CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Banyak yg Tidak Sadar, Inilah Awal Penyumbang Sampah Di Dunia!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/614e7e0bda3f78550d24657d/banyak-yg-tidak-sadar-inilah-awal-penyumbang-sampah-di-dunia

Banyak yg Tidak Sadar, Inilah Awal Penyumbang Sampah Di Dunia!

Banyak yg Tidak Sadar, Inilah Awal Penyumbang Sampah Di Dunia!

[ HT# 799 ]

Secara sadar diri kita mengenal apa itu sampah dan menjadi pemandangan sehari-hari meskipun sekilas terlihat saja, tetaplah bernama sampah.

Coba kita bandingkan sampah alami dari tumbuhan dan sampah hasil buatan manusia, tentu sampah manusialah yang menjadi penyumbang jumlah sampah di dunia.

Sering menjadi berita bagaimana mencari solusi mengatasi sampah, tapi jika sumbernya saja masih ada bagaimana menghilangkannya? Jangan-jangan hanya untuk kepentingan bisnis saja!

Ada benarnya juga sih untuk kepentingan bisnis. Kepentingan bisnis dan gaya hidup lah sumber petaka kenapa mata air, sungai, sampai lautan ikutan tercemar. Tapi inti dari inti ini menurut saya sumber masalah itu sebenarnya karena adanya; Persaingan hidup manusia itu sendiri.

Inovasi dan teknologi terkini yang terlihat modern, ramah lingkungan, tampil beda sebenarnya adalah sumber awal permasalahan mengapa jadi ada sampah dimana-mana.

Banyak yg Tidak Sadar, Inilah Awal Penyumbang Sampah Di Dunia!

Berita yang cukup menimbulkan pertanyaan saya baru-baru ini adalah; Komisi Eropa sedang mengajukan undang-undang baru yang akan memaksa produsen smartphone dan pembuat elektronik menggunakan port pengisian USB-C standard untuk semua perangkat. Yang artinya nanti port smartphone akan memiliki 'colokan' daya yang universal.

Port yang berbeda setiap smartphone membuat perangkat charger dirumah jadi bertambah berantakan, tidak efesien, dan pastinya menambah limbah elektronik. Penyederhanaan satu port ini adalah ide baik, tapi sayangnya dari pihak Apple belum menyetujui dengan alasan akan menghambat inovasi teknologi.

Banyak yg Tidak Sadar, Inilah Awal Penyumbang Sampah Di Dunia!

Alasan Apple ada benarnya juga, tapi sepertinya alasan klasik karena teknologi tidak hanya ditemukan dengan satu pintu. Seharusnya temuan yang dianggap baru dan berhasil digunakan anggap saja sudah selesai, lalu merujuk dalam satu pintu lain melakukan secara bersama-sama oleh produsen lain. Duduk bersama-sama menemukan inovasi satu pintu. Tentu akan menghemat riset, biaya, tenaga dan waktu.

Dan keuntungan lain tentu saja konsumen dimudahkan menggunakan port daya secara bersama-sama dari perangkat yang berbeda, limbah sampah bisa diminimalisir bahkan mungkin bisa nol persen sampah (aamiin). Penerapan satu pintu bagi teknologi apapun menurut saya adalah solusi cerdas untuk menghemat dan mengurangi sampah, membuat kompetisi menjadi lebih sehat dan bertanggung jawab.


Banyak yg Tidak Sadar, Inilah Awal Penyumbang Sampah Di Dunia!

Banyak yg Tidak Sadar, Inilah Awal Penyumbang Sampah Di Dunia!
Banyak yg Tidak Sadar, Inilah Awal Penyumbang Sampah Di Dunia!
Copyright © 2016 - 2021 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : sebuah opini | img : shutterstock, gugel 

Banyak yg Tidak Sadar, Inilah Awal Penyumbang Sampah Di Dunia!

profile-picture
profile-picture
profile-picture
aditmaukemana dan 22 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh iskrim
Halaman 1 dari 3
Banyak yg Tidak Sadar, Inilah Awal Penyumbang Sampah Di Dunia!

profile-picture
profile-picture
serapionIeo dan black.robo memberi reputasi
menghambat dapat cuan lebih kali maksudnya? dengan port khusus device merk mereka, konsumen terpaksa beli yang sesuai, kalo universal kan konsumen tinggal beli third party terpercaya aja emoticon-Wink
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aramina dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
salah
penyebab sampah mah "PLASTIK"
atau bahan lain yg sulit terurai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionIeo dan 2 lainnya memberi reputasi
Penyebab sampah ya manusia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aramina dan 5 lainnya memberi reputasi
Manusia inilah yang menyebabkan timbulnya sampah. Sudah jadi penyebab munculnya sampah, masih tidak peduli dengan pengeloaannya entah daur ulang atau meminimalkan jumlahnya.

