CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
MUI Tanggapi Letjen Dudung: Toleransi Itu Memaklumi, Bukan Menyamakan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6141862f99a3e771e375dd6c/mui-tanggapi-letjen-dudung-toleransi-itu-memaklumi-bukan-menyamakan

MUI Tanggapi Letjen Dudung: Toleransi Itu Memaklumi, Bukan Menyamakan

MUI Tanggapi Letjen Dudung: Toleransi Itu Memaklumi, Bukan Menyamakan Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat MUI, Cholil Nafis. (Lisye/detikcom)

Jakarta - Pangkostrad Letjen Dudung Abdurachman meminta jajarannya tidak bersikap fanatik terhadap agama karena menurutnya semua agama sama di mata Tuhan. Ketua Bidang Dakwah dan Ukhuwah MUI, Cholil Nafis, menanggapi pernyataan itu.

"Semua agama benar. Itu menurut Pancasila untuk hidup bersama di Indonesia. Tapi dalam keyakinannya masing-masing pemeluk agama tetap yang benar hanya agama saya. Nah, dalam bingkai NKRI, kita tak boleh menyalahkan agama lain, apalagi menodai. Toleransi itu memaklumi, bukan menyamakan," kata Cholil dalam kicauan di akun Twitter-nya, Rabu (15/9/2021).

Menurut Cholil, setiap orang yang memeluk agama akan menganggap agama yang dipeluknya paling benar. Cholil menilai harus ada toleransi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Bagi kami, umat Islam, yang benar adalah hanya agama Islam. Kita wajib meyakininya agar iman menancap di hati. Hanya dalam kehidupan sosial berbangsa dan bernegara kita harus punya bertoleransi kepada umat beragama lain," ujarnya.

"Posisi TNI dan pemerintah tentu mengayomi semua umat beragama," lanjut Cholil.

Dia menilai hal yang memang berbeda tidak perlu disamakan, begitu juga sebaliknya. Yang terpenting, kata Cholil, setiap orang bisa memaklumi dan menghargai toleransi.

"Yang sama jangan dibeda-bedakan apalagi dipertentangkan dan yang memang beda jangan di sama-samakan. Namun kita tetap harus saling memaklumi dan menghargai. Begitulah makna toleransi yang saya pahami," tuturnya.

Sebelumnya, pernyataan Letjen Dudung itu disampaikan ketika dirinya memberikan pesan terkait sikap fanatisme. Dudung meminta jajarannya tak bersikap fanatik terhadap agama.

Pesan itu disampaikan Dudung saat mengunjungi Batalion Zipur 9 Kostrad, Ujungberung, Bandung, Jawa Barat. Senin (13/9). Dudung mengunjungi Batalyon Zipur 9 Kostrad bersama Ketua Persit KCK Gabungan Kostrad Rahma Dudung Abdurachman.

Di Yon Zipur 9 Kostrad, Dudung meninjau pangkalan, baik fasilitas perkantoran, perumahan prajurit, maupun alutsista, yang dimiliki satuan Batalyon Zipur 9 Kostrad.

Dudung mulanya meminta prajurit TNI AD untuk bijak dalam bermedia sosial. Dia meminta mereka menghindari sikap fanatisme yang berlebihan terhadap agama. Sebab, menurutnya, semua agama sama di mata Tuhan Yang Maha Esa.

"Bijaklah dalam bermain media sosial sesuai dengan aturan yang berlaku bagi prajurit. Hindari fanatik yang berlebihan terhadap suatu agama. Karena semua agama itu benar di mata Tuhan," kata Dudung, dikutip detikcom dari keterangan pers Penerangan Kostrad, Selasa (14/9).

SUMBER

Ane bold.. emoticon-Malu (S)

Quote:


Kesimpulannya.. Pemeluk agama yang (masih) suka menyalahkan dan menodai agama (orang) lain.. itu artinya intoleran.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mahdianto.id dan 47 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh valkyr9
Halaman 1 dari 6
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Sales kecap ga bakal mungkin bilang semua kecap sama saja.
Bisa dipecat.

Tapi betul sales kecap itu tidak etis menjelek2an kecap lain.
emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
otak.100cc dan 30 lainnya memberi reputasi
Lihat 18 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 18 balasan
Baru juga dibilangin...... (jgn fanatik) emoticon-Wkwkwk




Oh ya lupa, ini kajian internal emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 17 lainnya memberi reputasi
Jadi kalo ga dalam bingkai NKRI, bebas jelek jelekin agama lain ya gus....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Krn persepsi manusia mewakili tuhan jdnya runyam emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qming dan 6 lainnya memberi reputasi
Ketahuan kan siapa yg kepanasan sendiri...

