CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Prabowo Jawab Ancaman Kapal Perang China di Natuna: Bawa Pulang Frigate Tercanggih
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/614591bfef6f9936d97ce132/prabowo-jawab-ancaman-kapal-perang-china-di-natuna-bawa-pulang-frigate-tercanggih

Prabowo Jawab Ancaman Kapal Perang China di Natuna: Bawa Pulang Frigate Tercanggih

Prabowo Jawab Ancaman Kapal Perang China di Natuna: Bawa Pulang Frigate Tercanggih


Jakarta -

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjawab ancaman kapal perang China di laut Natuna dengan membawa pulang teknologi kapal perang canggih jenis Frigate tipe Arrowhead 140. Ini merupakan kerja sama pemerintah Indonesia dengan Inggris.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Harian Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad. Dia menyebut kapal ini merupakan yang tercanggih dari kapal perang yang ada.

"Frigate tipe Arrowhead 140 bikinan Inggris yang teknologinya dibawa pulang Prabowo adalah kapal perang ringan tercanggih yang ada sekarang," kata Dasco, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (18/9/2021).

Baca juga:
Kapal Perang Canggih Buatan Inggris Akan Dibangun di Indonesia

Frigate adalah jenis kapal perang ringan dengan kecepatan tinggi dan kemampuan manuver yang dilengkapi teknologi militer canggih terkini. Arrowehad 140 dipersenjatai dengan rudal-rudal anti pesawat juga torpedo anti kapal selam yang membuatnya mampu memberikan pertahanan terhadap ancaman udara dan laut.

Kapal ini juga punya kemampuan untuk menjadi kapal induk mini bagi helikopter angkatan laut baik untuk misi antar jemput personel, maupun misi penyelamatan SAR Search and Rescue

Dasco mengatakan kerja sama ini akan menciptakan ratusan kapal Frigate. Dia yakin, adanya kapal itu akan membuat China takut berkeliaran di Indonesia.

"Kesepakatan antara Prabowo dengan Angkatan Laut Kerajaan Inggris memberikan alih teknologi kepada PT. PAL produsen kapal laut Indonesia untuk bisa memproduksi ratusan bahkan ribuan Frigate canggih ini," ujarnya.

"Yakinlah angkatan laut China akan gemetar melihat Frigate tipe Arrowhead 140 berpatroli di lautan Indonesia, dan akan berpikir dua kali untuk wara-wiri di lautan Natuna lagi," lanjut Dasco.

Kerja Sama Indonesia-Inggris

Pemerintah Indonesia dan Inggris sepakat memperkuat kerja sama pertahanan. Salah satunya dengan menyepakati kerja sama pembangunan kapal perang canggih buatan Inggris di Indonesia.

Seperti disampaikan keterangan pers Kedutaan Besar Inggris untuk Indonesia yang diterima detikcom, Jumat (17/9/2021), kedua negara menyepakati agar Angkatan Laut kedua negara segera mengoperasikan kapal fregat yang sama. Kapal fregat merupakan sebuah tipe kapal perang yang dibangun dengan mengutamakan kecepatan dan kemampuan manuver.

Disebutkan bahwa kapal perang canggih buatan Inggris akan dibangun di Indonesia dengan kerja sama antara Babcock, perusahaan kedirgantaraan, pertahanan dan keamanan yang berbasis di Inggris, dengan PT PAL Indonesia (Persero), Badan Usaha Milik Negara yang membangun dan memelihara kapal untuk penggunaan militer dan komersial yang berbasis di Surabaya.
Baca juga:
Erick Thohir Rombak Direksi PT PAL, Ini Susunannya

"Hari ini Babcock menyetujui kesepakatan lisensi untuk PT PAL Indonesia (Persero) ... untuk memproduksi kapal tersebut di Indonesia dan akan dikerjakan oleh 'tangan-tangan' Indonesia, dengan desain khusus serta spesifikasi yang memenuhi kebutuhan Angkatan Laut Indonesia," demikian seperti disampaikan Kedubes Inggris dalam keterangan persnya.

Penandatanganan perjanjian kerja sama itu dilakukan oleh pihak Babcock dan PT PAL Indonesia di London pada Kamis (16/9) waktu setempat. Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto, bersama Menteri Pertahanan Inggris, RT. Hon Ben Wallace MP, menyaksikan penandatanganan tersebut.


