CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sertifikat, Satu-satunya Bukti Hukum Kepemilikan atas Tanah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61434ca41c34260a901ee9b8/sertifikat-satu-satunya-bukti-hukum-kepemilikan-atas-tanah

Sertifikat, Satu-satunya Bukti Hukum Kepemilikan atas Tanah

Sertifikat, Satu-satunya Bukti Hukum Kepemilikan atas Tanah

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sentul City Tbk telah melayangkan tiga kali surat somasi terhadap Rocky Gerung untuk segera mengosongkan dan membongkar rumahnya di Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Ketiga somasi tersebut dilayangkan perseroan pada 28 Juli 2021, 6 Agustus 2021, dan terakhir 12 Agustus 2021.

Somasi berdasarkan kepemilikan yang sah atas bidang tanah bersertifikat SHGB Nomor B 2412 dan 2411 Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Sementara itu, Kuasa Hukum Rocky Gerung Haris Azhar mengeklaim, kliennya sudah tinggal di lokasi tersebut sejak tahun 2009 dan mendapatkannya dengan cara yang sah.

"Selama Rocky Gerung menguasai sejak tahun 2009 sampai dengan saat ini, dan terdapat warga yang telah menguasai secara fisik tanah tersebut sejak tahun 1960, tidak pernah ada klaim dari pihak mana pun yang mengakui tanah tersebut adalah miliknya," ujar Haris.

Haris menegaskan, Rocky juga memiliki surat keterangan tidak bersengketa yang ditandatangani Kepala Desa Bojong Koneng pada waktu itu.

Dalam suratnya, pemilik lama yakni Andi Junaedi menyatakan di bawah sumpah bahwa ia mempunyai garapan yang terletak di Blok 026 Kampung Gunung Batu RT 02 RW 11, Desa Bojong Koneng.

Lantas, bagaimana tanggapan ahli pertanahan terkait bukti kepemilikan secara umum?

Ahli Hukum Pertanahan Eddy Leks menjelaskan, secara umum Undang-Undang (UU) Pokok Agraria Tahun 1960 jelas merujuk pada kewajiban setiap orang untuk melakukan pendaftaran hak atas tanah.

Dari hak atas tanah yang didaftarkan, Pemerintah dalam hal ini Kantor Pertanahan (Kantah) akan memberikan tanda bukti berupa sertifikat tanah.

"Sertifikat berlaku sebagai alat pembuktian dan juga dilihat sebagai bukti yang sempurna tentang apa yang dimuat di dalamnya," ucap Eddy kepada Kompas.com, Selasa (14/9/2021).

Eddy kembali menegaskan, sertifikat merupakan satu-satunya dokumen kepemilikan terhadap hak atas tanah yang diterbitkan pemerintah.

Oleh karena itu, keberadaan dokumen lain di luar sertifikat tanah tentu tidak bisa disamakan.

Menurutnya, ada banyak yurisprudensi yang mengatakan dokumen seperti surat petuk, letter C, kititir, ataupun surat ukur tidak bisa dilihat sebagai bukti kepemilikan tanah, tetapi sebagai bukti pembayaran pajak atau “bukti awal”.

"Dengan demikian, orang tersebut perlu mendukung bukti awal dengan bukti-bukti lain bahwa dia sungguh memiliki tanah tersebut," lanjut Eddy.


Karena merupakan dokumen yang diterbitkan oleh pemerintah dan berlaku sebagai alat bukti yang kuat dan sempurna, maka perlu dilihat kebenaran sertifikat tersebut, kecuali ada bukti perlawanan lain yang kuat.

Jika betul ada perlawanan dari pihak lain berdasarkan dokumen selain sertifikat tanah, pihak yang melawan perlu mengajukan klaim atas hak-haknya melalui institusi pengadilan.

Dalam persidangan, bukti-bukti perlawanan dapat diajukan oleh pihak yang merasa berhak atas tanah itu.

Pada akhirnya, pengadilan akan memutuskan siapa sesungguhnya pemilik tanah berdasarkan bukti-bukti yang disampaikan dalam persidangan, baik dari penggugat maupun tergugat.

https://www.kompas.com/properti/read...kan-atas-tanah

Kesimpulannya.. Sentul city berhak mengusir RG karena sentul city punya bukti sempurna (sertifikat).. emoticon-Malu (S)

Kalo RG ga terima.. Ya dia yg mesti ajuin klaim ke pengadilan.. bukan pihak sentul city.. emoticon-Malu (S)

Dan RG ga boleh (lagi) tinggal d situ.. Kecuali kalo dia menang saat keputusan inkracht d pengadilan.. emoticon-Malu (S)



emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinandya dan 17 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh valkyr1
Halaman 1 dari 2
Rocky juga melakukan pemelintiran fakta dengan menyatakan dia melakukan tindak jual beli tana disana, faktanya tanah disana adalah tanah dengan status hak garap. Dan gak pernah ada transaksi jual beli lahan berstatus hak garap, yang ada adalah over garap.

Membayar pajak bukan berarti serta merta membuat kita memiliki hak terhadap sesuatu, jika kita meminjam motor saudara dan waktu jatuh tempo pembayaran pajak kita membayar pajak gak berarti kita menjadi pemilik motor tersebut kan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
baikapuk dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Pengacara kok ga ngerti hukum, legalitas yg resmi dan sah tentu dari negara. Dan untuk tanah berupa sertifikat yg dikeluarkan oleh pemerintah melalui BPN.

