KOMUNITAS
Informasi! Kaskus Update Fitur Baru! Intip di Sini!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Wanita Ini Tidak Sengaja Jadi Kanibal, Bagaimana Hukum Makan Daging Sesama Manusia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/614e90f93cbab43c88466cfd/wanita-ini-tidak-sengaja-jadi-kanibal-bagaimana-hukum-makan-daging-sesama-manusia

Wanita Ini Tidak Sengaja Jadi Kanibal, Bagaimana Hukum Makan Daging Sesama Manusia

Wanita Ini Tidak Sengaja Jadi Kanibal, Bagaimana Hukum Makan Daging Sesama Manusia

Bayangkan Agan dan Sista sedang makan burger, kemudian saat menguyah terasa ada daging yang kenyal-kenyal keras. Saat memeriksanya ternyata yang dikunyah itu adalah potongan jari manusia. Bagaimana hukum syariah Islam soal makan daging sesama manusia?  
 
Tidak Sengaja
 
Agan dan Sista mungkin sudah mengetahui peristiwa menggemparkan yang dialami wanita Bolivia bernama Estefany Benitez. Dia memesan burger, menggigitnya dan mengunyah sesuatu yang terasa janggal. Ternyata dia mengunyah jari manusia yang sudah membusuk.
 
Polisi setempat sudah mengusut kasus kanibalisme yang tidak disengaja itu. Potongan jari tersebut milik seorang karyawan pengolahan daging. Saat menyiapkan daging si karyawan mengalami kecelakaan sehingga kehilangan jarinya. Ternyata jari itu berada di daging burger yang tersaji untuk Estefany.
 
Wanita Ini Tidak Sengaja Jadi Kanibal, Bagaimana Hukum Makan Daging Sesama Manusia

Pemerintah Bolivia sudah memutuskan untuk menutup sementara cabang burger dan mendenda perusahaan makanan cepat saji itu. Namun, belum ada kabar lebih lanjut Estefany akan menempuh jalur hukum atas peristiwa yang tak enak itu atau bagaimana.
 
Naluriah Kita
 
Tubuh kita cenderung menolak makanan dan minuman yang membahayakan tubuh. Reaksinya bisa berupa mual dan ingin muntah hanya dengan mencium aromanya saja. Aroma tersebut berasal dari zat tertentu yang pada dasarnya tidak baik bagi tubuh kita.
 
Begitu juga dengan daging sesama manusia. Orang normal cenderung jijik Kemungkinan besar ada gangguan psikologis tertentu jika seseorang menjadi kanibal padahal masih tersedia makanan lainnya yang lebih layak konsumsi.
 
Menurut pandangan hukum Islam, makan daging manusia tercantum dalam surah ke-Al Hujurat ayat 12 berikut:
 
“ … Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.”
 
Rasa jijik itu sangat wajar dan normal. Maka orang yang makan daging sesama manusia itu dapat dipastikan ada something.
 
Jika Keadaan Darurat
 
Apabila keadaan darurat, ada perbedaan pendapat dari beberapa madzhab. Berdasarkan madzhab Maliki, Ahmad dan juga Daud, pada keadaan darurat hukumnya tetap haram makan daging manusia meskipun sudah jadi mayat.
 
Madzhab Imam Syafi’i memberikan pendapat yang berbeda. Boleh makan makan daging manusia jika berada dalam keadaan darurat tanpa membunuhnya. Baik membunuh tawanan, orang kafir yang tidak memusuhi Islam (kafir dzimmi), juga sesama muslim. Namun membunuh dan memakan daging orang kafir yang memusuhi Islam (kafir harby) serta pelaku zina muhson (orang yang sudah menikah melakukan zina dengan orang lain) masih diperbolehkan dalam keadaan darurat.
 
Penegasan larangan makan daging manusia terdapat dalam ayat berikut.
 
“Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan; karena sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagimu.” (Surat ke-2 Al Baqarah, ayat 168).
 
“Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan.” (Surat ke-17 Al Israa, ayat 70).
 
Wanita Ini Tidak Sengaja Jadi Kanibal, Bagaimana Hukum Makan Daging Sesama Manusia


Memuliakan dalam ayat tersebut bukan hanya fisik, tetapi juga nonfisik. Fisik manusia sangat terhormat sehingga tidak layak konsumsi. Kata ‘Bani Adam’ merujuk kepada seluruh umat manusia, bukan sekadar muslim saja. Semoga informasi ini berfaedah untuk Agan dan Sista, ya.

Sumber

NyPost
FB Setefany
Suarapakar
Foto banner
profile-picture
profile-picture
profile-picture
delfaag2 dan 14 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Kamu adalah makananmu

Wanita Ini Tidak Sengaja Jadi Kanibal, Bagaimana Hukum Makan Daging Sesama Manusia


profile-picture
profile-picture
profile-picture
ugtraveler dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Waduwww itu harus diurus psikiater
dobel haramnya daging manusia dan sudah busuk
profile-picture
ebureg memberi reputasi
kalo enak kenapa enggaemoticon-Betty emoticon-Betty
Mungkin perlu tanya sumanto gimana masak daging manusia yg enak emoticon-Leh Uga
profile-picture
gta007 memberi reputasi
emoticon-Ngakak ceker manusia
profile-picture
reza220 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kalau tidak sengaja gua rasa ya gpp gan, karena dia juga tidak tau kan

_______________________________________________
mampir ke Hot Thread ane ya gan emoticon-Smilie

Spoiler for Mengenal Brainwave Software:


Semoga bermanfaat untuk semuanya emoticon-norose
emoticon-Paw
Diubah oleh greasemonkey09
ngeri juga ngunyah jari emoticon-Takut (S)
Quote:


Psti akn ketahuan klo makanan itu membahayakan tubuh. Gmna dgn kasus Sumanto yg dlu malah makannya potongan tubuh manusia yg sdh jdi mayat?
Makanan cepat saji emang SOP nya gimana sih, kok sampe lolos jari manusia segala emoticon-Takut
Diubah oleh harsontol
Klo pun survive di hutan atau pulau sm seorang cw, lbih milih makan daun. Drpd makan daging tu cw emoticon-Najis
profile-picture
admaza memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
pas banget sebentar lagi makan siang
ayo bayangkan, makan daging eh ternyata itu daging busuk manusia
bayangkan... bayangkan...
emoticon-Najis
Baca ajah udh mual..lgsung kayak mau muntah..apalagi yg ngalaminnya.. kasiaaan...😭
Gtw gmn ngilangin traumanya 😱
Post ini telah dihapus
Mungkin klo yg gakuat mental,bakal ga doyan makan berhari²,pasti keinget terus ituemoticon-Najis
dikiria seblak ceker apah
Ceker ayam aja ga bisa makan.. apalagi ini lebih emoticon-Takut
Gue pernah liat berita ada bocah doyan makan bensin & ada juga yang makan sabun batang.

Katanya tubuh manusia otomatis nolak sesuatu yg janggal buat tubuhnya, tapi mereka malah lahap makan sabun & bensin emoticon-Bingung (S)
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
waduhhh dapat jackpot ini, daging nya manusia lohh
wkwkwkwkkww

kasiann jugaa, karena emang ga sengajaa
anjir gw ngebayanginnya aje udah eneg bener, asli bakal trauma bgt itu.
semoga menang gugatannya si mba
Halaman 1 dari 3


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di