CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
Yuk, Kenali Anak Generasi Alpha & Cara Mendidiknya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/614839829d74cb1dfa6a35ef/yuk-kenali-anak-generasi-alpha-amp-cara-mendidiknya

Yuk, Kenali Anak Generasi Alpha & Cara Mendidiknya

Yuk, Kenali Anak Generasi Alpha & Cara Mendidiknya

Kalian pasti sudah sering mendengar istilah Generasi X, Generasi Y atau milenial, dan Generasi Z. Kini, ada istilah baru lho untuk menyebut generasi selanjutnya yaitu Generasi Alpha. Hal itu disampaikan oleh Strauss dan Howe dalam bukunya berjudul Generations: The History of America’s Future yang mengungkapkan perubahan generasi terjadi dalam masyarakat setiap 20 tahun.

Generasi Alpha, yang juga dikenal sebagai anak-anak milenium, adalah generasi pertama yang semuanya lahir pada abad ke-21. Mark McCrindle, seorang peneliti dan konsultan generasi di Australia, adalah orang yang menciptakan istilah tersebut pada 2005.

Seperti dilansir dari Forbes, tahun 2010 dipilih karena merupakan tahun diluncurkannya beberapa perangkat dan platform seperti iPad dan Instagram. Dengan kata lain, anak-anak Generasi Alpha lahir di tengah perkembangan teknologi yang kian pesat.

McCrindle memperkirakan bahwa sebanyak 2,5 juta Generasi Alpha lahir setiap minggunya di seluruh dunia. Generasi ini akan mencapai total 2 miliar orang di seluruh dunia pada saat orang termuda dilahirkan pada tahun 2025.

Psikolog Anak dan Keluarga, Samanta Ananta, mengatakan anak-anak Generasi Alpha yang lahir mulai dari tahun 2010 ke atas memiliki keistimewaan lebih dari generasi sebelumnya terutama di bagian perkembangan otak mereka.

Baca : 7 Tips Membuat Anak Suka Makan Sayuran

“Generasi ini lebih fokus pada apa yang ingin dicapai,” ujarnya melalui pesan singkat, Sabtu (18/9).

Samanta menilai bahwa anak-anak Generasi Alpha memiliki beberapa kecenderungan yang menjadi ciri khas mereka yaitu memiliki kapasitas kecerdasan tinggi (smart), melek teknologi (tech-savvy), mudah menyelesaikan masalah (self sufficient), lebih suka sendiri (solitaire), serta kurang melakukan aktivitas fisik (high risk at sedentarism).

Dengan kondisi tersebut, orang tua perlu menerapkan model pengasuhan yang sesuai  dengan karakteristik anak-anak Generasi Alpha.

Samanta mengatakan orang tua perlu menggunakan pendekatan pengasuhan yang berbasis kesadaran dan perasaan agar dapat menyeimbangkan anak-anak Generasi Alpha dalam pengembangan kepribadiannya.

Selain itu, sangat diperlukan juga belajar sambil bergerak atau melakukan aktivitas fisik agar mengurangi risiko sedentarism yang kemungkinan terjadi pada anak-anak generasi alpha.

“Maksudnya, olahraga jadi peran penting juga untuk generasi alpha agar dapat menjaga kesehatan fisiknya dengan optimal,” imbuhnya.



profile-picture
profile-picture
profile-picture
cheria021 dan 13 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh jahemerah01
Halaman 1 dari 2
Bener juga tuh, bocah milenial gua liat byk ngabisin waktu sama smartphone ya emoticon-Nohope
profile-picture
serapionIeo memberi reputasi
Anak gw umur 2 thn lbh dikit udh bisa searching di yt sm google bree..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
margaery dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Anak ane usia 6th ga ane kasih hp. Kadang² aja ane bolehin nonton utub ato pas lg ada tugas sekolah. Ga tau smp kpn ane istiqomah emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
worstthingseva dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 12 balasan
Bentar lg 2025 dah ganti generasi lg, beta. Beda lagi.
anak2 tetangga gw nih yg tiap hari hapean mulu di depan rumah. sampe ada yg umur belum genep 2 tahun udh bisa buka youtube dan milih lagu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dinaaapo dan 2 lainnya memberi reputasi
emak2 males ngurus dan main sama anak makanya pada dikasih gadget, padahal banyak yg ga bener itu dunia online
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vegasigitp dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
dua sisi mata uang, di satu sisi bagus karena udah kenal teknologi maju, sisi yang lain mendapat keburukan dari gadget sejak dini, misalnya udah pake kacamata waktu masih bocah
profile-picture
profile-picture
crot113 dan jerrystreamer1 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Bakal jadi generasi yg meninggalkan budaya ndak ya? emoticon-Bingung
profile-picture
jerrystreamer1 memberi reputasi
Diubah oleh arefaxs
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
emoticon-Cape d...
Anak generasi alpha kayak ponakan ane parah dah, 1/3 dalam 1 hari cuma dihabisin buat pegang hp sama nonton youtube. Dikasih mainan fisikal buat main gak mau tetap maunya mainan virtual. Ane kasih uang buat beli jajan malah buat beli top up game.
emoticon-Entahlah
profile-picture
profile-picture
johanbaikatos dan Jinbitot memberi reputasi
Diubah oleh ora.w4r45
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
efek dari kecil udah friendly sama gadget, berimbas bingit masa depan
Orang tua masa kini adalah ketika anak menamgis liatin youtube, liatin hape, supaya anak berhenti menangis, berhenti ngambek, supaya orang tua bebas melakukan apa saja,dll.