Tapi kl orang per orang bersumpah dan berkata kl dia bersaksi atas kepemilikan tanah dan tidak ada sengketa atas tanah itu, maka yg percaya adalah orang bego aja.

Kl dasar omongan orang bisa mengklaim tanah, bisa bisa bacot bacot ga jelas juga mengklaim tanah di Monas dan di GBK
profile-picture
profile-picture
profile-picture
baikapuk dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Emang si gerung punya sertifikat juga ?

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
petani.syusyu dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Asttajjim, ini adalah penjoliman besar2an thd ustadz al habaib ulama besar Abu Roqiyah Al Garongi ya akhi emoticon-Kagets


Sertifikat, Satu-satunya Bukti Hukum Kepemilikan atas Tanah
Sertifikat, Satu-satunya Bukti Hukum Kepemilikan atas Tanah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
baikapuk dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh gabener.anus
nah, tinggal pembuktian saja di pengadilan siapa yang punya sertifikat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
petani.syusyu dan 3 lainnya memberi reputasi
RG ini mirip sama peserta TWK yg kagak lolos kelakuaannyaemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
baikapuk dan 2 lainnya memberi reputasi
bagaimanapun dia nabi kadrun

jadi harus tetap di bela

take beer rung
profile-picture
profile-picture
petani.syusyu dan valkyr9 memberi reputasi
Ditunggu berita selanjutnya...akankah roger digusur atau tdk....emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
petani.syusyu dan valkyr9 memberi reputasi
si gerung udah tau kalo dia tuh salah
cuman masih mau berjuang setidaknya untuk dapet ganti rugi
itu deal2an sama pengacaranya palingan bagi hasil kompensasi
SC kudu lanjutin sampe pengadilan lah
jangan mau kompromi atau mentok mediasi
pembuktian atas kepastian hukum sertifikat tanah ini jatohnya emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
petani.syusyu dan valkyr9 memberi reputasi
Bang roger bisa lah unjukkin sertifikat vaksinasi, kalo bisa yg udah dosis ke 2 biar lebih pede aja emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
petani.syusyu dan valkyr9 memberi reputasi




Sudah pernah ada di invistigasi sama wartawan ternyata!

Quote:


Di dunia ini ada namanya hitam makan hitam (black eat black)

Yang terbaru muncul istilah hitam makan hitam dan Putih (Black eats black and white)

Kita lihat saja kasusnya bergulir seperti apa?






Dulu juga pernah ribut ribut soal "Hak Garap" ini di media media.

Waktu itu pemerintah berani jamin bahwa "hak garap" ini tidak bakal menghilangkan pemegang "Sertifikat Hak tanah"

Tinggal kita lihat konsistensi dari pemerintah saja!


Seperti ini soal tanah yang di beli dari ptpn kehutanan (bumn) pemerintah, bagaimana INVESTOR LUAR masuk Indonesia bila beli tanah dari tangan pemerintah (Bumn) saja bisa kacau balau seperti ini

Pemegang " sertifikat tanah " yang jelas dan sah bisa di lawan (Sengketa) dan di bawa ke hukum oleh para pemilik "Hak Garap"


Coba tanya ke Pak Luhut mentri investasi, pak mahmud MD, mentri Perdagangan, dan mentri luar negri.

Jaminan investor (baik dalam negri dan luar negri) bila beli tanah dari pemerintah (bumn) malah jadi ada sengketa?

Bukan nya ini malah beri tambahan beban biaya bagi perorangan / perusahaan yang mau invest ke Indonesia?

Makanya Tidak Heran banyak investor dari luar dan investor dalam negri akhir nya TIDAK Jadi INVEST di INDONESIA dan akhirnya pergi INVEST ke VIETNAM





profile-picture
profile-picture
petani.syusyu dan valkyr9 memberi reputasi
Diubah oleh SunDaimond
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Sertifikat RG adalah fiksi,...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
amdfreak dan 2 lainnya memberi reputasi
walau maling tanah sekali ulama tetaplah ulama,,, kami sbg umat bani kadrun berkewajiban membela mati2an ustadz gerung

Bila perlu nyawapun kami korbankan


Jihadddddd



emoticon-Imlek
profile-picture
profile-picture
petani.syusyu dan valkyr9 memberi reputasi
Diubah oleh kuntuldowo
gw pernah nemu kasus pas pembebasan bkt, satu tanah ada 5 sertifikatnya, dan asli semuaemoticon-Big Grin
profile-picture
Oekoekosas memberi reputasi
sentul ga punya sertifikat, punyanya surat HGB
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
udah dungu ngotot, goblok pulak emoticon-Ngakak
Hanya golongan kadrun yang menklaim kalau pembayaran pbb merupakan bukti sertifikat tanah.emoticon-Cape d...
lebih bagus lagi kalo tu tanah garap diambil lagi negaraemoticon-Wakaka di rimbunkan kembali ato reboisasi buat serapan air
jual beli harus bayar pajak jual beli baru sah
Bahasa Indonesianya Dpurple=Dungu
profile-picture
dewars12yo memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di