CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Militer dan Kepolisian /
Bersiap Hadapi Perang Skala Besar, Rusia Lakukan Simulasi Serangan Nuklir ke Polandia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/614c2d7a32e4651dff5e9abb/bersiap-hadapi-perang-skala-besar-rusia-lakukan-simulasi-serangan-nuklir-ke-polandia

Bersiap Hadapi Perang Skala Besar, Rusia Lakukan Simulasi Serangan Nuklir ke Polandia

Kabar terbaru datang dari latihan militer besar-besaran yang dilakukan oleh Rusia dan diberi sandi Zapad 2021, mengutip laporan Defence Blogdikabarkan bahwa, dalam latihan Zapad 2021 Rusia telah melakukan simulasi penembakan senjata nuklir kepada pasukan NATO yang berada di Polandia. Sumber Rusia yang tidak disebutkan namanya mengatakan bahwa tujuan utama latihan Zapad 21 adalah untuk mensimulasikan serangan balik jika terjadi perang skala besar dengan AS dan sekutu NATO.

Selama latihan militer tersebut, pasukan Rusia melakukan pengeboman tiruan yang melibatkan tembakan langsung jarak jauh yang presisi. Dalam latihan tersebut sepasang pembom Tu-22M3 mensimulasikan serangan terhadap struktur komando militer Amerika di Polandia, sementara itu unit artileri berkemampuan nuklir juga melakukan latihan tembakan langsung yang realistis.

Dalam latihan tersebut Angkatan Darat Rusia melakukan latihan tembakan langsung dengan sistem artileri 2S7M Malka, sebuah varian yang ditingkatkan dari sistem artileri berat Soviet dengan kaliber 203 mm. Senjata ini memiliki jangkauan tembak 47.000 m, tetapi senjata ini juga dapat diperpanjang jangkauan tembaknya hingga 55.500 m dengan menggunakan Rocket Assisted Projectiles. Misi utama dari senjata ini adalah untuk menembakkan peluru artileri nuklir.


Quote:



Pada 15 September 2021 media Rusia melaporkan bahwa, latihan Zapad 2021 melibatkan hingga 200.000 tentara, 80 pesawat dan helikopter, 760 kendaraan tempur, termasuk 290 tank, 240 sistem artileri dan beberapa peluncur roket dan 15 kapal perang. Upacara pembukaan latihan militer Zapad-2021 telah dilakukan pada hari Jumat (10/9), berlangsung di tempat pelatihan Mulino di wilayah Nizhny Novgorod, Rusia.

Latihan gabungan yang melibatkan Belarus ini diadakan di 9 tempat di Rusia dan 5 tempat di Belarus. Selain Belarus latihan ini juga dihadiri pasukan militer dari Armenia, India, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Mongolia, Pakistan dan Sri Lanka. Latihan ini baru saja selesai pada tanggal 16 September lalu.

“Latihan Zapad-2021 menunjukkan bahwa kami memiliki kemampuan untuk membentuk kelompok gabungan besar, merencanakan operasi tempur ke segala arah, menghentikan agresi apa pun dan melakukan serangan tegas untuk menghasilkan efek serius pada musuh mana pun,” Wakil Menteri Pertahanan Federasi Rusia Yunus-Bek Yevkurov mengatakan pada upacara penutupan. Dia mengatakan bahwa, selama latihan kelompok gabungan menunjukkan keterampilan yang diperoleh selama satu tahun pelatihan rutin dan interaksi yang erat dalam mengatasi tugas di medan perang.

Sementara itu mengutip laporan The James Town pada latihan Zapad 2021 unit pertahanan udara dan angkatan udara Rusia dan Belarus ditugaskan bersama sebagai bagian dari pusat pelatihan dan pertempuran yang baru-baru ini didirikan di Grodno Oblast, di bagian barat Belarus.

Aset dan kru militer Rusia tiba di Belarus pada akhir Agustus hingga awal September, tepat sebelum latihan Zapad 2021, yang secara resmi berlangsung dari 10 hingga 16 September. Pada tanggal 9 September, unit gabungan berpartisipasi dalam acara seremonial untuk mengambil tugas tempur guna bersama-sama melindungi wilayah udara Belarus dan Rusia.


