CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Cara Mengingat Isi Buku yang Kita Baca!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/614a27a4a0d67318ba24ad7f/cara-mengingat-isi-buku-yang-kita-baca

Cara Mengingat Isi Buku yang Kita Baca!

Spoiler for No Repost:


Halo gan sis,
Kalian pernah ga sih baca & keesokan harinya sudah lupa? emoticon-Big GrinPasti kebanyakan dari kita sering mengalaminyaemoticon-Embarrassment. Psikolog menyebut fenomena ini sebagai "Forgetting Curve."  Ini adalah rumus matematika yang menggambarkan tingkat di mana informasi akan dilupakan setelah awalnya dipelajari. 


Penelitian menunjukkan manusia melupakan sekitar 50 persen dari apa yang mereka pelajari dalam satu jam, dan rata-rata 70 persen dalam 24 jam 

Spoiler for Forgetting Curve:




Penelitian ini juga menunjukkan bahwa kemampuan kita untuk berkonsentrasi berkurang antara 10 hingga 40 menit. Jika kita menghabiskan waktu lebih lama untuk tugas tertentu, kita tidak bisa mendapatkan hasil yang maksimal karena pikiran kita akan mulai mengembara. 


Gunakan teknik berikut untuk membaca & mengingat!
Spoiler for Podomoro Technique:


Podomoro Technique

Metode produktivitas ini dikembangkan oleh Francesco Cirillo berdasarkan gagasan bahwa waktu optimal untuk suatu tugas adalah 25 menit, diikuti dengan istirahat 5 menit.

Manfaat dari metode ini adalah Kamu lebih memungkinkan untuk mengingat apa yang kamu pelajari di awal sesi pembelajaran, kelas, presentasi, atau bahkan saat berinteraksi sosial.


Dalam hal pembelajaran, teknik Pomodoro berfungsi untuk  yang berkaitan dengan memori, khususnya efek primacy (kualitas) & recency (terbaru)
Efek dari recency (Informasi Terbaru) adalah Anda juga cenderung mengingat hal terakhir yang Anda pelajari (lebih baru). 


Kita semua sering menunda-nunda belajar sebelum ujian dan akhirnya, malam sebelum ujian, kita akan menghafal dengan paksa sebanyak mungkin tanpa istirahat. Primacy dan Recency hanyalah dua dari (banyak) alasan mengapa menghafal dengan paksa (terburu-buru) tidak akan berfungsi. 


Namun dengan beristirahat sejenak, Kamu akan menciptakan lebih banyak awal-an dan akhir-an, dan Kamu akan mempertahankan (ingatan) lebih banyak dari apa yang Kamu pelajari.

Spoiler for Opening & Recency:


Jika kamu membaca buku selama 2 jam tanpa istirahat, Kamu mungkin hanya mengingat 20 menit pertama dari apa yang kamu baca, maka mungkin kamu akan mengalami penurunan (ingatan) sekitar 30 menit, dan kemudian kamu cenderung mengingat akhiran dari apa yang kamu baca. 

Artinya, saat membaca tanpa istirahat untuk menyerap & memikirkan apa yang baru saja kamu baca, beberapa ingatan akan memudar. Jadi, bacalah buku sedikit demi sedikit dengan teknik Pomodoro agar Kamu mendapatkan hasil maksimal dari apa yang Kamu baca. 
Spoiler for Kwik Start:


Masih newbie buat thread mohon maklum emoticon-Embarrassment. Ilmu ini ane pelajari dari buku berjudul "limitless" karya penulis & personal coach Jim Kwik. Kalau tritnya rame & positif ane mau bikin part lainnya gan emoticon-Big Grin

Sekian dari ane emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lonelinesssoul dan 31 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
di up, komeng & cendol kalau ada emoticon-Embarrassment emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
candukode dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Manusia itu dapat di ibaratkan sebagai apa saja
Bahkan dapat juga di ibaratkan sebagai sebuah buku.

Dan ketika manusia itu sebagai sebuah buku,
Maka untuk dapat mengetahui isinya, kita tidak perlu untuk dapat pandai membaca dan menulis terlebih dahulu, tapi cukup bagi kita hanya dengan memperhatikannya dan mendengarkannya saja.

Dan untuk dapat memahaminya kita tidak perlu lagi kamus ataupun tafsir sebagai referensinya, tapi cukup bagi kita hanya dengan benar benar mencintainya saja.

Dan untuk mengingatnya, kita tidak perlu untuk dapat menghafal ataupun membaca berulang ulang setiap kata katanya yang tertulis dihalaman perhalamannya, tapi cukup bagi kita untuk dapat mengingat namanya, wajahnya ataupun senyumannya saja. (Kebaikannya)


#Pengetahuan yang didapat dari sebuah buku, maka akan dibutuhkan kepandaian menulis & membaca untuk dapat menerimanya, serta akan dibutuhkan dalil/referensi untuk dapat menguatkannya.

Dimana pada akhirnya pengetahuan itu akan kembali ditulis dan kembali tersimpan sebagai buku/tulisan.

#Pengetahuan yang didapat dari sebuah pikiran (akal) manusia, maka akan dibutuhkan keterbukaan akal untuk dapat menerimanya, serta akan dibutuhkan teori/praktek untuk dapat menerima dan menguatkannya.

Dimana pada akhirnya pengetahuan itu akan kembali pada akal manusia dan kembali tersimpan sebagai logika.

