CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kelas 1-2-3 Dihapus, Kelas Standar BPJS Iuran Rp 75.000?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6147fc7c19dfa04e3c513731/kelas-1-2-3-dihapus-kelas-standar-bpjs-iuran-rp-75000

Kelas 1-2-3 Dihapus, Kelas Standar BPJS Iuran Rp 75.000?

 Kelas 1-2-3 Dihapus, Kelas Standar BPJS Iuran Rp 75.000?

Jakarta, CNBC Indonesia - Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) menetapkan rancangan 11 konsep kriteria rawat inap JKN bersama Kementerian Kesehatan dan para pemangku kepentingan lainnya.

Kebijakan ini dibuat berdasarkan prinsip asuransi sosial dan prinsip ekuitas yang menjadi salah satu dari prinsip Jaminan Kesehatan Nasional.

Anggota DJSN unsur Tokoh dan/ atau Ahli, Muttaqien dalam paparannya menyebutkan bahwa dalam transisi KRI JKN pada tahap pertama konsep kelas standar hanya akan ada kelas standar A dan kelas standar B.

Hal ini tentu berbeda dengan kondisi sekrang yang menetapkan kelas 1, kelas 2, kelas 3."Apabila transisi ini berhasil maka kita dapat mencapai kondisi ideal, yakni hanya satu kelas tunggal yang bernama Kelas Rawat inap JKN. Ini semua merupakan proses menuju amanah Undang-undang SJSN," jelas Muttaqien.


Kriteria yang disusun bukanlah kriteria baru melainkan diambil dari kebijakan yang ada di Kementerian Kesehatan. Yakni berupa Pedoman Teknis Bangunan Rumah Sakit-Ruang Rawat Inap, Permenkes No. 24 Tahun 2016 tentang persyaratan Teknis Bangunan dan Prasarana Rumah Sakit, berdasarkan draft konsep kelas standar Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes, serta masukan dari PERSI dan ARSADA dalam rapat penyusunan kriteria Kelas Standar JKN.

Konsep kelas standar nantinya hanya akan terdapat dua kelas kepesertaan program, yakni Penerima Bantuan Iuran (PBI) dan non-PBI. Segmen peserta Pekerja Penerima Upah (PPU) dan Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau mandiri akan tergolong sebagai non-PBI.

Berdasarkan kelas PBI dan Non PBI itu, ketentuan luas kamar dan jumlah tempat tidur tiap kamar akan berbeda.

Dimana untuk kelas untuk peserta PBI, minimal luas per tempat tidur (dalam meter persegi/m2), sebesar 7,2 meter persegi dengan jumlah maksimal 6 tempat tidur per ruangan.

Sementara di kelas untuk peserta Non PBI, luas per tempat tidur sebesar 10 meter persegi dengan jumlah maksimal 4 tempat tidur per ruangan.

Oleh karena itu, dalam kajiannya, pemerintah ingin menggandeng atau mengajak kerjasama para asuransi swasta yang berlaku di Indonesia.

"Akan membuat mekanisme urun biaya atau benefit sharing supaya bisa melibatkan swasta. Misalnya, asuransi di sini bisa combine benefitnya dengan asuransi-asuransi swasta," jelas Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR, Kamis (16/9/2021).

Hal tersebut juga dikonfirmasi oleh Ketua DJSN Tubagus Achmad Choesni. "Ada koordinasi penyelenggaraan jaminan, kalau misalnya teman-teman peserta ingin menambah manfaat dengan asuransi kesehatan tambahan," jelas Tubagus.

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...iuran-rp-75000
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gta007 dan 4 lainnya memberi reputasi
Halah mau kelas 1 2 3 4 sampe 100 tetep aja kalo di RS pake bpjs, pelayanan ga bakal secepet nodong pake asuransi swasta / bayar cash emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
14145 dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh wen12691
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Terima kasih cina emoticon-Imlek

Klo mau ikan silakan ambil di natuna gak usah sungkan2 emoticon-Salaman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kalex46 dan 2 lainnya memberi reputasi
mayan wat nambah2 setoran partei
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pemburunonsense dan 2 lainnya memberi reputasi
Lahan bancakan baru dari duit rakyat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gta007 dan 3 lainnya memberi reputasi
idenya bagus, tp sistem kasta memang tidak bisa dihilangkan dari peradaban manusia.. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Terserah dah, sebenernya ini membebani tapi untuk kebersamaan tidak masalah. Asal proses klaim dan penanganan cepat tdak berbelit belit seperti dulu saja gans. Semua demi kenyamanan bersama
75rb perorang kali 4 untuk kluarga 2 anak arti nya 300rb perbulan emoticon-Leh Uga
Serius tanya untuk asuransi swasta yg setara di range berapa sih,,??
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Gw stop iuran beginian
Mengecewakan pas.butuh2nya

Toh kalau sakit larinya ya kedokter mandiri duid sendiri
Diubah oleh panadolxtra
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Pernah coba berobat di rumah sakit negeri kagak pake BPJS
Samaaa ajaa pelayanannya 😅
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
lah klo yg uda bayar kelas 1 dr awal kasian dong klo disama ratakan emoticon-Ngakak
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Moga gw sehat terus
Berubah lagi kebijakannya. BPJS masih lumayan sering berubah kebijakan, khususnya soal kelas dan biaya yang harus dibayarkan. Perubahan terbaru ini hanya dibedakan berdasarkan penerima bantuan dan non-penerima bantuan ? Apakah biaya nantinya juga bakal beda antara dua kategori itu ?


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di