CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Games / Games /
Piala Presiden Esports 2021, Wadah Terbaik Untuk Para Atlet Olahraga Elektronik
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6140a25a6291b82e8270be9f/piala-presiden-esports-2021-wadah-terbaik-untuk-para-atlet-olahraga-elektronik

Piala Presiden Esports 2021, Wadah Terbaik Untuk Para Atlet Olahraga Elektronik

Esports menjadi salah satu cabang olahraga baru dan menjadi salah satu yang berkembang sangat pesat di Indonesia. Meskipun terbilang junior, kancah ini udah banjir penggemar loh, GanSIs, terutama semenjak pandemi covid 19 menyentuh Indonesia. Ketika segalanya terbatas dan lebih banyak dilakukan secara online, maka games menjadi jalan membuang penatnya kehidupan. Pemerintah sebagai instrumen terpenting dalam suatu negara juga turut mendukung kemajuan dunia games online di Indonesia. Salah satu bukti dari keseriusan hal ini adalah dibuatnya kejuaraan Piala Presiden ESports.

Piala Presiden Esports (PPE) ternyata udah berlangsung dari tahun 2019, GanSis, yang berarti tahun ini adalah tahun ke 3. PPE menjadi peringkat tertinggi untuk cabang olahraga elektronik di Indonesia karena digagas langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. Tema yang diangkat pada tahun 2021 adalah #BanggaEsportsIndonesia. Pada hari Selasa, 14 September 2021, acara pembukaannya sukses dan dihadiri oleh para pejabat negara serta narasumber ahli di bidangnya. Kepala Staf Kepresidenan RI Jend TNI (Purn) Moeldoko memastikannya secara langsung via online. 

Piala Presiden Esports 2021, Wadah Terbaik Untuk Para Atlet Olahraga Elektronik

Dirinya mengatakan, “Indonesia harus siap untuk menjadi leader dalam dunia esports, baik di kawasan regional maupun internasional. Kita memiliki potensi yang luar biasa besar dari sisi sumber daya generasi muda, ekosistem keolahragaan, dan juga industri esports. Ini yang akan terus kita dorong dan wujudkan melalui penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2021 yang akan dimulai pada bulan Oktober nanti. Kita bangga dan yakin bahwa esports Indonesia akan mampu menjadi yang terbaik,”

Tadi kan mimin sempet bilang nih, GanSis, di atas kalau pemerintah Indonesia mendukung banget perkembangan Esports. Walaupun udah melaksanakan kejuaraan yang dikhususkan untuk bidang ini, terdapat upaya lainnya seperti menambah jumlah individu terlibat dan peran kementerian dalam Piala Presiden Esports 2021. 

Penasaran gak sih kira-kira instrumen pemerintah apa aja nih di tahun 2021 ikutan andil dalam acara bergengsi ini? Nah, nih dibocorin deh buat Agan & Sista! Yaitu ada Kantor Staf Presiden (KSP), Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Komunikasi dan Infromatika, ditambah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan PB Esports Indonesia (PBESI).

“Salah satu aspek yang perlu digarisbawahi adalah pentingnya mendorong esports menjadi lokomotif yang mampu membangkitkan sektor ekonomi kreatif melalui sports tourism. Esports sebagai industri olahraga dengan valuasi yang tinggi dan jaringan yang besar, bisa menjadi stimulus untuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang sempat terdampak pandemi,”ucap Moeldoko. Kondisi penambahan ini ternyata untuk menyupport pencapaian lebih baik lagi kedepannya.

Piala Presiden Esports 2021, Wadah Terbaik Untuk Para Atlet Olahraga Elektronik

Selain dari pemerintah, Rangga Danu Prasetyo selaku Ketua Panitia Pelaksana Piala Presiden Esports 2021 juga mengatakan bahwa para kru yang berpartisipasi serta kesiapan segala aspek berkaitan sudah siap dalam turnamen ini. Lomba akan dilakuin secara hybrid, GanSis, alias menggabungkan daring dan luring, pastinya ditambah prokes ketat dong. Cabang permainan online yang bakal dilombain adalah eFootball PES, Free Fire, Lokapala (game lokal), Mobile Legends, PUBG Mobile dan MPL Gaming.

