KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sekolah Tatap Muka di Indonesia Didesak Segera Dibuka, Ini Saran Pakar Epidemiologi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6149d5ee502f145c8f25e941/sekolah-tatap-muka-di-indonesia-didesak-segera-dibuka-ini-saran-pakar-epidemiologi

Sekolah Tatap Muka di Indonesia Didesak Segera Dibuka, Ini Saran Pakar Epidemiologi


Sekolah Tatap Muka di Indonesia Didesak Segera Dibuka, Ini Saran Pakar Epidemiologi

Photo By Kompas.com



KOMPAS.com - Desakan kepada Indonesia untuk segera menyelenggarakan kembali sekolah tatap muka oleh WHO dan UNICEF. Menurut pakar epidemiologi, sebaiknya pembukaan pembelajaran tatap muka dapat diawali dengan pilot project. Pakar Epidemiologi Griffith University Dicky Budiman mengatakan bahwa sekolah adalah tempat yang sangat vital bagi anak dalam tahap perkembangannya. 

"Sekolah itu amat vital dan strategis, karena ada anak-anak dengan usia yang mana mereka tidak bisa kehilangan waktu emasnya," kata Dicky saat dihubungi Kompas.com, Selasa (21/9/2021). 

Dicky menerangkan bahwa di masa tumbuh kembangnya, anak di masa-masa atau usia tertentu, membutuhkan rangsangan multi sensorik, rangsangan untuk berinteraksi tatap muka, serta melakukan berbagai kegiatan fisik. Lebih lanjut Dicky mengatakan bahwa dalam setiap pandemi, sekolah adalah fasilitas umum yang paling akhir ditutup. 

"Namun, saat pandemi membaik, bukan mal atau lainnya yang dibuka pertama kali, tetapi sekolah," jelas Dicky.

Oleh sebab itu, dibukanya kembali sekolah tatap muka di Indonesia menjadi langkah penting untuk anak. Hal ini juga sesuai dengan desakan WHO dan UNICEF, mengingat kebijakan penutupan sekolah di Indonesia telah berjalan selama 18 bulan. Dicky mengatakan apabila penerapan sekolah tatap muka di Indonesia, secara infrastruktur sekolah belum siap, dalam hal ini penyediaan sirkulasi udara yang baik, maka pembelajaran dapat dilakukan secara outdoor. 

"Di sini (Australia), di awal-awal pandemi juga begitu. Tetapi sekarang situasinya mulai terkendali, sehingga kegiatan belajar anak sudah mulai dilakukan di kelas-kelas, seluruh guru juga sudah vaksin, anak-anak di atas usia 12 tahun juga sudah mendapat vaksin penuh," jelas Dicky.

Sekolah dibuka mulai dari TK Dicky pun menekankan bahwa tidak ada alasan bahwa anak-anak tidak bisa menjalani sekolah tatap muka. Sebab, ia mengatakan, secara risiko penularan Covid-19 pada anak-anak relatif lebih kecil, dibandingkan orang dewasa. Namun demikian, Dicky menambahkan bahwa bukan berarti tidak ada jaring pengaman, saat sekolah tatap muka kembali dibuka.

"Di luar negeri, sekolah yang pertama kali dibuka yakni play group dan TK (taman kanak-kanak), lalu SD, SMP kemudian SMA. Karena secara risiko, anak usia play ground dan TK, paling kecil," imbuh Dicky. 

Perlu diingat, bahwa apabila ada klaster penularan virus corona, umumnya disebabkan oleh penyebaran Covid-19 di komunitas, yakni masyarakat yang sangat tinggi. Hal itu, kata Dicky, disebabkan oleh rendahnya penerapan 3T, 5M dan vaksinasi Covid-19 di kalangan ini. 

"Bahkan, biasanya disebabkan oleh pengabaian yang dilakukan guru atau orang tua. Makanya, ini harus dikejar, untuk memastikan setiap komponen dalam upaya pembukaan sekolah tatap muka ini tidak abai," terang Dicky.

Pilot project sekolah tatap muka Sudah 18 bulan lamanya, Indonesia menerapkan kebijakan penutupan sekolah. Hal ini pun yang kemudian menjadi pertimbangan WHO dan UNICEF, agar Indonesia dapat segera kembali membuka pembelajaran tatap muka. Kendati demikian, sebelum pembelajaran tatap muka dibuka atau diselenggarakan kembali, Dicky menyarankan perlunya pilot project untuk melihat kesiapan sekolah di setiap daerah, terutama di beberapa daerah yang mungkin sudah dianggap cukup siap. 

