CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Menteri Tjahjo: Kompetensi dan Kinerja Jadi Syarat untuk Duduki Jabatan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6143e87fb2049e1a1b60025d/menteri-tjahjo-kompetensi-dan-kinerja-jadi-syarat-untuk-duduki-jabatan

Menteri Tjahjo: Kompetensi dan Kinerja Jadi Syarat untuk Duduki Jabatan

Menteri Tjahjo: Kompetensi dan Kinerja Jadi Syarat untuk Duduki Jabatan di Pemerintahan

Menteri Tjahjo: Kompetensi dan Kinerja Jadi Syarat untuk Duduki Jabatan

JAKARTA, KOMPAS.com - Kompetensi dan kinerja menjadi dua syarat mutlak untuk dapat menduduki suatu jabatan di pemerintahan.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo mengingatkan, tidak boleh ada syarat menyimpang yang dilibatkan ketika seseorang akan menduduki jabatan tertentu.

Pernyataan itu ia kemukakan dalam webinar Bidang Koordinasi dan Supervisi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) secara virtual, Kamis (16/9/2021).

Baca juga: Menpan-RB Terbitkan SE Peningkatan Integritas ASN

"Para aparatur sipil negara (ASN) dan pimpinan harus berkeyakinan bahwa tidak ada persyaratan lain yang dibutuhkan oleh seorang ASN untuk menduduki suatu jabatan di pemerintahan, selain karena kompetensi dan kinerjanya," ujar Tjahjo, dikutip pada Jumat (17/9/2021)

Tjahjo juga mengungkapkan keprihatinannya karena masih saja ditemui praktik korupsi di tengah komitmen dan upaya bersama untuk memerangi korupsi.

Termasuk upaya dalam memperbaiki efektivitas pemerintahan untuk mewujudkan birokrasi berkelas dunia dan visi Indonesia Emas 2045.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya ingin mengingatkan kembali pada masa awal pembentukan Kabinet Indonesia Maju, Presiden Joko Widodo memberikan tujuh instruksi yang harus dipegang teguh oleh para anggota kabinet dan jajarannya. Ditegaskan pada instruksi pertama yaitu jangan korupsi, ciptakan sistem yang menutup celah terjadinya korupsi," kata dia.

Baca juga: PPKM Diperpanjang, Ini Aturan Terbaru Soal Sistem Kerja ASN di Kantor, Saat Rapat, dan Dinas

Sebagai tindak lanjut instruksi Presiden tersebut, Kementerian PAN-RB telah melakukan berbagai upaya perbaikan sistem dan berkolaborasi dengan KPK.

Salah satu bentuk kolaborasinya adalah saling berbagi peran pada penguatan sistem dan pengawasan dalam implementasi manajemen ASN.

Dalam kesempatan itu, Ketua KPK Firli Bahuri menuturkan, manajemen ASN yang baik menjadi salah satu cara untuk pencegahan jual beli jabatan.

Menurut dia, apabila manajemen ASN diletakkan pada posisi yang tepat dan dipedomani, dijadikan sebagai tata cara disiplin pengelolaan ASN, jual beli jabatan tidak terjadi.

Baca juga: Sesalkan ASN Terlibat Praktik Jual Beli Jabatan, Menteri Tjahjo: Sistem Pengisian Jabatan Perlu Dibenahi

"Pada prinsipnya kita diwajibkan untuk menjalankan asas pemerintahan yang baik. Apabila seleksi jabatan, pembinaan SDM dilakukan secara akuntabel, transparan, kompetitif, dan kejujuran, maka pastilah saat menempatkan seseorang akan dicari setepat mungkin," ujar Firli.

sumir

oooooooo.....
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 37sanchi memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
cuman sekedar lips service,

kenyataan nya skrng yg duduk di dpr aja rata2 tidak berkompeten,
yang duduk jadi komisaris dan dirut2 di bumn rata2 tidak kompeten,
PNS2 rata2 tidak kompeten.