Quote:



Menurut Kementerian Pertahanan Belarus, tujuan dari dibentuknya Pusat Pelatihan dan Tempur Pertahanan Udara dan Angkatan Udara adalah untuk meningkatkan pengajaran profesional dan mempelajari jenis peralatan baru yang dalam waktu dekat dapat digunakan di militer Belarus. Selain itu, pusat pelatihan itu akan meningkatkan keterampilan praktis personel dari Angkatan Bersenjata Belarus dan Angkatan Udara Rusia.

Rusia mulai mengirim komponen pertahanan udara dan angkatan udara untuk fasilitas pelatiga ini pada tanggal 28 Agustus, kereta pertama yang memuat peralatan dan awak militer Rusia. termasuk radar multifungsi, kendaraan komando dan kontrol, dan setidaknya dua peluncur rudal permukaan-ke-udara (SAM) S-400 tiba di Grodno, Belarus. Kemudian pada tanggal 8 September, setidaknya empat Su-30SM mendarat di 61st Fighter Air Base di Baranovichi, di mana mereka akan tinggal untuk melakukan pelatihan bersama dan misi tugas tempur.

Sementara itu sumber media Rusia yang lain mengklaim bahwa, unit S-400 yang dibawa ke Belarus akan segera ditempatkan di wilayah yang berdekatan dengan situs S-300, di Grodno Oblast. Pejabat militer Belarusia telah berhati-hati untuk tidak membocorkan rincian tentang masalah ini. Tetapi jika lokasi yang dilaporkan berbagai media Rusia itu akurat, itu berarti sistem perthahanan udara S-400 Rusia akan ditempatkan hanya empat kilometer dari perbatasan Polandia.

Latihan Zapad 2021 yang dilakukan Rusia dan sekutunya menunjukkan bahwa negara tersebut sudah benar-benar siap untuk berperang, selain itu Zapad 2021 menunjukkan bahwa Rusia bersama sekutunya punya hubungan yang lebih baik daripada rivalnya. Di lain sisi, hubungan AS dengan salah satu sekutunya yakni Prancis sedang mendidih. AS berhasil membujuk Australia guna membentuk pakta AUKUS guna membangun kapal selam nuklir bersama, padahal sebelumnya Australia sudah setuju untuk membuat kapal selam bersama Prancis. Alhasil Prancis pun merasa sangat dirugikan akibat hal tersebut.

Kini hubungan AS dan Prancis masih juga belum membaik, sementara di kubu satunya hubungan antar sekutu semakin solid dan bahkan sudah bersiap untuk menghadapi kemungkinan pecahnya konflik antara Barat dan Timur. China kini semakin agresif, Rusia dan sekutunya semakin solid, lalu bagaimana cara Paman Sam menghadapi berbagai ancaman tersebut ?


Quote:




Demikian sedikit informasi yang bisa TS sampaikan pada kesempatan kali ini, tetap semangat dan jaga kesehatan. Sampai jumpa emoticon-Angkat Beer





Referensi Tulisan: 1.2.3
Ilustrasi Foto: Google Image
profile-picture
profile-picture
profile-picture
suteragordyn dan 38 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
Bersiap Hadapi Perang Skala Besar, Rusia Lakukan Simulasi Serangan Nuklir ke Polandia

Media: Rusia melakukan simulasi serangan nuklir ke Polandia
Warga Polandia: kenapa harus negara ane sih ?
Vladimir Putin: baru simulasi kok, jangan panik dulu



Komentar Kaskuser emoticon-Toast




Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 15 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Hal yg wajar bg tsar rusia tuk bikin latgab militer nya dgn sasaran tembak nya adlh amrik dkk...... Tp, sekutu2 rusia itu, gak bs jd jaminan mutu jk mau bandingkan sama dgn NATO, AUKUS, dkk......... Yg tsar rusia bs andalkan sbg sekutu satu2 nya ya hny kekaisaran PKT, yg itu satu negara lg di curigai dan di musuhi oleh bnyk negara di dunia, kecuali dlm hal pendanaan ala BRI nya saja......