"Kalau bicara daerah, Jakarta, Bodetabek, sebagian Jawa Timur, mungkin sudah siap (sekolah dibuka). Tetapi harus ada pilot project dulu," kata Dicky. 

Misalnya, dapat dilakukan selama seminggu sekali, tiga minggu atau sebulan sekali. Kemudian dilakukan evaluasi, untuk selanjutnya disampaikan apa saja kekurangan dan kelebihan dari dibukanya sekolah tatap muka ini. 

"Menurut saya pembukaan sekolah tatap muka ini bisa diterapkan seperti leveling PPKM, jadi tidak bisa langsung dibuka semuanya. Misal dari play group sampai SD. Atau kalau memang semua (jenjang pendidikan) siap, bisa dilakukan tetap dengan uji coba dulu, lalu itu kemudian digetok tularkan ke sekolah lain," jelas Dicky.

Sumber Berita: Kompas.com



profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Sekolah Tatap Muka di Indonesia Didesak Segera Dibuka, Ini Saran Pakar Epidemiologi

sory sir. bad news
we have a situasyen. telah terjadi klaster covid 19 in a school in purbalingga today (21/9)
Diubah oleh cacarakan
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Ini yg ngomong WHO sih, dan mereka juga ngerti psikologi perkembangan anak. Masalahnya memang, pandemi juga.

Tapi memang sih harusnya nggak seabrek2 dibuka, tapi pelan2 dites dengan pilot project. Sambil tetap jaga prokes.
Kalau Kemendikbud niat
Diubah oleh lupineprince
Iyalah..jualan masker dan obat dah mulai ga laku, jadi segeralah bikin "klaster" dan ledakan2 lagi
Skolah onlen bikin goblok kok. Ya kalo d pulo Jawa Internet kenceng lah di luar blank spot dimana2 emoticon-Ngakak ortunya jg banyak yg ga tamat SD yg mo bantu d rumah siape? dikira Indo negara maju SDM otaknya maju. noh yg ortunya ga tamat sd banyak d luar jawa. dipikir bae² yg belain skolah onlan onlen
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Saya sebagai ortu mah
Ngga buru2 anak sekolah tatap muka
Biar bagaimana kesehatan dan keselamatan nomor 1
Apalagi masih dibawah 12 tahun yg blm tercover vaksin


Untung pihak sekolah ga buru2
Biar dl yg lain pada tatap muka (negeri udh pada tatap muka)
Kl 2-3 bulan yg lain aman baru ikutan tatap muka
profile-picture
wanqodir memberi reputasi
Yang penting anak kudu pinter, kalau ada kecelakaan itu karena anak lagi sial, bukan salah siapa2, sekian emoticon-Recommended Seller
jangan dibukalah, kasian anak2 kalo kena virus
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Udah kaya orang tolol lagi situasi krisis serupa kiamat begini maksain sekolah tatap muka

Mending bioskop aja dibuka lebar2 biar alay2 pd mampus sekeluarga bawa pulang kopit

emoticon-Hammer2
Sekolah Tatap Muka di Indonesia Didesak Segera Dibuka, Ini Saran Pakar Epidemiologi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Ponakan ane kelas 5 sd hampir 2 taon belajar daring malah jadi goblok. Tiap hari gurunya cuma ngasih tugas tp gak pernah jelasin terutama matematika. Mamaknya stres gak ngerti juga, akhirnya anak nya maen ML ama temen2 nya
emoticon-Leh Ugaemoticon-Ngakak
Jangann nanti macetnya tambah2 emoticon-Stick Out Tongue

Sekolah Tatap Muka di Indonesia Didesak Segera Dibuka, Ini Saran Pakar Epidemiologi
Kembali belajar kesekolah adalah Keharusan, tinggal pilih mau cepet apa belakangan..

di sekolah anak gw kira kira 2 mingguan lagi bakal tatap muka...

emoticon-Big Grin
silahkan asal prokesnya memadai dr pihak sekolah, anak2nya disiplin juga, asal jangan anak preschool, TK sama SD aja, mereka blm vaksin. Riskan banget.


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di