kalau kompetensi dan kinerja beneran jadi syarat, sudah maju ni negara bos
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lqmnnhkm dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Contohlah komisaris kalo ada yg protes tinggal bilang iri bilang bos
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lqmnnhkm dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
baggggnncyaat
kog gw salah baca Menteri Penyalahgunaan Aparatur Negara emoticon-Ngakak (S)

manis banget ngomong nya, padahal dari jaman jebot tidak demikian
org dalam dan modal gede lah yg utama emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
miyamotomizuki dan 3 lainnya memberi reputasi
Nah ini yg seharusnya dibilang cerminnya ilang emoticon-Leh Uga
Ujungnya denial " iri bilang bos" emoticon-Leh Uga

Nih thread keajaiban kalo bisa tembus page 5 emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
Aparatkaskus dan JustMe10 memberi reputasi
Diubah oleh ruuuruuu
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Jadi hanya PNS/ASN dan pegawai BUMN yang wajib kompeten dan perform.

Atasan mereka (menteri dan komisaris) wajib kompeten dan perform juga gak?

PNS/ASN/pegawai BUMN juga dilarang berpolitik. Tapi kalau atasannya begal / kudeta partai politik orang macam tempo hari, apakah juga dilarang?

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aparatkaskus dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh wiry
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
dari zaman dulu juga emang gitu pak. Udah tahun 2021 tp ngomongnya masih klise. Real di lapangan, jabatan itu ditentukan bukan dr kinerja tp dari garis tangan didukung oleh campur tangan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lqmnnhkm dan 2 lainnya memberi reputasi
betul pak, contohnya firli melanggar kode etik adalah salah 1 kinerja cemerlang. emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
JustMe10 dan lqmnnhkm memberi reputasi
Hah Kompetensi termasuk lo anak siapa emoticon-Ngakak emoticon-Wakaka emoticon-Leh Uga

profile-picture
profile-picture
JustMe10 dan Aparatkaskus memberi reputasi
dari dulu juga begitu kalau di pabrik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
JustMe10 dan 3 lainnya memberi reputasi
Menteri Tjahjo: Kompetensi dan Kinerja Jadi Syarat untuk Duduki Jabatan

Menteri Tjahjo: Kompetensi dan Kinerja Jadi Syarat untuk Duduki Jabatan
profile-picture
profile-picture
JustMe10 dan Aparatkaskus memberi reputasi
Ngimpiiiiiiiii
profile-picture
JustMe10 memberi reputasi
Bukannya masih ada syarat tertentu seperti afiliasi politik dan tentunya menjilat pimpinan.
profile-picture
JustMe10 memberi reputasi
Bacrit. Kalo ada koneksi yang bodoh bodoh pun bs megang jabatan
profile-picture
JustMe10 memberi reputasi
ah mosokkkkkkkk emoticon-Ngakak
sejak kapan, pak?
profile-picture
JustMe10 memberi reputasi
Jangan pernah lupakan koneksi gans, kalau gak punya koneksi bisa dipastikan jabatan tidak akan pernah bisa didapatkan. Semua sudah ada hirarkinya gans, termasuk jabatan
profile-picture
JustMe10 memberi reputasi
Tambahan lagi pak, wajib bersumpah untuk tidak korupsi jika korupsi dihukum mati
profile-picture
JustMe10 memberi reputasi
Sama relasi
Kalo swasta sih bodo amat lah ini lembaga negara pelan bgt evolusinya
profile-picture
JustMe10 memberi reputasi
Ngomong A, kenyataan B.
profile-picture
JustMe10 memberi reputasi
Rakyat biasa mau mengabdi negara:
- Kualifikasi bla bla bla
- Persayatan A-Z
- Ujian ini-itu

Politisi mau kursi jabatan:
"Duit segini cukup gak?"
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lqmnnhkm dan 2 lainnya memberi reputasi
pernyataan kek gini ini dulu hype banget waktu pilpressss, mpe banyak yg mabok..
profile-picture
JustMe10 memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di