CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Pabrik Penghisap Karbon Dioksida Pertama Di Dunia Telah Beroperasi Di Islandia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61416137d74f25499d48545f/pabrik-penghisap-karbon-dioksida-pertama-di-dunia-telah-beroperasi-di-islandia

Pabrik Penghisap Karbon Dioksida Pertama Di Dunia Telah Beroperasi Di Islandia

.
Pabrik pertama dan terbesar di dunia untuk menghisap dan mengubah karbon dioksida (CO2) dari udara lalu dipadatkan mulai beroperasi di Islandia (Iceland) pada hari Rabu 8/9/2021.


Pabrik Penghisap Karbon Dioksida Pertama Di Dunia Telah Beroperasi Di Islandia
Pabrik Orca, pabrik penghisap karbon dioksida (CO2) pertama di dunia, telah beroperasi di Islandia pada Rabu 8/9/2021. 


Pabrik Orca yang didirikan oleh startup Swiss Climeworks AG untuk mengurangi efek gas rumah kaca di planet ini merupakan tonggak sejarah dalam industri penangkapan udara langsung.

Sementara Climeworks telah membangun 16 instalasi di seluruh Eropa, Pabrik Orca adalah satu-satunya yang secara permanen menangkap dan menyimpan CO2 tanpa mendaur ulangnya.

Menurut Climeworks, setiap tahun pabrik tersebut memiliki kapasitas untuk menangkap 4.000 ton CO2, yang disimpan dengan aman dan permanen melalui proses kimia yang dikembangkan oleh Carbfix, suatu kemitraan akademi-industri di Islandia.

Dalam proses ini, CO2 yang ditangkap dari atmosfer dimineralisasi di bawah tanah dan diubah menjadi batu.

CO2 yang ditangkap di udara dicampur dengan air dan dipompa jauh di bawah tanah, di mana ia terperangkap dalam batu melalui proses mineralisasi alami yang memakan waktu kurang dari dua tahun, Carbfix mencatat.


Pabrik Penghisap Karbon Dioksida Pertama Di Dunia Telah Beroperasi Di Islandia
Karbon dioksida yang terhisap dimineralisasi secara alami selama dua tahun hingga menjadi batu.


Meski pabrik ini hanya mampu menangkap sebagian kecil dari emisi tahunan global sekitar 35 miliar ton CO2, organisasi nirlaba tersebut percaya itu adalah batu loncatan untuk ekspansi ke kapasitas penghapusan megaton pada bagian kedua dekade ini.

Pabrik ini adalah layanan penangkapan dan penyimpanan udara langsung pertama dengan proses yang divalidasi - diberikan pertengahan Juni 2021 oleh DNV pihak ketiga independen.


Dengan laporan baru-baru ini oleh Panel Antarpemerintah PBB tentang Perubahan Iklim (IPCC) yang memperingatkan bahwa dunia dapat melihat peristiwa cuaca ekstrem yang lebih sering di tahun-tahun mendatang karena pemanasan global, para ahli telah menekankan pentingnya mengurangi kadar gas rumah kaca secara drastis dan menghilangkan emisi karbon dioksida dari udara secara permanen.


Pabrik Penghisap Karbon Dioksida Pertama Di Dunia Telah Beroperasi Di Islandia
Unit-unit pengumpul udara terkompaksi pada Pabrik Orca.


Pembangunan Pabrik Orca dimulai pada Mei 2020 berdasarkan teknologi modular canggih, kata Climateworks, menambahkan bahwa unit pengumpul udara terkompaksi seukuran kontainer yang inovatif ditumpuk bersama untuk membangun pabrik.

Karena lokasinya yang strategis berdekatan dengan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Hellisheiði ON Power, Orca sepenuhnya menggunakan energi terbarukan.

"Ini telah memungkinkan Orca untuk beroperasi dalam waktu kurang dari 15 bulan. Dibandingkan dengan generasi teknologi sebelumnya, penggunaan baja di unit pengumpul telah berkurang sekitar setengah per unit output," katanya dalam sebuah pernyataan.

Menurut Climeworks, teknologi ini dapat dengan mudah direplikasi di lokasi yang berbeda di seluruh dunia dan pada skala yang semakin besar, dengan cara yang fleksibel di mana  energi terbarukan dan kondisi penyimpanan cukup tersedia.

Organisasi nirlaba itu mengatakan teknologi canggihnya dioptimalkan untuk menangkap lebih banyak kapasitas pengambilan CO2 per modul daripada sebelumnya, membantu pabrik menyimpan tingkat gas rumah kaca yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Ia percaya inovasi dalam desain pabriknya dapat membantu meningkatkan teknologi iklim ini di tahun-tahun mendatang dan meningkatkan kapasitas penangkapannya secara signifikan.

Sementara investasi mengalir ke perusahaan yang mengembangkan solusi penangkapan karbon untuk menjinakkan pemanasan global, para ahli iklim juga menyoroti kelemahan teknologi ini, menggambarkan harapan yang ditempatkan pada mereka sebagai "sangat terlalu optimis".

"Orca, sebagai tonggak sejarah dalam industri penangkapan udara langsung, telah memberikan cetak biru yang terukur, fleksibel dan dapat ditiru untuk ekspansi Climeworks di masa depan," christoph Gebald, co-CEO dan salah satu pendiri Climeworks, mencatat dalam sebuah pernyataan.

"Mencapai emisi nol bersih (net-zero emissions) global masih jauh, tetapi dengan Orca, kami percaya bahwa Climeworks telah mengambil satu langkah signifikan lebih dekat untuk mencapai tujuan itu," tambah Gebald.



Sumber berita:


Spoiler for spoiler:


Sumber gambar:

Spoiler for spoiler:


profile-picture
profile-picture
profile-picture
kimboymuhamm116 dan 29 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh gagal.jadi.nabi
Halaman 1 dari 3
Kalo tidak didaur-ulang, berarti O₂ pada CO₂ tidak balik ke atmosfer.
Bisa habis O₂.
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan gagal.jadi.nabi memberi reputasi
Lihat 26 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 26 balasan
Pabrik semacam ini dibahas di buku Elizabeth Kolbert Under A White Sky dan buku Bill Gates How To Avoid A Climate Disaster.

Yang jelas mesti diperbanyak agar bisa mengatasi emisi karbon kita.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
evonext555 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
efektif kah dibanding pohon?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
setiyana dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
ada proses yang lebih mudaah sudah terjameeen aman , dan juga bermanfaat bukan hanya penangkal karbon dioksida , tapi bermanfaat untuk semua mahkluk yang bernafas ..

yaitu reboisasi , proses penanaman kembali pohon
lebih mudah , lebih praktis , lebih aman dan sudah teruji ...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makiinun dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 12 balasan
coba dibangun di indonesia, kalo di islandia sih polusinya sedikit
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Nice....Yoyooii..
Pabrik Penghisap Karbon Dioksida Pertama Di Dunia Telah Beroperasi Di Islandia
profile-picture
profile-picture
gagal.jadi.nabi dan nowbitool memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
menjadi batu,,tdk ada resapan?

bumi tenggelam?emoticon-Sundul Up
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan gagal.jadi.nabi memberi reputasi
Subhanallah orang-orang kafir lagi yg melakukan kemajuan teknologi emoticon-Matabelo

Umat nabi terakhir lebih milih sibuk bikin syariat dan sangah menyanggah kalimat tentang aqidah... emoticon-Cape d...


Btw...

Pajak karbon kayaknya gak jalan yah? Atau kurang populer sih... Mengingat Indonesia atau brazil deforestasi nya lebih cepat daripada pertumbuhan tunas ke pohon.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 20 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 20 balasan
Lebih layak dipakai di Indonesia terutama kota macam jakarta, daripada di Islandia yg masih lengang emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Keren ya ..
Kalo disini hutanya makin gundul..
Penanaman kembali ato reboisasinya cm pencitraan aja ..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gagal.jadi.nabi dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 26 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 26 balasan
profile-picture
profile-picture
gagal.jadi.nabi dan nowbitool memberi reputasi
Mereka yang punya ide dan yang bekerja memiliki hati muliaemoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Hutan di Indonesia bisa jadi pabrik penangkap CO2 alami
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Tetap aja penyerapan alami lebih baik...
profile-picture
profile-picture
pilotugal2an541 dan gagal.jadi.nabi memberi reputasi
Menghisap karbon dioksida emoticon-Toast
profile-picture
gagal.jadi.nabi memberi reputasi
Kalo mau dipasang di Indonesia di kawasan Pabrik. Contohnya di Jawa Barat Cimahi, Padalarang banyak banget pabrik emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pilotugal2an541 dan 4 lainnya memberi reputasi
Kenapa harus bangun pabrik ya? Pdahal tinggal reboisasi hutan2 yg di gundul. Apakah ditahun mendatang hutan diganti dengan pabrik ini?
profile-picture
gagal.jadi.nabi memberi reputasi
Lihat 20 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 20 balasan
Harusnya dibangun dimana negara tersebut paling berpolusi.... Islandia mah minim polutan... Coba deh buat di cina atau gak usah jauh², Indonesia.... Pasti lebih terasa manfaatnya....
profile-picture
gagal.jadi.nabi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Pabrik pengolahan co2 itu udah dibuat tuhan

Air hujan
profile-picture
gagal.jadi.nabi memberi reputasi
batunya coba dibikin serat karbon emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
gagal.jadi.nabi dan MemoryExpress memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di