#Pengetahuan yang didapat dari sebuah hati manusia, maka akan dibutuhkan hati yang terbuka (perhatian) untuk dapat menerimanya, serta akan dibutuhkan Kasih Sayang untuk dapat menguatkannya.

Dimana pada akhirnya pengetahuan itu akan kembali pada hati manusia dan kembali tersimpan sebagai Cinta.

#Dan sebaik baiknya buku/tulisan itu adalah buku/tulisan yang nyata, yang dapat mengedepankan sebaik baiknya logika (akal).

#Dan sebaik baiknya logika (akal) itu adalah logika (akal) yang nyata, yang dapat mengedepankan sebaik baiknya Cinta (hati).

#Dan sebaik baiknya Cinta (hati) itu adalah Cinta yang nyata, yang dapat mengedepankan sebaik baiknya Keimanan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ianhanaka dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Iya sih, pomodo teknik sgt membantu mengingat apa yg udah kita pelajarin, keren tuh penemunya

_______________________________________________
mampir ke Hot Thread ane ya gan emoticon-Smilie


Spoiler for Mengenal Brainwave Software:


Semoga bermanfaat untuk semuanya emoticon-norose
emoticon-Paw
profile-picture
danielpurnama memberi reputasi
Diubah oleh greasemonkey09
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Mantap gan.. cb ane praktek kan dl ya 👍
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
fyi teknik ini udah duluan dipakai sama bapak-bapak jobless yang saban malam ngopi diwarkop. ngopi + ngobrol setengah jam - jeda - bakar rokok, repeat sampai 3 batang.

trus pulang ditanya bini abis darimana dan ngobrolin apa, dijawab lancar ketemu si anu ngobrolin anggaran, HAM, pilkada dan bansos emoticon-Embarrassment

malah lebih bagus.. ditanya minggu depannya pun masih inget emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
danielpurnama dan aripmaulana memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan

Untuk penderita OCD dalam membaca buku itu bikin gregetan sendiri, jangankan 1 isi buku. Per lembar aja kadang dibaca berulang2. Padahal dulu sekolah istirahat selalu mampir ke perpus fine2 aja baca buku
profile-picture
profile-picture
Chlorophylll dan basssso memberi reputasi
Diubah oleh clcyep
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Terima kasih gan infonya. Ane coba dulu ye gan
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wah..useful n simple.. makasih udh sharing... 👍👍
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kalo ada dibuku
ngapain diingat sih
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ada teknik lain juga om. Ogut dapet dari temen sd ogut pas dulu tes hapalan nama2 menteri. Jadi buku yg mau di hapal di copy dulu, abis tu hasil copy nya di simpen d dalem gelas. Sambil siapin korek api buat nge bakar kertas yg d dalem gelas. Biar mudah d konsumsi campur sama sedikit air hangat. Tinggal d minum sampai habis ya. Abis tu d jamin deh bakal kerasa pahit... emoticon-Hammer2
profile-picture
johanbaikatos memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
itulah makanya iklan durasinya pendek supaya mudah di ingat, sedangkan film ipin upin yg lama durasinya akan mudah terlupakan
makanya.. tayangan ipin upin diputer tiap hari dan anak anak selalu nonton lagi meski filmnya sama
giliran iklan... ??
Liat aja sendiri emak emak..
begitu nemu iklan pas sinetron.., langsung ganti chanel atau malah pipis dulu karena tegang.
Kenapa begitu ?
Karna mereka udah inget isi iklan itu dan merasa ga perlu lagi nonton ulang.
Hal senada berlaku juga pada film bokep, makanya anak sma seneng nyimpen bokep di ponselnya karena bokep durasi long time akan mudah terlupakan sehingga tetap akan greget dan serrr lagi ditonton meski udah berulang kali di puter.

emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
Mxyzptlk52 dan Widi.Atma memberi reputasi
Diubah oleh EVANZSKO
Jejak bre.. Tips belajar buat ujian cpns
Jangan lupa istirahat sejenak, eh keenakan jadi lupa fokus lagi emoticon-Ngakak
profile-picture
bang.toyip memberi reputasi
Diubah oleh Chlorophylll
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wah salah donk ane selwma ini...sue...pantes ga masuk2 otak...hiks
profile-picture
bang.toyip memberi reputasi
Podomoro regency
profile-picture
bang.toyip memberi reputasi
Bagus juga ni podomoro ya.. ngga cuman bikin apartemen sama mol doang emoticon-Cool

Btw kalo jaman ane kecil dulu, seringnya kertas hapalan dibakar, abunya diminum kayak teh.. biasanya sebelom ujian diminum biar hapal emoticon-Ngakak (S)
ASTAGAAAAAAA!!! KAGET BANGUN PAGI-PAGI HA-TE !!!!!

Asli kaget ane pagi-pagi loncat-loncat sendiri kayak orgil emoticon-Hammer2
Thanks berat mimin & momod!! emoticon-Angkat Beer
profile-picture
qoni77 memberi reputasi
Ane pernah belajar supaya bisa dan pingin cepat bisa
Malah jadi nggak bisa menikmati
Enakan belajar karena benar-benar ingin tahu
Baca sambil menikmati yess
Kalau belum puas
Ntar baca lagi
Kalau saya biasanya isi tulisannya di kasih stabilo....dan juga dibuat rangkuman berupa pertanyaan...nanti kita jawab sendiri. Kalau bisa menjawabnya berarti ingat isi bukunya.....
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
bisa dicoba, trik simple
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di