CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Penampakan Dewa Perang Hebohkan China, Buat Rp 654 M Melayang
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/614df26dc59fe3764370917d/penampakan-dewa-perang-hebohkan-china-buat-rp-654-m-melayang

Penampakan Dewa Perang Hebohkan China, Buat Rp 654 M Melayang

Penampakan Dewa Perang Hebohkan China, Buat Rp 654 M Melayang

Jakarta, CNBC Indonesia -'Keriuhan' terjadi dikota Jingzhou, selatan Provinsi Hubei, China. Ini akibat patung 'dewa perang' setinggi 190 kaki, Guan Yu.

Patung perunggu tokoh jaman Dinasti Han tersebut dibuat tahun 2016 dengan biaya US$ 26 juta (Rp 370 miliar). Namun kini, patung itu hendak direlokasi.

Terungkap bangunan itu didirikan secara illegal. "Dalam aturannya, Jingzhou memang melarang adanya bangunan lebih tinggi dari 78 kaki," tulis Insider dikutip Jumat (24/9/2021).


Entah mengapa, patung tokoh zaman Samkok (saat Tingkok terbagi tiga negara) yang disegani ini berhasil dilakukan. Kemungkinan "celah" dalam hukum membuat pendukung proyek bisa membuat patung Guan Yu.
Di sisi lain sejumlah warga juga menganggap patung itu merusak penampilan dan budaya sejarah Jingzhou. Ini setidaknya dikatakan Pemerintah pusat China dan Kementerian Perumahan serta Pembangunan Pedesaa setempat.
Alhasil, ia kini dipindahkan dari lokasi asli di Taman Guan Gong. Eksekusi pemindahan memakan biaya US$ 46 juta atau sekitar Rp 654 miliar.
Berikut penampakan patung tersebut:

[table][tr][td]
Penampakan Dewa Perang Hebohkan China, Buat Rp 654 M Melayang

[/td]
[/tr]
[/table]


Saat dipindahkan sebuah foto pun beredar di Weibo, platform mirip Twitter di China. Terlihat, bagaimana kepala patung 'terpenggal' saat dipindahkan. Rencananya patung dibawa ke kawasan wisata, Dianjiangtai, lima mil dari kota itu.

Ini potretnya saat 'pemenggalan' dilakukan: 

Penampakan Dewa Perang Hebohkan China, Buat Rp 654 M Melayang

China sebelumnya memiliki banyak patung raksasa, dari Buddha hingga dewi. Ada juga patung pendiri China Mao Zedong, replika sphinx Mesir berukuran penuh, dan Marilyn Monroe raksasa.
Ini menjadi semacam fenomena di beberapa kota di China. Dilansir dari Worldcrunch, dalam beberapa tahun terakhir, otoritas lokal di China sering berlomba untuk menciptakan IP (kekayaan intelektual), dalam bentuk bangunan di kota mereka.
Lambat laun perlombaan ini malah menimbulkan konsekuensi negatif karena kebanyakan tidak ditujukan untuk kepentingan rakyat. Mirisnya, gedung-gedung tinggi pemerintah yang selama bertahun-tahun menjamur di banyak pelosok China, muncul di kota-kota regional termiskin negara tersebut.
Inilah yang membuat munculnya istilah white elephants, yakni proyek pembangunan besar-besaran yang tidak terpakai. Patung raksasa Guan Yu adalah salah satunya. 


https://www.cnbcindonesia.com/lifest...654-m-melayang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 14 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2

Walau negara Komunis tapi menghargai figur Agama sekaligus sejarah hingga rela rogoh 650M buat relokasi

Bandingkan dengan Indo yg ngaku wajib Agamis, tapi patung di fasum kota hingga pekarangan Kelenteng aja yg robohin ormas ilegal dan jadi sasaran vandalisme

Di China sendiri Masjid saja hampir 40 ribu padahal minoritas & kalau tempat ibadah minoritas di Indo (katedral+vihara+pura+kelenteng) ditotal ga sampai 40rb




profile-picture
profile-picture
profile-picture
otongtongki dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 19 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 19 balasan
sekarang yg kita butuhkan kuda merah


emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madchick dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
urusan patung nih.......apakah ada campur tangan wan abud si juragan patung???
profile-picture
politon21 memberi reputasi
Kalo patung segede gitu, kudu berapa mahluk yang ngangkat? Kaga njomplang apa ya? Bijimana caranya..

Komen di atas adalah salah dua komentar mahluk primitif yg masih eksis di abad 21.

Quote:


@durexz
@69banditos
@slametfirmansy4
@Mbahjoyo911
@absurdpeople
@indra.blora
@kopiko0385

GIF
profile-picture
profile-picture
profile-picture
penthouse.3 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Cuma patung, kena bom juga bakalan hancur
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rubberbands dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Buatan jaman modern.. bukan peninggalan dinasti masa lampau,. bisa bikin lagi..
profile-picture
69banditos memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kek patung sepatu yg tiba2 raib ya gan.... 🤭
profile-picture
profile-picture
SP4DE dan Harusnya memberi reputasi
Hmmm kerenan patung di sini yg dari bambu Penampakan Dewa Perang Hebohkan China, Buat Rp 654 M Melayang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rubberbands dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh indra.blora
Ane ngga paham, ane kan patungemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
SP4DE dan 69banditos memberi reputasi
disini di tuban juga akhirnya dihancurin sendiri. karena takut bergesekan dengan sang juru damai.
emoticon-Ngacir2
profile-picture
profile-picture
SP4DE dan nowbitool memberi reputasi
Padahal bagus koq, kenapa disebut bangunan ga guna ya. Menambah estetika menurut ane. Itu beos juga keliatan indah dari jembatan layang (jembatan 5 arah mangga dua) kalo ga ketutupan bangunan pasar pagi. Menurut ane keindahan kota penting.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Menurutku salah sih kalo disebut "buang uang". Ya memang bagi yang mendanai proyek ini benar, mereka buang uang. Tapi bagi yang mengerjakan proyek itu berkah. Berapa banyak tenaga kerja yang dapat rejeki karena adanya proyek ini?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SP4DE dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Kalo di sini tau sendiri bakal kaya apa
profile-picture
jhonrosamili514 memberi reputasi
Kalo disini ga lama bakalan di seruduk
Walaupun tuh patung hanya sebagai penghias jalan emoticon-Ngakak


Apalagi kalo di dki
Pasang terus bongkar
emoticon-Ngacir
profile-picture
SP4DE memberi reputasi
Guan Yu...tau ceritanya dari game Atlantica Online....

Padahal bagus tuh, tapi tidak sesuai dengan peraturan disana, jadinya dipindahkan dah.
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
kalo bikinnya 26 juta dollar, trus biaya pindahinnya 46 juta, kenapa gak ancurin yang lama terus bikin yang baru aja.
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
anjir jadi mahalan mindahinnya ya.
bener juga sih kalo di bilang buang uang. krn biaya mindahinnya melebihi biaya pembuatannya.
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
lebih tepatnya berlomba untuk pengadaan proyek emoticon-Big Grin
ga kebayang kalau di jakarta di bangun gituan wkwk
profile-picture
SP4DE memberi reputasi
Namanya landmark

Jadi keingetan landmar salah satu kabupaten di tangsel, landmarknya torrent air. emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
otongtongki dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di