CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Benarkah Tempat Tinggal Kita Memengaruhi Jenis Hantu yang Terlihat?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61409292d6946e3f5c0b71ff/benarkah-tempat-tinggal-kita-memengaruhi-jenis-hantu-yang-terlihat

Benarkah Tempat Tinggal Kita Memengaruhi Jenis Hantu yang Terlihat?

Benarkah Tempat Tinggal Kita Memengaruhi Jenis Hantu yang Terlihat?




AganSis percaya nggak sih akan adanya hantu? Apakah wujudnya nyata atau hanya sekadar refleksi dari pikiran kita saja.


AganSis sadar nggak kalau hantu-hantu tersebut seolah memiliki wilayah masing-masing. Misalnya saja Indonesia akan identik dengan hantu tiga serangkai ( Kuntilanak, Pocong, dan Gendruwo). Selanjutnya kita akan menyebut ketiganya dengan Miss Kunti, Mas Poci dan Om Gen, untuk menghilangkan kesan seram dan lebih imut.



Benarkah Tempat Tinggal Kita Memengaruhi Jenis Hantu yang Terlihat?



Hantu tiga serangkai tersebut hanya akan muncul (menghantui) orang-orang yang berdomisili atau pribumi asli Indonesia. Mereka tidak akan muncul di luar negeri, kan? Ane jadi penasaran ingin menanyakan pada AganSis yang tinggal di luar negeri apakah kalian juga melihat (memercayai) kemunculan hantu-hantu ini, ataukah bayangan penampakan hantu di kepala kalian sudah berbeda, misal menjadi Vampir, Drakula dan sebagainya. Jika memang jenis hantu tiga serangkai ini hanya muncul di Indonesia, selanjutnya ane akan menyebutnya sebagai hantu lokal. emoticon-Big Grin


Lalu bagaimana dengan hantu Kuyang yang notabene masih betah berada di Pulau Kalimantan dan belum berniat migrasi ke luar pulau, Bali misalnya. Ane nggak mau menyebut Jawa karena ane benci penampakan Kuyang dan nggak berharap mereka akan hadir di sini. emoticon-Big Grin



Benarkah Tempat Tinggal Kita Memengaruhi Jenis Hantu yang Terlihat?



Seperti yang kita tahu, Kuyang adalah hantu dengan wujud wanita berambut panjang dengan organ tubuh terbuka (kelihatan). Kuyang diceritakan merupakan hantu yang berada di Kalimantan. Jika mereka benar-benar hanya ada di pulau tersebut selanjutnya ane akan menyebutnya sebagai hantu interlokal. emoticon-Big Grin


Ada hantu lokal, interlokal, selanjutnya hantu internasionalnya apa ya? Coba kita tanyakan pada para pakar dunia perhantuan. emoticon-Big Grin




Nah, pertanyaan selanjutnya yang mengusik ane adalah, darimana sebenarnya mereka berasal? Lebih tepatnya, siapa yang menciptakan makhluk-makhluk ini dan siapa yang menamainya? Setahu ane, Allah hanya menciptakan jin. Nah, apakah hantu adalah salah satu jenis jin? Tolong yang pakar agama mungkin bisa memberi pencerahan pada ane.



Darimana asal nama Miss Kunti, Om Gen, Mas Poci ini berasal? Apakah dari budaya? Apakah dari mitos di daerah-daerah? Lalu dalam film-film, mereka digambarkan dengan ciri khasnya, seperti Kunti yang wanita berambut panjang, Poci adalah orang berbalut kain putih dengan ikatan di kepala dan kaki serta jalan loncat-loncat. Siapa yang menggambarkan mereka pertama kali? Apakah pernah muncul penampakan, kemudian menjadi patokan bahwa wujud mereka seperti ini.



Benarkah Tempat Tinggal Kita Memengaruhi Jenis Hantu yang Terlihat?



Ini tidak berlaku hanya di Indonesia. Di negara lain pun sama. Buktinya, mereka pun juga membuat film-film horor dengan penampakan jenis hantu yang mereka percayai. Apakah hantu-hantu yang ada dalam film-film tersebut juga pernah muncul di dunia nyata mereka, sama seperti di negara kita? Kalau begitu benar dong, bahwa tempat tinggalmu memengaruhi jenis hantu yang kaulihat? Orang Indonesia dengan budaya dan cerita tentang Kunti dan Poci, pun dengan film-filmnya tentang mereka menjadikan kita lebih sering terbayang penampakan dari hantu-hantu tersebut. Karena di Indonesia tidak ada cerita tentang vampir, maka kita juga tak membayangkan mereka akan terlihat di sekitar kita. Ini cuma perumpamaan ya, ane sendiri tak tahu jenis hantu apa saja yang populer di negara lain. emoticon-Big Grin

Mungkin lebih tepatnya, bayangan akan wujud hantu-hantu tersebut bergantung pada cerita apa yang kita dengar, budaya apa yang kita percayai dan sebagainya.


Nah, kemudian bagi orang-orang yang sudah jelas-jelas tak pernah melihat penampakan atau wujud mereka, terang-terangan merasa takut tanpa sebab. Mungkinkah pengaruh dari menonton film atau mendengar cerita seram? Itu kan hanya film. Itu kan hanya cerita. Semua fiksi, kan?


Beberapa orang tak waras bahkan nekad memanggil mereka, ingin tahu penampakan mereka. Entah sekadar iseng atau benar-benar ingin tahu.


Benarkah Tempat Tinggal Kita Memengaruhi Jenis Hantu yang Terlihat?



Selanjutnya ketika penampakan itu muncul, mereka itu benar-benar memunculkan diri atau ternyata hanya sebatas bayangan dari pikiran kita sendiri?



