CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kuasa Hukum Haris Azhar Kritik Luhut Tempuh Langkah Hukum
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/614ab86fac433664f91b24ea/kuasa-hukum-haris-azhar-kritik-luhut-tempuh-langkah-hukum

Kuasa Hukum Haris Azhar Kritik Luhut Tempuh Langkah Hukum

Kuasa Hukum Haris Azhar Kritik Luhut Tempuh Langkah Hukum


Jakarta, CNN Indonesia -- Nurkholis Hidayat selaku kuasa hukum Direktur Eksekutif Lokataru Haris Azhar menyayangkan sikap Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan yang menyeret dirinya ke polisi atau jalur hukum.

Menurut Nurkholis langkah tersebut tidak terpuji dan memberikan preseden buruk dalam upaya partisipasi dan pengawasan yang dilakukan oleh masyarakat kepada pemerintah.

Terlebih sebelumnya sudah dijelaskan bahwa apa yang diutarakan oleh kliennya bukanlah fitnah. Melainkan berdasarkan hasil riset koalisi masyarakat sipil.


"Kami menyayangkannya. Setelah semua upaya dan iktikad baik dan undangan pertemuan untuk mengklarifikasi perbedaan pandangan," jelasnya kepada CNNIndonesia.com, Rabu (22/9).

Selain itu ia juga menilai pelaporan yang diambil oleh Luhut kepada kliennya sebagai bentuk pembungkaman terhadap masyarakat.

Menurutnya tidak pantas seorang pejabat pemerintah menggunakan institusi negara untuk kepentingan pribadinya.
Ia mengingatkan institusi negara dibiayai oleh publik dan mengabdi pada kepentingan publik

"Kita berharap kepolisian RI untuk menghormati konstitusi dan berani menghentikan setiap upaya pemidanaan dengan motif yang bertujuan membungkam suara kritis warga negara," ucap Nurkholis.



Luhut hari ini telah resmi melaporkan aktivis Haris Azhar ke Polda Metro Jaya terkait dugaan hubungan operasi militer dengan bisnis tambang di Papua.

Haris dilaporkan karena dianggap melakukan fitnah penyebaran berita bohong. Luhut menyebut laporan ini dibuat lantaran somasi yang ia layangkan kepada Haris Azhar dan Koordinator KontraS tak kunjung direspons.

"Ya karena sudah dua kali (somasi) dia enggak mau, saya kan harus mempertahankan nama baik saya, anak cucu saya, jadi saya kira sudah keterlaluan karena dua kali saya sudah minta maaf enggak mau minta maaf, sekarang kita ambil jalur hukum jadi saya pidanakan dan perdatakan," tuturnya.

Perseteruan Haris dengan Luhut bermula dari video percakapan dengan Fatia yang Haris unggah di kanal Youtube-nya.

Dalam percakapan itu, disebut bahwa PT Tobacom Del Mandiri, anak usaha Toba Sejahtera Group terlibat dalam bisnis tambang di Intan Jaya, Papua. Luhut adalah salah satu pemegang saham di Toba Sejahtera Group.

Luhut membantah tuduhan tersebut dan mengirim somasi kepada Haris dan Koordinator KontraS Fatia Maulidiyanti.

Dia juga menyatakan somasinya merupakan pengingat bahwa tidak ada kebebasan absolut sehingga orang bisa melakukan hal apapun tanpa konsekuensi.

"Saya ingatkan tidak ada kebebasan absolut, semua kebebasan bertanggung jawab jadi saya punya hak untuk bela hak asasi saya," kata Luhut.

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...-langkah-hukum

Seorang Presiden,Gubenur hingga pengemis punya hak yang sama dalam hukum bila di kaitkan dengan ranah pribadi masing2.
Jdi sah2 saja mereka membawa kasus hukum secara personal ke meja hijau.
Mereka bayar pengacara juga secara pribadi.

Dasar nih pengacara koplak pola pikirnya...
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrastrid dan 16 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh samsol...
Halaman 1 dari 3
Lah anjing di somasi bukannya dateng or jawab malah pansos di utube..lah si lord pake jalur hukum itu. Lu nya pake jalur jalanan..dongo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xneakerz dan 16 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Udah benerlah menempuh jalur hukum....emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 9 lainnya memberi reputasi
"Saya ingatkan tidak ada kebebasan absolut, semua kebebasan bertanggung jawab jadi saya punya hak untuk bela hak asasi saya," kata Luhut.

mantab betul

camkan itu wahai LSM dan kroni kroninya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Ya justru ini kesempatan emas untuk buktikan kalau klien ente benar.
Dan bisa membalikan keadaan untuk memidanakan luhut jika dia benar salah.

