CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Penemu Angka Nol Bukan Al Khawarizmi, Lalu Siapa?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/614c5e268c5d273bac25786b/penemu-angka-nol-bukan-al-khawarizmi-lalu-siapa

Penemu Angka Nol Bukan Al Khawarizmi, Lalu Siapa?

Anda salah kalau masih menganggap al Khawarizmi sebagai penemu angka nol. Setelah membaca artikel ini detikers jangan lagi salah ya.
Al Khawarizmi adalah matematikawan Muslim yang sangat hebat. Dia dijuluki sebagai Bapak Aljabar. Menciptakan suatu ilmu baru yang sangat dikagumi. Ilmu yang sangat bermanfaat bahkan hingga zaman modern ini.


Aljabar yang Al Khawarizmi ciptakan ini adalah hasil kimpoi silang antara aritmatika India dan Geometri Yunani. Kita bisa lihat dalam kitab terkenalnya berjudul, fil jabr wal muqobala, yang menjelaskan aljabar dengan pendekatan geometri.

Al Khawarizmi adalah orang yang menekuni banyak bidang ilmu. Salah satunya selain matematika adalah astronomi. Ketika belajar matematika dia juga mempelajari ilmu tersebut dari berbagai peradaban. Salah satunya adalah India.

Konsep nol sebenarnya sudah ada sejak zaman dulu. Nol yang mewakili ketiadaan sudah disadari oleh orang-orang Babilonia bahkan sejak ratusan tahun sebelum masehi. Hanya saja mereka bingung untuk mengekspresikannya dalam sebuah simbol.

Pada abad ke-7 Masehi seorang matematikawan India terkenal bernama Brahmagupta melakukan pengkajian lebih jauh tentang bilangan. Salah satunya adalah angka nol. Brahmaguptalah yang kemudian memberi simbol nol dengan 0. Dia juga yang mengembangkan aturan operasi bilangan dengan nol.

Saat Dunia Islam sangat gandrung dengan pengembangan ilmu pengetahuan, datanglah seorang Astronom India bernama Kankah kepada Khalifah Al Mansur. Kankah membawa sebuah buku berjudul Shindind yang berisi tentang perhitungan yang cukup akurat tentang pergerakan bintang.

Khalifah al Mansur sangat tertarik dengan buku Shindind yang dibawa Kankah tersebut. Lalu meminta kepada ilmuwan di Bayt al Hikmah (tempat para ilmuwan Muslim belajar) untuk menerjemahkan Shindind ke dalam bahasa Arab. Muhammad Al Fasari melakukan perintah Khalifah tersebut lalu kitab tersebut diberi judul Shind al Hindi Kabir.

Ketertarikan al Khawarizmi terhadap matematika akhirnya mempertemukan dia dengan kitab tersebut. Lantas al Khawarizmi menyempurnakan kembali beberapa perhitungan yang melibatkan angka nol dari Brahmagupta. Hasilnya adalah satu kitab lain yang juga terkenal dari Al Khawarizmi yang berjudul Al-Jami wa al-Tafriq bi Hisab al-Hind.

Kitab tersebut lalu tersebar ke Eropa yang diterjemahkan ke dalam bahasa Latin dengan judul, Algoritmi de numero Indorum. Ini juga menjadi awal pengembangan ilmu dan nama algoritma yang berasal dari nama al Khawarizmi.

Itulah perjalanan dari angka nol. Angka yang sebenarnya sudah ada sejak zaman dahulu, lalu dikembangkan oleh para ilmuwan setelahnya dari berbagai negeri. Jadi al Khawarizmi bukanlah penemu angka nol

https://www.detik.com/edu/detikpedia...zmi-lalu-siapa

ya akhi
ga bisa klaim lagi 

emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoshua86 dan 9 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
andaipun iya, lha al kawarijmi itu kan termasuk ilmuwan yang dicap sesat pada jamannya kan?emoticon-Ngakak (S)

giliran mau nombok imej aja diaku-akuin.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trac0ne dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Penemu Angka Nol Bukan Al Khawarizmi, Lalu Siapa?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wahgituya dan 3 lainnya memberi reputasi
Bukan si al jimi doang

Jaman dulu itu blm ada mbah gugel

Lagian al jimi ibnu sina dkk secara uclim kan kopir alias bukan dr golongan yg holol

