CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sri Mulyani Gratiskan Pajak Mobil Baru Sampai Desember
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61453c312f447948136b121e/sri-mulyani-gratiskan-pajak-mobil-baru-sampai-desember

Sri Mulyani Gratiskan Pajak Mobil Baru Sampai Desember

 Sri Mulyani Gratiskan Pajak Mobil Baru Sampai Desember

Pemerintah resmi memperpanjang diskon pajak penjualan barang mewah ditanggung pemerintah (PPnBM DTP) sebesar 100 persen alias pajak mobil nol persen dari semula berakhir pada Agustus 2021 menjadi Desember 2021.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Febrio Nathan Kacaribu mengatakan nantinya masyarakat yang sudah terlanjur membayar PPnBM dari pembelian mobil pada September ini akan dikembalikan dananya. Ketentuan ini tertuang di Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 120/PMK010/2021 yang baru saja diterbitkan.

"Kelebihan PPnBM dan/atau PPN atas pembelian kendaraan bermotor pada September 2021 akan dikembalikan atau refund oleh pengusaha kena pajak yang melakukan pemungutan," ucap Febrio dalam keterangan resmi, Jumat (17/9).

Febrio menerangkan perpanjangan diskon pajak ini berlaku untuk segmen kendaraan bermotor penumpang dengan kapasitas mesin sampai dengan 1.500 cc. Sementara kendaraan bermotor penumpang 4x2 dengan kapasitas mesin di atas 1.500 cc sampai dengan 2.500 cc akan dikenakan diskon pajak sebesar 50 persen saja.

Sedangkan kendaraan bermotor penumpang 4x4 dengan kapasitas mesin di atas 1.500 cc sampai dengan 2.500 cc diberikan diskon pajak sebesar 25 persen. Ia mengatakan pemerintah sengaja memperpanjang diskon pajak mobil karena terbukti ampuh memberi dampak pemulihan bagi ekonomi Indonesia.

Hal ini tercermin dari data penjualan mobil ritel yang tumbuh 38,5 persen pada Januari-Juli 2021 dibanding Januari-Juli 2020. Sementara produksi mobil naik 49,4 persen secara tahunan pada periode yang sama.


Produksi ini tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan domestik, tapi juga internasional. Hal ini terbukti dari realisasi ekspor kendaraan Complete Knockdown (CKD) yang meroket 169,7 persen pada periode yang sama.

Dampak lainnya, pertumbuhan sektor industri dan perdagangan alat angkutan mencapai dua angka, masing-masing sebesar 45,7 persen dan 37,9 persen secara tahunan pada kuartal II 2021. Selanjutnya, insentif pajak ini juga meningkatkan penyerapan tenaga kerja di sektor ini, sehingga multiplier effectnya semakin besar.

"Perpanjangan insentif dilakukan untuk menstimulasi konsumsi masyarakat kelas menengah seiring dengan perkembangan positif penanganan pandemi covid-19 sehingga diharapkan terus dimanfaatkan," pungkasnya.

link


"Kelebihan PPnBM dan/atau PPN atas pembelian kendaraan bermotor pada September 2021 akan dikembalikan atau refund oleh pengusaha kena pajak yang melakukan pemungutan," ucap Febrio dalam keterangan resmi, Jumat (17/9).
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Sembako sama sekolah mau dipajakin, mobil di relaksasi. Ntabb
Mobil bebas pajak, sembako mau dipajakin, gimana si mul
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
menteri kok tulul gini seh😑👎
Salah sasaran. No scope.
belom kapok negara kena gugat polusi udara?
wuih disubsidi
sedangkan subsidi lpg 3kg mau dikurangi
taik banget kan? yg kecil2 ibaratnya sampe berak aja mau dipajekin, ehh giliran urusannya sama jepun, bebasin pajek
Satu di subsidi, trs mau dicabut,
Satu bebas pajak, skrng dipajakin,
Satu lagi dipajakin, skrng mlh kagak dipajakin
emoticon-Hammer2
Ah... the irony emoticon-Hammer (S)
Judulnya menggiring bgt, orang2 tolol kek semua yg diatas gw pasti taunya pajak mobil digratiskan emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
dolfinkrost memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Terserah ibu aja deh yg penting masyarakat kalau bisa dimudahkan n dibantu
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
Tai emoticon-Ngakak
sekolah dan sembako dipajakin, orang kaya direlaksasi

kualitas dosen ui + alumni beng beng ternyata seperti ini.

rasa nasionalisme dan kerakyatannya rendah.

pantes ptnbh indonesia jeblok mulu kalah lawan malaysia.

emoticon-Ngakak
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Waktunya berburu mobil...














bekas...
emoticon-Cools
Knp ga dipotong aja gaji para pejabat ya?
profile-picture
kolakpete memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
mantap nih jaman joykowooii.
dan joykowooii pun gak ada ocehan komentarnya mengenai sekolah mau dipajakin dan pajak mobil digratiskan sementara.
bisa hancur citranya joykowooii.
wkwkwk....
Di tol kurang rame mobilnya, makanya suruh pada beli mobil.. tetep ane kalo mo beli mobil mah 2nd aja, ngapain baru , itung itung bantuin orang butuh duit jual mobil, drpd duit masuk ke jepun
Memang nggak adil ini. Jadi kelihatan kalo kebijakan pajaknya cuman pro ke pihat pihak tertentu, cuman pro ke segelintir orang aja. Jadi nggak salah kalo ada yang beropini, inilah kebijakan yang sangat dipengaruhi oleh vested interest.

Apakah presiden Jokowi nggak mengevaluasi kebijakan yang beginian?

Dari sisi lain juga orang bisa beropini, ternyata dari sektor otomotif, pemerintah tak mendapatkan keuntungan, tak dibebasin pajaknya cuman kecil aja, tak ada arti, maka sekalian dibebasin aja.

Mobil mobil pribadi begini, cuman jadi beban negara aja, terutama dari sisi BBM, dan bikin macet dan tidak ningkatkan produktifitas dan tidak nambah kecerdasan sama sekali, yang ada cuman foya foya, hura hura, dan pamer.

Seharusnya yang dibebasin pajak itu produk produk kayak komputer, alat alat produksi, semisal truk, mesin mesin, dlsj.
Enak banget org yg kebeli mbl baru
Nasib
Kenapa Mobil mulu sih bu????? motor kapan nih >>>>>>>>>emoticon-Om Telolet Om!
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di