CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Apa Rum Halal? Berikut Penjelasan MUI
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6145e232f278b807ae28d4dd/apa-rum-halal-berikut-penjelasan-mui

Apa Rum Halal? Berikut Penjelasan MUI

Apa Rum Halal? Berikut Penjelasan MUI

Sabtu, 18 September 2021 | 17:06 WIB
Apa Rum Halal? Berikut Penjelasan MUI
PIXABAY/ Tony Prats
Ilustrasi rum atau rhum tradisional.

Penulis: Lea Lyliana
Editor: Lea Lyliana

KOMPAS.com - Rhum atau biasa dikenal rum esens banyak digunakan dalam pembuatan kue dan minuman. 

Di Indonesia rum banyak dipakai pada resep blackforrest, puding, vla, dan aneka kue lainnya. Penambahan rum dalam hidangan dapat membuat aroma dan rasanya lebih kuat. 

Merujuk dari The Spruce Eats, rum merupakan minuman beralkohol yang merupakan hasil  fermentasi dan penyulingan tetes tebu atau molase. 

Rum asli umumnya mengandungan alkohol sekitar 40 persen. 

Jika demikian, apakah berarti makanan dan minuman yang menggunakan rum halal? Berikut penjelasannya. 

Apa rum halal?

Apa Rum Halal? Berikut Penjelasan MUI
SHUTTERSTOCK/ Rangzen
Ilustrasi sample rhum atau rum tradisional.

Berangkat dari Fatwa MUI Nomor 4 tahun 2003 tentang Standarisasi Fatwa Halal, dapat dikatakan bahwa rum adalah bahan non-halal atau haram. 

Pasalnya, rum sendiri adalah minuman alkohol. Oleh karenanya, penggunaan rum dalam minuman atau makan tidak dianjurkan.

Penjelasan diatas merujuk pada uraian LPPOM MUI yang menyatakan bahwa produk makanan dan minuman tidak boleh mengandungan komponen rasa dan aroma yang diharamkan. 

Artinya, rum maupun minuman beralkohol lain seperti wiski dan bir tidak bisa dipakai pada makanan dan minuman. 

Apa Rum Halal? Berikut Penjelasan MUI

Ketua Komisi Fatwa (KF) MUI periode 2015-2020, Prof. Dr. H. Hasanuddin AF, MA menyebut bahwa pihaknya tidak akan memproses sertifikasi halal untuk produk menyerupai dengan produk yang diharamkan. 

Jika demikian, maka dapat dikatakan bahwa rum esens sintetis pun tak mengantongi sertifikasi halal. 

“Ada satu produk yang dari sisi bahan maupun proses produksi yang dipergunakan tidak ada masalah dalam aspek kehalalannya. Namun dalam telaah KF MUI, produk itu menyerupai minuman bir yang telah disepakati diharamkan dalam Islam, baik warna, rasa, aroma, bahkan juga kemasan botolnya. Kami tidak memproses sertifikasi halal yang diajukan perusahaan itu, walaupun kami juga tidak menyatakan produk tersebut haram. Karena memang tidak mempergunakan bahan yang haram,” ungkap Hasan.

Merujuk dari SK Direktur LPH LPPOM MUI dapat diketahui bahwa es krim maupun kue dengan rasa rum raisin pun tidak mengantongi sertifikasi halal dari MUI.

Pasalnya, rasa dan aroma hidangan tersebut menyerupai rum asli.

Sumber:
https://amp.kompas.com/food/read/202...enjelasan-mui-
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Rum gandengannya raisin.

emoticon-Argentina
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan b4breakk memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
rum dibaking ya biasanya alkoholnya sudah menguap, cuma diambil flavor khas rum.
sekalian aja ente-ente manusia sucy hambar juga haramin segala produk fermentasi, karena kemungkinan besar mengandung alkohol.emoticon-Ngakak (S)
tape ketan ubi singkong, holol nggak drun?emoticon-Ngakak (S)
kecap, holol ngga?emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kepala.Jenggot dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 25 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 25 balasan
Haram ? Or Harum ? Choose wisely
Ini pertanyaan seperti jawaban sex anal ayah taqy malik. Ujung-ujungnya ada ulamak yang menghalalkan, ada yang mengharamkan. Ayo dipilih dipilih.
Soalnya abad ke7 belum ada rum. Jadi plopet juga lupa membuat list mana yang boleh dan tak boleh.
profile-picture
akumidtorc memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
WOY KALAU GITU TAPE KETAN TAPE SINGKONG TAPE PEUYEM JUGA HARAM CUK!
emoticon-Wakaka
profile-picture
akumidtorc memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Rum campur coca cola hmmm
Mantap emoticon-Recommended Seller
Nunggu ada ulama yg fatwa halal...baru ngikutin ulama tsb.

Tinggal pilih fatwa yg enak2 aja...
emoticon-Leh Uga
profile-picture
37sanchi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Suka suka ente aja...

Asal dikonsutasi ma kang haram...

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
ambarawan dan u12c memberi reputasi
Btw, kenapa sih harus MUI yg pegang kendali stempel halal, bukan badan aparatur negara yg sah seperti Kemenag?
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
menurut gue... apapun yang masuk ke mulut dan tidak dimuntahin itu halal. tapi kalo yang keluar dari mulut bisa jadi halal bisa jadi haram.
profile-picture
13460 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
ribet ribet emoticon-Ngakak
profile-picture
jakenesse memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Kalo menurut mui emang gak halal sih.
bahkan dari penamaan aja jg bisa gak dihalalin.

Apa Rum Halal? Berikut Penjelasan MUI

Anda merasa aturan agama ini ribet?
Gak masuk akal? Malu?

bisa milih murtad
emoticon-Malu
profile-picture
Kepala.Jenggot memberi reputasi
Masalah internal, tapir gak usah ikutan emoticon-Mad



































emoticon-Mad (S)
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kagak bikin mabok juga cuma perasa yang mirip tanpa efek samping alkohol tapi tetap haram.bukti fatwa dibuat gak pake dasar ilmiah. Yang penting dulu barqng yang asli itu haram pokoknya yang tiruan haram.
Ya udah, tang mau ikutin silagkan, nggak mau juga nggak didenda atau dipenjara kok.

Masalah nanti diakhirat gimana, toh urusan pribadi masing2. Gitu aja kok repot...
profile-picture
u12c memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Bagus deh

Black forest nanti

Kasih ke gw saja

Biar gw yang makan
Diubah oleh SunDaimond
Ude2 minum bir pletok aja sono..d setu babakan
Nunggu kang haram, bang becak somad.
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di