sumur bor
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d3m0litionlov3r dan 5 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Aussie dapat teknologi kapal selam nuklir, Indo dapat teknologi arrowhead 140.....not bad. Sekutu lagi obral ToT
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
China gemetar pegimane? China dah kelas destroyer , enih baru frigate yg gue yakin bakal kosongan tanpa rudal sampe 5 taun ke depan emoticon-Wakaka
lagian ngga kapok ape beli alutsista dr Inggris yg penuh syarat2 yg merugikan? emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 12 balasan
mantap ,walau sebenernya gak ngaruh banyak
malah sayang sekali diplomasi kita lemah makanya gak ikut aussie,inggris sama us kan lumayan dapet kapal selam nuklir yang akhirnya bisa membantai para komunis itu lebih banyak lagi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Bo'oh'o'wo'oh Prabowo Jawab Ancaman Kapal Perang China di Natuna: Bawa Pulang Frigate Tercanggih

all hail the queen ! emoticon-Inggris
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
dh lah..pasrah aja klo ngadepin cina....utang dh banyak....semua SDA yg di indo digarap semua ma dia juga..sekarang......manut lah...biarin ngobok2 laut natuna.....itu kan buat kepentingan bersama....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ronny398 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Maaf tapi saya sangsi dengan angka-angka yang disebutkan.
Untuk memproduksi ratusan (belum sampai ribuan) kapal frigate, dibutuhkan sumber daya yang tidak sedikit, waktu yang tidak sebentar, cadangan energi penggerak yang tidak secuil, dan crew kapal yang juga harus direkrut, dilatih, dll tentunya biaya yang tidak sedikit. Tidak semudah diucapkan dalam sebaris kalimat.

Selain itu, saat Indonesia sudah punya ratusan (belum sampai ribuan) frigate, maka saat itu negara tetangga dan negara maju akan memandang Indonesia sebagai ancaman atas keamanan mereka. Hal ini bisa memicu ekskalasi negara-negara tsb untuk membuat frigate lebih banyak daripada Indonesia.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Lwn dlu noh cost guard china emoticon-Big Grin
Ratusan kapal tuh jd kapan? emoticon-Big Grin

Diubah oleh ruuuruuu
Quote:


Cina bakal gemetar dari mana??.. Bikin cuma 2.. Perlu waktu 69 bulan.. Itu pun dg kondisi senjata Fit For But Not With (FFBNW).. emoticon-Malu (S)

Jangan ngadi2 lah.. Mending kasih cina vibrator biar gemetar beneran.. emoticon-Ngacir



emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
masfuad2015 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Fregat nyegat destro? Itu juga masih baru mau bikin
Lw kira china diem aja gt kagak upgrade apa2 kok sampe ketakutan?

Dahlah kagak usah dibesar2kan ntar ganggu investasi ,damai aja toh kata wowok china itu sahabat kita kok emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
mabok.agama.set dan tukangbeling7 memberi reputasi
Post ini telah dihapus
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
natuna ga butuh frigat mang mo perang
natuna butuh kapal patroli pantai coast guard

buat yg bingung
dlm keadaan damai yg Boleh melakukan penindakan ke kapal yg msk secara illegal adl coat guard
profile-picture
tukangbeling7 memberi reputasi
Negara sekutu mencoba menguasai LCS nih
Para kaum nyinyir diatas udah nyumbang suara negatif..
Ane coba sumbang suara positif..
Bagus pemerintah bukan beli barang, tp cara buat bikin barang itu..
Moga2 kedepan nya engga tergantung ama siapapun buat produksi barang sendiri (frigate klo disini mah)
Semoga indonesia bs konsisten bikin sendiri barang yg bs bersaing sm luar negeri..
- Mobil, motor, hape, laptop, alutsista -
Bagus klo Indonesia suatu saat bisa mandiri, engga tergantung sm negara lain.. (semoga cepetan bisa mandiri)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ronny398 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh tiada.tara
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Anglosaxon kelihatan memanfaatkan Indo jadi umpan medan perang dunia 3 lwn China

Kenapa gak bangun di India saja yg lebih dekat dgn aliansi QUAD? Dan tenaga kerja disana lebih murah

Kenapa baru sekarang ramah ngasih teknologi kapal perang ke Indo? Dulu2 main embargo aje

Kenapa gak sekalian Indo diijinkan & dikasih kekuatan pemegang senjata nuklir aja? Atau minimal rudal balistik




Diubah oleh therminust
Mulai ikut memperkuat diri Indonesia rupanya di tengah konstelasi militer di kawasan yang makin panas. Arrowhead 140 akhirnya diboyong juga, sekitar 2 biji. Padahal sebelumnya udah beli juga Frigate FREMM terbaru versi Italia sebanyak 6 biji ditambah 2 fregat bekas Italia Maestrale Class. Totalnya ada 10 buah Fregat yang akan datang. Lumayan lah untuk memperkuat armada TNI AL.

Sedangkan untuk AU, disebut kalo Indonesia akan membeli pesawat tempur 36 Rafale dan 8 F 15 EX, F 15 versi paling canggih. Serta membeli 5 buah Hercules type J atau Super Herky.
profile-picture
tiada.tara memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ga jadi
Diubah oleh tiada.tara
Serius nanya, area laut Natuna semua kepunyaan Indonesia? Batas wilayah nya berapa kilo meter?

Terus ratusan frigate itu jadinya tahun berapa?
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kobol2 sing siji gandeng jembut karo cina, yg lainnya bingung golek bantuan inggris
Ketar ketiremoticon-Takut
Kapal ginian mah dibom pswt chinese jg tengelem emoticon-Malu
profile-picture
KarateKid5 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di