CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
5 Ide Aneka Masakan Ikan Gabus untuk Akhir Pekan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/614dd08ba5fb66032c49257f/5-ide-aneka-masakan-ikan-gabus-untuk-akhir-pekan

5 Ide Aneka Masakan Ikan Gabus untuk Akhir Pekan

5 Ide Aneka Masakan Ikan Gabus untuk Akhir PekanIkan gabus tidak kalah dengan ikan nila, gurame, lele yang bisa diolah jadi aneka masakan. Berikut lima ide aneka masakan ikan gabus yang nikmat. (iStockphoto/adi7)

Jakarta, CNN Indonesia -- Channa alias ikan gabus hias mulai populer di kalangan pecinta hewan. Hanya saja, sebenarnya ada juga jenis ikan gabus yang dapat dikonsumsi.

Ikan gabus tidak kalah dengan ikan nila, gurame, lele yang bisa diolah jadi aneka masakan.

Mumpung akhir pekan, bagaimana jika mengolah ikan gabus untuk santapan? Mulai dari ikan gabus goreng yang paling praktis hingga dipanggang tanpa harus pakai oven.

Berikut lima ide aneka masakan ikan gabus yang nikmat.

1. Ikan gabus goreng
Terlebih dahulu siapkan ikan gabus. Biasanya ikan gabus dibeli per kilogram sehingga Anda terlebih dahulu harus membersihkan isi perut, sisik dan memotongnya jadi bagian lebih kecil. Namun ada pula yang dijual sudah dalam kondisi bersih atau fillet.

Kemudian marinasi ikan gabus dengan bumbu halus yang terdiri dari kunyit, ketumbar, bawang putih dan garam. Marinasi selama sekitar 15-30 menit, lalu panaskan minyak. Goreng ikan gabus hingga berwarna keemasan.

Di samping itu, ikan gabus juga bisa digoreng dengan tepung agar teksturnya lebih renyah. Paling baik menggunakan ikan berukuran besar sehingga dagingnya tebal.

Sebagaimana dilansir Realest Nature, Anda perlu menyiapkan campuran tepung dengan bumbu kering atau serbuk seperti, garam halus, lada halus, bubuk bawang putih, bubuk bawang bombay. Daging ikan terlebih dahulu dicelupkan di kocokan telur, baru dibalurkan pada tepung dengan bumbu. Kemudian goreng ikan hingga matang.

2. Pindang ikan gabus
Ikan bisa diolah menjadi hidangan berkuah yang segar. Olahan pindang rasanya pas untuk sajian di musim hujan sebab rasanya pedas, manis, asin, asam jadi satu mangkuk. Pindang tak hanya milik ikan patin sebab ikan gabus pun bisa.

Bumbu yang Anda perlukan tidak berbeda jauh dengan pindang patin seperti, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, lengkuas (memarkan), daun serai (dimemarkan), daun salam, garam, gula dan terasi (opsional). Untuk rasa segar dan pedas tambahkan potongan cabe merah besar, cabe rawit (biarkan utuh), asam jawa, potongan nanas, dan seikat kemangi.

Terlebih dahulu didihkan air dan masukkan bumbu halus, lalu bahan pelengkap kecuali tomat dan kemangi. Koreksi rasa (bisa ditambahkan kecap manis) sembari memasukkan tomat dan kemangi. Setelah semua menyatu, masukkan ikan lalu masak hingga matang. Segera matikan api untuk menghindari ikan hancur.

3. Ikan gabus bumbu kuning
Bumbu kuning merupakan salah satu bumbu dasar dan bisa diaplikasikan untuk berbagai masakan. Ikan gabus bumbu kuning pun bakal jadi masakan nikmat jika Anda bosan dengan makanan yang digoreng.

Bumbu kuning terdiri dari kunyit, kemiri, bawang merah, bawang putih, ketumbar, lengkuas dan jahe. Semua bumbu dihaluskan lalu ditumis bersama daun salam, daun serai hingga harum. Tambahkan air, panaskan hingga mendidih baru ikan gabus masuk.

Anda bisa menambahkan beberapa cabe rawit utuh dan tomat. Jangan lupa koreksi rasa dengan menambahkan garam atau gula jawa. Terakhir, tambahkan kemangi.

Kuah bisa berupa santan untuk memberikan rasa gurih. Setelah menumis, tambahkan sedikit air, baru ikan masuk. Setelah air menyusut cukup banyak, baru santan dituangkan.

4. Tumis ikan gabus cabe ijo
Olahan tumis dianggap olahan yang mudah dan minim minyak. Namun untuk tumis gabus, sebaiknya ikan digoreng setengah matang terlebih dahulu agar tidak mudah hancur saat ditumis.

Untuk bumbunya, siapkan bumbu tumis seperti biasa seperti bawang putih, bawang merah, garam, lengkuas (dimemarkan), dan daun salam. Untuk cabe ijo, Anda bisa menggunakan cabe ijo keriting yang diiris tipis dan dicampur cabe rawit sedikit untuk memberikan rasa lebih pedas.

Terlebih dahulu bumbu ditumis sampai wangi, baru masukkan cabe ijo. Setelah ditumis sampai layu, baru tambahkan ikan gabus. Masak hingga bumbu merata dan jangan lupa koreksi rasa. Jika dirasa terlalu pedas, Anda bisa menambahkan gula jawa untuk menyelamatkan rasa. bento 4d

5. Ikan gabus panggang teflon
Tidak ada oven atau alat pembakaran makanan ala barbeku? Cukup gunakan teflon. Ikan gabus panggang bakal jadi alternatif sajian selain ayam panggang.

Bumbunya pun mudah seperti, bawang putih, garam atau kecap asin, cabe rawit (jika suka pedas), kunyit, ketumbar, kecap manis. Haluskan semua bumbu dan gunakan untuk melumuri ikan gabus. Ikan sebaiknya sudah dalam kondisi bersih dan bagian tubuhnya disayat agar bumbu meresap sempurna.

Siapkan teflon dan olesi sedikit mentega atau butter. Panggang ikan dengan api kecil agar tidak langsung gosong di bagian luarnya.


Sumber: CNN Indonesia
profile-picture
profile-picture
sintara85 dan indra.blora memberi reputasi
Di goreng saja lah sama sambep + lalapan






⚜⚜Jangan lupa visit ke gubuk kami yak⚜⚜
emoticon-Monggo

emoticon-Sundul emoticon-Request


klik saja gambarnya ⤵️

5 Ide Aneka Masakan Ikan Gabus untuk Akhir Pekan


🔁Keep post emoticon-pencet




emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star emoticon-nulisah

emoticon-Hansip

©2021
dimasak sop ikan mah seger pisan. yummihhhhhhh...
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Jarang masak ikan ...tapi lebih suka kalau digoreng saja dan dibuatkan sambelnya....


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di