihan digital
Pesugihan jaminan nyawa kalau nggak bayar
Pinjol jaminan jejak digital.nggak bayar siap siap diteror atau sebar kontrak
Pesugihan dan pinjol ,member sama sama setuju syarat Dan ketentuan berlaku
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan GutSchreiben memberi reputasi
namanya juga minjam. ya harus dibalikin emoticon-Ngakak
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di