Emang benar kalo manusia itu adalah sampah masyarakat emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rarebali dan 5 lainnya memberi reputasi
Quote:


Bre pemulung siap² jd pengangguran ya emoticon-Big Grin
profile-picture
serapionIeo memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Sampag organik mah kagak masalah yg jadi madalh sampah anorganik terutama plasti yg butuh waktu 500 tahun baru bisa terurai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionIeo dan 2 lainnya memberi reputasi
Nice share gan iskrim emoticon-Toast
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Yang awal mula bikin sampah tuh Pabrik Rokok

Laki2 lebih pilih beli rokok daripada kondom, lalu ngeue di akhiri crot dalem akhirnya muncul lah manusia yang merusak alam semesta. .emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
serapionIeo dan iskrim memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Sepertinya produsen sih paham akan pencemaran lingkungan... Tapi masalahnya adalah mencari keuntungan agar perputaran uang tidak berhenti...

Coba saja, tiap tahun muncul model baru, dengan peeubahan pada prosesor, ram, kamera, serta kosmetik lainnya.. dibarengi dengan iklan yang masif dan partner para reviewer (seakan akan mereka beneran pengguna) memikat orang beli dan beli yang model baru lagi... kesannya punya mereka audah usang.

Padahal fungsinya tetep sama... Telpon, internet dan kamera.

Jadi kalo ente pengen menyelamatkan bumi.... Jangan kebanyakan gonta ganti gadget.

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Bisa ga ya klo produsen yg bersangkutan yg kelola sampah hasil produksinya dia, misal sampah bungkus indomie yg harus tanggung jawab kelola sampahnya adalah pihak indomienya itu sendiri emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
99tata99 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
nice info kak 👍👍
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ah, gak juga bray, sejak turunnya manusia ke badan bumi juga udah menciptakan sampah, cuma dulu sampahnya masih alami, dan gak sebanyak saat ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 2 lainnya memberi reputasi
sampah plastik terutama, coba aja negara regulasi pemakaian plastik yg bsa cpet terurai dri bahan alami, kan bsa cpet tuh sampahnya ilang, suka tdknsuka wadah chiki tiap hari tambah banyak.
profile-picture
profile-picture
99tata99 dan iskrim memberi reputasi
Kesalahan ada pada diri kita. Kita sejak kecil ditanamkan konsep manusia mahluk paling mulia. Manusia paling hebat. Manusia berhak mengelola bumi ini.
Tapi alih-alih mengelola kita sebenarnya menghancurkan namun ego kita terlalu tinggi untuk mengakui bahwa kitalah penyebab kekacauan ini.
Perihal port sebenarnya jika mau di "standarisasi" sudah sejak awal beres. Cuma karena ada beberapa brand merasa kastanya tinggi/ berbeda sehingga mereka tampil beda.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 2 lainnya memberi reputasi
manusianya harus dikurangin bre...
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Ah sebenernya mah.. bisa aja dalam penemuan langsung melompat ke yang lebih canggih, walaupun awalanya sesuai penemuan, tetapi setelahnya pasti mereka dah ada penelitian yng lebih canggih..

cuman ya gitu dlm mengeluarkan produk itu tahap demi tahap biar lakunya jga lama.. sama kaya prosesor ngeluarin per generasi.. itulah jahatnya kelompok aliansi barat.. yang seharusnya kita lebih cepat lompat tehnologinya tpi diperlambat

Padahal yng bikin polusi y mereka dengan aturan standar ganda
profile-picture
profile-picture
jlamp dan iskrim memberi reputasi
Diubah oleh awixcool
Gue mah tak drop ke e waste rj

Inti nya hrs hemat listrik saja toh, gan......di mulai dr rumah sendiri..... Agar tak menimbulkan bnyk sampah elektronik pd kemudian hari...... Bgitu kah......
profile-picture
profile-picture
jlamp dan iskrim memberi reputasi
Diubah oleh yoseful
Agak nonsense kayaknya. Sebab device sekarang dibuat agar mudah rusak dan sulit diperbaiki. Malah lebih banyak limbah yang dibuat kalo begitu caranya sih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di