Blm lg mereka pri tingker wes awto haram
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trac0ne dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Penemu Angka Nol Bukan Al Khawarizmi, Lalu Siapa?
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan Jeffraid memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Penemu nol yak klean, emoticon-Ngakak karena gak ada isi, nol mulu. Klo alogaritma angka dan aljabar yak eropa bukan klean.
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 37sanchi memberi reputasi
kasian kasian kasian

islamophobi plus islam-hater coba denial hasil penemuan Al-Kharizmi, yang tujuannya denial terhadap kemajuan sains dan tehnologi sekarang tak lepas dari peran Islam.

tanpa Islam, para islamophobia plus islam-haters masih ngitung pake angka romawi saat ini.

emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
emoticon-Om Telolet Om! emoticon-Om Telolet Om! emoticon-Om Telolet Om!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caurboy dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 161 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 161 balasan
Sejarah bisa diubah tinggal diedit
Disesuaikan dgn kepentingan

Apa susahnya

Betul drunemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Rinka17 dan 2 lainnya memberi reputasi
Udah tau
Kadrun tambah nyesek lagi kalau dikasi fakta kalau Al Khawarizmi, Ibn Sina dkk itu dianggap ilmuwan sesat oleh kaum muslim di jaman itu

Sekarang aja diklaim dan dielu2kan karena emang cendekiawan muslim modern itu langkaaaa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Emangnya sembunyi di mana dia gan?
profile-picture
profile-picture
sannovares dan pakisal212 memberi reputasi
Saat Dunia Islam sangat gandrung dengan pengembangan ilmu pengetahuan,


Kapan ini akan terulang lagi,,,,
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan pakisal212 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Cendikiawan Bule Paok si Illuminati sampe sekarang masih ada Pamor nya.

Cendikiawan Islam Muta zilah gak ada kabarnya habis di Babat sama Rezim sendiri kah ?
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
Quote:

kasian kasian kasian, ampe bawa bawa yang dari India.

Padahal India aja pake Arabics Numeral.

Kalo India emang udah pake angka 0 sampe 9, pasti mereka punya lambang sendiri sendiri. kayak Arab, punya lambang sendiri untuk angka angkanya dari 0 sampe 9.

gampang banget mbantah argumen dan bukti elu.

profile-picture
profile-picture
Rinka17 dan gagal.jadi.nabi memberi reputasi
Lihat 20 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 20 balasan
Udah ilmuwan yg bisa diklaim cuma sedikit (itupun hidupnya jauh di masa lalu dan mayoritas dulunya dianggap sesat oleh para ulama)

Eh yg diklaim sebagai penemuannya bukan asli penemuannya pula tapi penemuan orang lain.

Miris... miris...

emoticon-Ngakak
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
Diubah oleh .me5.
Sumbernya dari detik, bukan dari tulisan hasil penelitian atau jurnal jurnal terpercaya kelas dunia.

Nanti kalo ada media online lain yg nulis bahwa penemu angka nol itu adalah raja Majapahit saya pun jadi semakin bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kecoa.balap dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
tetep aja aljabar dan matematika modern itu dasarnya ya dari al khawarizmi. ga bisa dibantah

bahkan bilangan angka yg kita kenal aja yg bikin si al khawarizmi jg. bukan menghilangkan andil india, hanya mengingatkan kalo bukan karena al khawarizmi yg merangkai itu semua maka akan mustahil bisa ada matematika modern bahkan sampe muncul komputer. karena dasarnya itu ya pake aljabar smua

yg ts ga tau, bahkan dikalangan islam garis keras, al khawarizmi ini dituduh kafir dan juga syiah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nelenlendir dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Miriiiissss sama TS
Yg mau klaim siapa? Yg klaim jg sejarawan, bukan kadrun cabang Indo emoticon-Big Grin
Adu domba adalah kerjaan newbie kontoI buzzer pak Lurah emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
opei dan pakisal212 memberi reputasi
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 12 balasan
puyeng bray ... mending mikirin gimana angka 0 nya jadi terduplikasi ke gaji emoticon-Hammer2
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
Astagafirullah emoticon-Kagets

PENIStaankah ini?
Nol. Arab =shifrun => itali =zevhiro. => English = zero.
Clear!
iya kan aja bre biar yang komunis, ateis, dan pemakan babi jadi senang.
gak ngaruh ocehan mereka, toh sejarah gak bakal berubah kalau kadrun yang dikenal menemukan angka nol.
wkwkwkwk....
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di