Kaskus

News

BRAINPersonaAvatar border
TS
BRAINPersona
Perbedaan Jabatan C-Level (CEO, COO, CMO, CFO) dan Posisi Strategis di Perusahaan
Menjadi seorang petinggi di perusahaan merupakan cita-cita puncak di dalam dunia karir. Deretan jabatan puncak tersebut di antaranya adalah CEO, COO, CMO, dan CFO atau disebut juga dengan C-Level

Sederet jabatan C-Level tidak serta merta ditempuh dengan waktu yang singkat. Posisi bergengsi di perusahaan tersebut harus dicapai dengan berbagai penempaan diri yang panjang baik melalui keterampilan, pelatihan, kuatnya relasi, kepemimpian, dan pola pikir strategis berbasis visi yang bersifat jangka panjang.

Begitu kuatnya karakter penyandang posisi C-Level mampu membuat setiap anggota organisasi perusahaan memiliki arah kerja yang jelas untuk mencapai tujuan jangka pendek dan jangka panjang.

Apa Itu CEO?

Chief Executive Officer (CEO) atau dikenal dengan sebutan direktur utama adalah puncak kepemimpinan perusahaan. Posisi puncak ini mengemban tanggungjawab untuk memimpin jajaran direksi sebuah perusahaan. 

Untuk menjadi seorang CEO butuh mandat dari komisaris yang terdiri dari beberapa orang. Kamu akan dinilai dengan berbagai macam pertimbangan mulai dari karakter, kepemimpinan, maupun pengalaman strategis lain untuk mendapatkan kepercayaan dan kelayakan menjabat sebagai CEO perusahaan.

Apa Itu COO?

Untuk mengelola perusahaan, CEO membutuhkan peran Chief Operation Officer (COO) yang bertugas memimpin proses produksi atau setiap aktivitas operasional perusahaan. 

Keberadaan COO sangat berperan dalam siklus produksi. Tidaknya hanya berperan di perusahaan yang memproduksi barang, puncak jabatan operasional ini juga ada di perusahaan jasa.

Apa Itu CFO?

Aktivitas produksi dan operaional lainnya tidak mampu berjalan dengan lancar tanpa peran Chief Financial Officer (CFO). Pasalnya setiap aktivitas perusahaan butuh pembiayaan.

Direktur keuangan atau CFO bertugas untuk menyediakan dana untuk aktivitas operasional perusahaan. Puncak jabatan keuangan di perusahaan ini memiliki peran sentral ketika bekerjasama dengan para investor.

Apa Itu CMO?

Segala aktivitas agar citra produk dan perusahaan dikenal, dipercayai, dan dibutuhkan oleh pasar adalah tugas utama Chief Marketing Officer (CMO). Direktur pemasaran ini bertugas memimpin tim pemasaran untuk menghasilkan nilai tambah sehingga terjadi peningkatan penjualan secara jangka panjang.

Agar mengetahui dimana potensi terbaik baik diri sendiri maupun tim, penting untuk melakukan Tes BRAIN secara online. Kamu juga dapat melihat hasil detailnya melalui sertifikat hasil tes.

Berbicara tentang CEO, sebenarnya jabatan ini dapat disandang secara langsung oleh founder, cofounder, atau bahkan owner perusahaan. Kamu dapat menemukan contohnya pada tokoh berikut ini:

1. CEO Ruangguru, Belva Devara
2. CEO Gojek, Nadiem Makarim
3. CEO Bukalapak, Ahmad Zaky
4. CEO MS Glow,Shandy Purnamasari
5. CEO Alibaba Group, Jack Ma

Kinerja para C-Level di atas juga tidak luput dari peran jajaran manajer di bawahnya. Kamu dapat mempelajari selengkapnya di Artikel C-Level, Founder, Cofounder, Owner, Komisaris, dan Manajer Perusahaan.

Semisal kamu ingin melakukan Tes BRAIN, kamu tinggal klik link di bawah ini ya:

0
630
0
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan