CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Viral Santri Tutup Kuping, Yenny Wahid Jelaskan Kenapa Mereka Tak Boleh Dengar Musik
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61414acf91b73e11513aa523/viral-santri-tutup-kuping-yenny-wahid-jelaskan-kenapa-mereka-tak-boleh-dengar-musik

Viral Santri Tutup Kuping, Yenny Wahid Jelaskan Kenapa Mereka Tak Boleh Dengar Musik

Video mengenai puluhan santri yang menutup kuping saat mendengar musik di lokasi vaksinasi terus mendapat sorotan. Salah satunya dari putri Gus Dur yakni Yenny Wahid.

Seperti diketahui sebuah video yang memperlihatkan puluhan santri menutup kuping saat mendengar musik di lokasi vaksinasi viral di media sosial.

Video itu menjadi perdebatan, ada yang menyayangkan kenapa yang dibahas justru soal sikap santrinya bukan kegiatan vaksinnya. Sedangkan yang lain menyorot soal sikap santri tersebut yang dinilai lebay.

Selain dari para politisi dan MUI, tanggapan mengenai video santri yang menutup kuping itu belakangan juga datang dari Yenny Wahid.

Direktur Wahid Institute tersebut memberikan dua catatan di balik polemik sikap para santri tersebut yang dituding radikal.

"1. Saya senang para gurunya mengatur agar mereka divaksinasi. Dengan divaksin, mereka bukan saja melindungi dirinya tetapi juga orang-orang disekelilingnya dari ancaman covid 19," tulisnya.

"2. Menghafal Quran bukan pekerjaan yang mudah. kawan baik saya, Gus Fatir dari pesantren @ponpespi_alkenaniyah belajar menghafal AlQuran sejak usia 5 th. Beliau mengatakan bahwa memang dibutuhkan suasana tenang dan hening agar lebih bisa berkonsentrasi dalam upaya menghafal Quran. Jadi kalau anak-anak ini oleh gurunya diprioritaskan untuk fokus pada penghafalan Quran dan diminta untuk tidak mendengar musik, itu bukanlah indikator bahwa mereka radikal," tambahnya.

Lebih lanjut, putri sulung Gus Dur tersebut meminta semua pihak untuk bersikap bijaksana dalam menanggapi suatu fenomena atau peristiwa.

Ia mengingatkan jangan mudah untuk memberi label pada seseorang itu radikal atau kafir.

"Yuk kita lebih proporsional dalam menilai orang lain. Janganlah kita dengan gampang memberi cap seseorang itu radikal, seseorang itu kafir dll. Menyematkan label pada orang lain hanya akan membuat masyarakat terbelah. Mari kita belajar untuk lebih saling mengerti satu sama lain, dan itu bisa dimulai dengan memahami dan menerima bahwa nilai yang kita anut tidak perlu sama untuk bisa tetap bersatu sebagai bangsa Indonesia. Buat adik-adik ma'had tahfidz, semangat terus ya dalam upaya menghafal Al Quran. Semoga Allah SWT memberikan barokah berlimpah untuk kalian semua," tukasnya.

Komen: si intoleran diaz dan kombuser perlu ditapok parut lambenya

Sumber: Sound

profile-picture
profile-picture
profile-picture
petercove dan 35 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6
Hanya aksi panggung, memang ditutup kuping auto sunyiemoticon-Big Grin

Kalo posisi lagi di tkp vaksinansi, ga sreg ma musik kan tinggal minta volume dikecilkan lebih efektifemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 31 lainnya memberi reputasi
Lihat 35 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 35 balasan
di video ga ada penjelasan hafalan alquran
profile-picture
profile-picture
profile-picture
danielpurnama dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 46 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 46 balasan
Viral Santri Tutup Kuping, Yenny Wahid Jelaskan Kenapa Mereka Tak Boleh Dengar Musik

like ayy komen in trit serupa before

it is never mind. it is ok. it is fine fine saja

it is hak mereka to reject to listen myusic
as long as we and mereka do not saling ganggu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh cacarakan
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Emang pendukung si anu dan bajernya sukanya nyinyir2in santri dan ustadz
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 7 lainnya memberi reputasi
fine2 aja tutup kuping... ane cuma kasian ama masa depan anak2 yg sejak kecil diajarin pikiran tertutup
profile-picture
profile-picture
profile-picture
CMS830 dan 42 lainnya memberi reputasi
Lihat 31 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 31 balasan
Yang satu suka kafirkan orang lain satunya lagi kadrunkan orang lain.
Kedua kelompok itu sama aja selalu buat gaduh karena merasa pgn menang sendiri.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
1 sisi : Janganlah kita dengan gampang memberi cap seseorang itu radikal, seseorang itu kafir dll.

1 sisi lain : tidak berhukum dengan hukum allah adlh kafir, slametan budaya kafir, musik budaya kafir, jangan menyerupai kafir

emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Emang si diaz sama si dedy bilang radikal? Kayaknya nggak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Victorim dan 3 lainnya memberi reputasi
yang kafir aja seumur hidup bersama dengan suara TOA 5 waktu aja kaga kenapa-kenapa, tergantung manusianya juga mau jadi apa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 17 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Yenny aja nyampe bela. Brati emang buzzerp si botak ama diaz kelewat batas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh anti.suap
Kasihan generasi muda anak2 indonesia modelnya kek gini. Entar klw udah keluar dri pesantren bingung mau cari kerja dimana akhirnya nyalahin warga turunan telah merebut lapangan kerja padahal kwalitas pendidikan aja udah jauh bereda, yg satu ngejar duniawi yg satu ngejar sorgawi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 18 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 18 balasan
Mau tutup telinga apa ngak itu hak mereka, kita sendiri juga punya hak buat tutup telinga ketika ngak mau denger suara apa pun.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alvibasx dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Bang Haji waktu dan tempat dipersilahkan

atau Umi Elvy...?
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
Pada seneng teriak2 toleransi, giliran ada yang gak sepaham (tutup kuping pas denger musik) dituding radikal radikul sesat.

Munapig emang kafirun2 ini.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
ga ada masalah sih... klo mereka mau tutup kuping juga gpp, toh itu badan mereka dah hak mereka.

yang mencibir lebay ttup kuping, harusnya lebih toleransi, selama ga mengganggu harusnya gpp
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 27 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 27 balasan
MEGA SUPER WHY!!!!!!!!!!!!!!!!
coba dikasih lagunya sabaton yg the last stand langsung auto jihad emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
velyshredder dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
bagus khan... dari pada memaksa untuk musik nya dimatikan / dikecilin volume nya

mereka mau vaksin aja harus nya dah jadi bukti kalo mereka berfikir lebih terbuka..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 7 lainnya memberi reputasi
Ane bingung saja. Ya kalau sedang belajar atau menghafal bagi sebagian orang memerlukan suasana yg tenang. Bunyi2an bisa mengganggu. Tapi di video itukan mereka sedang antri vaksin bukan menghafal atau belajar.

Otak itu juga ada batasannya, bisa kelelahan juga. Jangan terlalu diforsir, dipaksa kerja terus. Ada kalanya otak itu perlu rehat, istirahat, santai .
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pitaksemprul dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 33 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 33 balasan
ska ska mereka lah. toh rhoma irama dipanggil bang haji, opick juga lagunya laris manis di bulan suci apalagi bimbo masih banyak yang muterin lagu mereka emoticon-Smilie
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
Ente salah bu, alasannya mereka nutup kuping ya karena mereka kadrun radikal radikul.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anu.ku.l dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di