CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Tanaman /
Tanaman Hias Sekaligus Tanaman Obat, Miana Bisa Jadi Pilihan!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61469e7fb8c3e62de85d1c4e/tanaman-hias-sekaligus-tanaman-obat-miana-bisa-jadi-pilihan

Tanaman Hias Sekaligus Tanaman Obat, Miana Bisa Jadi Pilihan!


Tanaman Hias Sekaligus Tanaman Obat, Miana Bisa Jadi Pilihan!


Assalamualaikum sahabat Kaskus ....


Apa kabar dengan akhir pekan Gansis? Di sini kebetulan diguyur hujan sejak malam.

Tanaman hias adalah ragam jenis tanaman yang dibudidayakan untuk kebutuhan estetika. Bisa untuk sudut interior atau eksterior tergantung dari kemampuan tanaman tersebut beradaptasi dengan lingkungan.

Tanaman hias ternyata ada yang bukan sekedar untuk menambah keindahan hunian gansis. Namun tanaman hias berikut adalah bisa dijadikan sebagai tanaman obat keluarga alias toga.

Memang di zaman yang makin rentan dengan serangan virus dan ragam penyakit ini. Kita diwajibkan untuk lebih menjaga kesehatan melalui konsumsi tanaman yang menyehatkan sebelum mengonsumsi obat-obatan kimia.

Nah, di thread ini kita bakal bahas tanaman cantik yang sedang digandrungi pecinta tanaman hias yang memiliki ragam manfaat untuk kesehatan. Apakah tanaman tersebut?


Quote:


Yuk kita ulas ragam khasiat miana!

1. Penurun demam anak

Tanaman Hias Sekaligus Tanaman Obat, Miana Bisa Jadi Pilihan!
Rebusan daun miana: dokpri

Anak-anak sering kali terserang demam sebagai gejala timbulnya suatu penyakit semisal influenza, campak dll. Demam walaupun bukan penyakit namun sangat menggangu aktifitas si kecil ya gansis.

Jika gansis punya tanaman miana alias jawer kotok kalau di daerah saya. Gansis hanya perlu merebus 7 lembar daun dan batangnya. Rebus dengan air 700ml biarkan hingga menyusut sekitar 500 ml. Rebusan ini jika sudah dingin bisa diminumkan pada si kecil sekitar setengahnya.

Bisa juga dibuat lumatan dari daunnya yang ditumbuk dan dioles ke daerah tubuh anak yang demam.

2. Obat bisul anak

Bisul kerap menjangkiti anak-anak dan membuatnya kesakitan. Tanaman miana bisa dipakai alternatif pengobatan bisul.

Langkahny; petik 1 atau 2 lembar daun miana. Bersihkan di air mengalir lalu keringkan. Lalu, panaskan daunnya di atas api mirip memanaskan daun pisang.

Letakan atau buat semacam kompresan daun miana pada area bisul. Jangan biarkan terlalu dingin. Jika dingin ganti dengan yang hangat lagi. 


3. Meredakan gejala batuk

Penyakit batuk memang lumrah terjadi pada anak-anak dan dewasa. Biasanya pada cuaca dingin atau pancaroba.

Batuk yang belum berdahak biasanya lebih menyakitkan. Nah untuk melancarkan dahak ini gansis bisa memakai rebusan daun miana pada anak. Lakukan dengan rutin.


4. Mengobati penyakit sistem pencernaan


Anak kecil memang mudah terkena penyakit yang berhubungan dengan makanan. Apalagi makanan yang kurang sehat. Bisa terjadi diare, sakit perut atau cacingan.

Nah, miana ini ternyata bisa loh dipakai untuk mengobati gangguan pencernaan.
Cuci bersih daun miana beberapa lembar. Lalu, rebus sampai mendidih.

Berikan rebusan pada anak secara rutin. Hingga kondisinya makin membaik.

Nah, itulah khasiat dan tips ramuan dari tanaman miana. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan gansis.

Sampai jumpa di thread berikutnya.

