CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Gara-Gara SKM Tak Boleh Diseduh, Netizen Pada Ribut
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/613f6ad584b2bd47320e9f12/gara-gara-skm-tak-boleh-diseduh-netizen-pada-ribut

Gara-Gara SKM Tak Boleh Diseduh, Netizen Pada Ribut

Gara-Gara SKM Tak Boleh Diseduh, Netizen Pada Ribut

Pas lagi Iseng-iseng baca berita, tiba-tiba gua nemu berita ginian :

'Menurut Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan, Rita Endang, meminum susu kental dengan diseduh air panas adalah kebiasaan yang salah.'

Gara-Gara SKM Tak Boleh Diseduh, Netizen Pada Ribut

Nah, gara-gara berita ini, netizen di banyak media sosial jadi pada ribut. Ada yang kesel, kaget, sampe ada yang merasa tertipu oleh iklan SKM.Bahkan bagi masyarakat yang sudah kadung mengkonsumsi SKM selama puluhan tahun dengan cara diseduh serasa kesamber petir gegara berita tersebut.....

Quote:


Persoalan ini menurut gua menjadi ribet bukan hanya karena SKM itu tidak layak disebut sebagai susu. Tapi saran penyajiannya pun menjadi kontroversial... Apakah boleh diseduh atau tidak? Bingung kan lu? emoticon-Big Grin


Sekilas Fakta Tentang SKM

Gara-Gara SKM Tak Boleh Diseduh, Netizen Pada Ribut
Infografis : tirto.id

Semua orang Indonesia dari Sabang sampai Merauke pasti tahu yang namanya SKM alias Susu Kental Manis yang biasa dijual di warung-warung hingga supermarket besar.

Ada beberapa merek SKM yang sangat terkenal di Indonesia, diantaranya SKM cap ben*de*a dan SKM Ind*mi*lk. Elu suka yang mana?

Ada hal menarik kalo kita ngomongin SKM yang oleh sebagian besar bahkan bisa jadi oleh seluruh rakyat Indonesia, bahwa SKM itu dianggap sebagai produk susu.

Padahal sejatinya, SKM secara tegas dikatakan oleh Kemenkes dan BPOM bukan termasuk susu bernutrisi. Apalagi pake embel-embel susu cair murni segar. Bahkan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengatakan SKM tidak bisa memenuhi nutrisi anak.

Secara sederhana SKM adalah sejenis cairan kental rasa manis karena memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Apakah memiliki unsur susu? Iya ada! Tapi nilainya cuma seuprit. Hanya 8% dari seluruh total kandungan.

Jadi kalo buat gue, SKM itu sama aja dengan cairan sirup sebagai pelengkap makanan atau minuman doang. Ya semacam toping'lah.

Cuma celakanya, hampir semua orang di Indonesia menganggap bahwa SKM ini adalah susu. Walau mereka gak tau ini susu apaan? Pokoknya susu. Ditambah lagi sejak zaman Soeharto masih presiden, hampir semua iklan SKM ini diposisikan seolah-olah sebagai produk susu.... emoticon-Big Grin

Siapa Yang Salah?

Simpel aja, buat gua yang salah itu ya iklannya.....Kesalahan kedua karena harga susu asli bubuk itu harganya mahal banget. Tapi yang paling fatal jelas salah kemenkes dan BPOM yang kerap memberi informasi karut marut alias membingungkan masyarakat.

Gimana kalo menurut lu bray? emoticon-Bingung



Oleh : Davinof 2021 @kaskus

Source of Pictures : Google Images & Screenshot

Referensi : klik

Referensi : klik

Referensi : klik

profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 16 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh davinof
Halaman 1 dari 7
Persoalan SKM ini mirip kaya kasus bubur ayam. Antara diaduk dan gak diaduk.... Bwahahahhaaaaa emoticon-Big Grin
profile-picture
baikl memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Anggaplah SKM ini bukan susu karena emang bukan susu asli bernutrisi. Lalu apa bedanya antara tidak boleh diseduh tapi bisa dijadikan sebagai toping malah dicampur langsung ke minuman sebagai perasa atau pemanis tambahan? Kan sama aja?

Logika goblok gua nih, SKM diseduh jadi encer, kandungan gulanya yg tinggipun (mungkin) jadi berkurang. Tapi kalo dijadikan toping martabak, roti, atau dijadikan campuran minuman bukankah itu malah lebih beresiko karena terlalu kental?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
Kasihan nasib generasi boomers yang sudah bertahan-tahun minum SKM dengan cara diseduh. Mereka direnggut kebahagiaannya tanpa diberi solusi bagaimana cara mendapatkan susu murni sehat bernutrisi dengan harga sangat terjangkau..... emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan davinof memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Produsen SKM goblok karena puluhan tahun menipu masyarakat. Pemerintah juga ikutan goblok karena lambat melakukan investigasi atau pemeriksaan. BPOM jadi ikut goblok juga karena telat ngasih informasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Gw biasanya malah dicampur roti
profile-picture
davinof memberi reputasi
Gua pernah berdebat sampe berantem ama emak2 tetangga gua gara2 gua bilang kalo susu kental manis itu bukan susu. Tuh emak2 keukeuh bin ngotot kalo skm itu susu karena selain warnanya putih tapi juga karena iklannya bilang skm itu susu emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EnzoMan dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Diseduh salah, dijadiin topping malah lebih bermasalah. Jadi bingung sayah emoticon-Cape d... (S)
profile-picture
profile-picture
absurdpeople dan davinof memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Baca komenan di Instagram seru banget sampe pada berantem emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
davinof dan caerbannogrbbt memberi reputasi
Gara" beberapa tahun kamaren si kental manis ini ke blowup beritanya gue udah ngga pernah lagi beli minuman yg pake kental manis,
Beli UHT aja dah jelas itu susu bener ,
Asli kaya ketipu selama 20 tahun susu kental manis = susu murniemoticon-DP
profile-picture
profile-picture
profile-picture
baikl dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mubafirs
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Sini ane jelasin

