CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Deep Fryer Gas vs Deep Fryer Electric, Penggorengan Jenis Mana Yang Anda Butuhkan?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/613ed3850f6e205670740ea1/deep-fryer-gas-vs-deep-fryer-electric-penggorengan-jenis-mana-yang-anda-butuhkan

Deep Fryer Gas vs Deep Fryer Electric, Penggorengan Jenis Mana Yang Anda Butuhkan?


Deep Fryer Gas vs Deep Fryer Electric, Penggorengan Jenis Mana Yang Anda Butuhkan?

 
Menggoreng merupakan salah satu teknik memasak paling populer yang digunakan di restoran dan dapur komersial di manapun, karena siapa yang bisa menolak kerenyahan ayam goreng atau bebek goreng? Untuk mendapatkan suguhan lezat ini, Anda perlu memiliki penggorengan komersial berkualitas untuk dapur komersial Anda, ataupun jika Anda seorang ahli masak yang suka berpertualang di dapur rumah Anda.

 
Penggorengan komersial datang dalam berbagai bentuk, ukuran dan jenis bahan bakar yang digunakan. Ada dua jenis penggorengan di pasaran yaitu commercial deep fryer gas dan  commercial electric fryer. Kedua penggorengan tersebut mampu menangani tugas menggoreng setiap hari, tetapi akan berbeda dengan fitur dan prosesnya. Lalu apa yang perbedaan antara deep fryer gas dengan deep fryer electric, dan bagaimana Anda dapat menentukan jenis penggorengan mana yang harus Anda beli.

 
Meskipun perbedaannya mungkin tampak halus, setiap fitur dan fungsi kedua jenis deep fryer tersebut dapat memengaruhi kesesuaiannya dengan dapur. Sebelum membuat keputusan, berikut adalah beberapa hal yang yang perlu dipertimbangkan saat memilih deep fryer gas atau atau deep fryer electric!

 
Sebelum Anda menyelami detail pembelian penggorengann komersial yang Anda butuhkan, Anda harus memutuskan jenis penggorengan komersial yang tepat untuk aplikasi atau bisnis Anda. Pilihan Anda mungkin hanya sebatas berdasarkan lokasi Anda. Tetapi ada baiknya untuk memahami semua opsi untuk membuat pilihan terbaik.

 
Apa Itu Commercial Deep Fryer Gas vs Deep Fryer Electric ?

 
Penggorengan deep fryer gas akan memanaskan minyak dengan pembakar yang ditenagai oleh gas alam atau propana cair. Nyala api gas memanaskan kompor di bawah atau di samping wajan. Sedangkan penggorengan deep fryer electric akan memanaskan minyak dengan elemen pemanas langsung di dalam minyak, di mana elemen ini ditenagai oleh stop kontak atau sumber listrik lainnya.

 
Apa Kelebihan dan Kekurangan Yang Didapat Jika Menggunakan Deep Fryer Gas vs Deep Fryer Electric ?

 
a. Suhu dan Waktu Panas

Apakah Anda mengantisipasi menggoreng makanan dalam jumlah yang banyak? Anda mungkin membutuhkan penggorengan yang mencapai suhu yang tepat lebih cepat. Deep fryer gas dapat memanaskan dengan lebih cepat dan juga mencapai suhu yang lebih tinggi daripada deep fryer electric.

b. Kapasitas 

Berapa banyak makanan yang Anda butuhkan untuk digoreng? Deep fryer pilihan Anda mungkin memiliki kapasitas yang memenuhi kebutuhan Anda, atau Anda mungkin perlu mencari sesuatu yang sedikit lebih dalam atau lebih lebar. Pastikan Anda mendapatkan model penggorengan yang tepat untuk menampung kapasitas makanan Anda inginkan. Deep fryer gas memberikan lebih banyak pilihan dengan kapasitas yang tinggi. Bahkan, beberapa produsen yang jual deep fryer gasmenawarkan jenis penggorengan yang dapat menampung kurang lebih berkapasitas 60 kg.

c. Aplikasi Penggunaan

Baik itu restoran kecil atau restoran besar, sebagian besar dapurnya memiliki sambungan gas alam. Oleh karena itu, khususnya dalam bisnis kuliner jenis penggorengan ini lebih banyak digunakan daripada daripada deep fryer electric.

d. Instalasi Pemasangan

Proses instalasi penggorengan listrik lebih mudah daripada gas deep fryer. Hal ini dikarenakan, pada deep fryer electric tidak membutuhkan koneksi ke katup gas, pemasangan dan lokasi sangat nyaman. Yang harus Anda lakukan adalah hanyalah mencolokkan unit ke stop kontak listrik dan kemudia memulai penggorengan.

e. Opsi Hemat Ruang

Beberapa penggorengan listrik tersedia dalam model drop-in atau countertop. Inilah yang menjadi kelebihan lainnya dari jenis deep fryer electric dari pada deep fryer gas karena penggorengan ini sangat ideal digunakan untuk dapur yang berukuran kecil.

f. Efisiensi

Elemen pemanas dalam model deep fryer electric terendam langsung dalam minyak. Karena tidak memanaskan wajan sebelum minyak, prosesnya jauh lebih efisien dan membuat pemulihan di antara siklus penggorengan lebih cepat.

 
Alasan Apa Memilih Deep Fryer Gas vs Deep Fryer Electric ?

 
Apabila Anda mengoperasikan restoran ataupun dapur komersial yang lebih besar, deep fryer gas mungkin bisa dipertimbangkan daripada penggorengan model listrik. Kemampuan penggorengan ini dalam memanaskan minyak dan makanan dengan cepat berarti Anda dapat menyiapkan berbagai macam produk tanpa ragu-ragu. Selain itu, dengan model berkapasitas tinggi yang lebar dan dalam, penggorengan ini dapat menampung lebih banyak makanan untuk memenuhi permintaan yang tinggi.

 
Lain halnya dengan commercial deep fryer electric listrik yang sangat cocok untuk dapur kecil, seperti kedai minuman dan restoran pop-up. Meskipun beberapa model mungkin tidak memiliki kapasitas besar, Anda masih bisa menggoreng kentang, donat, sosis dan item lainnya dalam jumlah sedang dengan cepat. Model ini juga ideal untuk food truck karena sulit untuk terhubung ke saluran gas alam atau tangki propana cair dari jarak jauh.

profile-picture
profile-picture
grintimint dan masteddy memberi reputasi
thread bagus Gan, ini bukan iklan deepfryer khan ya?
thread bagus Gan, kita jadi tambah pengetahuan perihal pengolah makanan sehat
thread bagus Gan, kita jadi bisa memlikih produk yang pas sesuai kebutuhan
makasih gan info nya
Naisee


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di