Omong2.... Ini detail gelar pasukan rusia nya apa saja sih, gan.... Dlm latgab militer ini..... Macam2 Alutsistanya, pasukan militer nya.....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aramina dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh yoseful
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Biasa latgab

Sdia payung sblum hujan emoticon-army
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 5 lainnya memberi reputasi
Latihan gabungan yang melibatkan Belarus ini diadakan di 9 tempat di Rusia dan 5 tempat di Belarus. Selain Belarus latihan ini juga dihadiri pasukan militer dari Armenia, India, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Mongolia, Pakistan dan Sri Lanka. Latihan ini baru saja selesai pada tanggal 16 September lalu

Ini beneran yaa India sama Pakistan hadir bareng?
Latihan nuklir ini cukup bikin ketar ketir juga kl perang beneran terjadi. Cuma kl Rusia yg latihan ngga bikin heboh dunia, beda sama Korut kl lagi mainin nuklirnya banyak yg heboh.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
sekutu memerica yang paling kompor adalah yahudi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
Ini kayaknya lanjutan dari Tank biathlon kemarin yak...
Jadi nggak usah pulang langsung latgab... Hahaha
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 6 lainnya memberi reputasi
wajar aja menjadikan negara lain buat "contoh" target serangan..

Israel aja simulasi nyerang pangkalan Mesir, ternyata beneran dipake perang 1967..
Korut juga sering sewot kalo AS-Korsel latihan, dipikirnya simulasi nyerang negara mereka..emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 9 lainnya memberi reputasi
Mudahan cuma simulasi ga nyampek realisasi emoticon-Mewek maennya ud nuke soale emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
Artileri nuklir...wow 😱
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
India sama Pakistan ikutan emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
margaery dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Belarus sepertinya emang udah diproyeksikan jadi satelit Rusia yak. Gimana cara rezim di sana bakal terus dipertahankan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
Paling menarik dalam latgab ini adalah digunakannya Russia - Self Propelled Howitzer / SPH 2S7M Malka, salah satu dari the world most powerfull self propelled gun.
Sejak diperkenalkan tahun 1975 di era USSR dengan nama SO 203 / 2S7 Pion sudah menjalani 2X modernisasi, pertama di tahun 1983 dan diberi nama 2S7M Malka dan tahun 2020 60 unit 2S7M Malka milik Russia kembali menjalani modernisasi kedua di Uraltransmash termasuk unit 1V12M mobile control n commandnya.
Punya crew 7 personel dan berbasiskan chassis MBT T 80 serta dilengkapi dengan laras 2A44 kaliber 203 mm yang mampu menembakkan 2 jenis peluru : peluru konvensional 110 kg, berhulu ledak 17.8 kg dengan pilihan berisi HE - FRAG, kimia atau nuklir dengan max range 37.500 km dan peluru khusus Rocket Assisted Projectiles ( RAP ) dengan berat 104 kg, berhulu ledak 13.8 kg dengan max range 55.500 km.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh gonugraha76
Ngerii ah, jangan sampai tu nuke bersliweran nantinya. Serememoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 5 lainnya memberi reputasi
rudal aja itu mamarika dkk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 4 lainnya memberi reputasi
putin tiada duanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
Selama us megang udara.. mau seberapa kuatnya angkatan darat ..percuma bray.. baru mau jalan tuh peralatan, di tempat strategis.. eh udah kena bom duluan 😂
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ferist123 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 17 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 17 balasan
Latgab begini bbrp tahun belakangan ini udah sering kok..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
Njir jadi simulasi itu walaupun bahasanya gimana juga diplomasinya tetep aja kayak mengancam secara halus. Tapi Rusia harus tau sih kalau dia menjatuhkan nuklir di wilayah Eropa bakal berdampak besar ke dia sendiri.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Selain Belarus latihan ini juga dihadiri pasukan militer dari Armenia, India, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Mongolia, Pakistan dan Sri Lanka.


Itu india ama pakistan bisa juga kompak latihan...ada ada wae yah, padahal kan latihannya mengantisipasi serangan... Tuh dua negara gimana ceritanyaemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
Latihan doang, kapan perang beneran, org Indonesia mau nonton sambil tepuk tangan..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di