CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Bersedekah Bukan Cuma Soal Pahala, Ada Manfaat Kesehatannya Loh!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/614bb05127804d0cd52c4ad4/bersedekah-bukan-cuma-soal-pahala-ada-manfaat-kesehatannya-loh

Bersedekah Bukan Cuma Soal Pahala, Ada Manfaat Kesehatannya Loh!

Sedekah diketahui merupakan salah satu cara menunaikan amalan ibadah, namun secara medis ada manfaat bersedekah bagi kesehatan manusia. Maka dari itu, dapat dikatakan bersedekah menjadi jalan agar manusia bisa sehat secara jasmani dan rohani.

Bersedekah Bukan Cuma Soal Pahala, Ada Manfaat Kesehatannya Loh!

Nah gan, apa saja manfaat bersedekah dari sisi medis ? Mari simak penjelasan berikut.

Memberi Rasa Bahagia dan Mengurangi Resiko Stress

Dengan bersedekah, rasa bahagia tidak hanya dirasakan oleh penerima sedekah saja namun dapat dirasakan pula oleh pemberi sedekah. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Public Health pada tahun 2013 mengungkapkan bahwa orang yang senang membantu orang lain memiliki risiko lebih rendah mengalami stress. Pada penelitian lain turut mengungkapkan bahwa bersedekah dapat meningkatkan hormon endorfin, dopamin dan oksitosin.

Meningkatnya hormon endorfin diketahui dapat mengurangi efek buruk dari stress. Selain itu, orang yang hormon endorfinnya meningkat akan memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik.  Meningkatnya hormon dopamin juga akan bermanfaat bagi tubuh karena memberikan efek rasa bahagia serta dapat meningkatkan daya ingat. Sementara hormon oksitosin baik untuk orang yang sedang mengalami masalah darah tinggi.

Menurunkan Tekanan Darah

Rasa senang yang dialami setelah bersedekah dapat mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang memberi dukungan sosial terhadap orang lain cenderung memiliki tekanan darah yang lebih rendah sehingga hal ini dikaitkan sebagai cara pencegahan hipertensi dan menjaga kesehatan pembuluh darah di jantung.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penurunan tekanan darah ini disebabkan karena ketika kita memberi sedekah, produksi hormon oksitosin akan meningkat. Hormon yang diproduksi oleh kelenjar ptuitari yang ada di otak ini memberikan rasa tenang serta menurunkan tekanan darah.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh David Klein, menyebutkan bahwa perasaan bahagia setelah bersedekah dapat meningkatkan produksi sel kekebalan IgA yang berperan penting dalam melindungi tubuh dari bakteri dan mikroba yang dapat menyerang sistem pencernaan dan pernafasan.

Seperti yang kita ketahui bahwa di masa pandemi ini sangat penting menjaga kekebalan tubuh. Oleh sebab itu, bersedekah dengan tulis ikhlas bisa menjadi salah satu ikhtiar untuk mencapai pola hidup sehat.

Menurunkan Risiko Kematian

Salah satu manfaat bersedekah bagi kesehatan yang telah terbukti secara medis adalah dapat menurunkan resiko kematian. Berdasarkan sebuah penelitian, orang yang menjadi sukarelawan di dua organisasi atau lebih menurunkan resiko kematian dalam periode lima tahun kedepan sebanyak 44%. Tentunya hal ini terlepas dari faktor lain seperti usia, kesehatan, olahraga dan sebagainya. 

Orang yang aktif di kegiatan sosial, setidaknya memiliki 76% kondisi kesehatan yang lebih baik dibandingkan dengan orang yang tidak bersedekah. Dan sebaliknya, orang yang enggan bersedekah berisiko memiliki hormon pemicu stress lebih banyak di dalam tubuh.

Mengatasi Depresi

Dr. Ahmad Sameh menyebutkan bahwa dengan bersedekah, pola pikir menjadi positif dan dapat membantu agan keluar dari rasa terisolasi di lingkungannya yang menjadi salah satu penyebab munculnya depresi. Selain itu dengan bersedekah, agan dapat meningkatkan empati serta menimbulkan perasaan kasih sayang pada orang lain.

Keren ya gan emoticon-thumbsup
Jadi sudahkan bersedekah hari ini?

Sumber: Manfaat Bersedekah Bagi Kesehatan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pphitam dan 6 lainnya memberi reputasi
First comment..maka benarlah klo menurut agama ane, jika ingin umur panjang maka bersedekahlah. emoticon-Sundul Up
profile-picture
black.robo memberi reputasi
Saya tunggu gan untuk sedekahnya
Transfer saja ya gan ke rekening saya emoticon-Hammer2
profile-picture
harsontol memberi reputasi
Bersedekah buat tolak bala
emoticon-Malu
Byk juga manfaat psikogisnya ya emoticon-Big Grin
Diubah oleh greasemonkey09
ada penjelasan ilmiahnya kah? ada penelitiannya?
Yang pasti ada kepuasan tersendiri kalau bisa menyisihkan sebagian uang untuk orang lain. Selain karena anjuran agama, rasa puas ini tidak bisa tergantika gans
Kepuasan tersendiri, bisa membantu sesama dan yang membutuhkan emoticon-Toast
Menambah nilai plus untuk kebanggaan
emoticon-Recommended Seller tangan kanan memberi, tangan kiri jgn sampai tahu
Ya benar sekali gan.. jika kita bisa bermanfaat untuk orang lain seperti sehabis memberi pertolongan atau memberi sedekah, hati kita juga akan merasa senang
Sebelum sedekah, tolong dulu tuh keluarga lu, sodara lu, temen2 lu. Kadang ibarat gajah dipelupuk mata tidak terlihat, semut diseberang pantai nampak jelas
dulu guru SMA ane pernah bilang sedekah bisa memperlancar rezeki
dan nyatanya entah kenapa setiap ane sedekah dengan niat yang ikhlas pasti ada aja pekerjaan yang datang buat ane emoticon-Smilie
Bener banget, kata pak ustad sedekah paling baik sama keluarga sendiri, orang tua, istri, anak, kk adik, sanak sodara, baru orang lain
Memberi lebih baik daripada diberi
Sebenarnya yg paling ideal adalah "bersedekah adalah kebaikan".
Kalau urusan pahala, adalah urusan mutlak sang pencipta.
Krn itulah malaikat di utus utk mencatat kebaikan dan keburukan manusia. Bukan diutus utm mencatat pahala dan dosa manusia.

Di sisi lain, sang pencipta yg akan mengganjar pahala dan dosa terhadap kebaikan dan keburukan tersebut.


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di