Opini pribadi
Gambar: Grup Facebook Ide Membuat Tanaman
Referensi: Google
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 21 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Post ini telah dihapus
Ternyata Miana banyak khasiatnya
Iya miana banyak jenisnya ya gan dan cantik2 corak warnanya tapi yang bisa digunakan untuk pengobatan itu semua jenis miana atau jenis tertentu gan?
Miana gw subur amat malah di halaman rumah, macem2 tanaman kecuali Agloanema ama Keladi Amajon mehong cuy
Lg hobi bercocok tanam emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Cantik cantik daunnya
yg ijo full miana juga bukan...??? soale kl miara yg merah selalu tewas.. kalo yg ijo subur banget... bentuk daunnya sama...
obat mata,... mata pencarian kalo dijual
baru tahu emoticon-Matabelo
tanaman yang dijual di jabodetabek, padahal di kampung ane tinggal nyomot pinggir jalan emoticon-Ngakak
dilempar doang ke tanah tetep tumbuh emoticon-Ngakak
Miayam
Eh
Miana
Hahahha
Warnanya menarik
nice inpoh gan emoticon-2 Jempol
ini th jangan sampe tahu mak2 bisa jadi bahya, kantong bapak2 di palak ibu2 emoticon-Ngakak
wah patut dicoba nih nanam tanaman miana
perlu merebus 7 lembar daun dan batangnya. Rebus dengan air 700ml biarkan hingga menyusut sekitar 500 ml. Rebusan ini jika sudah dingin bisa diminumkan pada si kecil sekitar setengahnya.

Sepertinya TS harus menceri referensinya. 7 lbar daun dan batangnya, daun yg lebarnya seberapa, daun nya muda atau tua, di rebus dengan suhu yg tinggi atau suhu rendah? Hingga menyusut 500 mL menghitung volume nya bagaimana?

Karena setiap zat khasiat tanaman itu juga tergantung dari umur tanaman, letak geografis, perebusan dengan panas tinggi atau rendah. Jika tidak di perhatikan maka zat khasiat di dalamnya bisa sedikit, hancur, atau over dosis sehingga tidak memiliki efek yg baik buat tubuh malah menghancurkan sel tubuh.

Kalo cuma topikal alias di oles permukaan kulit klo gatal bisa dincuci, klo dalam tubuh? Di cuci pakai apa?

Jadi meskipun informasi dari turun temurun mesti dipastikan ya penggunaan dan cara pakainya

Batuk yang belum berdahak biasanya lebih menyakitkan. Nah untuk melancarkan dahak ini gansis bisa memakai rebusan daun miana pada anak. Lakukan dengan rutin.
Yg di sebut rutin itu sehari berapa kali? Sehari berapa gelas? Apakah sama dengan penurun demam? Ada perbedaan gak rebusan buat anak anak sama dewasa dalam jumlah daun dan batang serta durasi panasnya? Karena anak anak pasti berbeda dosis dengan orang dewasa.

Cuci bersih daun miana beberapa lembar. Lalu, rebus sampai mendidih.

Berikan rebusan pada anak secara rutin. Hingga kondisinya makin membaik


Daun nya beberapa lembar? Berapa lembar pastinya? Lembaran seperti apa? Muda atau tua? Air yg ditambahkan berapa banyak? Rutinnya sehari berapa kali berapa gelas? Diminum hangat atau dingin? Kondisi membaik itu berapa lama? Klo kondisi tidak membaik bagaimana? Jgn tiba tiba sudah minum jamu ini rutin sehari 3x per gelas tidak membaik baru ke dokter, trus sampai ke dokter anaknya tambah parah jgn salahin dokternya ya...

Jadi klo menulis resep seperti ini harus bisa dipertanggung jawabka oleh si penulis atau penyadur atau pengcopy paste klo ada apa apanya ke depan ya. Hehehehej
Diubah oleh gushastoko
save dulu lah
Dulu banyak nemu ini di kebon. Kalau ditaruh di pot kelihatan bagus ya
apakah ini terbukti secara klinis ITB & IPB?
Cakep ni pu'unannya emoticon-Malu (S)
Diubah oleh aldo12
daun miyana.. aku paling apal namanya gegara tugas biologi dulu, disuruh bawa itu pohon.. ndilalah nenekku kagak nanem tuh pohon .. 😆😆
Halaman 1 dari 2


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di