Lu lagi...

Lu lagi...

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Jeffraid dan 21 lainnya memberi reputasi
Logic aja ayat2 aja dibuat ama manusia, manusia itu sifat dasarnya ad keperluan.

Jadi harus bisa bersikap netral saat baca2, mungkin yg bikin pas itu lgi ngantuk, ad titipan, atau emang punya kepentingan pribadi tanpa mengindahkan bisikan ilahi. Ibarat tuhan memberi wahyu A karena sifat dasar manusia "ah rubah dikit aja deh biar gini/gitu toh saya pasti masuk surga."

Nah apa yg lu pikirin kalau misal lu punya jutaan pembantu yg siap mati buat elu?

Percikan tuhan itu ad didiri elu kok. Skarang tergantung lu mau kotorin sama tangan para pembuat ayat atau menjaga percikan itu bersih dengan berkah logika yg diberi tuhan di otak elu.

Rugi mahluk paling sempurna tapi diadu domba sama pendahulu2 kita gegara ayat.

Gw bukan mengajak agnos. Cuma tuhan itu bekerja di jalan yg misterius. Penerima wahyunya aja kadang2 khilaf ama salah satu kemolekan tete dan kembung memek pengikutnya. Apalagi cuma manusia fana macem kita.

Nah itu yg lu elu2kan sebagai jalan arahan tuhan? Apa sejalan ama era kita? Tuhan itu timeless, omnipotent, dan omnipresent. Tuhan mau loncat ke masa lalu atau depan sudah pasti bisa. Sedangkan jalan yg disediakan sang penerima wahyu hanya terpatok di era tertentu? Are u kidding?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
speedy.buntang dan 25 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh longneversee
Lihat 20 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 20 balasan
Ngarab wannabe memang selalu ribet hidupnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 13 lainnya memberi reputasi
gimana mau bertoleransi kalo agama dan kepercayaan lain lu anggap ancaman bagi akidah lu? emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
baccu dan 24 lainnya memberi reputasi
padahal dudung cuma bilang di mata tuhan itu sama, tuhan lho

kalau mui merasa beda ya itukan mata lu sendiri, berasa lebih tuhan daripada tuhan sendiri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 16 lainnya memberi reputasi
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 12 balasan
Sebab, menurutnya, semua agama sama di mata Tuhan Yang Maha Esa.

Ga ada yang salah... Agama beda" itu di mata manusia biasa.... Yang ribut manusianya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 12 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kily89
makanya minoritas kudu memaklumi mayoritas ....


catett...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
sudah keleeeewatannnn yahhhh.....stresss dia, ka ema!!!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 3 lainnya memberi reputasi
Siapa sih ni orang, ane jelas lebih percaya jendral Dudung, dibanding percaya ama LSM emoticon-Ngakak (S)


Btw hape ane udah update pake MIUI 12.5 emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh androidiot
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
memang kontroversial, tapi setelah ane liat momennya

dia sedang ngasih briefing sm anggotanya, jadi gak ada bedanya sama 'kajian internal' lah emoticon-Big Grin

jadi diluar kostrad ane pikir g perlu komen juga emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Jeffraid dan 13 lainnya memberi reputasi
Lalu apa guna pancasila sila ke 1, Ketuhanan yang maha esa, atau pasal ini hanya berlaku untuk masyarakat beragama islam, diluar itu ga bertuhan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
tuhan itu tanpa keakuan atau ego

mana ada tuhan marah, benci kalo gak dipuja
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan valkyr9 memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
si coli memang dari dulu, memang ulama radikal kok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 7 lainnya memberi reputasi
yang benar ya Pangkostrad lah , logikanya kan agama-agama bersatu menegakkan kebenaran, jadi musuh bersamanya adalah kejahatan.

tapi maunya MUI kan antara agama saling bermusuhan, dan penjahat mendukung atau didukung agama tertentu.

nggak bener nih MUI
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Jeffraid dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kudu maklum kalo yg satu itu pengennya menang sendiri maksudnya ?

emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Jangankan menyamakan ... berteman aja gak boleh kok
Bukan beginyuuu sobb @wiskey31



Qs Almaidah 51 emoticon-Recommended Seller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
37sanchi dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di