CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Fenomena Tenteng Helm
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/614742e80ec8f2384a49303f/fenomena-tenteng-helm

Fenomena Tenteng Helm

Fenomena Tenteng Helm

Sumber : Dokumentasi pribadi




Quote:




Hai Agan-Sista!



Setelah sekian lama tidak menulis, akhirnya TS tergelitik juga untuk bikin lagi.



Berawal dari iseng-iseng scroll medsos dan ketemu satu postingan dari akun hujat yang isinya semacam keluh kesah karena dicibir selalu menenteng helm kemanapun dia pergi.



"Helm doang dibawa-bawa, lebay amat takut ilang." Dalam hati pasti banyak yang ngebatin begitu. Bagi kebanyakan orang, melihat seseorang jalan-jalan sambil bawa-bawa helm memang terlihat alay atau lebay. Tak jarang malah risih. Tapi, eits! Coba dibaca artikel di bawah ini untuk menambah insight Agan-Sista terhadap para Helmet Lovers.



Spoiler for Bening, Ngab:




Akhir-akhir ini TS perhatikan ada yang menarik dalam hal per-helm-an duniawi. Mulai banyak anak muda yang mulai memperhatikan penampilannya di jalan raya dan menempatkan sebuah helm bukan sebagai peranti berkendara saja.

Di satu sisi ini adalah hal yang baik karena kesadaran keselamatan berkendara meningkat dari yang tadinya banyak yang masih abai dengan pemakaian helm. Hal ini sejalan dengan semakin banyaknya rilisan helm eyecathing yang dikeluarkan produsen, baik dari segi grafis atau model batok helm itu sendiri dengan tanpa mengurangi standar keselamatan yang menjadi esensinya. Namun di sisi lain, karena minat yang semakin tinggi tanpa diiringi penambahan produksi membuat harga beberapa tipe helm menjadi tidak masuk akal satu dan lain sebab. Sebut saja tipe lokal Kyoto untuk seri half face atau TT Course untuk tipe full face. TS tidak akan mengulas lebih jauh tentang harga, biarkan saja berhembus seperti angin. Cieehhh....



Kalau TS telaah lebih jauh, fenomena Sunmori ataupun Night Ride saat akhir pekan menjadi alasan paling krusial kenapa Helmet Lovers berkembang sangat pesat. Kalau dulu sunmori atau night ride hanya sebagai ajang pelampiasan penat dengan menikmati dinginnya angin atau pemandangan saat touring bersama-sama, sekarang mulai bergeser menuju ajang fashion show riding apparel. Kenapa bisa begitu? Jawabannya adalah....



Spoiler for Sunmori, Ngab:



Engagement media sosial.


Berbagai macam orang berlomba-lomba menunjukkan perlengkapan berkendara mereka saat ini. Siapa yang tak mau terlihat paling keren memakai perlengkapan premium saat berkumpul dan dijepret oleh banyak tukang foto akun-akun komunitas yang ikut nongkrong, bergaya seperti pembalap MotoGP dan diposting lalu menjadi beken? (TS akui dengan tampang TS yang pas-pasan, begitu pakai satu helm fullface yang premium, tampang TS jadi makin ganteng..... soalnya ketutup sama helm. Xixixixi....)
Hal ini bisa dimanfaatkaan menjadi sarana self-branding murah meriah, apalagi untuk para selebgram atau vloggers. Tak butuh biaya tambahan untuk menaikkan pamor identitas yang sekaligus meningkatkan engagement akun mereka . Tul?

Sosial media memang menjadi katalis utama di era serba teknologi seperti sekarang ini untuk menguatkan eksistensi komunitas-komunitas seperti ini yang imbasnya menyebabkan makin menjamurnya grup-grup pecinta helm seperti ASLI (Arai Shoei Lovers Indonesia) maupun grup Helmet Lovers regional sebagai wadah paguyuban.



Spoiler for Gathering ASLI:




Banyak yang menjadi daya tarik untuk memiliki helm dengan harga yang relatif naudzubillah ini. Namun di balik kekurangan dari segi harga tersebut, tentu setara dengan apa yang ditawarkan produknya. Dari segi safety helm premium memiliki perbedaan yang amat jauh dengan standar helm yang kebanyakan beredar di jalanan. Bahan pembuatan, sirkulasi udara, tingkat kebisingan, kenyamanan fitting dan fitur-fitur lainnya seperti EQRS (Emergency Quick Release System) saat terjadi (amit-amit) kecelakaan tidak akan didapatkan pada helm kebanyakan. Dan yang paling penting tapi sering diabaikan, prestis.


