CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mengenal Hitobashira, Tradisi Tumbal Proyek
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/614869b9254711289950cef6/mengenal-hitobashira-tradisi-tumbal-proyek

Mengenal Hitobashira, Tradisi Tumbal Proyek

Mengenal Hitobashira, Tradisi Tumbal Proyek

Manusia memiliki tiga kebutuhan yang paling dasar yang mana dikenal sebagai kebutuhan primer. Tiga kebutuhan tersebut adalah sandang, pangan dan papan. Melewati berbagai jaman ketiga kebutuhan ini ikut berevolusi bersama manusia, tidak terkecuali kebutuhan papan alias tempat tinggal.

Dulu manusia purba biasa tinggal di tempat perlindungan alami seperti gua atau celah pohon namun sekarang manusia sudah belajar untuk membangun rumah sendiri dengan beton dan besi. Meski demikian ada sebuah kisah unik yang berhubungan dengan pembangunan rumah dan kisah ini berasa dari Jepang.

kisah tersebut berhubungan dengan proses konstruksi yang mana seorang manusia akan 'dimasukkan' ke dalam bangunan yang sedang dibangun dan sengaja dikubur hidup-hidup sebagai bagian dari fondasi bangunan. Hal ini disebut dengan Hitobashira atau pilar manusia.

Mengenal Hitobashira, Tradisi Tumbal Proyek

Hal ini dilakukan karna adanya kepercayaan kuno bahwa bisa lebih stabil dan tahan lama dengan menyegel manusia di dalam tembok sebagai persembahan pada dewa. Kasus paling populer mengenai Hitobashira ini adalah saat pembangunan kastil Matsue di abad ke tujuh belas. Saat itu pilar tengah dari bangunan selalu saja ambruk karna berbagai alasan namun setelah mereka 'menyegel' seorang wanita di dalamnya pilar tersebut berhasil berdiri. Meski demikian arwah sang gadis yang dikorbankan dirumorkan menghantui bangunan tersebut.

Memang, tak ada bukti nyata bahwa tradisi Hitobashira ini sungguh-sungguh dilakukan namun ternyata memasukkan manusia ke dalam konstruksi sudah terjadi jauh sebelum itu yakni pada masa pembangunan tembok raksasa cina. Dikisahkan tubuh dari budak-budak yang tewas dalam pengerjaan tembok tersebut dikubur dalam tembok itu sendiri agar tidak perlu repot-repot mengurus mayatnya.

Di Indonesia sendiri ada istilah 'tumbal proyek' yang cukup mirip dengan Hitobashira. Dikisahkan saat pembangunan jembatan para pekerja akan mencari dua orang anak untuk dikubur hidup-hidup di dalam pilar penyangga agar roh mereka menjadi penjaga jembatan sehingga jembatan tetap awet.

Mengenal Hitobashira, Tradisi Tumbal Proyek

Memang, sejak jaman dahulu sudah banyak cerita mengenai tumbal dan segala macam hal yang sejenis. Entah apakah ini benar atau tidak semua itu kembali pada kita semua yang membacanya. Sekian dari saya dan coba perhatikan baik-baik dinding rumah Anda, apakah ada sesuatu yang lain selain tiang dan beton disana?

sumur
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldiy84 dan 25 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ih.sul
Halaman 1 dari 4
Jadi inget film suster ngesot. Ada mayat yang dikubur di dalam dinding dan akhirnya gentayangan emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
DoDoLanDoDoL dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kalau sekarang tumbal proyek lebih di dramatisir.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Quote:

Cerita tentang tumbal kaya gitu yang umumnya untuk bikin bangunan itu emang ada di berbagai macam negara dan budaya. Jangankan di Jepang dengan Hitobashira dan di Indonesia dengan istilahnya 'tumbal proyek', di wilayahnya Barat sendiri pernah ada cerita-cerita tumbal kaya gini.


Seperti halnya cerita rakyat orang Eropa yang dikenal dengan istilah Immurementdimana banyak orang dikorbankan selama penyelesaian suatu proyek konstruksi, seperti jembatan, benteng dan bangunan sejenisnya. Selain itu dia wilayah Asia bukan hanya Jepang saja yang punya praktek tumbal kaya gitu, di China ada yang namanya Da Sheng Zhuang, lalu di Burma (Myanmar) ada Myosade .


Menariknya dulu pernah ada yang menjelaskan kalau sebetulnya bila disuatu proyek bangunan ada pekerja yang tewas itu bukan karena jadi tumbal, tapi karena standar kesehatan dan keselamatan kerja yang kurang atau malah tidak diperhatikan, tapi disatu sisi yang berpendapat tersebut juga gak menampik kalau praktik tumbal kaya gini umum terjadi di Indonesia.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
fajarekosaputra dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh comrade.frias
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
ane kira cuma ada di Indonesia, di luar negri ternyata ada juga hal yang serupa. ngeri..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
ooo tumbal proyek tuh peninggalan budaya jepun toh emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wisudajuni dan 3 lainnya memberi reputasi
Aturannya kalau mau kokoh pake bahan yg bagus dan juga desain yg bagus ya emoticon-No Hope

_______________________________________________
mampir ke Hot Thread ane ya gan emoticon-Smilie


Spoiler for Mengenal Brainwave Software:


Semoga bermanfaat untuk semuanya emoticon-norose
emoticon-Paw
profile-picture
profile-picture
profile-picture
RyuDan2255 dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh greasemonkey09
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Pantesan jembatan² besar banyak setannya yak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Tumbal proyek... Bgi pekerja proyek yg lugu dn agak2 oon
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Jaman udah canggih
Harusnya sih dah gak ada
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
orang belanda dulu klo mau bangun pabrik gula tumbalnya pasti pengantin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
pernah denger ceritanya, mengerikan juga emoticon-Takut
profile-picture
ih.sul memberi reputasi

Ngeri ya hasutan setan....kemarin ada yg minta tumbal cungkil mata anak

Gua sampai ga tega baca berita nya
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan ih.sul memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan

Kalo di sana untuk dewa, kalo disini untuk jin kupret
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Ternyata di luar negeri jg ada ya kaya gitu
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan jeereen memberi reputasi
Oh pantes dinding isinya Titan semua
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Itu kalo ada orang yang ditanem di dalam tembok selanjutnya gimana? Apakah ketika membusuk struktur temboknya bakal berpengaruh?
profile-picture
ih.sul memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Anjir, masih terngiang teriakan kuli bangunan yang "masuk" ke pondasi ceker ayam di proyekan. Krn cor nya ndak bisa dihentikan,ya bablas lah itu kuli bangunan, di cor....
Habis itu pada di sumpel pake duit segebok dah....
emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
RyuDan2255 dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 17 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 17 balasan
Post ini telah dihapus
Kirain yg cuma anggaran aja yg ditumbalin emoticon-Takut
Sudah lama sih kepercayaan ini berkembang di indo bahkan sejak dari jaman belanda.......
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di