CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Militer dan Kepolisian /
Korea Utara Melakukan Uji Coba Peluncuran Rudal Balistik dari Kereta Api
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6143faa3c190af606d69a42a/korea-utara-melakukan-uji-coba-peluncuran-rudal-balistik-dari-kereta-api

Korea Utara Melakukan Uji Coba Peluncuran Rudal Balistik dari Kereta Api

Korea Utara kembali datang dengan berita mengejutkan, setelah pada hari Rabu (15/09/2021) negara tertutup tersebut melakukan uji coba penembakan rudal balistik dari kereta api. Sebelumnya pada 9 September 2021 mereka melakukan parade militeruntuk memperingati 73 tahun berdirinya negara tersebut, banyak media menyoroti tidak terlihatnya alutsista berupa rudal balistik dalam parade tersebut. Namun, berselang 6 hari setelah parade, Korut kembali menunjukkan salah satu senjata andalannya tersebut.

Mengutip laporan TheDrive.com peluncuran rudal balistik tersebut dilakukan oleh Resimen Rudal Kereta Api Militer Korea Utara, peluncuran ini merupakan yang pertama kali dilakukan oleh unit tersebut untuk mendemonstrasikan apa yang digambarkan sebagai "sistem rudal bergerak kereta api," menurut rilis resmi dari media pemerintah negara itu. Pernyataan itu juga mengatakan bahwa rudal itu terbang sekitar 800 kilometer, atau hampir 500 mil dari titik peluncurannya sebelum jatuh ke laut di lepas pantai timur Korut.

Sebuah peluncur rudal berbasis kereta api akan menawarkan cara yang relatif murah untuk Korea Utara dalam rangka melakukan serangab balasan kepada Korea Selatan jika terjadi konflik. Menurut informasi media pemerintah, uji coba dilakukan untuk meningkatkan kemampuan menghadapi ancamannkekuatan-kekuatan yang mengancam di banyak tempat pada waktu yang sama selama operasi militer yang diperlukan. Pengerahan rudal balistik ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Resimen Rudal Kereta Api mengatasi segala macam ancaman sebagai bagian dari pembentukan strategi pertahanan baru.



Quote:



Dari beberapa foto-foto yang beredar, senjata yang diluncurkan dalam tes khusus ini tampaknya merupakan contoh rudal yang disebut militer AS sebagai KN-23. Varian rudal yang sangat mirip dengan rudal  Iskander milik Rusia, termasuk rudal balistik jarak pendek. Korea Utara sebelumnya juga telah menguji apa yang tampaknya merupakan turunan KN-23 yang ditingkatkan pada Maret 2021.

Sebelumnya Korea Selatan dan Jepang telah menilai bahwa KN-23, serta rudal lain yang lebih besar hanya pernah terbang antara jarak 261 mil dan 280 mil dalam tes pada bulan Maret. Sementara Korea Utara sendiri mengklaim bahwa contoh turunan KN-23 yang diperbesar ini menempuh jarak sekitar 373 mil selama uji peluncuran pada bulan Maret. Jangkauan yang diklaim dari rudal rel mobile ini secara substansial lebih besar, yang dapat menunjukkan bahwa rudal-rudal lain ini memiliki jangkauan yang lebih panjang daripada yang telah ditunjukkan sebelumnya.

Korea Utara memang memiliki jalur kereta api yang luas dan pengalaman dalam membangun kereta khusus. Hal ini termasuk kereta lapis baja khusus yang digunakan oleh pemimpin negara Kim Jong Un dan anggotanya. Maka tak heran jika negara ini bermabisi untuk bisa meluncurkan rudal balistik melalui kereta api. Adopsi sistem rudal rel mobile Korea Utara hampir tidak mengejutkan dan masuk akal bagi negara tersebut, terutama mengingat infrastruktur dan keahlian teknis yang ada. 

Peluncuran rudal balistik melalui kereta api ini hanya berselang beberapa hari setelah negara ini melakukan uji coba rudal jelajah yang diluncurkan dari darat pada 12 September 2021. Di lain sisi Korea Selatan baru-baru ini juga sudah merilis video dan rincian tentang uji coba empat rudal barunya sendiri pada 15 September 2021, termasuk rudal balistik berdaya tinggi dan rudal jelajah supersonik. Dan kini perlombaan rudal masih akan terus berlanjut di semenanjung Korea antara kubu Utara dan Selatan.


Quote:


Korea Utara bukanlah negara pertama yang menggunakan rudal balistik berbasis kereta api. Uni Soviet dulu pernah menggunakan rudal balistik antarbenua (ICBM) berbasis kereta api, yang dikenal sebagai RT-23 Molodets. Kremlin sebelumnya juga berencana untuk memperkenalkan kembali kemampuan ini, dengan sistem baru yang disebut Barguzin, namun proyek itu dibatalkan untuk fokus pada rudal hipersonik Avangard. Selama Perang Dingin, Amerika Serikat juga dikabarkan mengeksplorasi ICBM berbasis kereta api pada beberapa kesempatan. Hal tersebut dilakukan untuk membantu mengurangi kerentanan terhadap pasukan rudal strategisnya.