Dirinya pun mengatakan bahwa, “Penyelenggaraan PPE 2021 merupakan kerja kolaboratif lintas sektoral dan stakeholders di esports yang begitu besar. Sebagai pelaksana sejak ajang perdana, kami optimis bahwa PPE 2021 akan memberikan sumbangsih bagi kemajuan bangsa dan generasi muda kita di kancah esports. Saat ini open registration untuk atlet dan tim esports sudah dibuka dan kami yakin hingga dimulainya nanti mampu memenuhi target lebih dari 170 ribu atlet berpartisipasi.”

Menteri Pemuda dan Olahraga, RI Zainudin Amali memperjelas bahwa Piala Presiden Esports bisa menjadi wadah untuk para senior atau junior dunia games online Indonesia untuk mengembangkan diri. Kondisi ini dibuktiin dari setelah PPE sebelumnya, segudang atlet potensial jadi punya jenjang karir di industri olahraga elektronik lewat tim profesional.

“Harapan besar dalam Piala Presiden Esports ini antara lain menjadi trigger agar kompetisi esports berjenjang lain di bawahnya terus berjalan dan semakin banyak. Kita ingin agar ekosistem ini terus berkembang, menjadi wadah dan sarana melahirkan talenta-talenta muda berprestasi yang akan membawa keharuman nama bangsa di mata dunia,” jelas RI Zainudin Amali.

Piala Presiden Esports 2021, Wadah Terbaik Untuk Para Atlet Olahraga Elektronik


Meskipun belum beredar banyak di kejuaraan olahraga, namun dirinya menekankan bahwa Piala Presiden Esports 2021 bisa jadi tempat kolaborasi demi memajukan Esports sebagai keolahragaan di Indonesia. Semangat pemerintah Republik Indonesia dalam membangun, didukung kesamaan visi dan misi bisa Agan & Sista liat nih dari kerjasama Kemenpora dengan PBESI dan KONI, “Diharapkan ini akan memberikan kejelasan bagi semua pelaku di ekosistem dan industri esports untuk terus bertumbuh dan berkembang bersama-sama ke depannya,”tuturnya.

Dibuka menggunakan seremoni kick off, turnamen akan dilakukan sampai babak grand final di akhir tahun. Beberapa wilayah yang termasuk babak kualifikasi sebagai berikut, Regional Sumatera, Regional Kalimantan, Regional Sulawesi, Regional Jawa, Regional Bali NTT NTB, dan Regional Maluku Papua. Siapa bilang kalau hadiahnya cuma sekedar piala? Ada uang 2 miliar sebagai total prize pool yang bisa didapetin sama para peserta. Tahap Grand Final nanti, bukan cuma dalam ranah nasional, tapi juga internasional, GanSis! Bakalan ada tim kelas dunia hadir buat ngeliat langsung Piala Presiden Esports 2021.

Kalau daritadi kita cuma bahas keuntungan dalam sektor pemain aja.. Rasanya kurang adil gak ngaitin sama para pengembang games Indonesia yang tak kalah keren. Perlombaan PPE bisa juga jadi wadah untuk anak bangsa menunjukkan kemampuan mereka dalam membuat game lokal. Lokapala menjadi game lokal Indonesia yang berhasil tembus ke turnamen olahraga elektronik paling bergengsi ini. 

Piala Presiden Esports 2021, Wadah Terbaik Untuk Para Atlet Olahraga Elektronik

Sebagai bagian dari ekosistem esports dan industri kreatif nasional, kami bersyukur diberi ruang yang sangat memadai oleh pemerintah dan kami siap untuk ambil bagian dalam upaya mendukung kemajuan bangsa melalui esports. Kami yakin bahwa game yang dibuat anak-anak bangsa punya potensi dan kualitas untuk menjadi besar, dan ajang PPE 2021 serta PON Papua nanti merupakan batu lompatan yang sangat besar bagi industri game dan esports nasional,” ucap Diana Paskarina, COO Anantarupa Studios.

BCA menjadi wakil dari sektor swasta yang ikut memberi dukungan pada acara keren ini. Direktur BCA, Santoso mengatakan bahwa, “BCA mendukung pelaksanaan kegiatan Piala Presiden Esports 2021 yang menjadi momentum level up bagi seluruh atlet esports di Indonesia. Semoga kegiatan ini dapat memberikan hal positif bagi kaum muda, dalam memperkuat nilai-nilai sportivitas dan memotivasi generasi muda untuk semakin memiliki andil dalam peningkatan ekonomi kreatif di Indonesia,” kata Santoso, Direktur BCA

Agan & Sista ketinggalan acara pembukaan tadi? Bisa langsung cek di link ini, yuk!



×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di