CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kenapa kita Cenderung Mengantuk Ketika Turun Hujan?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/614046b30687a57aee6e5655/kenapa-kita-cenderung-mengantuk-ketika-turun-hujan

Kenapa kita Cenderung Mengantuk Ketika Turun Hujan?

Kenapa kita Cenderung Mengantuk Ketika Turun Hujan?


Hujan bergerimis di dedaunan,membasahi ranting dan dahan pepohonan,ketika suasana semakin dingin,tiba-tiba cenderung kita mudah menguap dan ingin sekali rasanya tertidur.
Mengapa pada saat turun hujan kita cenderung mengantuk?

Fenomena ini bisa jadi karena merupakan sebuah kebiasaan,dimana ketika kita masih kecil,kita di larang oleh orang tua kita untuk bermain di luar karena takut sakit ketika terkena hujan,karena masih kecil dan dulu belum ada handphone seperti saat ini,maka satu-satunya cara untuk mengisi luang adalah dengan tidur,dan sekali lagi ini masih teori dari saya ya”.

Sebenarnya fenomena tersebut bisa di jelaskan secara ilmiah kok,kondisi mengantuk ketika turun hujan terjadi karena terjadinya peningkatan ion negative di udara,sehingga meningkatkan system saraf manusia dan membuat kita relaks,ion negative yang meningkat ketika hujan turun memiliki efek menenangkan dan secara otomatis,meningkatkan rasa ingin tidur.

Hal itulah yang membuat kita cenderung mengantuk ketika turun hujan,saat hujan turun,tubuh dan otak secara tidak langsung menjadi  lebih relaks,sehingga merupakan saat yang pas untuk beristirahat.

Pada waktu turun hujan,kita semakin mudah terlelap tidur karena suara hujan yang bersifat sebagai terapi pengantar tidur,tapi beda ceritanya dengan suara petir yang ternyata meningkatkan kadar stress di dalam otak kita.
 
Suasana yang sejuk juga membantu kita lebih lelap dalam tertidur,karena manusia cenderung sulit tidur ketika hawa cenderung lebih panas,kondisi langit yang gelap dan cenderung lembab membantu meningkatkan hormone melatonin atau biasa di sebut sebagai hormon tidur.
 
Sudah tahu dong mengapa ketika turun hujan kita cenderung mengantuk?
Suasana hujan merupakan fenomena alam yang sangat indah,ketika hujan turun semua tanaman akan hidup,suasana hujan bisa juga di sebut suasana yang romantis,dan sering di gunakan di dalam menggambarkan romantisme dua insan manusia.
 
Gambar:Google
Referensi: https://www.suara.com/health/2020/10...asan-ilmiahnya


profile-picture
profile-picture
profile-picture
cheria021 dan 17 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Udin petot emoticon-Smilie
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
PAs banget lagi hujan ditempat ane
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
nganu gan enak bikin mie rebus gan
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Cenderung sange emoticon-Ngakak
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
ujan bikin ngantuk itu menurut ane karena inget pas sekolah gan jd ketika capek belajar dan tiba2 ujan jd adem udah gitu guru gk masuk jd pd ngantuk dan tidur tuh siswanya emoticon-Hammer2
Diubah oleh iyan.raambo123
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Karana suasanya lebih tenang dan dingin gan emoticon-Ngakak

Quote:


emoticon-Paw
Diubah oleh greasemonkey09
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ujan mmg cenderung buat saya ngantuk, tp "adik"saya cenderung bangun 😁✌️
profile-picture
simeutliar memberi reputasi
faktor cuaca.

tak ubahnya kita berada di daerah dekat gunung kan dingin tuh udaranya. bawaannya ngantuk dan enak banget tidur tuh.

tapi kalau kita berada di dekat laut, pasti bawaannya gerah dan panas. susah mau tidur malah.

emoticon-Ngakak
profile-picture
jiresh memberi reputasi
Udaranya bikin sejuk dlm rumah, jadi bikin ngantuk dah emoticon-Big Grin

Tapi ane mah sering ngantukan sih orangnya
emoticon-Big Grin
profile-picture
kolakpete memberi reputasi
Cenderung pengen kelonan 😃😃
Ane suka musim hujan dgn catatan pas emang udh di rumah ato pas lg ngafe misalkan, syahdu bgt
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mata ngantuk
Tapi palkon malah keras dan pengen kencing muli
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
simple aja, hawa adem enak bener untuk bbo sambil selimutan

apalagi klo ada dedek gemes yang nemenin
Mata ngajak tidur, joni ngajak bangun
keknya teori ilmiah ini gak berlaku pas mau berangkat kerja / sekolah ujan gede emoticon-Ngakak

bukannya rileks malah tambah sumpek emoticon-Bingung
justru ane suka kalo hujan, dingin cuacanya asikemoticon-Kaskus Radio
Wajar indonesia kawasan tropis udara biasanya panas, kalau ujan jadi sejuk dan dingin jadi enak buat tdr.
Hujan butuh kehangatan kasih sayang bree
Kata siapa.. Ane ngantuk ketika hujan, ketika panas, ketika diruangan ac, ketika dengerin guru ngajar, ketika rapat... Dll
profile-picture
aripmaulana memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kadang jg bnyk yg ngantuk kl ditagih hutang 😁
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di