Dari sinilah fenomena tenteng helm bermula. Terlebih di mall-mall.


"Daripada helm gue hilang, daripada helm gue jatoh bego, daripada helm gue basah kehujanan di parkiran terus jamuran, ya mending gue tenteng. Daripada dengerin omongan orang tapi yang rugi diri sendiri."


Sejatinya bukan hanya masalah harga saja, lebih kepada menjaga agar perlengkapan kita tetap memiliki fungsi maksimal karena apabila helm tersebut pernah jatuh, pasti akan mengurangi durabilitasnya. Tapi tetap, harga adalah alasan yang paling utama. Apalagi kalau helm tersebut dibekali perlengkapan tambahan seperti intercom atau kamera vlogging yang harganya tidak bisa dibilang murah. Malah terkadang lebih mahal daripada helm itu sendiri. Ehehehehe....

Siapa yang gak nyeseg kalau helmnya yang ditinggal di parkiran hilang begitu saja, atau, dengan tanpa mengurangi rasa hormat, tergores saat dititipkan di tempat penitipan helm? 7 tahun lalu TS pernah punya helm tempur kesayangan tipe INK CX22, saat itu TS tinggal di parkiran mall dan saat kembali ke parkiran, helm tersebut sudah raib.
Rasanya nyeseg sekali sodara-sodara!
Perjuangan mengumpulkan uangnya itu lho yang bikin nyeseg. Sejak saat itu, TS memilih untuk jadi penganut tenteng helm kemana-mana walaupun harganya tak seberapa.

Sayang....


Lalu bagaimana dengan helm yang harganya bisa puluhan kali lipat dari helm milik TS tadi seperti merk ARAI atau BELL? Gaji TS sebulan sebagai budak korporat yang tidak cukup buat belinya saja sudah malas bayangin gimana rasanya kalau itu terjadi. Soalnya gaji paling cuma cukup buat beli visornya doang. Ehehehe....


Sejatinya tidak patut kita menilai sesuatu yang tidak kita pahami sepenuhnya. Selama itu tidak merugikan sekitar, biarkan sajalah. Jadi netijen jangan terlalu julid, kalau kata istri TS....



Pada akhirnya, perkara helm adalah pilihan masing-masing. Ada yang merasa cukup dengan helm hadiah dari pembelian motor, dan ada pula orang yang merasa cukup untuk membeli perlengkapan premium untuk berkendara di jalan raya. Esensinya adalah untuk melindungi kita saat terjadi kecelakaan. Wabil khusus, kepala kita.


Ada anekdot yang sering terdengar di kalangan pecinta helm. Kalau kita beli helm mahal-mahal tapi tidak pernah kecelakaan itu jadinya rugi atau untung?



Tetap jaga keselamatan di jalan dan jangan arogan.



Akhir kata TS undur diri.


Sekian dan terimacendol.


Artikel : Mantapmantapman.


Kredit sumber : Dokumentasi pribadi dan instagram user tertera



Fenomena Tenteng Helm

profile-picture
profile-picture
profile-picture
nite.hime dan 35 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6
Helm full face memang maknyus safetynya.. sah sah saja mereka tenteng helm kesayangan. Sama ja kalo kita suka sama barang yg lain.. kaya tas ato hp jg ditenteng kemana saja. Mungkin baiknya ada tas punggung buat tempat helm biar praktis. Ato memang mereka sengaja tenteng helm buat show off kesayangan mereka..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aramina dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Selain eman duit, alasan dipake harian adalah alasan2 gw engga pernah beli helm bermerk.
Temen gw, cuma half face harian aja mesti beli yang paling mahal, 3x (lebih) dg warna & merk yang sama selalu hilang di parkiran.
Adalagi yang sok ikutan beli helm ala supermoto. 2x ilang pas dipake keliling kerja. Aduh... sungguh mubazir.
emoticon-Ngakak
profile-picture
B217AN4646AN memberi reputasi
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 12 balasan
Helm ane udah 7 tahun awet bgt dan untungnya g ada yg ambil emoticon-Big Grin
profile-picture
B217AN4646AN memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
helm2 model pubg
profile-picture
profile-picture
Tonozz dan B217AN4646AN memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Apapun yg ente pakai.. harus percaya diri.. siapa tau.. ente lah yg menjadi tren setter...

