CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Novel Baswedan Buka Suara soal Pemeriksaan Anies di KPK
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/614c10f1ec3b705bdb0240b3/novel-baswedan-buka-suara-soal-pemeriksaan-anies-di-kpk

Novel Baswedan Buka Suara soal Pemeriksaan Anies di KPK


Novel Baswedan Buka Suara soal Pemeriksaan Anies di KPK


Jakarta, CNN Indonesia -- Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) nonaktif, Novel Baswedan angkat suara mengenai pemeriksaan sepupunya yang merupakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait dengan kasus dugaan korupsi pengadaan tanah di Munjul, Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur.

Novel menjelaskan siapapun bisa diperiksa jika dinilai penyidik mengetahui perkara yang sedang ditangani. Ia menegaskan tidak pernah berupaya melindungi Anies untuk diperiksa karena tidak terlibat dalam penanganan kasus tersebut.

Diketahui, pemeriksaan Anies oleh KPK dilakukan ketika Novel berstatus nonaktif dan diputuskan akan dipecat per 30 September 2021.


"Tapi, kalau dikaitkan dengan diri saya, kita paham bahwa di KPK harusnya orang-orang berintegritas. Ketika kemudian ada yang mengatakan saya bisa mengatur semuanya, artinya orang itu ingin mengatakan bahwa di KPK orang enggak berintegritas, saya kira dia salah," ujar Novel dalam program Mata Najwa, Rabu (22/9).

Kedua, di KPK itu ada pembagian tugas, di penyidikan pun ada bagian-bagiannya sendiri yang masing-masing tidak mengetahui kasus yang ditangani yang lain. Di KPK tidak biasa dengan intervensi seperti itu," sambungnya.

Novel mengungkapkan sistem yang berjalan di lembaga antirasuah tidak mengakomodasi perbuatan-perbuatan intervensi semacam itu. Jika dirinya benar melindungi Anies, hal itu akan terbongkar juga oleh penyidik lainnya.

"Kalau seandainya di KPK enggak diperiksa, tapi kan di sidang akan dilihat, orang semua akan tahu karena sidang terbuka. Jadi, kalau seandainya ada yang ingin menutupi di proses penyidikan dengan cara-cara seperti itu, percuma di penyidikan akan terbuka. Semuanya jelas," tegas Novel.

Anies diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Yoory Corneles Pinontoan selaku mantan Direktur Utama Perumda Pembangunan Sarana Jaya, Selasa (21/9).

Dari pemeriksaan itu, penyidik KPK mendalami proses usulan anggaran yang diperuntukkan kepada Perumda Pembangunan Sarana Jaya. Anggaran dimaksud salah satunya untuk pengadaan tanah di Munjul.

"Yang bersangkutan hadir dan dikonfirmasi secara umum antara lain terkait dengan proses usulan anggaran untuk dilakukannya penyertaan modal APBD DKI Jakarta kepada Perumda Sarana Jaya," ujar Plt. Juru Bicara Penindakan KPK, Ali Fikri, Rabu (22/9).

Anies disebut turut memberikan informasi terkait dengan program rumah DP 0 rupiah. Hal ini sebagaimana temuan KPK bahwa pengadaan tanah di Munjul rencananya akan digunakan untuk program tersebut.

"Selain itu, saksi menerangkan mengenai salah satu penyertaan modal kepada Perumda Sarana Jaya yang diperuntukkan bagi pembangunan rumah DP Rp0," kata Ali.

Di kasus ini, Yoory bukan merupakan tersangka tunggal. KPK juga telah menetapkan sejumlah pihak lain sebagai tersangka. Di antaranya yakni Direktur PT Aldira Berkah Abadi Makmur, Rudy Hartono Iskandar; Direktur PT Adonara Propertindo (AP), Tommy Adrian; Wakil Direktur PT AP, Anja Runtuwene; dan korporasi yakni PT AP.

KPK menemukan kerugian negara senilai Rp152,5 miliar dari dugaan tindak pidana korupsi ini.


CNN

Tiada hari tanpa Anies Baswedan

profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 19 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Novel Baswedan Buka Suara soal Pemeriksaan Anies di KPK
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 2 lainnya memberi reputasi

Diketahui, pemeriksaan Anies oleh KPK dilakukan ketika Novel berstatus nonaktif dan diputuskan akan dipecat per 30 September 2021.


emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 13 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh gabener.edan
Quote:


Pertanyaan nya.. Bagaimana suatu kasus bisa sampai persidangan kalo masuk penyelidikan aja ngga??.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 19 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh valkyr9
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Gass pool loss reem KPK..kejarrr..emoticon-Traveller..manusia bathil pasti akan dipermalukan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 5 lainnya memberi reputasi
dasar pemerintah tapiir emoticon-Blue Guy Bata (L)


ini hanya upaya utk menjegal anies utk pilpres 2042...

#anieskeren
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Upaya terakhir novel buat melindungi sepupunya emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 5 lainnya memberi reputasi
Lah, buktinya sebelum nih orang dinon aktifin gak pernah dipanggil tuh,

Lagian kenapa harus klarifikasi kalo emang gak bener, Gitu aja kok repot
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 6 lainnya memberi reputasi
let see aja dah...gak mau berandai andai klo emang abud ikut andil atau kecipratan uang kaget tangkep aja...hanya saja ane bertanya tanya...jagoan kadrun sapa lagi ya emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sualight1 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Uda ga bisa sok kuat lu pelemoticon-Swedia
profile-picture
serapionIeo memberi reputasi
Di balap eek abud pasti dikasih rompi
profile-picture
profile-picture
serapionIeo dan dalamuka memberi reputasi
Beberapa bulan belakangan ini berita diramaikan oleh Baswedan bersaudaraemoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 4 lainnya memberi reputasi
Novel Baswedan Buka Suara soal Pemeriksaan Anies di KPK
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
daftar ke kapeka dekai aja

emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga

biar jadi tim hore
profile-picture
serapionIeo memberi reputasi
kain pel sedang menjalankan fungsi sesuai namanya.
profile-picture
serapionIeo memberi reputasi
.. buswedan
profile-picture
serapionIeo memberi reputasi
Diubah oleh Draculzz
Harusnya rumah sakit sumberwaras ga sampe ada pemanggilan2, cuma krn nafsu ketuanya, kenapa pegawainya ga nolak?
toh ujung2nya ga ada tersangka, cuma nama ahoknya aja tercemar menjelang pilkada. Novel ikut tanda tangan pemanggilan ga? Ikut nanya2 saksi ga saat itu?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 5 lainnya memberi reputasi
Maaf Vel, aku org luar, tdk tahu jeroan KPK, beda dg kamu. Jadi kamu bohongpun aku tdk tahu. Yg penting sejak tdk ada kamu di KPK, saudaramu si Anis dipanggil sama KPK.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 6 lainnya memberi reputasi
Persidangan bukannya jadi ga guna ya klo penyidik/jaksa ga serius/menutupi kasus yg mau disidangkan emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sualight1 dan 3 lainnya memberi reputasi
berarti orang2 yang lolos TWK berintegritas donk

gak ada masalah klo gitu emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
asurizal dan serapionIeo memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di