CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Belum Digaji, Karyawan DAMRI Bandung Minta Tolong ke Jokowi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6143d56d6cc53d47d66a1db0/belum-digaji-karyawan-damri-bandung-minta-tolong-ke-jokowi

Belum Digaji, Karyawan DAMRI Bandung Minta Tolong ke Jokowi

 Belum Digaji, Karyawan DAMRI Bandung Minta Tolong ke Jokowi

Karyawan Perusahaan Umum Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia (DAMRI) cabang Bandung mengaku belum menerima gaji selama tujuh bulan terakhir.

Karyawan DAMRI Ade Abdul Fatah Hidayat mengatakan baru menerima uang Rp1 juta sejak Maret 2021 hingga September 2021. Ia pun meminta tolong kepada Menteri BUMN Erick Thohir dan Presiden Joko Widodo untuk ikut menyelesaikan masalah ini.

"Saya mau minta tolong bahwa karyawan DAMRI ini mau dibawa ke mana? Tolong ke Pak Menteri BUMN dan Bapak Presiden. Ini bukan hanya di cabang Bandung, tapi di cabang-cabang DAMRI lainnya," ungkap Ade, dikutip dari Detikcom, Kamis (16/9).

Ade mengaku terpaksa meminjam dana di aplikasi pinjaman online (pinjol) untuk menyambung hidup. Ia juga harus menggadaikan motornya agar kebutuhan keluarga terpenuhi.

"Cara menyambung hidup sehari-hari pun saya sampai harus gunakan jasa pinjol, pinjam sana sini sama warung dan saya punya anak yang harus kuliah satu semester lagi. Saya sampai gadai motor," kata Ade.

Meski begitu, nasib lebih parah menimpa rekannya yang berasal dari luar kota. Teman satu kantornya itu terusir dari rumah kontrakan karena tak ada uang untuk membayarnya.

"Kalau bukan subsidi dari keluarga, mungkin listrik rumah saya juga yang empat bulan tidak terbayar mau diputus PLN. Tolong dipahami Bapak Presiden dan Bapak Menteri BUMN," ujar Ade.

Direktur Utama DAMRI Setia N Milatia Moemin mengatakan cerita yang sebenarnya tak seperti itu. Namun, ia tak menjelaskan lebih lanjut karena sedang mengikuti rapat.

"Saya masih rapat, boleh tolong kontak sekretaris perusahaan DAMRI. Tapi bukan begitu ceritanya," kata Milatia ketika dikonfirmasi CNNIndonesia.com.

Sementara, redaksi telah menanyakan hal ini kepada Sekretaris Perusahaan DAMRI Sidik Purnomo. Namun, belum ada jawaban hingga berita ini diturunkan.

Masalah DAMRI yang tak membayar gaji karyawan ini sebenarnya bukan isu baru. Sebelumnya, Ketua Umum Serikat Buruh Pekerja Dirgantara, Digital, dan Transportasi (SPDT), bagian dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Iswan Abdullah mendapatkan laporan dari sejumlah sopir DAMRI di Bandung dan beberapa daerah bahwa mereka tak menerima gaji selama lima sampai delapan bulan.

"Beberapa pengemudi DAMRI sampaikan, meski saya tidak bisa sebut tempat dan siapanya karena mereka nanti dibredel, tapi mereka sampaikan THR yang dibayar hanya Rp700 ribu. Bahkan, ini hampir di semua wilayah di Indonesia di mana THR-nya tidak sesuai ketentuan," ungkap Iswan pada Juni lalu.

Namun, tidak ada informasi jelas dari manajemen kepada karyawan mengapa THR mereka hanya dibayar Rp700 ribu. Perusahaan pun tidak mengungkap kondisi keuangan perusahaan kepada karyawan, misal apa memang tengah tertekan dampak pandemi covid-19 atau tidak.

"Tidak ada kabar apapun, tiba-tiba keluar keputusan, THR yang dibayar cuma Rp700 ribu," kata dia.

link


Karyawan Perusahaan Umum Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia (DAMRI) cabang Bandung mengaku belum menerima gaji selama tujuh bulan terakhir.

Karyawan DAMRI Ade Abdul Fatah Hidayat mengatakan baru menerima uang Rp1 juta sejak Maret 2021 hingga September 2021. Ia pun meminta tolong kepada Menteri BUMN Erick Thohir dan Presiden Joko Widodo untuk ikut menyelesaikan masalah ini.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Hmmm bumn kok gini..kayanya ga manusiawi ini para pejabat2 nya..hingga tega.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
mungkin bukan damri doang, liat aja nasib guru guru honorer yg mengabdi udah puluhan tahun.. miris banget dah


kata si jok sih duitnya ada, ntah/mungkin udah dimakan ama pejabat😊
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Masa kalah sama Mayasari atau primajasa dll
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
BUMN yang karyawan nya sejahtera Pertamina, PLN, tolong sebutkan yang lainnya
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan ruuuruuu memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Karyawan DAMRI Ade Abdul Fatah Hidayat mengatakan baru menerima uang Rp1 juta sejak Maret 2021 hingga September 2021. Ia pun meminta tolong kepada Menteri BUMN Erick Thohir dan Presiden Joko Widodo untuk ikut menyelesaikan masalah ini.


jabar markasnya pks....apa gak iba para IM pks melihat se ukhuwah nya sengsara kayak gini?? sampai sampai minta tolong sama pemerintah thogut?? emoticon-Turut Berduka
sungguh terlalu emoticon-Ngacir
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Pas gajian => berterimakasih ke alloh

Pas ada masalah => minta tolong ke manusia

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
jangan semua nya ke pak joko
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
angkutan umum? ya PPKM mo gimana lagi? Saran saya k pemerintah kalo akalnya jalan ya.... Cabut subsidi BBM, pindahkan k angkutan umum, nanti byk masalah selesai, dijamin itu, yg penting perush angkt umum, dijaga dari budaya korupsi
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
GIA yang udah mau bangkrut terus diurus. Yang gini2 diabaikan.
profile-picture
dennyfw memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kepada siapa lagi harus meminta? Damri kan masih termasuk ke bumn ya? Kalau sampai gak bisa bayar kebangetan aslinya. Tapi ya inilah kondisi yang kita hadapi saat ini gans
yang nasibnya buruk banyak yang nasibnya lebih buruk ternyata ada emoticon-Angkat Beer tetep semangat bray damri jng cuma terpaku dengan 1 hal aja... gw jg jelek nasibnya di pecat malahan tapi gw gak ngadu sih sama joko emoticon-Malu


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di