Sebenarnya ketika anak menangis ngambek disitu mereka belajar komunikasi, ai anak gak ngerti gimana cara mengkomunkkasikan dengan baik, maka efeknya menangis, ngambek, sebagai orang tua kita bisa menjembatani komunikasi yg tdk lancar tersebut.

Kebiasaan menangis dan ngambek akan ke bawa sendirinya sampai dia dewasa nantinya, klo bukan dari saya dan anda siapa lagi yg bisa mengajari mereka komunikasi.

Mengetahui sejak dini soal gadget tidak masalah, yg diperlukan adalah batasan batasan. Supaya tdk bermasalah di kemudian hari. Seberapa banyak anak smp lebih memilih hidup dengan hp dari pada orang tua nya, ketika gadget tersebut disita di sekolah ngamuk ngamuk tantrum, ada pula karena anak maen hp terus ortu sita hp nya. Tp terlambat, beberapa anak anak lebih memilih ortunya mati dan binasa karena menyita hp atau gadget. Dia lebih senang hidup tanpa ortu dari pada hp.

Salah siapa klo ada anak yg punya persepsi spt? Yg salah ya ya orang tua dong, yg gak pernah kasih bbatasan batasannya. Ngambek dikit hp, marah dikit hp.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
worstthingseva dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:



anak ane padahal lahir 2008, tapi ya sama aja siy.. teknologi minded bangeuts.. dari pada dilarang ntar malah neko2 akhirnya ane pilih win-win solution; mengarahkan anak alternatif yang bisa dia ubek2 lewat gadgetnya.
self sufficient ndasmu emoticon-Ngakak

gen A mereka sangat perlu bimbingan softskill dan bimbingan emosional
profile-picture
profile-picture
vegasigitp dan jlamp memberi reputasi
ane tahan gak ngasih hape ke anak.. akhirnya kalah saat covid melanda dan ane kena berlanjut ke istri dan anak.. gak perlu waktu lama akhirnya anak ane kenal dah Vlad and Nicky.. Pak atan, Didi and friend, cocomelon heuheuheu..

tapi y tetep sekarang mulai di rem..
Alhamdulillah tiap ane pulang kerja sore.. masih mau duduk di pangkuan ane baca Alquran bareng walau doi cuma nunjuk nunjuk doang heuheu..

ane pesen ma istri sih.. gapapa kalo bunda cape.. kasihlah hape tapi bundanya istirahat bener.. kamer kunci.. tidurlah / napping..

ane aja pegang hape lama kalo lagi boker doang heuheu.. pulang kerja taro semuanya cuma ringtone call aja yang ane besarin volumenya.. gak disentuh lagi.. paling kalo anak dah tidur cuma buat ngecek siapa tau ada pesan urgent dll.. or kalo kakek nenek anak ane pengen VCan..

berat.. ya berat gan.. tapi mudah mudahan bisa membantu anak kami kelak...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ngau dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Tampol.aja bre, kgk generasi tahun 90an emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
nyonyo2 dan black.robo memberi reputasi
ane nyimak aja

saking alphanya semakin parah alaynya dibanding anak generasi 90n
sebenernya tergantung dari prilaku orang tua juga....

ada banyak yg orang tua nya sibuk ama hp ngga mau di ajak anak nya maen, jadi ya anak auto meniru prilaku orang tua....

apalagi anak kecil di bawah 5 thn sebagian besar dr mereka kalau pun harus bermain bersosialisasi dengan temen2nya minta nya di tunggu in orang tua nya....

nah banyak dr orang tua yg "udah di rumah aja" di kasi hp... males di ajak anak nya maen di luar rumah...
mendidik anak itu seni yang susah susah gampang. terlebih jaman yang semakin maju terutama di bidang teknologi membuat para orang tua harus mau ikut mengubah pola didiknya terhadap anak.
ingat, anak hidup untuk masa depan, dan orang tua pernah hidup di masa lalu.
profile-picture
RifanX memberi reputasi
Anak ane 8 thn malah lebih suka menggambar di kertas. Pdhl udah ane beliin hp biar ga gaptek
profile-picture
RifanX memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di