CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Istri Panggil Suami dengan Panggilan Papa Haram Hukumnya? Ini Penjelasan Buya Yahya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/614740902377bc488e2168ce/istri-panggil-suami-dengan-panggilan-papa-haram-hukumnya-ini-penjelasan-buya-yahya

Istri Panggil Suami dengan Panggilan Papa Haram Hukumnya? Ini Penjelasan Buya Yahya

Istri Panggil Suami dengan Panggilan Papa Haram Hukumnya? Ini Penjelasan Buya Yahya

Pikiran Rakyat
Sep 18, 2021 8:00 PM
Dinar Firda Rosa
Istri Panggil Suami dengan Panggilan Papa Haram Hukumnya? Ini Penjelasan Buya Yahya
Ilustrasi pasangan suami istri. Bolehkah menggunakan panggilan Abi dan Umi untuk pasangan? Ini penjelasan Buya Yahya. /Pexels/Monstera

PortalJember.com - Bolehkah seorang istri memanggil suaminya dengan sebutan Papa, Bapak, Ayah, atau Abi?

Bagaimana hukumnya jika istri memanggil suami dengan sebutan Papa, Bapak, Ayah, atau Abi? Apakah haram dan berdosa?

Hal ini tentu sering menjadi pertanyaan bagi pasangan suami istri. Terutama pasangan muda yang baru menikah atau punya anak.

Buya Yahya pernah mendapat pertanyaan serupa dari salah satu jemaah. Jawaban Buya Yahya ini pun diunggah ke YouTune Al-Bahjah TV dalam video berjudul Hukum Panggilan Umi dan Abi.

Dalam video yang diunggah pada 23 November 2021 ini pun Buya Yahya menegaskan hukum panggilan tersebut.

"Tidak ada pelanggaran syariat," tegas Buya Yahya, seperti dikutip PortalJember.com dari YouTube Al-Bahjah TV, Sabtu, 18 September 2021.

Hal ini karena panggilan tersebut digunakan dengan tujuan mengajari anak.

"Tidak termasuk bab menyerupakan karena itu mengajari memanggil anak," imbuh Buya Yahya.

Buya Yahya pun memberikan contoh jika istri memanggil suaminya dengan namanya, tentu anak akan menirukan.

"Coba kalau tiba-tiba, misalnya suaminya namanya Ahmad. Istrinya manggil, 'Ahmad'. Anaknya besok manggil Ahmad," jelas Buya Yahya.

Namun, jika anak sudah terbiasa memanggil ayahnya dengan sebutan yang diinginkan, seperti Bapak, Papa, atau Abi, maka istri harus memiliki panggilan khusus untuk suami.

"Nanti setelah anaknya sudah terbiasa Abi, ya harus punya panggilan spesial dong," katanya.

"Suaminya dipanggil Aa' begitulah. Kalau orang Jawa memanggil suaminya Mas gitulah," imbuhnya.

Buya Yahya kembali menegaskan bahwa istri memanggil suami dengan sebutan Papa atau yang lain tidak melanggar syariat, karena tujuannya mengajari anak.

"Membahasakan anak-anaknya. Tapi tetep, setelah anaknya sudah terbiasa harus punya panggilan spesial lah untuk pasangan," tegas Buya Yahya.

Itulah hukum memanggil suami atau istri dengan panggilan Abi atau Umi menurut Buya Yahya.***

Editor: Dinar Firda Rosa

Sumber: https://portaljember.pikiran-rakyat....san-buya-yahya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Mistaravim dan 4 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Kalo manggil 'oppa' gimana ? emoticon-EEK!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AbdChaniago dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Dalam video yang diunggah pada 23 November 2021 ini pun Buya Yahya menegaskan hukum panggilan tersebut.

now kan baru september 2021
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kranevitter dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh cacarakan
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
tetap haram soalnya papa di bahasa yunani kuno artinya aku cinta yahudi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kranevitter dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Absen di trit nya fans ustadz Roger...
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AbdChaniago dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh junaedi1982new
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Tutup kuping dibela dengan dalih itu hakknya.
Di lain soal,
Orang nyebut papa di kata2in dihina2, ehh yg sok kmren belain orang tutup kuping langsung pergi gtu aja.



profile-picture
profile-picture
profile-picture
kardus2019 dan 7 lainnya memberi reputasi
Jangan sampe somad tau..bisa diharamin tar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
junaedi1982new dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Jangan samfaii haramin manggil PEPOO ...

Entar lobang tuh kefala emoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
junaedi1982new dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ini udah dirundingkan sama kang haram ?

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AbdChaniago dan 4 lainnya memberi reputasi
Haraaammmm itu, dalam bahasa israel papa artinya "aku yahudi"....
profile-picture
junaedi1982new memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Istri Panggil Suami dengan Panggilan Papa Haram Hukumnya? Ini Penjelasan Buya Yahya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sehau76 dan 13 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh androidiot
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Hal spt ini aja di urusin
Berfaedah sekali


emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
junaedi1982new dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
mantan manggil ane 차기야
emoticon-Cool
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
nahh ini br namanya logis dan masuk akal emoticon-Nyepi
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
abi / ummi itu gak sama dengan panggilan ayah, papa, bapak / bunda, mama, ibu..

samanya dengan ayahku, papaku, bapakku / bundaku, namaku, ibuku.. huruf ya diakhir dari ummi dan abi itu untuk kepemilikan. "bapaknya diriku", "ibunya diriku".

kenapa jadi pertanyaan bolehkah pasangan memanggil ummi/abi karena salah satu ungkapan(kesastraan) jatuh talaq diantaranya memanggil dengan sebutan yang haram dinikahi seperti "kamu bagiku sudah seperti ibuku!" dengan maksud "kamu sudah haram bagiku".

di penjelasan ustadznya, tidak melanggar syariat selama maksudnya adalah untuk mencontohkan anak cara panggil ayah/ibunya. bukan dengan maksud menalaq.

wartawannya kalo salah angkat berita dibaca sama orang yang gak ngerti asal muasal dan ilmunya ini bisa cem macem prasangkanya.. inilah harian umum belakangan ini sok2an angkat artikel religi tapi dengan kapasitas pas-pasan..


profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan extreme78 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
dijamin halal
Istri Panggil Suami dengan Panggilan Papa Haram Hukumnya? Ini Penjelasan Buya Yahya
udah ditambahin syariah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
b.omat dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
kek bginian aja ditanyain..hidup ribet amat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kranevitter dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kalo manggil seseorang dgn panggilan "om" , harom ga neh

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AbdChaniago dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Sapa yg protes dan pgn dipanggil abi umi? emoticon-Nohope
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Istri tetangga juga ikut2an manggil A'a
pepo.....
Istri Panggil Suami dengan Panggilan Papa Haram Hukumnya? Ini Penjelasan Buya Yahya
Istri Panggil Suami dengan Panggilan Papa Haram Hukumnya? Ini Penjelasan Buya Yahya
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan extreme78 memberi reputasi
Diubah oleh galbadia
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di