Kok gitu aja malah mewek!

Cetek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chevelle16 dan 10 lainnya memberi reputasi
Salah anda, bacot tidak pada tempatnya, disomasi bukannya minta maaf malah kayak jagoan
Dilaporin malah mewek
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chevelle16 dan 8 lainnya memberi reputasi
Pejabat gak boleh laporin rakyatnya?
Masih untung gak ilang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 5 lainnya memberi reputasi
Ya sudah tinggal dijelaskan di kepolisian toh...

Malah ada kesempatan buat jelasin...

Gimana sih logikanya ?

emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 9 lainnya memberi reputasi
Selain itu ia juga menilai pelaporan yang diambil oleh Luhut kepada kliennya sebagai bentuk pembungkaman terhadap masyarakat.


kalau punya data yang dijabarkan saja drun!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chevelle16 dan 8 lainnya memberi reputasi
udah di somasi 2x ga ditanggepin, sekalinya di laporin polisi malah mewek..lah pea
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Udah bener, penjarakan manusia yang modal bacot ga modal otak ...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
petani.syusyu dan 2 lainnya memberi reputasi
Hahaha bagaimana analogi seorang pengacara yg paham hukum pidana, perdata tapi kliennya d bwa ke jalur hukum malah mengkritik si pelapor... Dilaporin juga karena kerjaan klien ente, gada asap klo gada api.


Maunya d bawa ke aielse or ke matamu gtu?? Persoalan hukum selesein jalur hukum.. Jgn dbawa keranah publik dan membentuk opini seperti yg kalian inginkan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
Benar-benar harus memuji kebesaran hati sirbeye dalam hal ini. Dikatain kebo, korupsi century, autopilot, lempar tustel, punya anak selain dari ibu ani, dan segala macam hal najis lainnya. Tapi tidak mengadukan orang-orang yang mulutnya koplak itu yang ada juga dikaskus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
randit dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
tak terpuji gimana dah..
emoticon-Ngakak
kelakuan client ente terpuji kagak?
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
petani.syusyu dan 3 lainnya memberi reputasi
"Menurutnya tidak pantas seorang pejabat pemerintah menggunakan institusi negara untuk kepentingan pribadinya.
Ia mengingatkan institusi negara dibiayai oleh publik dan mengabdi pada kepentingan publik"

Ini pengacara dapat teori darimana? Dimana hukum yang melarang pejabat publik melapor kasus hukum pribadi?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
daddydaddydoo dan 6 lainnya memberi reputasi
Ow ternyata udah alotemoticon-Ngakak g gk ngerti soal bginian.drpd cuma bisa hujat tnpa bukti mending skrg cr bukti dl.sblm fitnah orang.ehh pas di seriusin dianya yg tegangemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
petani.syusyu dan 3 lainnya memberi reputasi
Yah lu cuma perlu buka aj hasil riset elu yang menjadi dasar omongan lu...dan tunjukan ke masyarakat.

klo lu beneran ada dan risetnya sudah sesuai dengan metodologis keilmuwan, yah justru pihak yang laporin lu bakal kena masalah, terutama menjadi bukti bahwa si pelapor bermasalah dan melakukan perbuatan tidak pantas.

tapi kalo ternyata g sesuai dengan riset yang bener, yah lu juga harus siap dengan konsekuensi omongan lu yang berarti hoax dan menjadi dasar menuding satu pihak
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan petani.syusyu memberi reputasi
Pengacara kok takut berhadapan dengan hukum? Kan elu juga dibayar dapet duit
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 3 lainnya memberi reputasi
Pengacara gini amat
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan petani.syusyu memberi reputasi
berani berbuat, berani bertanggung jawab. jika memang yakin menang dan ada bukti maka beberkan di persidangan. jika memang yakin benar maka tiada rasa takut bukan ?
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan petani.syusyu memberi reputasi
Kuasa hukum kok malah ga mau jalur hukumemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan petani.syusyu memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di