AganSis, dunia ghaib itu ada dan kita harus percaya. Namun, berarti kita takut kemudian memikirkan dan membayangkan sampai-sampai bayangan itu muncul di hadapan kita. Mereka hidup di alam mereka sendiri dan tak akan mengganggu kita selama kita tak mengganggu mereka. Kita harus meyakini bahwa mereka lebih lemah daripada kita.


AganSis, pertanyaan terakhir untuk kalian, pernahkah AganSis  benar-benar melihat hantu (merasakannya) secara nyata? Silakan share pendapat dan pengalamannya di kolom komentar.



emoticon-Shakehand2





Opini Pribadi

Penulis : @YenieSue0101
Sumber Gambar : 1, 2, 3, 4, 5

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aramina dan 19 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
Googling Jin yang muncul "jin" emoticon-Hammer

Benarkah Tempat Tinggal Kita Memengaruhi Jenis Hantu yang Terlihat?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aramina dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh YenieSue0101
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Jawaban nya gampang:

Jenis hantu tergantung urban legend nya.
Deskripsi hantu juga tergantung cerita turun temurun yang di-dongengin para orang tua.

Orang Jawa di-dongengin kuntilanak, pocong, genderuwo.
Orang bali di-dongengin leak,
Orang Melayu di-dongengin palasik,
Orang Kalimantan di-dongengin kuyang,

Orang Jepang di-dongengin sadako,
Orang China di-dongengin vampire,
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aramina dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 15 balasan
Quote:


Oh iya bener dari dongeng turun temurun ya
Jin dan setan akan mewujudkan dirinya sesuai dgn apa yg ada dlm fikiran manusia. Mereka memanipulasi rasa takut yg ada di hati manusia untuk menggelincirkan arah fikiran manusia seperti keinginan jin atau setan. Gambaran bentuk mahluk apa yg menakutkan bagi manusia itulah yg di wujudkan oleh jin & setan. Di sini ada yg namanya banaspati, tapi di Amerika gak ada....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cupu1971 dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
"Ane jadi penasaran ingin menanyakan pada AganSis yang tinggal di luar negeri apakah kalian juga melihat (memercayai) kemunculan hantu-hantu ini"

Gw yang dari lahir ampe tua di kampung aja, engga pernah liat begituan.
Mungkin mereka2 udah pindah kali ya jauh dari pemukiman manusia.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rtrn dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Mungkin cuma sosok wanita baju putih rambut panjang doang yang di semua negara pasti punya ceritanya
profile-picture
profile-picture
zeze6986 dan YenieSue0101 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Melihat hantu blom pernah, tapi kalau di "gangguin" pernah gan

Gegara jaman SMA dulu ane suka ledekin temen2x sekelas ane yg lagi crita ttg hantu2xan, ane ketawa & bilang ga pecaya yg begitu2xan..

Eee bsk subuhnya, abis sahur (kebetulan pas bulan puasa), ane mo tidur lagi.. Pas azan subuh pulak tuh... emoticon-Big Grin

Tetiba music box ane yg di sebelah tpt tidur ane, kek nyetel sendiri... Lalu bunyi.. Ane yg lagi merem, mo bobo lagi... Langsung melek, trus merinding dr kaki ampe kepala. Lalu tetiba ada suara aneh (ga tau suara apa).. Yg ada ane langsung istighfar banyak2x..

Setelah smua suara & bunyinya ilang (& ga merinding lagi).. Ane langsung ngibrit kluar kamar, ambil air wudhu...sholat pun ane minta ART ane temenin ane di kamar,.. Sampe bobo lagi pun ART ane temenin di kamar, 1 kasur emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rtrn dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 13 balasan
Quote:


Wah, mantap sekali Agan yang satu ini

Di balik kegendengannya, ternyatat menyimpan kegeniusan yang hakiki


emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
rtrn dan Kruingputih4 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Quote:


Karena gak percaya, mungkin hantunya ngamuk kali, gan, trus mengganggu agan emoticon-Big Grin
profile-picture
kolakpete memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
kuyang atau palasik itu kayaknya bukan hantu, tapi ilmu hitam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rtrn dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Oh, iya kayak semacam buatan dukun gitu kah?
profile-picture
Phoda memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
di jepang, korea, amerika hantunya beda, kenapa disana ga ada kuntilanak/tuyul? ane sih ga percaya gini2an juga, udah pensiun nonton hororemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rtrn dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Kalo orang yg gak percaya begini sih biasanya memang gak pernah dihantui. Jadi pikirannya jernih
profile-picture
ushirota memberi reputasi
yang ngatheist ga percaya Tuhan, tapi takut hantu emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rtrn dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Quote:


Ada juga orang model begini emoticon-Leh Uga
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
penampakan hantu itu mungkin sejenis boggart
jadi bisa beda-beda setiap orang
btw, pocong itu terbang, bukan loncat2
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Boggart? Mengingatkan serial Harpot

Wkwk, maaf gan, ane belum pernah liat penampakan pocong jadi gak tau emoticon-Malu
Semakin lu takut hantu... Maka semakin banyak hantunya.
emoticon-Ngakak
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Pokoknya kamar kosong aku udah dibersihin
Biar diisi ama jin wanita cantik luar biasa
Dari Arab jg gak apa
Dari Korea jg boleh
Bule pirang jg boleh
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Yaa jelas beda lah

Lo tinggal di Amrik trus cerita tetangga semalem liat pocong lompat2 bakal diketawain ngakak guling2, atau minimal direspon tanya apaan itu pocong sambil melongo heran

emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Phoda dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di