Kayak ane... selalu bawa bekal makan siang klo kerja... walau awal2 diledek org2... Lama2 pada banyak yg niru...
profile-picture
B217AN4646AN memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Kalau helm nya mahal lebih baik di tenteng atau dititipkan di penitipan helm daripada ntar hilang di parkiran kan sayang. Dulu pakai helm hanya seadanya dan untuk menghindari kejaran polisi, tapi sekarang pakai helm yang berkualitas nyaman dan aman ketika terjadi kecelakaan atau benturan.
profile-picture
B217AN4646AN memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
helmku:

Fenomena Tenteng Helm
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fachri15 dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 19 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 19 balasan
ya tergantung kebutuhan...

Kalo kerjaan keliling dan kudu bolak-balik ninggal motor di parkiran umum cukup pake helm "hiu" dan sekelasnya.

Kalo lebih buat turing, atau kerjaannya netep di kantor aja nggak kemana-mana jadi nenteng helm itu nggak bikin repot, boleh lah pake helm sekelas "shark" ke atas...

Mana yamg bikin nyaman aja, omongan orang mah gak usah ditanggepin. Apalagi kalo helm kita lebih mahal dari motor dia.... hehehe
profile-picture
B217AN4646AN memberi reputasi
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 13 balasan
Pakai helm demi keamanan pala atas dan pala bawah emoticon-Cool
profile-picture
B217AN4646AN memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
pengalaman punya helm bonus beli motor aja dimaling, apalagi yang harganya jutaan, biar nggak ditenteng kemana-mana jadi repot ane beli motor yang bagasinya gede emoticon-Jempol
profile-picture
B217AN4646AN memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Pakai helm baja aja gan
profile-picture
B217AN4646AN memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ane punya biltwell yg model bogo.. Kalo parkir agk lm ane bawa
Wajarlah beli seken aja 1,7 dicomot orang shock jg ane
emoticon-Traveller
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Helm dibawa², lebay amat takut ilang.
Gw jawab: iyaa takut ilang, ente blm pernah rasain sich helm ilang pas malam². Kl ada toko buka bisa beli lagi, lhaa ini toko udah tutup semua otomatis naik motor ngga pake helm. Ente ngga tau gmn berdebar²nya jantungku kl ketemu Polisi trus ditilang. emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
Yang nyolong helm, udah miskin towlol ga ada otak nyusahin orang emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
falin182 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Saran aja beli juga tas helmnya biar kalo motor diparkirin, helm bisa dibawa bawa dan gak malu maluin
profile-picture
B217AN4646AN memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
entah sudah berapa banyak helm yg dicolong
profile-picture
B217AN4646AN memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Punya 1 Kayete aja udah seneng ane Gan, yang penting berkendara yang sopan dan berdoa sebelum berangkat emoticon-I Love Indonesia (S) Fenomena Tenteng Helm
profile-picture
profile-picture
profile-picture
black.robo dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Ha? emoticon-Bingung
profile-picture
B217AN4646AN memberi reputasi
Pake helm standar aja aman gan, siapa juga yg mau nyuri helm begituan emoticon-Ngakak

_______________________________________________
mampir ke Hot Thread ane ya gan emoticon-Smilie


Spoiler for Mengenal Brainwave Software:


Semoga bermanfaat untuk semuanya emoticon-norose
emoticon-Paw


profile-picture
profile-picture
itcresearch dan B217AN4646AN memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
sesuai harga helmnya...selain urusan tampilan, kemanan kepala juga terjamin itu gan

tinggal nunggu aja momennya lupa dibawa masuk ke dalam rumah/kantor trus helmnya kepanasan/kehujanan trus mikirnya yasudahlah helm ini doang, trus lama2 helmnya turun pangkat karna warnanya pudar/karetnya kendor

emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
black.robo dan B217AN4646AN memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 6


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di