CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
4 Peluang Usaha yang Bisa Dilakuan Supaya Tidak Jadi Pengangguran
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/614ebcd6314fc64b9b1ae968/4-peluang-usaha-yang-bisa-dilakuan-supaya-tidak-jadi-pengangguran

4 Peluang Usaha yang Bisa Dilakuan Supaya Tidak Jadi Pengangguran

Kaskus DeYudi69 -Uang memang bukan segalanya tapi hampir segala hal memerlukan uang. Kencing di toilet misal di pusat perbelanjaan saja sekarang harus bayar, apalagi kalao membicarakan soal perut, yang setiap harinya harus diisi dengan makanan dan minuman minimal tiga kali dalam sehari.

Namun pada kenyataannya, mencari uang itu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, perlu usaha dan kerja keras yang harus dilakukan.

Banyak orang yang melamar pekerjaan ke perusahaan-perusahaan setiap tahunnya, tapi bukannya diterima untuk bekerja mereka malah ditolak. Jumlah pengangguran tiap tahunnya pun terus meningkat, bukan hanya yang lulusan SMA/SMK saja, para lulusan sarjana juga banyak yang menganggur.

Tak hanya lamaran kerja yang ditolak, penyakit malas bekerja juga menjadi salah satu faktor penyebab tidak berkurangnya jumlah pengangguran.

Kalau mau berusaha, sebenarnya banyak peluang usaha yang bisa kita lakukan sebagai generasi muda yang ingin hidup mandiri tanpa tertekan oleh bos atau atasan, untung atau ruginya kita yang menanggung, tapi ya begitu, kegagalan pasti akan selalu ada, dan jangan sampai menyerah walau gagal berkali kali.

Betikut ini peluang usaha menjanjikan yang bisa kita lakukan sebagai generasi muda.

1. Budidaya Ulat Maggot

4 Peluang Usaha yang Bisa Dilakuan Supaya Tidak Jadi Pengangguran
sumber gambar

Ulat magot cukup mudah untuk dibudidayakan, peminatnya pun banyak, karena ulat ini bisa dipergunakan sebagai pakan ternak, seperti ayam, burung, ikan dll. Ulat magot yang telah menjadi lalat magot juga sangat berguna dipergunakan sebagai pengurai sampah organik, seperti dedaunan dan juga sisa dapur.

Nantinya sampah organik yang telah diurai oleh lalat magot tersebut juga dapat dijual karena telah berubah menjadi pupuk kompos.

2. Budidaya Ikan Lele

4 Peluang Usaha yang Bisa Dilakuan Supaya Tidak Jadi Pengangguran
sumber gambar

Rata-rata ikan lele panen setiap 2 sampai 3 bulan sekali, dengan harga perkilonya kisaran 17 sampai 22 ribu rupiah kalo di daerah saya. Budidaya ikan lele ini kalau tahu tekniknya secara tepat, dengan hanya menggunakan kolam terpal saja kita sudah mampu menjadikannya sebagai pundi-pundi cuan.

Pakan lele juga terbilang cukup mudah, tidak hanya harus mempergunakan pelet buatan pabrik saja, tapi Gan-Sist juga bisa memanfaatkan limbah jeroan ayam potong, limbah ikan laut, daun pepaya, daun talas, daun singkong, bahkan nasi sisa kemarin yang dicampur dengan dedak.

3. Budidaya Lebah Madu

4 Peluang Usaha yang Bisa Dilakuan Supaya Tidak Jadi Pengangguran
sumber gambar

Walau pun kelihatannya cukup extrem karena peluang untuk tersengat lebah juga sangat tinggi, tapi berbudidaya lebah madu juga sangat menjanjikan Gan-Sis, karena tidak memerlukan lahan yang terlalu luas juga tidak perlu memberi makan, karena lebah madu mencari sendiri makanannya dengan cara mengumpulkan nektar bunga yang kemudian diubah menjadi madu.

Kita hanya perlu menanam beraneka macam bunga seperti bunga mawar bunga melati dll di sekitar kotak pembudidayaan lebah madunya. Atau kalau kita tinggal di daerah pegunungan maka lebah madu akan mencari sendiri makanannya dengan cara masuk ke hutan atau perkebunan.

Harga madu murni juga cukup tinggi yaitu kisaran 200 sampai 300 ribu per botol kemasan ukuran 500 ml di daerah ane.

4. Menjadi Penulis

4 Peluang Usaha yang Bisa Dilakuan Supaya Tidak Jadi Pengangguran
sumber gambar

Bagi Gan-Sis yang memiliki hobi menulis, bisa banget mengubah hobinya menjadi pundi-pundi cuan, dengan cara rutin menulis artikel, cerpen, cerbung maupun karya tulis lainnya di blog pribadi maupun di platform-platform menulis lainya yang mampu menghasilkan cuan.

Pada intinya semua usaha pasti akan membuahkan hasil.

Semoga thread ane bisa bermanfaat ya, jumpa lagi pada thread ane selanjutnya.

Baca Juga : Resep Mudah Membuat Sayur Klentang

Penulis : DeYudi69

Sumber referensi : opini pribadi dan 1 , 2 , 3

profile-picture
profile-picture
profile-picture
delfaag2 dan 29 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh DeYudi69
Halaman 1 dari 3
4 Peluang Usaha yang Bisa Dilakuan Supaya Tidak Jadi Pengangguran
profile-picture
b.omat memberi reputasi
Diubah oleh DeYudi69
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Selama lampu merah masih menyala
Lapangan kerja tetap tersedia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dadedarwanto dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Mantep nih kayaknya pen budidaya lebah madu
profile-picture
profile-picture
bang.toyip dan DeYudi69 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
minta sama si megatron aja gan, pasti dikasi emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
DeYudi69 dan jazzcoustic memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Jual beli perusahaan aja gw mah
& Surat2 berharga emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
DeYudi69 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
budidaya lele bisa pake modal kantong plastik sampah juga bisa tuh
makanan nyari makanan sisa aje bre

emoticon-Cool

mantap
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
budidaya lebah kayanya susah ya, siap2 bengkak2 tuh badan
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Hmm..... Jd penulis free lance, spt nya menarik bngt, gan....... emoticon-Big Grin
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus
Jadi Bajer bisa bre emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
DeYudi69 dan kregdevid memberi reputasi
Budidaya lele itu gampang gampang susah, lele sendiri kanibal juga.
Belum nanti kalau udah panen, tengkulak beli nya anjlok banget.
Biaya rawat sama jualnya enggak banding emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
vivibintoro dan DeYudi69 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ternak tuyul gak termasuk gan ,
profile-picture
profile-picture
DeYudi69 dan jazzcoustic memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
5.jadi buzzer parpol
6.jadi calo demo

emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
DeYudi69 dan jazzcoustic memberi reputasi
ternak lele mantul tuh, tapi napa bertani ga masuk gan?
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
yang susah nyari konsumennya gan

emoticon-Turut Berduka
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ngeri njir budidaya ulat, apalagi yg kek aku phobiaa
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Mau lah jadi penulis
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Harga mulai tinggi , harga akhir anjlok
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Semoga lolos prakerja buat modal usaha ginian emoticon-Malu (S)
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Maggot emang jadi inovasi juga buat lingkungan. Manfaatnya banyak. Dibandingkan 3 opsi lain yang tertera, memang jadi hal baru buat sebuah wilayah jika ingin memilih maggot sebagai usaha. Beberapa wilayah binaan kantor gw juga udah pada nerapin maggot dan jadi salah satu potensi dan menang di nasional.
profile-picture
profile-picture
wisudajuni dan DeYudi69 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di