Sementara itu terkait rudal balistik berbasis kereta api milik Korea Utara ada kemungkinan bahwa sistem rudal ini dapat beradaptasi dengan senjata lain, salah satunya rudal berhulu ledak nuklir. Rudal yang ditembakkan dari kereta api ini diyakini akan memiliki kemampuan membawa hulu ledak nuklir kedepannya.



--------



Demikian sedikit informasi yang bisa TS sampaikan pada kesempatan kali ini, tetap semangat dan jaga kesehatan sampai jumpa emoticon-Angkat Beer





Referensi Tulisan: TheDrive.com
Ilustrasi Foto: North Korean State Media
profile-picture
profile-picture
profile-picture
TUPAIKABEL dan 30 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
Halaman 1 dari 3
Korea Utara Melakukan Uji Coba Peluncuran Rudal Balistik dari Kereta Api


Naik kereta api "boom" "boom" "boom" siapa hendak turut ? emoticon-Kaskus Radio




--------
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gargantuar89 dan 15 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Rudal balistik dr KA nya korut....... Ide yg menarik..... strategi yg sdh menua tp msh mmberikan daya deterjen yg mgkn akan bs mncucikan pihak selatan.... Tp, kasel2 nya korsel kini sudah bs luncurkan rudal balistik pula.....

Ujung2 nya perlombaan senjata di semenanjung korea akan kembali mnghangat..... Walopun pd parade militer malam ama korut yg kmarin itu, bro kju tak bikin parade rudal2 balistik dan rudal2 nuklir nya.....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh yoseful
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Pantas aja gk muncul kemarin waktu parade militer
Ternyata buat pertunjukan terakhir.emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 8 lainnya memberi reputasi
ntar kayak Container Missile System, isinya rudal 3M-54 Club-K atau Kh-35, dibawa di dalam peti kemas... siap diluncurkan dari mana aja..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mkn ini buat menu penutup dr rangkaian parade militer kmrn. Shock treatment buat negara sebelahemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 8 lainnya memberi reputasi
Seperti agan @yoseful bilang ini termasuk strategi usang, jarang digunakan dan terlalu riskan karena Missil lewat kereta jalurnya fixed jadi gampang dideteksi...

Tapi ya... ibarat pertunjukan debus... Dramatis tapi kuno.

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
direktur.muda dan 17 lainnya memberi reputasi
Tolong donk hasil explodeny
Jg launchny aja emoticon-Matabelo

Topol jg
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 5 lainnya memberi reputasi
Yasalam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zeze6986 dan 2 lainnya memberi reputasi
demen amat main jangwe, ntar sekalian dia bikin keq gini :
Korea Utara Melakukan Uji Coba Peluncuran Rudal Balistik dari Kereta Api
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dragunov762mm dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Lama2 rudalnya diluncurkan
Dari hond@ be@t
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adamyvon dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Daripada bom kereta api mending boom challenge tik tok deh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
johanbaikatos dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
ky film ny steven siegel,
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 3 lainnya memberi reputasi
Itu dijatuhin ke laut efek kerusakannya spt apa ya? emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 3 lainnya memberi reputasi
wuidih kerena tuh. boleh juga Indonesia bikin begitu dipasang di rangkaian KRL cakep.

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
strategi koentji dari kim jong un
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kalau indonesia gak punya musuh, cukup...

Korea Utara Melakukan Uji Coba Peluncuran Rudal Balistik dari Kereta Api
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Penasaran klo uji coba rudal gitu sasaranya apa yak ? emoticon-Bingung




Batain ae bray emoticon-Bata (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ezaezo dan 2 lainnya memberi reputasi
Gimana kalo di pasang di kereta Argo Dwipangga ya. Kek mana jadinya itu

Quote:


emoticon-Ngacir2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Uji coba mulu. Serangnya kapan?
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dragunov762mm dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


betul gan, kini persaingan duo Korea ini mengarah ke rudal balistik, semoga rudalnya gak ditembakkan.



Quote:


bertepatan dengan uji coba rudal Korsel juga gan emoticon-Big Grin



Quote:


China kabarnya memakai sistem yang agan maksud, di mana kontainernya diangkut oleh kapal sipil untuk penyamaran. isunya begitu, entah benar atau tidak, cmiiw emoticon-Ngacir



Quote:


seperti dugaan ane, meski gak muncul di parade tapi dipamerkan setelah parade emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 6 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di