Gara-Gara SKM Tak Boleh Diseduh, Netizen Pada Ribut

Panas harus tunggu agak dingin baru bole di minum
Bgitu maksud nya
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh macarone
Jaman ane kecil.. ngerasain susu ya kalo lagi sakit doang.. dan itu adalah SKM yang sekarang dibilang bukan susu.. dan dulu pun cuma ngambil warna putihnya doang.. biar manis ditambahin gula pasir hahahaha..

nah loh ane tambah gawat.. udah bukan susu ditambah gula pula hahahaha...

temen ane diempanin susu macem macem.. dari SKM ini yang sekarang disebut bukan susu.. plus susu beneran.. tapi orang tuanya ngomel ngomel mulu gegara dikelas malah ane terus yang juara.. sampe nyokap bolak balik ditanyain.. ane dikasih makan apa..

padahal ane cuma dikasih makan yang kalo nanya ma nyokap..

"bu makan apa hari ini?.. cuma dijawab.. liat aja di meja ada apa.. makan lah apa yang ada di meja hahahaha...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
baikl dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Quote:


Sama ane juga mikir gitu, dijadiin kopi kadang banyak juga kental manisnya, apa bedanya sama diseduh dengan air biasakan? tetep aja gulanya tinggi, cuma tadinya air putih sekarang ganti kopi, itu aja..

Gara-Gara SKM Tak Boleh Diseduh, Netizen Pada Ribut

Walaupun memang kalau ke martabak atau roti, mungkin mereka mikirnya yg dimakan cuma sepotong dua potong, dan kental manisnya ga banyak dalam 2 potong itu, padahal mah yg lainnya aja udah ngeri, keju, meses, blueband seabreg, adonan martabaknya, belum kadang banyak dari ktia yang bisa makan lebih dari 2 potong..

Gara-Gara SKM Tak Boleh Diseduh, Netizen Pada Ribut

Kok malah lebih mending seduhan tadi malahan wkwkw..

Padahal simplenya mah bilang aja, kandungan gulanya tinggi, konsumsi yg disarankan perhari berapa gitu lho, misal maks 5 sendok makankah, atau berapakah, hehe...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
baikl dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh red23rd
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 14 balasan
Makin asik nih obrolannya.... Kanjuuuut! emoticon-army
Padahal enak, malem2 udara dingin pas lagi nginep di villa sama temen trus nongkrong di warung minum susu kental manis vanilla diseduh air panas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
baikl dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Beritanya ga utuh, ga dijelasin perbedaan antara diseduh atau ga jd bingung mau komen apa emoticon-Leh Uga
profile-picture
davinof memberi reputasi
Taeeekkkkk.....ngopi aja gak pake ribet,mau di seduh apa dj gadoin bebas emoticon-Salaman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ariel1910 dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Nah, masuk akal nih....

Quote:


Semua generasi kena getahnya.... Wakwakwak emoticon-Big Grin

Quote:


Jadi goblog semua dong bray? emoticon-Big Grin

Quote:


Siiiip......

Quote:


Semua jadi gilak gara gara SKM.... emoticon-Big Grin

Quote:

Gak usah dipikirin nanti gilak.... emoticon-Big Grin

Quote:


Quote:


UHT jaminan mutu dah....

Quote:


Wkwkkwkwkw emoticon-Big Grin

Quote:


Gua pernah malah sering minum SKM masih aja dicampur gula pasir.... emoticon-Embarrassment

Quote:


Buat gua sih intinya sama aja, sama sama membuktikan kalo SKM itu bukan susu. Walau mau diolah dengan cara apapun SKM tetep gak bagus buat mereka yg punya penyakit diabetes. Apalagi buat bayi dan anak di bawah umur 3 tahun....

Quote:


Murmer ya bray....

Quote:


Jangankan elu, gua aja bingung emoticon-Big Grin

Quote:


Emang taeeek sama taeknya kek bedebat enaknya bubur ayam digojlok apa kagak....
profile-picture
baikl memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Gue dulu sering minum kental manis, terus hampir tiap sore nya berenang juga sehat kok.
Kalo gula nya banyak ya aktifitas nya yg harus ikutan banyak juga.
profile-picture
davinof memberi reputasi
sukanya SKM
Susu Kenyal Menggairahkan
profile-picture
profile-picture
baikl dan davinof memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ada ada aja berita jaman skg. Yg penting traffic.
profile-picture
davinof memberi reputasi
Diubah oleh rardoshop
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di